Sinopsis
Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.
–
Pakar Dosen
Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.
Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.
Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.
Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.
Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.
Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.
–
Nama : Harumi Eka Putri
NIM : 501574241
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Medan
Vidio pembelajaran ini berisikan tentang penggunaan lagu sebagai strategi pembelajaran bahasa inggris. Vidio pembelajaran ini sudah cukup menjelaskan secara rinci manfaat serta penggunaan lagu dalam penerapan strategi pembelajaran. pemilihan lagu sebagai strategi pembelajaran adalah hal yang sangat tepat. penggunaan lagu dapat membuat siswa mudah memahami bahasa karena mudah mengingat pesan yang disampaikan dalam lagu sehingga siswa dapat dengan mudah menghapal kosa kata terutama dalam lagu – lagu bahasa asing. lagu yang menarik dan bermakna juga dapat menciptakan ikatan emosional siswa terhadap konsep dan isi dari liriknya seperti bahagia, sedih dan lainnya.
Nama : Malsina
NIM : 501574194
Prodi: MPDr
Video pembelajaran yang disampaikan yaitu strategi dalam pembelajaran melalui musik sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, juga bisa mengartikan dan mengucapkannya atau mengulangnya lewat lirik lagu tersebut, tetapi kita sebagai pendidik harus bisa memilih lagu yang cocok berdasarkan materi yang akan disampaikan. Guru juga harus memperhatikan syarat dalam pemenggalan lirik (tdk boleh lebih dari 3 kata dalam satu baris) agar siswa tidak merasa kesulitan.
Terimakasih
Nama : SWARENDA SEPTIA
NIM : 501574227
Berdasarkan video ini, metode pembelajaran memanfaatkan lagu. Melalui lagu seseorang dapat mengenali kata-kata yang biasanya digunakan dalam sebuah bahasa dan untuk melatih berbagai macam keahlian bahasa seperti melafalkan, dalam penulisan, memperbanyak vocabulary . Paling penting lagi, mendengarkan lagu adalah cara yang paling menyenangkan dan paling mudah untuk menguasai bahasa Inggris. Karena siswa bisa sambil bernyanyi bersama. Pada video, Guru juga memberikan essay pendek dari lirik lagu sehingga merangsang siswa untuk melengkapi lirik lagu dengan benar.
Nama : Ema Sapriani
NIM : 501574488
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
strategi pembelajaran bahasa inggris melalui musik sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris terutama untuk bebicara (speaking), terkadang siswa juga bisa mengartikan dan mengucapkannya atau mengulangnya lewat lirik lagu tersebut, tetapi kita sebagai pendidik juga harus bisa memilih lagu yang sesuai dengan materi pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Dan sebelum memilih lagyu guru juga harus mengkaji arti kalimat tersebut agar sesuai dengan fase perkembangan anak, misal nya untuk anak SD lagu yang memilki makna sesuai usia anak bukan lagu percintaan dan perkawinan dalan rumah tangga. Dari video tersebut juga sudah dijelaskan bagaimana cara memilih lagu yang sesuai sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna untuk siswa. strategi pembelajaran lewat music bisa kita bisa lakukan juga pada mata pelajran lainnya.
Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
NIM : 501253155
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Saya sangat setuju dengan video tersebut bahwa pembelajaran Bahasa inggris akan lebih mudah dipahami oleh siswa ketika guru menerapkan strategi bernyanyi menggunakan kesukaan siswa. Hal tersebut sudah saya terapkan dalam pembelajaran dikelas yang saya ajar. Saya mengajar di kelas IV yang menggunakan system kurikulum merdeka dimana pembelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran pilihan. Melihat antusias siswa dalam mempelajari Bahasa inggris karena hal ini merupakan pengalaman yang baru bagi siswa maka diperlukan strategi yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa inggris supaya bermakna dan mudah dipahami oleh siswa. Setelah mengamati video tersebut saya lebih memahami hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakan strategi bernyanyi atau menggunakan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
NIM : 501253155
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Saya sangat setuju dengan video tersebut bahwa pembelajaran Bahasa inggris akan lebih mudah dipahami oleh siswa ketika guru menerapkan strategi bernyanyi menggunakan kesukaan siswa. Hal tersebut sudah saya terapkan dalam pembelajaran dikelas yang saya ajar. Saya mengajar di kelas IV yang menggunakan system kurikulum merdeka dimana pembelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran pilihan. Melihat antusias siswa dalam mempelajari Bahasa inggris karena hal ini merupakan pengalaman yang baru bagi siswa maka diperlukan strategi yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa inggris supaya bermakna dan mudah dipahami oleh siswa. Setelah mengamati video tersebut saya lebih memahami hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakan strategi bernyanyi atau menggunakan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Nama : Titik Kurniawati
NIM : 501343181
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Malang
Dalam video berjudul “I Have a Dream” ini, dapat terlihat penggunaan musik sebagai media pembelajaran yang menarik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Strategi pembelajaran menggunakan lagu ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keaktivan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Adapun lagu yang dipilih harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Lagu harus sudah dikenal atau disukai siswa
2. Lagu harus berisi materi yang akan diajarkan
3. Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mangandung pencapaian tujuan pembelajaran
4. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa
5. Lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa
Nama : Yohanes Golanem
NIM : 501453156
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Papua
dengan menggunakan strategi pembelajaran dalam video ini ialah anak-anak harus mendengarkan dengan seksama dari sebuah lagu I Have a Dream, saya sangat setuju dengan metode ini karena anak-anak selain mencermati kalimat-kalimat dalam lagu, juga meberikan motivasi belajar bagi anak-anak didik
Nama : Imania Ragasanti
NIM : 501313268
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Samarinda
Video tersebut sangat bagus dan memberikan tips kepada guru yang ingin menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris melalui lirik lagu. Belajar bahasa inggris dapat melalui lirik lagu untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa dinilai sangat jitu. Dapat mengartikan dan mengucapkan dengan benar lewat nyayian lagu. Pengucapan yang benar akan memudahkan dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Lagu Pop barat lebih mudah dipahami. Sebelum memilih lagu dalam proses pembelajaran guru perlu melakukan pertimbangab yaitu:
1) Lagu sudah dikenal dan disukai siswa. Dapat diketahui dengan guru bertanya langsung kepada siswa
2) Lagu berisi materi yang di ajarkan baik keterampilan atau unsur bahasanya.
3) Lagu memiliki sifat dan karakter yang mengandung tujuan pembelajaran. Hal ini merupakan strategi pembelajaran.
4) Lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Kesalahan dalam pemilihan lagu mengakibatkan tidak efektif proses pembelajarannya. Teks lagu dipilih yang ringan dan tidak terlalu panjang.
5) Lagu berisi pesan yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa. Kesalahan pemilihan lagu berakibat pembentukan kepribadian pada siswa.
Nama : Ario Sepka Dardiri
NIM : 501303242
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Banjarmasin
Penggunaan strategi pembelajaran menggunakan music memang benar mudah dipahami. Menurut saya apa yang dilakukan oleh guru sudah memenuhi bagaimana cara belajar yang menyenangkan untuk siswanya. Sebelum memulai pembelajaran, hendaknya guru dapat mempersiapkan jenis music yang kekinian, disukai oleh siswa namun tidak lepas dari tujuan pembelajaran yang dilakukan.