silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

993 Comments

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Izin untuk menanggapi video tersebut
    Menurut saya, awal pembelajaran nya kurang efektif, karena langsung menyampai kan materi, dan tujuan dari pembelajaran tidak di sampaikan seharusnya pendahuluan dilakukan agar peserta didik bajarnya tidak kaku, bisa juga untuk memancing peserta didik semangat belajar dilakukan ice breaking. Dalam kegiatan inti untuk pembelajaran IPA bisa mengambil tanaman sebagai bahan dalam pembelajaran. Nah guru bisa menjelaskan berbagai bentuk daun dan bentuk tulang daun, jadi peserta didik bisa langsung mengetahui secara konkret tentang bentuk-bentuk daun. Pada akhir pembelajaran kurang nya kegiatan penutup.
    Demikian apa yang dapat saya sampaikan lebih dan kurang saya mohon maaf
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  2. BERANDA
    TENTANG GPO
    KONTAK
    PROFILE
    LOG OUT
    X
    Home / Seri Pembelajaran SD / Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
    SERI PEMBELAJARAN SD
    Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

    Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
    Analog kesamaan atau perbedaannya,
    Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
    Cecep Kuatandi

    Pakar Dosen

    Pakar Guru
    Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

    Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

    Post navigation
    PREVIOUS
    Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
    NEXT
    Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
    Similar Posts

    820 Comments
    Comments navigation
    Older comments
    Newer comments
    Lilis Suryani says:
    May 9, 2024 at 12:23 pm
    Nama : Nurliana
    Nim : 858056285
    Pokjar : Melawi

    Pada video diatas dapat dim simpulkan
    1. pada saat pembuakaan pembelajaran guru tidak menjelaskan materi yang akan di pelajari
    2. pada pembelajaran ini guru tidak menggunakan media pembelajaran, seperti daun, walaupun disekolah media pembelajaran tidak lengkap seharusnya guru bisa memanfaatkan alam sekitarnya untuk di jadikan media pembelajaran
    3. saat sesi tanya jawab, siswa tidak mengerti degan apa yang di tanyakan guru
    4. guru ke binggungan dengan peryataan siswa yang tidak mengerti apapun yang di jelaskan guru

    Nazawita Ariani says:
    May 9, 2024 at 3:35 pm
    NAMA : NAZAWITA ARIANI
    NIM :856021399

    Judul video Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
    Dari video pertama, saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti mengambil perhatian siswa, mengabsen siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan antusias untuk mendengarkan serta siswa dapat melihat langsung apa saja bentuk-bentuk daun yang dicontohkan oleh guru.
    Kelemahan dari video pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti Yaitu dengan cara tanya memulai jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
    Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
    Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar. Kemudian dalam penggunaan metode mengajar guru harus memiliki keterampilan tertentu yaitu menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran serta mengikutsertakan peran siswa. Supaya pengajaran menarik serta merangsang minat siswa untuk mengikuti proses belajar. Guru menggunakan media atau alat bantu. Media ini dapat berupa model atau gambar-gambar.

    pittanovitasari25 says:
    May 9, 2024 at 11:44 pm
    NAMA : PITTA NOVITASARI
    NIM : 857809681

    Judul video Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
    Dari video pertama, saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti mengambil perhatian siswa, mengabsen siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan antusias untuk mendengarkan serta siswa dapat melihat langsung apa saja bentuk-bentuk daun yang dicontohkan oleh guru.
    Kelemahan dari video pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti Yaitu dengan cara tanya memulai jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
    Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
    Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar. Kemudian dalam penggunaan metode mengajar guru harus memiliki keterampilan tertentu yaitu menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran serta mengikutsertakan peran siswa. Supaya pengajaran menarik serta merangsang minat siswa untuk mengikuti proses belajar. Guru menggunakan media atau alat bantu. Media ini dapat berupa model atau gambar-gambar.

