silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Nama : SITI AI’SYAH
    NIM : 858712236
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Pendapat saya video diatas sangat menarik, dimana anak diajak diskusi, diajak mengenal sambil bermain, dan memberikan edukasi juga terhadap anak tentang penggunaa Handphone.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? cara lain yang bisa dilakukan agar anak tidak kecanduan Hp adalah dengan senantiasa mengajak anak bermain bersama, guru atau orang tua senantiasa mendampingi anak saat bermain, karena salah satu penyebab anak bermain Hp adalah tidak adanya kegiatan yang dilakukan oleh anak, sehingga anak merasa senang dengan main Hp.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? Menurut saya Iya.
    Karena anak jadi mengetahui apa fungsi dari Handphone, anak juga jadi lebih senang bermain bersama dengan teman-temannya seperti bermain drama yang dicontohkan pada video.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Menurut saya Sudah.
    Karena guru terlihat Tidak memaksa anak didiknya, akan tetpi guru mengajak anak didiknya untuk berdiskusi dan bermain bersama.

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? tahapan saat bermain peran, dimana guru belum melibatkan semua siswa untuk bermain peran. Yang seharusnya dilakukan anak dilibatkan untuk bergantian dalam bermain peran.
    Selanjutnya, guru sebaiknya memberikan kebebasan berkreasi kepada anak untuk menggambar Hanphone sesuai dengan ide yang dimiliki oleh anak

  2. Nama : Herlina Dewi Agustin
    NIM : 857758173
    Fakultas : PGPAUD BI
    UPBJJ : Kota Semarang

    1. Pendapat saya mengenai video diatas, sudah bagus dalam penyampaian nya yang dikemas secara ringan dan mudah dimengerti, mengusung topik yang sedang hits di masa sekarang, guru sudah bagus dengan melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan melibatkan peran orang tua didalamnya untuk membantu proses pembelajaran tercapai sempurna sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator juga sudah terlihat jelas dalam video diatas, guru menjembatani antara problem yang dialami orang tua tentang pengaruh dan kecanduan gadget yang bisa diselesaikan oleh guru dengan memasukkan dalam materi pembelajaran yang sesuai.

    2. Menurut saya cara lain yang bisa dilakukan agar anak tidak terlalu kecanduan gadget, yaitu melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan ketika anak berada dirumah dengan orang tua atau pengasuhnya, apabila hal tersebut masih belum maksimal untuk diterapkan, mulailah membuat kesepakatan dan aturan dengan anak yang konsekuen dijalani, semisal anak hanya boleh menggunakan gadget maksimal satu jam, apabila anak bisa melakukannya orang tua jangan lupa memberikan apresiasi berupa reward yang sederhana dan harus ditepati sehingga tidak menjadi PHP untuk anak, kemudian orang tua juga menjadi contoh, meminimalisir penggunaan gadget di depan anak.

    3. Menurut saya project yang diberikan guru dalam video tersebut sudah sedikit membantu anak dalam mengalihkan dalam penggunaan gadget, anak menemukan kegiatan lain yang menyenengkan.

    4. Menurut saya peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini yang dilakukan oleh guru tersebut sudah dilakukan sesuai porsinya dan maksimal untuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan disekolah.

    5. Tahapan dalam Project Based Learning yang sudah diterapkan oleh guru pada video tersebut yang belum maksimal yaitu dalam hal penilaian atau menunjukkan hasil karya anak yang diapresiasi oleh guru. harus lebih detail lagi, minimal diberi pemaparan contoh sampel tiga hasil karya anak untuk ditampilkan dan dibahas dalam pembelajaran bersama teman teman atau anak anak yang lainnya.

  3. Judul Video :
    Cara tepat mengenalkan IT pada anak (literasi digital)
    Kesimpulan :
    Bagaimana caranya agar menghilangkan kecanduan gadget pada anak ?
    – Memberikan informasi kepada anak bahwa anak dampak yang buruk bagi kesehatan jika menggunakan gadget terlalu berlebihan bisa menjadi salah satu cara

    Telekomunikasi untuk Anak TK B.
    Model Project Based Learning untuk mengenalkan teknologi yang baik untuk anak dan menghilangkan kecederungan pada anak untuk kecanduan gadget.

