silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Assalamualaikum,..
    salam sehat selalu buat kita semua.
    Mohon izin untuk menanggapi dalam kolom diskusi ini

    Nama : Desi Ratnasari
    NIM : 856696261
    Prodi : PGPAUD / SMT 9
    UPBJJ : Palembang

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Pendapat saya mengenai video di atas sangat mengedukasi sekali untuk para guru PAUD tentunya, dimana dalam video tersebut di dalamnya dipaparkan serta dijelaskan pula mengenai gambaran (film singkat) pembelajaran baik model pembelajaran, metode dll yang bermakna mengenai penggunaan gawai untuk AUD sekaligus pengenalan tentang gadget.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Bisa juga dengan melakukan kunjungan dokter ke sekolah dimana pembahasannya mengenai kesehatan mata dll. Selain itu bisa pula dengan mempertontonkan kepada anak sebuah film pendek versi anak tentang bahaya gadget jika di mainkan secara berlebihan.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Ya, bagi saya cukup efektif untuk sedikit meredam. Karna anak melihat langsung (dengan media gambar yang di print di kertas HVS) tentang fungsi alat komunikasi, serta dilakukan dengan bermain peran. Selain itu, guru juga memberikan penugasan bersama orangtua untuk di rumah dengan membuat ponsel dari kertas karton.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Ya, dengan membimbing, memimpin, serta mengelola pembelajaran dengan baik

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut saya tahapan (sintaks) PBL yang diterapkan guru dalam video tersebut sudah cukup maksimal, dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring dan evaluasi peserta didik dan perkembangan proyek yang dijalankan, pengujian hasil, serta evaluasi pengalaman.

    Terimakasih…

  2. Nama :Mulyati
    Nim. : 857238031

    saya memilih vidio mengenai .mengenalkan IT yang tepat pada anak (melalui literasi).
    Menurut pendapat saya mengenai vidio pembelajaran tersebut sangat bangus dan bermanfaat bagi kami pendidik paud.yaitu mengajar dengan media yang menarik anak dan agar anak paham kenapa orang tua melarang anak2 melihat hap terlalu lama.

    memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.

    Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti pegawai, akan berpengaruh terhadap penglihatan juga membuat lelah otak.
    Guru dalam vidio tadi sangat membuat anak senang dalam belajar dengan berbagai metode dan media yang menarik sehingga pengenalan IT tersampaikan dengan baik.

  3. Nurul hidayah / S1 PGPAUD Semester 8 / UPBJJ Yogyakarta / Pokjar Temanggung

    Project based learning sangat tepat untuk pendidikan anak usia dini.
    Literasi digital melalui PBL sangat bermanfaat untuk pembelajaran anak usia dini
    Story’ telling tentang ilmu pengetahuan untuk penggunaan gadget, kesehatan mata dan lain lain sudah tepat.
    Untuk kegiatan yang disajikan bagus.
    Seandainya saya yang menyajikan pembelajaran PBL saya akan menyiapkan kegiatan yang benar benar berproject, tidak sekedar membuat kreatifitas gadget melainkan anak memberikan kebebasan kepada anak untuk kreatif, mencoba hal hal baru, menstimulasi anak anak dengan kalimat terbuka supaya anak mampu memecahkan masalah sendiri sehingga pembelajaran lebih maksimal dan optimal

  4. Nurul hidayah / S1 PGPAUD Semester 8 / UPBJJ Yogyakarta / Pokjar Temanggung
    Project based learning sangat tepat untuk pendidikan anak usia dini.
    Literasi digital melalui PBL sangat bermanfaat untuk pembelajaran anak usia dini
    Story’ telling tentang ilmu pengetahuan untuk penggunaan gadget sudah menginspirasi.
    Untuk kegiatan yang disajikan bagus.
    Seandainya saya yang menyajikan PBL saya akan menyiapkan kegiatan yang benar benar berproject, tidak sekedar membuat kreatifitas gadget melainkan memberikan kebebasan kepada anak untuk kreatif, mencoba hal hal baru, menstimulasi anak dengan kalimat terbuka supaya anak mampu memecahkan masalah sendiri sehingga pembelajaran lebih maksimal.

  5. Nama : Ria Uskana Umami
    Nim : 857917043
    pokjar : Temanggung

    1. Judul video “cara tepat mengenalkan IT pada anak”.
    Menurut saya video tersebut menarik, dimana dalam video tersebut menyajikan tentang apa yang di maksud dengan gadget, apa manfaat dan dampak dari penggunaan gadget. Dalam video tersebut guru juga mengajarkan pada anak cara membuat permainan yang berkaitan dengan gadget.
    2. Cara lain yang di lakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ialah guru tersebut memberi penjelasan dengan bercerita seolah-olah memberi bayangan pada anak apa manfaat jika menggunakan gadget sesuai kebutuhan dan apa dari penggunaan gadget tanpa batas.
    3. Project yang di berikan oleh guru dalam video tersebut belum efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget belum menunjukkan kerjasama dengan orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap anak dalam penggunaan gadget.
    4. Menurut saya, dalam video tersebut sudah memenuhi tahapan pembelajaran anak usia dini.
    5. Tahapan project Based Learning yang di lakukan oleh guru dalam video tersebut ialah pembukaan, inti, recalling dan pemberian tugas / penutup.

