silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama : LISNAWATI DWI ARINI
    NIM : 856589927
    Prodi : PGSD S1

    Setelah menonton video pembelajaran tersebut maka dapat saya analisis :
    • Tidak ada pendahuluan, seperti memberikan apersepsi kepada siswa, memaparkan tujuan dan prosedur atau memaparkan sedikit gambaran tentang inti pembelajaran.
    • Metode yang digunakan ceramah, terpusat hanya pada guru sehingga anak kurang memiliki peran dalam pembelajaran.
    • Sumber belajar kurang variatif, sehingga proses pembelajaran terasa monoton.
    • Tidak menggunakan alat peraga, sehingga siswa bingung untuk memahami pelajaran.

    Selain melakukan pendekatan dan memberikan perhatian, alangkah baiknya pembelajaran lebih dipusatkan kepada siswa. Sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran lebih menyenangkan serta efektif.

  2. Nama : Ananda Dewi wardah FP
    NIM : 858912498

    Media pembelajaran yang tepat sangat membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran, dapat membantu guru dalam memberikan penjelasan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Selain itu, media pembelajaran juga berfungsi membantu komunikasi baik bagi komunikator dan bagi penerima. Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa pada awal pembelajaran guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran sama sekali, hal ini menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang akan disampaikan. dengan adanya penggunaan media pembelajaran, dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu materi hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran selanjutnya ketika guru tersebut menggunakan media nyata sebagai alat untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan penggunaan media pembelajaran, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan karena memang media merupakan sarana yang menjembatani antara siswa dan materi pembelajaran.

    dapat disimpulkan bahwa, selain penguasaan kelas hal yang juga perlu dikuasai oleh guru yaitu penggunaan media pembelajaran. karena dengan menggunakan media yang tepat diharapkan dapat meningkatkan semangatdan motivasi siswa dalam belajar, selain itu siswa juga akan dengan mudah memahami suatu materi.

  3. NAMA : JUJU NURJANAH
    NIM : 857364405

    Setelah melihat video tersebut,guru hanya membuka pelajaran saja tanpa melalui apersepsi,sebaiknya guru membuka pelajaraan dengan apersepsi terlebih dahulu, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA, media sangat diperlukan pada pembelajaran IPA agar materi yang disampaikan guru lebih mudah dipahami oleh siswa.

  4. Nama : Maratun N.R
    NIM : 857043509
    Jurusan : PGSD-BI

    Setelah menonton video tersebut dapat di ketahui bahwa selain dapat menguasai kelas, guru juga harus menguasai media pembelajaran. Karena jika dalam menjelaskan materi tanpa media maka tujuan dari pembelajaran tidak akan tercapai, karena terjadinya kebingungan yang di alami oleh siswa. Akan tetapi saat menggunakan media terlihat jelas siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan. selain itu, dengan adanya media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

  5. Nama: Elisabet niasma
    Nim :859497508
    Jurusan : PGSD
    Dari video tersebut sangat nampak bagaimana media pembelajaran menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menjadi perhatian bagi seorang guru dalam melakukan pembelajan, khususnya untuk anak usia SD. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam proses menyerap dan memahami materi pelajaran IPA secara efektif dan dapat menarik perhatian siswa, sehingga mereka fokus dan terdorong untuk mencari tahu.

  6. Nama Emilia Jayanti
    Nim 856983215
    Kode upbjj 20 bandar Lampung
    Pokjar Banjar agung

    Assalamualaikum
    Menurut saya yang saya lihat dari video tadi bahwa guru tersebut tidak adanya persepsi seperti pembukaan salam atau berdoa serta mengabsen siswa,
    Tetapi huruf tersebut langsung pada inti materi lalu juga langsung mengajar serta mengajarnya penting tidak menggunakan media.
    Sebenarnya walaupun tidak memadai media di sekolah guru tersebut juga mampu menggunakan media yang ada di sekitar sekolah.
    Atau di dalam ruangan itu sendiri.
    Sehingga siswa mudah dalam menangkap atau memahami pembelajaran.
    Jadi intinya media pembelajaran itu sangatlah penting dalam menunjang proses belajar mengajar.
    Wasslamualaikum
    Terima kasih