    Hari Pertama :
    Tahapan perencanaan Proyek
    – Anak-anak merapihkan baju (bagi yang belum rapi)
    – Ucapkan salam
    – Tepuk semangat
    Anak “mengamati” dan “menanya” terkait tema dan “Mengomunikasikan” pengalaman mereka
    Tanya jawab Guru dan anak tentang tema dan pengalaman mereka terkait tema
    Guru menjelaskan dampak negatif penggunaan gadget juka terlalu lama yaitu:
    – mata menjadi bengkak
    – Bisa menggunakan kacamata karena minus
    – Anak menjadi sering menyendiri

    Tahapan untuk menggali seni anak
    Guru tidak diperkenankan memberikan contoh untuk mewarnai sebuah gambar yang sudah ada
    Siswa diperbolehkan menggambar sesuai dengan imajinasi dan mewarnainya.

    Bermain peran
    Anak-anak sedang bermain peran gadget bersama teman-teman

    Hari Kedua
    Guru menjelaskan manfaat dari permainan
    Tahap tindak lanjut
    – Kegiatan proyek
    Tahapan untuk melatih kemampuan motorik serta jasmani mereka untuk bergerak

  4. Nama : Sela Ekawati
    NIM : 858850983
    Program studi : PGPAUD AKPMM 2
    Pokjar : Amanah Blitar

    1. Tanggapan saya mengenai video yang sudah saya lihat di atas yang dengan tema “Telekomunikasi Untuk TK B/Project Based Learning” Merupakan suatu strategi yang diterapkan oleh guru agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan optimal. Saya melihat bahwa peran guru dalam video tersebut sangatlah bagus, terlihat guru melakukan interaksi dengan murid sehingga terjadi umpan balik murid dan memberikan dampak positif terhadap aspek bahasa mereka. Selain itu Guru melibatkan peran orang tua dalam pembelajaran sehingga dapat menjadi sarana untuk memecahkan masalah terkait penggunaan gadget yang berlebih oleh anak.

    2. Menurut saya, cara agar anak tidak kecanduan gadget adalah melibatkan orang tua dalam kegiatan pembelajaran anak. Orang tua diminta untuk meluangkan waktu untuk menemani anak selama ada di rumah dan memulai pembiasaan agar anak tidak bermain gadget secara berlebih. Batasi penggunaan gadget, dan ganti dengan aktivitas lain seperti membacakan buku cerita/dongeng, maupun melakukan aktivitas di luar ruangan agar anak tidak jenuh. Beri reward atau penghargaan atas perubahan kebiasaan anak. Apresiasi apabila anak mau melakukan kebiasaan baik.

    3. Dari video tersebut project yang telah diberikan oleh guru sangat berguna untuk mengubah kebiasaan anak dalam menggunakan gadget secara berlebihan. Hal ini tentunya sangat berdampak positif terhadap cara belajar anak. Sehingga anak lebih fokus dalam menjalankan kegiatan belajar baik dengan orang tua maupun guru.

    4. Peran pengasuh dalam video tersebut sudah dilakukan dengan baik, terlihat guru banyak sekali memberikan penjelasan terkait dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget kepada anak.

    5. Menurut saya, saran atau masukan untuk guru yang ada di dalam video tersebut yaitu, dalam hal mengapresiasi karya anak dan melakukan penilaian / assesmen. Guru seharusnya memberikan penilaian dengan menunjukan hasil karya anak dengan mengambil beberapa sampel untuk di demokan dan anak anak yang lain bisa ikut melihat sekaligus membahas lalu mengapresiasi karya teman lainnya.

  5. Nama : Reni Trisnayanti
    Nim : 858854508

    jawaban
    1. Menurut saya dalam vidio sangat bagus tentang strategi dalam penggunaan teknologi untuk anak usia dini dan menyampaikan dampak dari penggunaan handphone secara berlebihan, interaksi guru dengan anak terjalin dengan baik sehingga memberikan dampak positif terhadap aspek bahasanya. Guru sebagai peran orang tua disekolah sehingga dapat menjadi sarana untuk menangani masalah penggunaan handphone berlebihan yang di lakukan oleh anak

    2. Dengan cara yaitu guru dan orang tua bekerja sama ; orang tua membatasi untuk menggunaan gadget, memberi kegiatan seperti menyiram bunga dan membacakan buku edukasi yang menarik

    3. Menurut saya iya, karena anak jadi mengetahui bagaimana dampak negatif dalam penggunaan gadget secara berlebihan

    4. Menurut saya sudah, karena didalam vidio tersebut guru sudah memaksimalkan dalam menyampaikan materi yang jelas, kegiatan yang menarik dengan berkreasi sesuai dengan kemampuan anak, dan terjalin komunikasi antara guru dan anak.

