silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.
Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
- Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
- Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
- Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Nama :Rofi’atul Kholifah
Nim : 858741212
Prodi : PG PAUD BI
Mohon ijin untuk memberikan tanggapan tentang video di atas…
Video di atas bagus untuk memberikan kesan kepada anak yang kecanduan bermain gadget pada kegiatan tanya jawab guru memberikan penjelasan dan gambar kepada anak-anak untuk tidak sering bermain gadget karena ada akibat yang akan di Terima pada anak-anak apabila sering bermain gadget….
Dalam permainan peran pembelajaran ini perlu dicontoh dan sangat bagus karena melatih anak dalam pembahasaan anak dan dapat mengambil peran sebagai orang tua yang melarang anaknya bermain gadget lama lama.
Dalam video di atas guru sudah menjadi pengasuhan dalam pembelajaran anak sudah efektif..
Selain itu guru juga Sebaiknya memberikan contoh atau memutarkan video pendek tentang anak yang kecanduan gadget..
Tentang pemberian tugas based learning bisa juga di kerjakan di sekolah bersama teman-teman dan di bantu ibu guru dengan begitu pendidik dapat secara langsung menilai kegiatan tersebut..
nama : ani fitriya
nim : 858680598
PG PAUD akpmm semester 8 universitas terbuka gresik
1. menurut saya video diatas sudah sedikit membantu orangtua dalam menghadapi anaknya yang kecanduan gedget, penjelasan dalam video tersebut juga mudah dipahami
2. cara lain untuk mengalihkan anak dari gadget adalah dengan diajak bermain bersama ajak main diluar contohnya pergi ketaman, atau bisa membatasi pemakaian gedget jangan terlalu lama anak dibiarkan main hp sendirian, berikan jadwal dari bangun tidur hingga malam.
3. yang diberikan oleh guru dalam video ini cukup efektif selama di sekolah untuk meredam keinginan anak bermain gadget.
4. cukup efektif, guru menjelaskan dampak buruk penggunaan HP secara berlebihan, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain Hp, guru juga memberi tugas untuk anak dan orang tua membuat replika hp dari kardus agar kekompakan anak dan orang tua bisa tumbuh.
5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari menjelasakan materi, mengajak anak berdiskusi
Terima Kasih, menurut pendapat saya dalam video tersebut guru telah efektif dalam memberikan pemahaman terhadap anak didik dalam cara penggunaan gadget yang baik dan benar sesuai kebutuhan. Selain dalam video diatas ada cara lainyang dapat diterapkan untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak yaitu menyibukkan anak dengan kegiatan yang menyenangkan dirumah bersama orang tua dan keluarga. Secara khusus dan berkelanjutan orang tua dan keluarga meluangkan waktu kurang lebih 60 menit per hari untuk berkegiatan bersama anak. Adapun contoh kegiatannya ialah mengajak anak untuk berkebun, membersihkan dan merapikan rumah , membuat kerajinan, berolahraga bersama dan lain sebagainya. Dengan demikian anak akan terlupakan dengan asyiknya gadget. Sebagai cacatan keterlibatan orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan suatu target pencapaian perkembangan kemampuan anak untuk itu orang tua harus dapat bekerja sama dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam video tersebut guru telah secara maksimal dalam pengasuhan anak di sekolah , guru juga secara lengkap menjelaskan tentang gadget dan bahayanya jika menggunakan secara berlebihan dan tanpa kontrol.
Terima Kasih, menurut pendapat saya dalam video tersebut guru telah efektif dalam memberikan pemahaman terhadap anak didik dalam cara penggunaan gadget yang baik dan benar sesuai kebutuhan. Selain dalam video diatas ada cara lainyang dapat diterapkan untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak yaitu menyibukkan anak dengan kegiatan yang menyenangkan dirumah bersama orang tua dan keluarga. Secara khusus dan berkelanjutan orang tua dan keluarga meluangkan waktu kurang lebih 60 menit per hari untuk berkegiatan bersama anak. Adapun contoh kegiatannya ialah mengajak anak untuk berkebun, membersihkan dan merapikan rumah , membuat kerajinan, berolahraga bersama dan lain sebagainya. Dengan demikian anak akan terlupakan dengan asyiknya gadget. Sebagai cacatan keterlibatan orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan suatu target pencapaian perkembangan kemampuan anak untuk itu orang tua harus dapat bekerja sama dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam video tersebut guru telah secara maksimal dalam pengasuhan anak di sekolah , guru juga secara lengkap menjelaskan tentang gadget dan bahayanya jika menggunakan secara berlebihan dan tanpa kontrol.
Assalamu’alaikum,
Nama : Eneng siti Huraeroh
NIM : 857231949
UPBJJ : Serang
Judul : Cara tepat mengenalkan IT pada anak (literasi digital)
1. Dalam video diatas memperlihatkan seorang guru memperlihatkan dan menjelaskan bagaimana memperkenalkan IT pada anak (literasi digital) tanpa harus anak mengalami kecanduan hp. Dalam video tersebut guru memberikan informasi dan model pembelajaran yang menarik, yaitu dengan proses pembelajaran melalui tanya jawab di tahap awal mengenai bermain hp dengan bijak dan dampak dari bermain hp serta bermain peran antara anak dan orang tua dimana dalam cerita tersebut orang tua melarang anaknya unutk tidak bermain hp.
2. Cara lain yang harus dilakukan guru agar anak tidak kecanduan hp adalah guru memberikan arahan kepada anak untuk membuat mainan komunikasi yang sesuai dengan usia anak, misalnya dibuat dari 2 aqua gelas yang disambungkan dengan tali, sehinga anak bisa memainkan permainan tersebut bersama temannya sebagai pengganti alat komunikasi selain hp.
