Sinopsis
Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.
–
Pakar Dosen
Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.
Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.
Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.
Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.
Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.
Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.
–
NAMA : ANDRI
NIM : 501363144
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
Ide menggunakan lirik lagu untuk pembelajaran bahasa Inggris adalah metode yang kreatif dan menarik. Musik dapat memotivasi siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pemahaman pengucapan yang benar melalui lirik lagu dapat membantu siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris dengan lebih baik. Penggunaan lagu-lagu pop Barat untuk pembelajaran dijelaskan memiliki keunggulan karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Ini dapat memudahkan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan kosakata bahasa Inggris.
Video dapat lebih variatif dengan mencakup berbagai genre musik, sesuai dengan preferensi dan minat siswa. Ini dapat membuat pembelajaran lebih inklusif dan menjangkau audiens yang lebih luas. Mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam analisis lirik atau bahkan membuat proyek kreatif berbasis lagu dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman lebih dalam. Menambahkan elemen budaya terkait dengan lagu-lagu pop Barat dapat memperkaya pengalaman pembelajaran siswa dan membantu mereka mengaitkan pembelajaran bahasa dengan konteks budaya yang lebih luas.
Secara keseluruhan, pendekatan pembelajaran ini tampaknya menyenangkan dan bermanfaat, terutama jika disajikan dengan cara yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa.
Nama : Haris Krisantono
NIM : 501263149
Progdi : Magister Pendidikan Dasar
Beberapa hal yang saya pelajari setelah mengamati video tersebut menurut saya
Menggunakan lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris bisa menjadi strategi yang menarik dan efektif karena musik dapat meningkatkan motivasi, mengajarkan kosa kata, melatih pendengaran, dan memperbaiki pemahaman tata bahasa. tentunya dalam menggunakan lagu ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
1. lagu sudah familiar di dengar atau bahkan cenderung disukai oleh siswa
Hal ini tentunya akan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar. Selain itu siswa tidak akan mengalami kesulitan mengenai lirik-liriknya, sehingga
guru lebih mudah dalam pencapaian tujuan belajarnya.
2. Lagu harus berisi materi yang diajarkan
Hal ini berarti pemilihan lagu harus sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pembelajaran. Lirik-lirik dalam lagu harus dipilih sesuai dengan konteks tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai. Sehingga kosakata serta tata bahasa sesuai dengan konteks
3. Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung tujuan pembelajaran
Mulailah dengan membahas lirik lagu bersama siswa. Fokus pada kosakata dan ungkapan yang mungkin baru bagi mereka. Diskusikan makna lirik secara
Keseluruhan
4. Tingkat kesulitan lagu
Pemilihan lagu harus menyesuaikan dengan tingkat kesulitan dan pemahaman siswa. Dengan ini tentunya murid akan berpikir dan menganalisis sesuai
dengan tingkat pemikiran mereka. Sehingga pembelajaran akan lebih efektif.
5. Kesesuaian Amanat lagu
Setiap lagu memiliki pesan tersendiri yang disampaikan oleh pencipta lagu. Oleh sebab itu guru juga harus mampu memilih lagu yang berisikan pesan yang
yang sesuai dengan tingkat perkembangan murid.
Saran untuk video pembelajaran
dalam pembelajaran abad 21 terdapat pergeseran peran dari seorang guru. Kalau diamati pembelajaran dalam video bersifat teacher center dimana guru berperan central terhadap proses belajar, mungkin akan lebih hidup lagi kelasnya jika bersifat student center, siswa mempelajari apa yang mereka pelajari, guru memfasilitasi apa yang dipikirkan murid, menghargai suara murid, dan membangun kemampuan kolaborasi dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam kelompok
Nama : Indri Oksari Handayani
NIP : 501323101
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
Video tersebut memberikan gambaran yang bagus mengenai manfaat penggunaan lirik lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris. Beberapa poin penting yang disorot dalam video ini adalah:
Pengucapan yang Benar: Melalui menyanyikan lirik lagu, siswa dapat memperbaiki pengucapan dan intonasi bahasa Inggris dengan lebih mudah. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka.
Bahasa Slang: Lirik lagu seringkali memuat bahasa slang yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Penggunaan bahasa slang ini dapat memberikan siswa pemahaman yang lebih baik terhadap bagaimana bahasa Inggris digunakan dalam situasi informal.
Kemudahan Memahami Lirik Lagu Pop Barat: Lagu-lagu pop Barat cenderung menggunakan kosakata yang umum dan standar. Hal ini membuat siswa lebih mudah memahami makna lirik, membantu dalam memperluas kosa kata mereka.