    5. Di dalam vidio tersebut guru memberikan kegiatan untuk anak dapat berkreasi menurut imajinasi/kemampuan anak tersebut, dengan diawal guru sudah menjelaskan tentang bahaya gadget ada juga sesi tanya jawab.

  6. 1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Divideo saya dapat mengetahui bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dengan adanya video tersebut anak-anak dapat mengetahui manfaat dan dampak buruk jika memainkan gadget terlalu lama. Sebagai orang tua, dengan menonton video tersebut kita juga bisa menemani anak-anak bermain sehingga anak-anak tidak menyendiri untuk bermain gadget. Dengan permainan yang sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak.
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Menurut saya banyak hal yang bisa kita lakukan saat bersama anak untuk dapat membangun hubungan yang baik antar orang tua dengan anak. Salah satunya dengan kegiatan bermain bersama, kita bisa mengunakan benda-benda yang ada disekitar kita , misal barang bekas, benda alam , atau mainan yang telah dibeli.
    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Dengan projek yang diberikan guru dalam video tersebut efektik dalam merendam keinginan anak untuk bermain gadget, guru menerangkan bahwa dengan bermain gadget terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik. Tentunya dengan dampak itu anak-anak tidak mau mengalami hal tersebut.
    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Didalam video, guru menerangkan kegiatan yang akan dilakukan dengan cara yang menyenangkan, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan pendapat namun untuk peran dalam pengasuhan tidak terlihat dalam proses pembelajaran .
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Pada project based learning ini gurur telah menggunakan masalah yaitu kecanduan terhadap gadget sebagai langkah awal dalam menggumpulkan dan mengitegrasikan pengetahuan yang berdasarkan pengalamandengan adanya kejadiaan dalam kenyataan kehidupan. Namun berdasarkan video tersebut guru belum memberikan penilaian atas proyek yang dibuat oleh anak-anak bersama orang tuanya.

  7. Nama : Ika Umy Khoiriyah
    NIM : 858171086

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Pendapat saya mengenai video di atas sangat mengedukasi sekali untuk para guru PAUD. Video tersebut didalamnya dijelaskan mengenai gambaran (short story) pembelajaran diantaranya : model pembelajaran, metode dll yang bermakna mengenai penggunaan gawai untuk AUD sekaligus pengenalan tentang gadget.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Bisa juga dengan bekerja sama dengan Puskesmas untuk diadakannya kunjungan dokter ke sekolah, pembahasannya mengenai kesehatan mata dll. Selain itu bisa pula dengan mempertontonkan kepada anak sebuah film pendek versi anak tentang bahaya gadget jika di mainkan secara berlebihan.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Ya tentu saja, bagi saya cukup efektif untuk sedikit meredam. Karna anak melihat langsung (dengan media gambar yang di print di kertas HVS) tentang fungsi alat komunikasi, serta dilakukan dengan bermain peran. Selain itu, guru juga memberikan penugasan bersama orangtua untuk di rumah dengan membuat ponsel dari kertas karton.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Ya betul, dengan membimbing, memimpin, serta mengelola pembelajaran dengan baik sehingga anak merasakan nyaman dalam pembelajaran yang sedang berlangsung.

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut saya tahapan (sintaks) PBL yang diterapkan guru dalam video tersebut sudah cukup maksimal, dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring dan evaluasi peserta didik dan perkembangan proyek yang dijalankan, pengujian hasil, serta evaluasi pengalaman.