  7. Nama : Mirna Amelia Sm
    Nim : 856020634

    1. bagaimana reaksi siswa/ anak terhadapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? jawab :
    reaksi siswa tersebut saat guru menggunakan metode ceramah saat mengajar, kegiatan belajar mengajar menjadi monoton, dan siswa kurang paham dengan materi nya, Namun reaksi siswa berubah saat guru menggunakan metode ceramah ditambah dengan penggunaan media konkreat siswa menjadi lebih bersemangat dan siswa menjadi paham dan bisa membeda kan secara langsung jenis jenis bentuk daun .
    2. secara keseluruan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ? jawab :
    guru tersebut bingung harus menggunakan media apa yang dibutuhkan untuk menunjanng aktivitas belajar mengajar menjadi efektif.
    3.secara keseluruan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    jawab :
    guru berfikir cepat langsung mencari benda konkret yang ada disekitar sekolah, mencari daun daun yang berada disekitar sekolah dari beberapa jenis jenis bentuk daun.
    4. hal hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    jawab :
    guru tersebut baru memikirkan media apa yang harus digunakan saat pembelajaran berlangsung.
    5. upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
    jawab :
    guru tersebut seharusnya menyiapkan media/ alat pembelajaran dipersiapkan lebih awal seblum pembelajaran dimulai. karena pada topik topik pembeljaran tertentu tidak semuanya menggunakan media lingkungan sekitar. apalagi pembelajaran IPA lebih sering menggunakan alat bantu agar lebih mudah dipahami, jika guru menggunakan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi misalnya( media audio, media visual, media audio visual, media konkreat, dan lainnya)

  8. Nama : Fauzan Fuadi
    NIM : 857136254

    Pada bagian pertama terlihat guru hanya menyampaikan materi dengan ceramah sehingga membuat siswa bosan, tidak paham dengan konsep materi, pelajaran dianggap tidak menarik

    Pada bagian kedua setelah guru tahu permasalahannya, guru tersebut menggunakan media pembelajaran sehingga siswa lebih paham dan kegiatan menjadi interaktif

    Kesimpulannya menurut saya media konkret sangat dibutuhkan untuk memahamkan konsep pembelajaran. Terlebih pelajaran IPA, banyak yang bisa dieksplor dari alam. Guru harus mampu memilih media yang tepat untuk materi yang diajarkan.

  9. Nama : Irmala Dewi
    NIM : 858450817
    Prodi : S1 PGSD (BI)

    Setelah menyimak video diatas dapat saya simpulkan bahwa pembelajaran dengan metode ceramah saja membuat siswa kurang semangat karena kurang menarik bagi siswa, namun berbanding terbalik setelah guru menggunakan media pembelajaran siswa menjadi lebih semangat dan aktif dan siswa lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan.

  10. NAMA MAHASISWA : EVI YULIANTI
    NIM : 857046719
    MATA PELAJARAN/TEMA : IPA
    UPBJJ-UT : Bandar Lampung/ Seputih Agung
    menurut saya tentang analisis vidio tersebut yaitu hasilnya :
    A. Analisis Video Pembelajaran
    1. Fakta/ data pembelajaran yang terjadi!
    • Judul Video: Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
    • Materi: fotosintesis
    2. Identifikasi masalah-masalah (fakta negatif) pembelajaran yang terjadi kelas!
    • Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPA
    • Guru tidak menggunakan media dalam menjelaskan materi sistem pencernaan
    • Guru jarang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung

    3. Analisis penyebab masalah yang terjadi pada pembelajaran yang terjadi kelas!
    1. Guru tidak menggunakan media yang dapat mendukung kegiatan belajar
    2. Sulit mencari media yang tepat
    3. Tidak ada biaya untuk membeli media
    4. Guru kurang kreatif dalam memanfaatkan media yang ada disekitar sekolah
    4. Alternatif dan prioritas untuk memecahkan masalah tersebut!
    • Menggunakan media yang efektif untuk menunjang kegiatan pembelajaran

Leave a Reply