Sinopsis
Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.
–
Pakar Dosen
Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.
Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.
Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.
Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.
Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.
Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.
–
NAMA : UMI NADHIFAH
NIM : 501333087
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ : MALANG
Apa yang disampaikan dalam video ini sama seperti yang saya alami dan saya lakukan. karena saya baru mengenal bahasa inggris di tingkat SMP sementara teman lain di kelas saya sudah banyak yang memiliki dasar bahasa inggris di SDnya. Saya merasa sangat kesulitan memahami penulisan, arti, dan pengucapan dari masing-masing kata. Sehingga nilai bahasa inggris saya tergolong rendah.
Kemudian, di akhir masa SMP dan awal masa SMA banyak beredar lagu berbahasa inggris yang enak untuk didengar, dan saya menggunakan lagu tersebut untuk melancarkan pelafalan saya serta memahami makna dari lirik yang ada. Dan menurut saya sangat efektif digunakan, dan dapat dijadikan salah satu metode dalam pembelajaran bahasa inggris.
Nama : Atri Murni
Nim : 501132883
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan video tersebut yaitu strategi dalam pembelajaran melalui musik sangatlah bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, juga bisa mengartikan dan mengucapkannya atau mengulangnya lewat lirik lagu tersebut, tetapi kita sebagai pendidik harus bisa memilih lagu yang cocok berdasarkan materi yang akan disampaikan. Didalam video tersebut sudah dijelaskan bagaimana keuntungannya melalui strategi pembelajaran lewat musik, maka dari itu kita bisa melakukan kegiatan strategi seperti ini agar peserta didik lebih paham lagi untuk meningkatkan pembelajaran khususnya bahasa inggris, dan Sebelum menerapkan hal tersebut guru harus mengetahui lagu apa yang dikenal siswa serta disukai siswa.
Nama : Nur Afiana
NIM : 501173019
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan video diatas menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan lagu. Saat ini anak-anak tentu lebih senang mendengarkan lagu-lagu pop barat, bahkan terkadang mereka pun mampu menhafalnya. Oleh karena itu, guru dapat memanfaatkan lagu-lagu yang berbahasa inggris untuk mengajarkan pengucapan, penulisan, serta pemahaman siswa terkait kosa kata bahasa inggris. Namun guru harus memperhatikan beberapa hal dalam penggunaan lagu ketika proses pembelajaran bahasa inggris, yaitu guru harus memilih lagu yang tidak asing bagi siswa, guru memilih lagu yang mudah di dengar dan dipahami oleh peserta didik, guru dapat melakukan beberapa kali pengulangan lagu yang diputar agar siswa dapat lebih memahami setiap maksud dari kosakata dalam lagu bahasa inggris tersebut.
Nama : Lucky Ermina Sofia
NIM : 501363176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPJJ UT : Mataram
tanggapan saya tentang video yang berjudul I Have Dream
pada video tersebut terlihat pembelajaran dengan materi I Have A Dream, pembelajaran nampak dilakukan dengan alunan musik, bagi saya sangat bagus untuk meningkatkan kemampauan pengucapan dalam bahasa inggris, artinya dengan lirik lagu dan pengucapan melalui lagu tersebut, anak akan mengetahui cara mengucapkan setiap kata dengan benar. pengucapan yang benar akan memudahkan siswa dan guru dalam berkomunikasi dengan bahasa inggris. denga lirik lagu, kita akan mengetahui bahasa slank yang sering kali dipakai untuk menyampaiakn pesan. sebelum memilih lagu yang di gunakan hendaknya guru perlu melakukan beberapa pertimbangan :
1. lagu sudah dikenal atau disukai siswa
2. materi harus diisi dengan materi yang akan diajarakan
3. lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung capaian tujuan pembelajaran.
4. lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemapuan siswa.
5. lagu harus memiliki nilai atau pesan yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa.
Nama : Juni Netril
Nim : 501132837
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Strategi pembelajaran bahasa inggris melalui musik, merupakan salah satu metode yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan sangat menyenangkan, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam mengikutinya.Hal ini juga membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, guru juga harus menentukan musik yang sesuai dengan materi yang disampaikan, maka guru dituntut untuk pintar dalam memilih lagu yang sesuai dengan materi yang berkaitan. Dalam video diatas, pemilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan dalam bahasa inggris.