  6. Nama : Nelis MUslihah
    Nim : 856829215
    Pokja : Mukomuko
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Pendapat saya mengenai video di atas sangat mengedukasi sekali untuk para guru PAUD tentunya, dimana dalam video tersebut di dalamnya dipaparkan serta dijelaskan pula mengenai gambaran (film singkat) pembelajaran baik model pembelajaran, metode dll yang bermakna mengenai penggunaan gawai untuk AUD sekaligus pengenalan tentang gadget.
    Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    2. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Seorang guru atau pengasuh anak banyak kreatif dalam membimbing anak tersebut bagaimana caranya agar anak melupakan bermain gadget. Dengan pengalaman yang saya alami di sekolah saya, Dalam lembaga kami tidak diperkenankan di saat KBM berlangsung guru memegang HP. Dari sudut itu juga anak-anak melihat apa yang kita lakukan.
    3. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Ya, bagi saya cukup efektif untuk sedikit meredam. Karna anak melihat langsung (dengan media gambar yang di print di kertas HVS) tentang fungsi alat komunikasi, serta dilakukan dengan bermain peran. Selain itu, guru juga memberikan penugasan bersama orangtua untuk di rumah dengan membuat ponsel dari kertas karton.
    4. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru
    dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    cukup efektif, guru menerangkan dampak buruk penggunaan HP secara berlebihan dengan bahasa dan visualisasi yang mudah dipahami anak, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain Hp. guru juga memberikan kegiatan yang menarik dalam membuat gadget dari bahan dus yang akan dilakukan bersama orangtua, sehingga dapat memberikan quality time anak bersama orangtuanya.
    5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari menjelasakan materi, mengajak anak berdiskusi dan memberikan contoh pengalaman langsung melalui bermain peran, namun akan lebih baik lagi jika anak diminta menceritakan kembali proses pembelajaran dan hala apa saja yang dia terima saat membuat replika Hp bersama orang tuanya, sehingga anak akan lebih mendalami dan memahami tugas yang di berikan

  7. 1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Pendapat saya mengenai video di atas sangat mengedukasi sekali untuk para guru PAUD tentunya, dimana dalam video tersebut di dalamnya dipaparkan serta dijelaskan pula mengenai gambaran (film singkat) pembelajaran baik model pembelajaran, metode dll yang bermakna mengenai penggunaan gawai untuk AUD sekaligus pengenalan tentang gadget.
    Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    2. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Seorang guru atau pengasuh anak banyak kreatif dalam membimbing anak tersebut bagaimana caranya agar anak melupakan bermain gadget. Dengan pengalaman yang saya alami di sekolah saya, Dalam lembaga kami tidak diperkenankan di saat KBM berlangsung guru memegang HP. Dari sudut itu juga anak-anak melihat apa yang kita lakukan.
    3. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Ya, bagi saya cukup efektif untuk sedikit meredam. Karna anak melihat langsung (dengan media gambar yang di print di kertas HVS) tentang fungsi alat komunikasi, serta dilakukan dengan bermain peran. Selain itu, guru juga memberikan penugasan bersama orangtua untuk di rumah dengan membuat ponsel dari kertas karton.
    4. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru
    dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    cukup efektif, guru menerangkan dampak buruk penggunaan HP secara berlebihan dengan bahasa dan visualisasi yang mudah dipahami anak, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain Hp. guru juga memberikan kegiatan yang menarik dalam membuat gadget dari bahan dus yang akan dilakukan bersama orangtua, sehingga dapat memberikan quality time anak bersama orangtuanya.
    5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari menjelasakan materi, mengajak anak berdiskusi dan memberikan contoh pengalaman langsung melalui bermain peran, namun akan lebih baik lagi jika anak diminta menceritakan kembali proses pembelajaran dan hala apa saja yang dia terima saat membuat replika Hp bersama orang tuanya, sehingga anak akan lebih mendalami dan memahami tugas yang di berikan