3. projek yang diberikan oleh guru dalam video pembelajaran ini sudah efektif untuk meredam keinginan anak untuk bermain hp, tetapi guru juga harus bekerja sama dengan orang tua agar anak dirumah diberikan lingkungan dan contoh baik dari orang tuanya, misalnya orang tua tidak bermain hp di depan anak, berikan waktu untuk bermain bersama anak. Jika anak ingin bermain hp, peran orang tua pun sangat penting untuk mendampingi dan mengawasi konten apa saja yang cocok dengan usia anak dan membatasi waktu bermain hp, karena dizaman digital sekarang ini tidak bisa di hindari dari kemajuan digital, memang harus dihadapi tetapi sebagai orang tua dan guru di sekolah harus bisa mengontrol dan mengawasi anak agar tidak kecanduan hp.
4. Guru dalam video ini sudah memaksimalkan pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, yaitu dengan memberi arahan dan stimulasi yang baik pada anak, bahwa bermain hp berlama-lama bisa berakibat tidak baik terhadap kesehatan tubuh kita terutama kesehatan mata.
5.
tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang belum maksimal adalah adanya kegiatan berkelompok dan bekerjasama dengan teman-temannya dalam memecahkan suatu permasalahan sehingga anak tidak bermain secara inidividu melainkan bersama-sama dengan temannya.
NAMA PUJI ASTUTIK
NIM 858808779
UPBJ MALANG
Menurut pendapat saya,guru sudah bagus dalam memberikan pengertian serta pengarahan untuk bermain gadget dengan benar kepada anak didik.
Guru juga bisa mengajak anak untuk bermain leggo,puzzle serta permainan yang lainya sehingga bisa mengalihkan perhatian anak.
Selain hal tersebut juga peran serta keluarga dan yang terutama adalah orang tua sangatlah di butuhkan untuk dapat mengatasi kecanduan anak dalam bermain gadget.karena waktu yang terbanyak untuk seorang anak adalah bersama keluarga, sehingga dukungan serta perhatian dari keluarganya adalah poin yang sangat besar untuk kehidupan anak.
NAMA PUJI ASTUTIK
NIM 858808779
UPBJ MALANG
Menurut pendapat saya,guru sudah bagus dalam memberikan pengertian serta pengarahan untuk bermain gadget dengan benar kepada anak didik.
Guru juga bisa mengajak anak untuk bermain leggo,puzzle serta permainan yang lainya sehingga bisa mengalihkan perhatian anak.
Selain hal tersebut juga peran serta keluarga dan yang terutama adalah orang tua sangatlah di butuhkan untuk dapat mengatasi kecanduan anak dalam bermain gadget.karena waktu yang terbanyak untuk seorang anak adalah bersama keluarga, sehingga dukungan serta perhatian dari keluarganya adalah poin yang sangat besar untuk kehidupan anak.
Eri Murniati
858424456 PG PAUD
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
menurut saya itu adalah salah satu cara mengatasi anak tanpa penggunaan hp. di era zaman teknologi semakin pesat dalam penjelasan video menjelaskan keterlibatan guru dalam mengenalkan dan menjelaskan hal baik maupun buruk dari penggunaan hp
Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
pendidik dan orang tua berperan besar dalam hal ini. salah satunya bisa menerapkan sebab akibat bermain hp dengan melihatkan bahayanya. selanjutnya anak di rumah dilibatkan dalam setiap kegiatan bermain sehingga anak dapat mengerti batasan usia dalam penggunaan gadget.
Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
sudah efektif, tetapi dengan pantauan hubungan kerjasama antara orang tua dan guru.
Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
tentu saja. dan harus di terapkan dalam kegiatan sehari hari sehingga kita dapat mengevaluasi apa saja yang kurang.
Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
tahapan yang belum maksimal adalah memberikan sosialisasi tentang bahay bermain hp kepada anak didik.
Nama : Eka Wachyuningsih
NIM ; 857316095
Video yang ditampilkan ini menginspirasi saya dalam menerapkan variasi model pembelajaran dikelas penjelasan sangat jelas dan terperinci Penggunaan produk teknologi seperti komputer tablet oleh anak-anak usia dini sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Meskipun canggih, perangkat berlayar sentuh ini begitu mudah digunakan oleh anak-anak kapanpun dan dimanapun mereka mau. Segudang aplikasi pun siap diunduh guna memanjakan mereka. Banyak orangtua yang mengkhawatirkan kehadiran komputer tablet ini untuk anak-anak mereka. Tapi tak sedikit orangtua yang memanfaatkannya sebagai sarana bermain dan belajar anak. Bahkan ada lembaga pendidikan anak usia dini yang menjadikan komputer tablet sebagai salah satu alat dalam kegiatan belajar mengajar.
Nama : Isfikaraina Zahrawani
NIM : 857313763
Video tersebut memberikan pandangan yang sangat positif dan bermanfaat tentang cara mengenalkan teknologi kepada anak-anak. Melalui model pembelajaran Project Based Learning, anak-anak diajak untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. Selain itu, melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran juga merupakan langkah yang sangat baik untuk membantu mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak. Diskusi sehat dan menyenangkan tentang permainan Treasure Hunt juga merupakan cara yang inovatif untuk mengajak anak-anak berinteraksi dengan teknologi secara positif. Secara keseluruhan, video ini memberikan pandangan yang sangat baik tentang cara mengenalkan IT pada anak-anak untuk membangun literasi digital yang baik.