Nama : Aida Fitria
NIM : 501202926
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Dari hasil pengamatan video pembelajaran “I have a dream” pada pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang SMP, saya mendapatkan manfaat-manfaat penggunaan lagu yang digunakan saat proses pembelajaran untuk siswa diantaranya yaitu siswa dapat mengartikan dan mengetahui cara mengucapkan kata formal dan slang dalam Bahasa Inggris. Lagu yang digunakan harus yang disukai dan sudah dikenal oleh siswa agar memudahkan siswa memahami kata-katanya lirik lagu tersebut.
Manfaat dari mengamati video ini, saya akan mempertimbangkan lagu yang akan digunakan untuk proses pembelajaran, seperti contoh lagu harus tepat dengan tujuan pembelajaran, lagu juga harus memiliki pesan moral yang bisa dipelajari siswa. Selain itu, saya pribadi mengetahui contoh kegiatan penugasan yang dilakukan di video tersebut misal “missing lyric” yang akan mengasah kemampuan ingatan peserta didik.
Saran saya mengenai video pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa agar tujuan pembelajaran terlaksana dengan maksimal.
NAMA : ANANG RASIDI
NIM : 501453235
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
Dari video yang saya tonton di atas, saya sangat setuju dengan variasi metode pembelajaran bahasa Inggris karena belajar musik dan lagu menginspirasi kita untuk mengikuti kata-kata dan secara refleks menekan tangan atau tubuh kita sambil menikmati lagu. musik dinyanyikan dan didengarkan. Ini meringankan suasana hati para siswa sehingga mereka rileks dan bersemangat untuk menyelesaikan pelajaran bahasa Inggris mereka. Penting untuk menjaga mood siswa agar kita bisa mendapatkan hasil belajar. Metode pengajaran dalam video di atas adalah contoh yang sangat baik dalam kursus bahasa Inggris kita.
Nama : Dimas Fauzi Septyawan
NIM : 501223288
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Bogor
Dari Video yang saya lihat, saya sangat setuju dengan variasi metode pembelajaran bahasa Inggris karena belajar musik dan lagu menginspirasi kita untuk mengikuti kata-kata kita dan secara refleks menekan tangan atau tubuh kita sambil menikmati lagunya. musik dinyanyikan dan didengarkan. Ini meringankan suasana hati para siswa sehingga mereka rileks dan bersemangat untuk menyelesaikan pelajaran bahasa Inggris mereka. Penting untuk menjaga mood siswa agar kita bisa mendapatkan hasil belajar.
Nama : Mirnawati
NIM : 501173176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
manfaat yang dapat diambil dari video dengan judul “I have a dream” pada pembelajaran Bahasa inggris melalui lirik lagu merupakan alternatif yang dapat digunakan guru dalam mengasah pemahaman siswa dalam memahami bahasa inggris, siswa juga dapat memahami cara pengucapan sekaligus mengartikannya dengan benar. Pengucapan kata yang benar akan memudahkan siswa dalam berkomunikasi Bahasa inggris. Selain itu dengan mendengarkan music sebagai media pembelajaran dapat menambahkan semangat siswa. Menggunakan lagu Bahasa inggris yang sedang popular dikalangan remaja dapat menjadi alternatif cara yang guru gunakan dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik.
Nama: Laila Candra Kartika Putri
NIM: 530082154
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Surabaya
Dari video yang telah saya lihat menunjukkan tentang metode pembelajaran yang dilakukan dengan bernyanyi. Dengan menggunakan lagu yang dihafal oleh siswa, lagu yang sesuai dengan materi pembelajaran, lagu yang memiliki sifat dan karakter dalam pencapaian belajar, lagu yang memiliki kesulitan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat kematangan dan usia siswa. Dengan menggunakan ke lima pedoman tersebut diharapkan pembelajaran menggunakan lagu dapat menambah pemahaman siswa dalam menyerap materi yang diajarkan. Siswa juga akan belajar dengan hati yang gembira dan tentu saja lebih bersemangat. Bahasa Inggris yang dianggap sulit bagi siswa akan lebih mudah untuk dipelajari dengan menggunakan lyric lagu yang dihilangkan beberapa kata kemudian dilengkapi oleh siswa.
Trimakasih