  8. Assalamualaikum, ijin menjawab diskusi video tentang: Cara tepat mengenalkan IT pada anak (Literasi Digital)
    1. Bagaimana pendapat anda mengenai video di atas ?
    Menurut pendapat saya video di atas sangat berguna dan bisa dijadikan contoh oleh guru PAUD yang lain dalam cara tepat mengenalkan IT pada anak, karena di era digital sekarang anak-anak cenderung lebih tertarik main gadget daripada permainan lain, sehingga guru harus lebih kreatif dan lebih menarik dari gadget.
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    cara lain yang bisa dilakukan guru saat di sekolah adalah memberi pengertian kepada anak jika bermain gadget terlalu lama akan membahayakan kesehatan mata, sehingga perlu dilakukan kerja sama yang baik antara orang tua jika berada di rumah tolong gadget diletakkan dulu lebih baik ajak anak untuk melakukan permainan yang lain atau minta anak untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan hari ini selama di sekolah.
    3. Apakah project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget ?
    project yang diberikan oleh guru dalam video ini cukup efektif selama di sekolah untuk meredam keinginan anak bermain gadget.
    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Menurut pendapat saya, guru dalam video ini sudah cukup memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini. tetapi tidak cukup sampai disini, seorang guru masih harus banyak belajar dari berbagai sumber yang baik dan juga memberi contoh yang baik bagi peserta didiknya.
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut pendapat saya tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang belum maksimal adalah belum ada kesempatan buat anak untuk bercerita kegiatan yang dilakukan saat di rumah bersama orang tua dan keluarganya.

  9. NAMA : SULISTYOWATI
    JURUSAN : PGPAUD BI SMT 3B
    POKJA : LAMONGAN
    Mohon izin menjawab..
    Menurut Pendapat saya dari video tersebut tayangannya bagusserta bermanfaat sekali karena dapat membantu anak mengurangi kecanduan pada gadget melalui contoh dan dampak main gadged serta kegiatan bermain peran yang bisa memberikan pemahaman kepada anak bahwa bermain gadget ada batasan dan aturannya karena jika terlalu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan. Serta kegiatan yang bisa diberikan oleh guru anak menjadi tidak kecanduan gadget yakni dengan menunjukkan gambar seorang anak yang matanya sampai bengkak karena bermain gadget terlalu lama dan sering .kemudian dengan anaks melihat gambar secara langsung anak bisa memahami dan mengetahui gambar itu merupakan contoh bukti akibat dari main gadget yang terlalu lama dan sering sehingga berakibat buruk. Dalam video tersebut ibu guru sudah melakukan peran pengasuhan anak usia dini. dalam kegiatan Project based learning bisa dilakukan di sekolahan bersama teman-teman dengan didampingi ibu guru sehingga guru juga bisa mengamati secara langsung kegiatan anak-anak membuat gadget dari kertas karton yang ada pada tayangan video tersebut, kemudian terlihat sekali anak-anak menyenagi kegiatan tersebut, serta walimurid juga merasa berterima kasih kepada ibu guru bahwa dengan pola pengasuhan yang diberikan ibu guru disekolah sangat dirasakan manfaatnya oleh walimurid.
    Demikian pendapat dari saya.
    Trima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  10. 1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Jawaban:
    Menurut saya video diatas sangatlah menarik dan edukatif karena dapat mengurangi kecanduan gadget yang berlebihan dengan mengalihkan perhatiannya dengan membuat dan mewarnai alat telekomunikasi berupa telepon dari karton/kertas serta melibatkan anak untuk berperan aktif dalam permainan yang menyenangkan terkait dengan alat telekomunkasi tersebut.
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget?
    Jawaban:
    – Dengan memberikan beragam aktivitas belajar sambil bermain yang menyenangkan agar anak tidak berfokus gadget saja.
    – Memberikan nasihat bahwa bermain gadget juga berbahaya jika penggunaannya dilakukan secara berlebihan dengan memutar video terkait tentang kecandua/ bahaya gadget.
    – Saling berkerja sama dengan pihak orang tua agar saling berkontribusi dalam mengarahkan, membimbing dan membersamai anak agar tidak kecanduan dengan gadget secara berlebihan dengan memberikan contoh yang baik.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Jawaban:
    Menurut saya cukup efektif karena dikombinasikan dengan metode proyek. permainan yang menarik serta penguatan dan motivasi guru pada anak agar tidak berlebihan dalam menggunakan gadget dibarengi komunikasi dan kerja sama dengan pihak orang tua anak didik agar tujuan pembekajaran lebih maksimal.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Jawaban:
    Menurut saya sudah sebab guru telah melakukan stimulasi/rangsangan guna menggali pengetahuan anak terkait tema, memberikan arahan dan bimbingan dan nasihat agar tidak kecanduan gadget.

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Jawaban:
    Menurut saya sudah baik namun di tahapan tindak lanjut kegiatan proyek penilaian sikap dan penilaian projek mungkin lebih dimaksimalkan lagi.
    Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply