Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

170 Comments

  1. Nama : Efendi Fitriyanto
    NIM : 501263124
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Surakarta

    Dengan menggunakan lagu sebagai media pembelajaran bahasa inggris menjadikan belajar lebih mudah dan menyenangkan. Dengan menggunakan lagu yang sifatnya sering dan suka didengarkan oleh siswa dapat menjadi media yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris sehingga siswa mudah mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar. Sehingga proses pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Pembelajaran ini akan lebih memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran sangat menarik dan berpusat pada siswa ketika guru mengajak menagajak siswa melengkapi lirik lagu dengan kata rumpang dengan mendengarkan lagu lalu memeriksanya bersama-sama. Siswa juga diajak untuk recording word dengan menyusun kata-kata dari teks sebuah lagu yang diacak guru. Sehingga siswa mendapatkan pengalaman bermakna dalam pembelajaran dengan menggunakan lagu yang sering didengar sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

  2. Suprianto 501283126 Magister Pendidikan Dasar.
    Sebuah strategi pembelajaran yang sangat baik, sesuai dengan minat atau kesukaan siswa terhadap lagu. Dengan minat/kesukaan mereka terhadap lagu menggunakan lirik yang mudah dipahami. maka proses pembelajaran pasti berjalan dengan aktif dan mencapai peningkatan kualitas pembelajaran yang lebih baik.
    Strategi menggunakan lirik lagu harus menggunakan lagu yang sudah terkenal dan disukai, lagu harus berisi isi matrei yang dipelajari, lagu harus memiliki sifat dan karekter yang akan di capai dalam tujuan pembelajaran, lagu memiliki/sesuai dengan tingkat kesulitan kemampuan siswa, dan lagu harus berisi pesan atau tingkat kematangan siswa.

  3. Nama: Nanda Fitri Nur Rohmah
    NIM: 501332917
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: UT Malang
    Dalam video tersebut memperlihatkan inovasi guru dalam pembelajaran yakni dengan belajar bahasa Inggris menggunakan music barat. Tujuan menggunakan music barat adalah untuk menarik minat dan motivasi belajar siswa sehingga mudah untuk memahami materi pembelajaran yang diberikan. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lagu, beberapa diantaranya adalah isi atau makna dari lagu, pemilihan lagu yang diminati siswa, serta lagu harus mengandung unsur-unsur pembelajaran. Manfaat yang didapatkan dari tayangan video tersebut adalah perlunya inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang relevan dengan keseharian siswa sehingga dalam proses pembelajaran siswa dapat termotivasi dan dapat belajar aktif.

  4. Nama : Invita Ades Prastika
    NIM : 501202134
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Jakarta

    Dari video yang saya pelajari ini yaitu manfaat belajar bahasa Inggris melalui lagu. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama dengan mencamtumkan lirik di papan tulis. Melalui lagu siswa dapat belajar mengucap kosa kata dalam bahasa Inggris dengan benar, melalui lirik lagu kita juga dapat mengetahui bahasa untuk menyampaikan pesan kepada seseorang dalam bahasa Inggris. Namun syarat guru mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa melalui lagu, guru harus bertanya dahulu siswa ingin bernyanyi lagu apa. Biasanya siswa akan mudah menerima pelajaran apabila siswa sudah merasa nyaman dengan guru. Dan guru harus selalu up to date atau mengetahui informasi yang sedang hangat diperbincangkan. Kedua lagu yang dinyanyikan harus relevan dengan materi yang diajarkan. Ketiga lagu memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran. Keempat lagu harus memiliki tingkat kesukaran yang sesuai dengan kemampuan siswa karena apabila tidak efektif akan mengganggu proses belajar. Kelima lagu harus berisi nilai dan pesan yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa.

    Setelah siswa bernyanyi siswa bisa melengkapi kata dari lirik lagu yang rumpang. Kata-kata yang dihilangkan harus berfokus pada pembelajaran dan guru jangan menghilangkan 3 kata atau lebih dalam satu baris. Agar lebih mudah tuliskan huruf depan pada kata yang rumpang. Kegiatan selanjutnya yaitu recording words dengan cara menyusun kata-kata dari sebuah lagu yang diacak oleh guru.

    Menurut saya apabila memungkinkan video pembelajaran ini akan lebih menarik jika dibuat cuplikan kegiatan mengajar guru dari awal hingg akhir dan diberikan keterangan di bawahnya. Lebih perbanyak durasi mengajar guru dari pada narator.

  5. Nama : Upik Erdawati S Sianu
    NIM : 501413224
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Kendari

    Berdasarkan video diatas bahwa pembelajaran bahasa inggris melalui lagu sangat menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Sebelum menentukan lagu guru perlu menentukan pertimbangan antara lain:
    1. Lagu sudah dikenal atau disukai siswa.
    2. Lagu harus berisi materi yang akan diajarkan.
    3. Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran.
    4. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa.
    5. Lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia kematangan siswa.

    Pada pembelajaran bahasa inggris melalui lagu memiliki keuntungan yaitu:
    1. Guru dapat mengartikan dan mengetahui cara pengucapan yang benar.
    2. Pengucapan yang benar dapat memudahkan guru dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
    3. Melalui lagu kita dapat mengetahui bahasa salng untuk menyampaikan pesan.
    4. Dengan menggunakan lirik lagu pop barat, pembelajaran menjadi mudah dimengerti karena menggunakan kata-kata umum dan standar.

  6. Pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu merupakan metode yang efektif dan menarik, terutama pada anak usia dini. Lagu dapat digunakan sebagai teknik/media dalam proses pembelajaran bahasa Inggris karena hampir tidak ada batas waktu dalam penggunaannya. Proses pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menyajikan proses kegiatan belajar yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Lagu juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa, membantu daya ingat, konsentrasi, koordinasi, serta menjadi sumber budaya dan sumber sosial. Selain itu, belajar bahasa Inggris melalui lagu dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Lagu juga dapat membuat siswa lebih sensitif terhadap bunyi, memperkaya kosakata, dan menjadikan kelas lebih menarik. Dengan cara yang tepat, belajar bahasa Inggris melalui lagu dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan efektif.

  7. Dalam video ini di jelaskan bahwa Penggunaan lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan sejumlah manfaat, baik untuk pengembangan keterampilan berbahasa maupun motivasi siswa. Lagu dapat membantu siswa mengasah skill Bahasa inggris mereka dalam meniru suara dan intonasi dari para penyanyi yang menyayikan lagunya. Mendengarkan lagu bahasa Inggris juga dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan pendengaran mereka. Dengan pembelajaran Bahasa inggris menggunakan lagu ini juga meningkatkan minat siswa untuk aktif dalam pembelajaran Bahasa inggris.
    Saran terhadapat Video pembelajaran tersebut adalah pemilihan lag uke pada siswa harus lah lagu yang di senangi oleh para siswa, sehingga pembelajaran dapat menarik dan menyenangkan. Guru harus menyediakan alat bantu pembelajaran berupa speaker,laptop atau alat bantu lainya dalam penyampaian pembelajaran Bahasa inggris berbasis lirik lagu. Guru dan siswa harus saling berinteraksi dalam proses ajar mengajar dalam pembelajaran Bahasa inggris melalui lirik lagu.

  8. Nama : Aswin Rizky Della
    NIM :501343088
    UPBJJ : Jember
    Kelebihan dan kekurangan penggunaan lirik lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan metode ini memiliki potensi untuk menjadi alat yang sangat efektif dalam pengajaran, tetapi juga perlu dikelola dengan cermat agar mencapai hasil yang optimal. Mari kita bahas lebih rinci:

    Kelebihan:
    • Memudahkan Pembelajaran Frase Kata:
    Penggunaan lirik lagu dapat membantu siswa memahami frase dan kosakata bahasa Inggris dengan cara yang lebih kontekstual dan mudah diingat.
    • Musik Sebagai Bahasa Universal:
    Musik sebagai bahasa universal dapat membantu siswa untuk merasa lebih terlibat dalam pembelajaran, terutama jika lagu-lagu yang dipilih sesuai dengan minat mereka.
    • Pembelajaran yang Menyenangkan dan Bermakna:
    Kombinasi musik dengan pembelajaran menciptakan suasana yang menyenangkan, memotivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan daya ingat mereka.
    • Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris:
    Metode ini dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dalam Bahasa Inggris.
    • Pengucapan yang Benar:
    Siswa dapat belajar tentang pengucapan yang benar melalui nyanyian lagu, karena mereka dapat mendengarkan intonasi dan vokal yang digunakan.
    Kekurangan:
    • Kesalahan Pemilihan Lagu:
    Pemilihan lagu yang tidak tepat dapat membuat kegiatan pembelajaran kurang efektif dan kurang relevan dengan tujuan pembelajaran.
    • Pembentukan Pribadi yang Salah:
    Lagu yang memiliki pesan atau nilai yang tidak sesuai dengan nilai moral atau budaya dapat memberikan dampak negatif pada pembentukan karakter siswa.
    • Waktu Pembelajaran:
    Membutuhkan waktu ekstra untuk mengulang lagu dan memastikan bahwa siswa benar-benar memahaminya dapat menjadi tantangan dalam manajemen waktu pembelajaran.
    • Potensi Melenceng dari Tujuan Pembelajaran:
    Jika tidak dielola dengan baik, ada risiko guru melenceng dari tujuan pembelajaran yang sebenarnya dan lebih fokus pada aspek hiburan daripada pendidikan.
    Penting bagi guru untuk memiliki pemahaman yang baik tentang siswa mereka, memilih lagu dengan bijak, dan mengintegrasikan penggunaan lirik lagu secara kontekstual dengan materi pembelajaran untuk mencapai hasil yang optimal.

  9. Nama : Yuwana Dhian Marta
    NIM: 501332877
    Mahasiswa Magister Pendidikan dasar
    UBJJ Malang
    Ada beberapa manfaat belajar bahasa Inggris dari lirik lagu. Pertama, menyanyikan lagu memungkinkan menafsirkan dan mengenali pengucapan yang benar. Pengucapan yang benar membuat komunikasi dalam bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Selanjutnya, akan mempelajari bahasa sehari-hari yang biasa digunakan untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu pop Barat mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang umum dan terstandar. Selain itu, narator juga memberikan pedoman dalam memilih lagu untuk dipelajari, agar pembelajaran berhasil dan Anda mencapai kemampuan yang diharapkan.
    1. Manfaat :
    -Peningkatan Kemampuan Mendengar (Listening Skills):
    Lagu dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengar bahasa Inggris. Mendengarkan lirik lagu membantu dalam memahami berbagai aksen, intonasi, dan kecepatan bicara yang dapat bervariasi dalam bahasa Inggris.
    -Pengembangan Kosakata (Vocabulary Development):
    Lirik lagu seringkali mengandung kata-kata yang tidak biasa atau idiomatik. Mendengarkan lagu dapat membantu memperkaya kosakata siswa dan pemelajar bahasa Inggris dengan memperkenalkan mereka pada ungkapan-ungkapan yang mungkin tidak umum dalam bahasa sehari-hari.

  10. Nama : Ariffatul Ma’fufah
    NIM : 042408359
    prodi : pendidikan bahasa inggris S-1
    UPBJJ Pekanbaru
    belajar menggunakan lagu dapat memepermudah anak menambah kosakata baru, dalam pemilihan lagu tentunya lagu yang dipilih biasanya supaya dapat mudah ditangkap peserta didik haruslah lagu yang sering didengar oleh peserta didik atau yang sedang trend. pembelajaran lewat lagu tidak hanya menambah kosa kata tapi juga menambah listening skill dan speaking skiil.

Leave a Reply