    nurlailyah3 says:
    May 10, 2024 at 8:57 am
    Nama : Nur Lailiyah
    NIM : 856986083
    Pokjar : Kota Agung
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Judul Video : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA
    Saya akan menanggapi video yang ditampilkan diatas.
    1. Dari cuplikan video yang pertama, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah kurang berminat atau fokus, dimana guru datang masuk ke dalam kelas, langsung menerangkan materi dengan metode ceramah, tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu. Namun dicuplikan berikutnya, anak-anak sudah antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena guru sudah bisa mengkondisikan kelas, serta sudah membawa media pembelajaran.
    2. Dari video yang ditampilkan keseluruhan kelemahannya adalah, guru tersebut masuk kedalam kelas, tanpa terlebih dahulu melakukan kegiatan awal, pembelajaran. Begitu juga ketika melakukan kegiatan proses belajar mengajar, guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.
    3. Dari keseluruhan video yang ditampilkan, kelebihan yang ditampilkan dalam video adalah, pada cuplikan yang kedua, saat guru yang sedang mengajar, membawa media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan, yaitu daun-daun yang tersedia disekitar sekolah sebagai media pembelajaran, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dikelas.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dari video diatas adalah, guru mengambil daun disekitar sekolah
    5. Setelah melihat keselurahan video diatas, yang dapat saya sarankan adalah:
    1) Guru harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum masuk kedalam kelas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
    2) uru harus menyediakan media pemelajaran, baik berupa benda-benda yang ada disekitar, atau[un yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu
    3) guru harus aktif dalam mengajar, dimana siswa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran.
    Demikian yang bisa saya sampaikan , terimakasih.

    nurlailyah3 says:
    May 10, 2024 at 9:00 am
    Nama : Nur Lailiyah
    NIM : 856986083
    Pokjar : Kota Agung
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Judul Video : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA
    Saya akan menanggapi video yang ditampilkan diatas.
    1. Dari cuplikan video yang pertama, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah kurang berminat atau fokus, dimana guru datang masuk ke dalam kelas, langsung menerangkan materi dengan metode ceramah, tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu. Namun dicuplikan berikutnya, anak-anak sudah antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena guru sudah bisa mengkondisikan kelas, serta sudah membawa media pembelajaran.
    2. Dari video yang ditampilkan keseluruhan kelemahannya adalah, guru tersebut masuk kedalam kelas, tanpa terlebih dahulu melakukan kegiatan awal, pembelajaran. Begitu juga ketika melakukan kegiatan proses belajar mengajar, guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.
    3. Dari keseluruhan video yang ditampilkan, kelebihan yang ditampilkan dalam video adalah, pada cuplikan yang kedua, saat guru yang sedang mengajar, membawa media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan, yaitu daun-daun yang tersedia disekitar sekolah sebagai media pembelajaran, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dikelas.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dari video diatas adalah, guru mengambil daun disekitar sekolah
    5. Setelah melihat keselurahan video diatas, yang dapat saya sarankan adalah:
    1) Guru harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum masuk kedalam kelas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
    2) uru harus menyediakan media pemelajaran, baik berupa benda-benda yang ada disekitar, atau[un yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu
    3) guru harus aktif dalam mengajar, dimana siswa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran.
    Demikian yang bisa saya sampaikan , terimakasih.

    Jojor Simanjuntak says:
    May 10, 2024 at 2:00 pm
    NAMA : JOJOR ROMAITO SIMANJUNTAK
    NIM : 877528959
    POKJAR : HUMBANG HASUNDUTAN
    UPBJJ : MEDAN

    Baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video diatas :

    1. reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang saya lihat sangat baik, dimana mereka sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran IPA di SD. hal ini sangat jarang kita temukan di sekolah apalagi dalam pembelajaran Ipa yang tentunya membutuhkan media yang cukup untuk memperlancarkan proses belajar mengajar.
    2. kelemahan guru dari video diatas yaitu guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa tidak sepenuhnya untuk konsentrasi untuk menyerapkan pembelajaran yang diberikan, padahal kita tau kalau mata pelajaran IPA itu secara langsung untuk melakukan suatu pencobaan agar terwujudnya pembelajaran yang kreatif dan inovasi.
    3. kelebihan guru pada Video diatas yaitu cara penyampaian materinya sangat jelas dan tepat sehingga membuat siswanya dapat menyerap pelajaran dengan perlahan-lahan.
    4. hal -hal unik yang terdapat dari video diatas yaitu siswanya dengan giat untuk mengikuti pelajaran yang diberikan ibu tersebut, siswa tersebut tidak ada yang ribut maupun berdiskusi, maupun berjalan-jalan, melainkan mereka dengan tertib dan selalu rapi dalam menerima pelajaran tersebut.
    5. dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitasnya yaitu tetaplah menggunakan media pembelajaran, karena tanpa media siswa agak lambat untuk menyerap pelajaran yang disampaikan, dan juga guru akan lebih lancar untuk menyampaikan pembelajarannya apa lagi mata pelajaran IPA yang tentunya membutuhkan praktik secara langsung

    demikian pendapat saya , terimakasih.