  8. Bismillaahirrohmaanirrohiim
    1. Pendapat saya mengenai video diatas dengan judul cara tepat mengenalkan IT pada anak adalah sudah baik, dimana pada video tersebut memberikan suatu soulusi bagaimana untuk memberikan pengetahuan terhadap anak tentang manfaat gadget dan pengaruhnya terhadap kesehatan anak, sehingga anak bisa mengetahui bagaimana penggunaan guget yang benar dan juga pemberian project terhadap anak untuk dikerjakan bersama orang tuanya adalah merupakan salah satu solusi yang baik.
    2. Cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan memberikan dongeng atau literasi media yang berusaha mendidik anak untuk bisa memahami tanggung jawabnya dalam pemanfaatan media, contoh: anak bisa membedakan apa yang boleh dan tidak. Guru memberikan pengetahuan tentang alternatif hiburan lain, yaitu melalui permainan non digital yang mengedukasi seperti buku cerita atau bisa diberi pengetahuan tentang permainan-permainan yang menarik, seperti permainan ular tangga, permainan tradisional dll, mengajarkan anak untuk bisa menahan diri agar tidak selalu bermain gadget, dll.
    3. Project yang diberikan oleh guru dalam video tersebut efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget karena anak diberikan tugas untuk membuat handphone yang disukainya dengan bersama-sama orang tuanya, dimana ketika mengerjakan tugas, anak bisa sambil berdiskusi dengan orang tuanya sehingga keinginan untuk main gadgetnya akan teralhikan karena anak merasa senang bisa menghabiskan waktunya bersama orang tuanya dengan bermain membuat handphone dari kertas atau kardus.
    4. Guru dalam video tersebut sudah maksimal dalam pengasuhan dan pembelajaran anak usia dini dimana guru dari awal pembukaan sudah melakukan tugasnya menyapa anak-anak kemudian memberikan semangat dan pengetahuan kepada anak-anak mengenai gadget dan kemudian memberikan tugas project agar supaya tercipta kerjasama dengan orang tua.
    5. Tahapan dalam Project Based Learning yang belum maksimal dalam video tersebut adalah tidak memonitor kemajuan projectnya, kemudian pada akhir video tidak diperlihatkan bagaimana penilaian yang dilakukan terhadap Project Based Learning yang diberikan apakah sudah tercapai sesuai dengan sasaran pembelajaran yang ingin dicapai.

    Demikian pendapat saya mengenai video tersebut, terimakasih…

  9. Nama : Dwi Rahayu Ningsih
    NIM : 858723278
    Prodi: PGPAUD BI
    Menurut saya Project Based Learning yang dilakukan guru untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi anak agar tidak kecanduan gaawai cukup efektif. Melalui kegiatan tersebut anak lebih mudah memahami rambu-rambu dalam penggunaan gawai, termasuk orang tua.

  10. dari video https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/04/14/cara-tepat-mengenalkan-it-pada-anak-literasi-digital/ dapat disimpulkan
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    menurut saya videonya sangat bagus dan memberi motivasi saya untuk melakukannya di kelas, project based learning dari video ini tampak mudah digunakan
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    menurut saya agar anak tidak kecanduan gadget orang tua perlu menanamkan pada anak agar jangan sekali-kali membiarkan anak bermain gadget sampai lupa waktu, sediakan permainan lain yang anak sukai atau kegiatan yang anak sukai seperti menggambar, sediakan gambar-gambar yang menarik minat anak dan fasilitasi dengan menyediakan mainan tradisional dan ajak teman-teman lainnya untuk bermain bersama diluar.
    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    guru memberikan tugas yang dikerjakan oleh anak di rumah bersama orang tuanya, hal ini bisa mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget. namun untuk orang tua agar anaknya tidak kecanduan gadget harus mendanpingi anak agar anak merasa diberi perhatian oleh orang tua, ketika ada tugas dari guru anak biasanya akan sangat antusias untuk mengerjakannnya dan apalagi kalau didukung juga oleh orang tuanya.
    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    menurut saya sudah cukup dimana guru membimbing anak saat belajar dikelas, melakukan kegiatan yang menstimulus anak untuk melakukan gerakan, serta mengajak anak untuk bermain peran bersama temannya.
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    menurut saya ada yang masih kurang dimana saat guru memberi materi dalam video itu hanya guru yang menjelaskan dan sesekali memberi pertanyaan kepada anak, akan lebih baiknya sebelum guru menjelaskan materi guru mempersilahkan anak untuk berimajinasi menyampaikan pendapat mereka dari gambar-gambar yang dibawa guru.

Leave a Reply