Selain itu, penjelasan tentang cara memilih lagu yang tepat untuk pembelajaran bahasa Inggris juga memberikan arahan yang baik. Pemilihan lagu yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dan relevan dengan konteks pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Penggunaan lirik lagu sebagai alat pembelajaran bahasa telah terbukti menghibur dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Melalui pendekatan yang lebih kreatif seperti ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mendukung perkembangan keterampilan berbahasa secara lebih holistik.
Nama : Nirma Meirista Ayudianingsih
Nim : 501332852
Prodi : MPDr UPBJJ UT MALANG
Setelah menyimak vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa musik merupakan salah satu bentuk strategi pembelajaran yang sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Yang harus diperhatikan disini adalah dalam hal pemilihan lagu dan musik yang digunakan , dalam vidio tersebut guru sudah tepat dalam memilih lagu tentunya yang sudah familiar dengan siswa sehingga siswa mudah dalam meniru dan memahami bahasa yang digunakan. Selain itu, lagu juga memiliki manfaat lain jika dipakai dalam pembelajaran Bahasa Inggris, seperti meningkatkan daya ingat siswa, meningkatkan kemampuan mendengarkan, kosa kata, dan susunan kalimat dalam Bahasa Inggris, serta meningkatkan kemampuan pengucapan karena mendengarkan langsung cara mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.
Dari video tersebut, kita dapat mempelajari beberapa hal sebagai berikut:
1. Fungsi musik dalam pembelajaran bahasa: Video menjelaskan bahwa musik dapat membantu dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam konteks ini, lirik lagu dapat membantu kita untuk memahami pengucapan yang benar, bahasa slang yang umum digunakan, dan kosakata umum dalam bahasa Inggris.
2. Keuntungan belajar melalui lirik lagu: Video menjelaskan beberapa manfaat yang didapat dari belajar melalui lirik lagu. Pertama, kita dapat mempelajari pengucapan yang benar melalui nyanyian lagu. Kedua, kita dapat mempelajari bahasa slang yang sering digunakan dalam lagu-lagu. Ketiga, lirik lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar.
Manfaat dari video tersebut adalah:
1. Meningkatkan kemampuan pengucapan: Dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris, kita dapat meningkatkan kemampuan pengucapan kita. Hal ini akan memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.
2. Memperluas kosakata: Melalui lirik lagu, kita dapat mempelajari kosakata baru dan melihat penggunaan kata-kata dalam konteks yang berbeda. Hal ini akan membantu kita memperluas kosakata kita dalam bahasa Inggris.
3. Memahami budaya dan ekspresi: Lagu-lagu pop Barat sering menggambarkan budaya dan ekspresi tertentu. Dengan mempelajari lirik lagu, kita dapat memahami lebih dalam tentang budaya dan ekspresi yang ada dalam bahasa Inggris.
Masukan dan saran gue tentang video tersebut adalah:
1. Membuat daftar lagu yang sesuai dengan tingkat pemahaman bahasa Inggris siswa. Jika siswa masih pemula, pilih lagu dengan lirik yang sederhana dan pengucapan yang jelas.
2. Memberikan penjelasan lebih lanjut tentang makna lirik atau slang yang digunakan dalam lagu. Hal ini akan membantu siswa memahami konteks yang lebih dalam.
3. Menggabungkan kegiatan bermain peran atau permainan bahasa dalam pembelajaran melalui lirik lagu. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.
Nama : Susi Ardiyanti
NIM : 501232982
Prodi Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Bandung
Menggunakan lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris saya rasa sebagai salah satu cara yang inovatif. Pemilihan lagu dapat mneingkatkan motivasi belajar siswa dan bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa dna berkomunikasi dengan baik. Melalui lirik lagu guru dapat melihat cara pengucapan yang benar sehingga memudahkan komunikasi. Selain itu, lirik lagu Barat dirasakan memiliki keunggulan karena penggunaan kata=kata umum sehingga siswa akan lebih mudah memahami makna dan mengaplikasin kosakata bahsa Inggris.
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru sebelum memilih lagu yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu : 1) lagu sudah dikenal atau disukai oleh siswa; 2) lagu harus berisi materi yang akan dipelajari; 3) Lagu harus memuat strategi pembelajaran; 4) Lagu berisikan pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat pekermbangan siswa.
Dengan menggunakan musik sebagai media pembelajaran menurut saya merupakan sustu hal yang sangat kreatif dan akan menarik minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. karena apabila guru hanya menjelaskan saja di depan akan membuat siswa menjadi bosan dan akan merasa malas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan musik siswa bisa belajar cara pengucapan kosakata bahasa inggris dengan tepat dan juga cara penyusunan kalimat yang benar.