    Usalamah Iffah says:
    May 10, 2024 at 6:00 pm
    BismiLLAH
    Nama : Ummu salamh(859764853)
    UPBJJ : Kendari
    Pokjar : Tonggoni Pomalaa

    dari pengamatan saya video diatas, bahwa seorang guru tidak menggunakan media sehingga verbalisme data, fakta, prinsip, konsep. karena tidak memanfaatkan media, hal ini terjadi dikarenakan sulitnya mencari media yang tepat. namun waktu persiapan yang terbatas tidak ada biaya untuk membeli media.
    solusinya yaitu :
    Media dikenal sebagai alat bantu ngajar yang dimana seharusnya dapat membantu guru. guru harus pintar merancang pembelajaran dan memiliki kreatifitas untuk mengelolah lingkungan menjadi media dan sumber belajar yang baik apalagi lingkungan sekolah. banyak benda-benda yang dapat kita apaki sebagai bahan ajar.

    Lia Wati says:
    May 10, 2024 at 6:28 pm
    Mohon izin untuk menanggapi video di atas,
    setelah melihat tayangan di atas tentang guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD
    ..
    Menurut saya pembelajaran di atas belum berjalan dengan baik karena gurunya tidak menyampaikan materi dengan menggunakan media sehingga siswanya kurang memahami materi yang disampaikan.. dari video tersebut juga saya menyimpulkan bahwa kekurangan dalam pembelajaran di atas yaitu:
    1. Gurunya belum melakukan kegiatan awal seperti berdoa terlebih dahulu dan melakukan absensi sebelum melakukan aktivitas belajar mengajar.
    2. Gurunya juga belum menyampaikan materi pelajaran apa yang akan dipelajari seperti yang terlihat di video yang mana gurunya langsung menyampaikan judul saja.
    3. Dan kekurangan lainnya adalah guru tidak menggunakan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswanya kurang memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, perlunya seorang guru merancang dan membuat kreativitas agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik

  3. Nama : Liawati
    NIM : 859764624
    Menurut saya pembelajaran di atas belum berjalan dengan baik karena gurunya tidak menyampaikan materi dengan menggunakan media sehingga siswanya kurang memahami materi yang disampaikan.. dari video tersebut juga saya menyimpulkan bahwa kekurangan dalam pembelajaran di atas yaitu:
    1. Gurunya belum melakukan kegiatan awal seperti berdoa terlebih dahulu dan melakukan absensi sebelum melakukan aktivitas belajar mengajar.
    2. Gurunya juga belum menyampaikan materi pelajaran apa yang akan dipelajari seperti yang terlihat di video yang mana gurunya langsung menyampaikan judul saja.
    3. Dan kekurangan lainnya adalah guru tidak menggunakan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswanya kurang memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, perlunya seorang guru merancang dan menciptakan kreativitas agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik

  4. Nama : Sindi Afitri
    NIM : 857002653
    Pokjar : Way Tuba

    Menurut saya reaksi siswa pada awal pembelajaran sudah baik, mampu menjawab dan menyimak penjelasan dari guru. Namun dengan kurangnya media pembelajaran menurut saya siswa kurang memahami materi yang dijelaskan sehingga kurang memahaminya.

    Kelemahan video:
    Kelemahan video tersebut adalah diawal guru tidak melakukan apersepsi seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, tidak berdoa dan tidak memberi penguatan kepada siswa.

    Kelebihan video:
    Kelebihan pada video tersebut adalah guru menggunakan media berupa daun yang ada disekitar sekolah untuk menjelaskan materi kepada siswa, sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan.

    Hal unik :
    Hal unik pada video siswa dapat menjawab bentuk daun yang tanyakan guru dan guru menggukan dedaunan yang ada disekitar sekolah sebagai media pembelajaran.

    Saran :
    Sebaiknya diawal kegiatan pembelajaran guru melakukan apersepsi karena hal itu penting untuk memusatkan perhatian siswa pada kegiatan pembelajaran.

  5. Nama : Indri Yulandari
    Nim : 857002083
    POKJAR : Salut Waytuba
    UPBJJ : Bandar Lampung

    1. Kelemahan Pembelajaran pada Video, proses pembelajaran tidak mengacu pada RPP, yaitu dalam kegiatan pendahuluan tidak mengapresiasi siswa agar semangat dan aktif dalam mengikuti proses belajar. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, kurang adanya media pendukung, menggunakan media yang ada disekitar. Guru tidak melakukan kegiatan penutup dalam proses pembelajaran. Guru kurang aktif dan inovatif dalam memilih metode, model, serta media pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar.

    2. Guru kreatif dalam memilih metode dan media pembelajaran pada saat siswa tidak memahami materi yang diajarkan tanpa menggunakan media, guru dengan cepat mencari media yang tepat dan mudah didapat disekitar lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi dan lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Merangsang sensor motorik dengan perhatian, sentuhan, dan media yang menarik. Guru harus profesional dalam membentuk kompetensi peserta didik sesuai dengan karakteristik individu masing-masing. Guru juga harus menyenangkan, tidak hanya bagi peserta didik, akan tetapi juga pada diri sendiri karena kebanyakan peserta didik kurang bersemangat untuk mengikuti proses belajar mengajar, terutama pada beberapa mata pelajaran.

  6. NAMA : FAIZ ILMUTTAQIN
    NIM :858685605
    POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG
    UPBJJ UT: SURABAYA

    Judul video Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
    Dari video pertama, saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti mengambil perhatian siswa, mengabsen siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan antusias untuk mendengarkan serta siswa dapat melihat langsung apa saja bentuk-bentuk daun yang dicontohkan oleh guru.
    Kelemahan dari video pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti Yaitu dengan cara tanya memulai jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
    Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
    Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar. Kemudian dalam penggunaan metode mengajar guru harus memiliki keterampilan tertentu yaitu menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran serta mengikutsertakan peran siswa. Supaya pengajaran menarik serta merangsang minat siswa untuk mengikuti proses belajar. Guru menggunakan media atau alat bantu. Media ini dapat berupa model atau gambar-gambar.

  7. Nama : Nuril Mulyasari
    Nim : 857002384
    Upbjj: bandar lampung
    Pokjar way tuba

    menurut saya setelah enonton ideo diatas da beberapa Dampak dari guru yang tidak menggunakan media pembelajaran:

    1. Ketidak pahaman siswa dalam memahami materi IPA yang kompleks karna hanya dengan penjelasan verbal.
    2. Kurangnya minat dan motivasi belajar.Pembelajaran tanpa media bisa terasa membosankan dan monoton bagi siswa. Hal ini dapat menurunkan minat dan motivasi mereka untuk belajar IPA.
    3. Keterbatasan kreativitas dan interaksi. Tanpa media, guru dan siswa mungkin terpaku pada pola pembelajaran yang pasif dan kurang menarik.
    4. Ketidakmampuan mencapai tujuan pembelajaran: Tanpa media yang tepat, guru mungkin kesulitan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

    Solusi:
    1. Seharusnya Guru perlu memahami pentingnya media pembelajaran dan bagaimana menggunakannya secara efektif dalam pembelajaran IPA.
    2. Perlu diadakan pelatihan dan pengembangan guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan media pembelajaran.
    3. Sekolah perlu menyediakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
    4. Orang tua perlu mendukung guru dan sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan menyediakan media pembelajaran di rumah.

    menurut saya,Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA SD sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya bersama dari pihak guru, sekolah, orang tua, dan pemerintah untuk meningkatkan penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA SD.

  8. Nama :Diana Agustin
    Nim. : 859805561

    Setelah saya melihat video di atas guru pada video pertama tidak mengikuti RPP dengan baik karena tidak berdoa terlebih dahulu. Guru juga kesulitan menyampaikan pemahamannya kepada siswa karena tidak adanya media yang di persiapkan. Karena keterbatasan waktu, tidak ada Media untuk pembelajaran di sekolah dasar. Guru membutuhkan media karena siswa hanya dapat memahami dengan bukti nyata atau kasat mata. Selanjutnya, media pembelajaran sangat berpengaruh untuk peserta didik dalam memahami sebuah materi. Tanpa media, pembelajaran tidak akan berjalan sesuai yang diinginkan. Sebagai seorang guru, harus mampu membuat sesuatu dari apapun menjadi sebuah bahan yang bisa dijadikan sebagai media.

  9. Judul video Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
    Dari video pertama, saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti mengambil perhatian siswa, mengabsen siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan antusias untuk mendengarkan serta siswa dapat melihat langsung apa saja bentuk-bentuk daun yang dicontohkan oleh guru.
    Kelemahan dari video pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti Yaitu dengan cara tanya memulai jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
    Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
    Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar. Kemudian dalam penggunaan metode mengajar guru harus memiliki keterampilan tertentu yaitu menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran serta mengikutsertakan peran siswa. Supaya pengajaran menarik serta merangsang minat siswa untuk mengikuti proses belajar. Guru menggunakan media atau alat bantu. Media ini dapat berupa model atau gambar-gambar.

  10. nama : Danisia Ajeng Pratiwi
    nim : 858660374
    judul video : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD

    menurut pendapat saya
    1. sebaiknya sebelum mengajar,guru melakukan pembukaan dengan baik sesuai dengan rpp yang telah dibuat
    2. sebaiknya guru memunyai persiapan yang matang sebelum mengajar
    3. guru harus mampu memanaatkan atau mengolah lingkungan sekolah menjadi media dan sumber belajar dalam proses belajar mengajarr

Leave a Reply