Nama : Akhmad Sugiarto
NIM : 501323047
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Video ini berfokus pada fungsi musik dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui lirik lagu. Pendapat saya terkait video ini bahwa konsep menggunakan musik dan lirik lagu sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris memiliki potensi yang menarik. Metode ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa, sambil melibatkan aspek kreatif dan emosional dalam proses belajar. Selain itu, dengan memilih lagu yang tepat, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa sehingga memperkuat motivasi mereka dalam mempelajari bahasa Inggris.
Manfaat yang saya dapatkan setelah mengamati video ini, antara lain:
1. Saya dapat menggunakan metode ini untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif.
2. Saya dapat mengintegrasikan latihan pengucapan yang terfokus dalam pengajaran untuk membantu siswa memperbaiki kemampuan berbicara mereka.
Saran saya, guru dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kegiatan kreatif berbasis lagu, seperti menulis lirik tambahan atau mengubah lirik lagu yang ada untuk menciptakan cerita baru. Hal ini dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan memberikan mereka kesempatan untuk berkreasi dengan bahasa.
NAMA : FITRIYA DWI RAHAYU
NIM : 501332845
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
VIDEO PEMBELAJARAN “I HAVE A DREAM”
Video tersebut merupakan pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu yang disertai dengan visualisasi gerakan dan interaksi antara guru dan siswa.
Beberapa manfaat dari video pembelajaran tersebut antara lain:
1. Proses pembelajaran menjadi rileks dan menyenangkan, terlihat dari antusiasme siswa dalam menyanyikan lagu tersebut.
2. Siswa dapat mendengarkan pelafalan kosakata bahasa Inggris secara langsung dari native speaker, sehingga guru dapat menerapkan metode audio lingual dalam pembelajaran bahasa asing.
3. Siswa dapat belajar di mana pun dan kapan pun, dengan menyanyikan lagu yang mereka hafal sambil bermain dan melakukan kegiatan lain.
Manfaat dari video pembelajaran ini meliputi:
1. Membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan.
2. Meningkatkan daya ingat dan pemahaman kosakata secara lebih efektif.
3. Membantu dalam pengembangan keterampilan pengucapan dengan intonasi yang baik.
Dengan demikian, video pembelajaran ini memberikan manfaat dalam memperkaya pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan membantu siswa dalam memahami dan mengingat kosakata bahasa Inggris dengan lebih efektif.
Beberapa saran dan masukan yang dapat Saya diberikan terkait video pembelajaran tersebut, antara lain:
1. Menambah variasi materi pembelajaran:
Meskipun video pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, namun perlu adanya variasi materi pembelajaran agar siswa tidak bosan dan tetap termotivasi dalam belajar.
2. Menyesuaikan materi dengan tingkat kesulitan siswa:
Guru perlu memperhatikan tingkat kesulitan materi yang disajikan dalam video pembelajaran agar sesuai dengan kemampuan siswa.
3. Menambahkan interaksi antara guru dan siswa:
Video pembelajaran dapat lebih efektif jika terdapat interaksi antara guru dan siswa, seperti memberikan tugas atau kuis setelah menonton video.
4. Menambahkan fitur interaktif:
Guru dapat menambahkan fitur interaktif pada video pembelajaran, seperti quiz atau game, untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
NAMA : DIAN RUSMAILI
NIM : 501332924
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
Saya ingat ketika mencoba melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris kelas VI saat guru mapel tersebut berhalangan hadir. Saya coba untuk memberikan pembelajaran seperti ide dalam video diatas. Kebetulan memang saya suka mendengarkan lagu barat. Saya cari video lirik lagu yang saya anggap pelafalannya mudah dan ada terjemahannya. Siswa pun sebagian besar menyukai kegiatan tersebut karena memang ada beberapa siswa yang terlihat tidak antusias. Entah karena saya bukan guru mapel Bahasa Inggris, atau entah karena gaya mengajar saya yang kurang baik dalam penyampaian materi yang saya akui sekedar mengisi jam kosong.
Dari kegiatan tersebut saya simpulkan bahwa benar apa yang disampaikan dalam video di atas, yaitu :
a. Belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu mengasikkan, terbukti sebagian besar siswa antusias bernyanyi
b. Memudahkan pelafalan dalam bahasa Inggris akan memudahkan berkomunikasi
c. Pemilihan jenis lagu diutamakan yang menggunakan kata-kata yang familiar pada siswa
d. Pemilihan lagu yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran akan menyulitkan asesmen yang akan dilakukan
c.