Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. Nama : Yustika adelina
    NIM : 501574266
    UPBJJ : Medan

    Menurut saya metode yang digunakan guru sangat bagus untuk pembelajaran bahasa inggris. Guru menggunakan metode audio dengan mendengarkan lagu “I have a dream” melalui kaset. hal ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pengucapan/ pelafalan dalam bahasa inggris. Dan juga karena mendengarkan musik peserta didik merasa senang dalam belajar. Peserta didik akan lebih mudah dalam mengingat arti lagu tersebut.

  2. Nama: Dinalia Angglena
    NIM: 501173001
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: Palembang
    Penjelasan narator dalam video sangat jelas dan mudah dipahami, sehingga sangat membantu dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik. Tujuan dari strategi ini adalah membantu siswa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka, dan penjelasan narator memainkan peran penting dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Namun, penting bagi guru untuk memilih lagu yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Guru harus memiliki keahlian dalam memilih lagu yang relevan dengan topik pembelajaran.

    Strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik merupakan metode yang menarik dan menyenangkan, yang memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Dalam video tersebut, pilihan lagu oleh guru dianggap tepat dan sesuai, karena selain mengharuskan siswa untuk mengucapkan kalimat dalam Bahasa Inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat dengan aturan penulisan Bahasa Inggris.

    Dalam hal ini, guru perlu menggunakan lagu yang cocok dengan topik pembelajaran dan memperhatikan struktur kalimat yang digunakan dalam lagu tersebut. Dengan demikian, siswa dapat berlatih mengucapkan kata dan frasa dalam konteks yang sesuai, serta memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang struktur kalimat dalam Bahasa Inggris.

    Dalam kesimpulannya, strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik merupakan metode yang menyenangkan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Penjelasan narator yang jelas dan pemilihan lagu yang tepat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan mempraktikkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

  3. Nama : Elfrida Maryati Kleor
    NIM : 501453203
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik sangat menarik dan sangat menyenangkan sehingga peserta didik terlibat sangat aktif. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik merupakan metode yang dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta didik, dimana peserat didik akan bersemangat karena mendengar alunan musik yang indah sehingga membuat suasana hati gembiara dan sekaligus peserta didik akan berlatih bagaimana mengucapkan kata demi kata dalam lagu yang dinyanyikan. Maka strategi pembelajaran bahasa inggis dengan melalui musik dan lagu menuntut guru untuk dapat memilih lagu yang tepat yang sesuai dengan minat peserta didik, sesuai dengan materi yang akan diajarakan, lagu yang dipilih harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran, harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemapuan peserta didik dan lagu harus memiliki nilai atau pesan yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan peserta didik. Dalam video tersebut guru telah memilih lagu yang tepat yaitu dapat dibuktikan dengan sebagian besar peserta didik sudah mengetahui musik dan lagu tersebut sehingga peserta didik terlihat aktif dalam mengikuti pelajaran ini dilihat dari semua peserta didik ikut menyanyikan lagu tersebut.

  4. Nama Mahasiswa : Lilik Syafriani
    NIM : 501133276
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Padang
    Video ini menceritakan tentang Pembelajaran bahasa (Inggris) menggunakan musik. Terdapat beberapa keuntungan belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. KIta juga harus jeli dalam memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.
    Dalam video diatas guru telah memilih lagu yang tepat yaitu dapat dibuktikan dengan sebagian besar peserta didik sudah mengetahui musik dan lagu tersebut sehingga peserta didik terlihat aktif dalam mengikuti pelajaran ini dilihat dari semua peserta didik ikut menyanyikan lagu tersebut.

  5. Nama : Gina Damayanti
    NIM : 501223224
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bogor

    Video tersebut sudah memberikan pemahaman kepada saya tentang fungsi musik dalam pembelajaran bahasa inggris. Melalui lagu, pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan dan tentunya menjadi lebih mudah dipahami.

  6. Nama : MUHAMMAD FAKRI RAMBE
    NIM : 501574155
    Prodi : Pendidikan Dasar (MPDR)
    UPBJJ :Medan

    Komentar terhadap video: I Have A Dream

    Berdasarkan video tersebut, menurut saya strategi pembelajaran yang diterapkan guru pada video tersebut sangat baik yakni menggunakan lagu/musik. Strategi pembelajaran ini jika diterapkan pada pembelajaran akan meningkatkan minat siswa, siswa akan bersemangat karena dengan adanya musik/lagu maka pembelajaran akan terasa menyenangkan.
    Khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris seperti pada video tersebut, dengan diterapkannya strategi musik/lagu maka siswa akan lebih mudah untuk mempelajari pengucapan/pronunciation, menambah kosakata bahasa Inggirs, dan lebih mudah mengingat materi pembelajaran. Strategi ini akan lebih efektif jika musik/lagu yang digunakan adalah musik/lagu yang siswa hafal sebelumnya.

  7. Nama : Rizkia Khairunnisa
    NIM : 501574234
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Medan

    Menanggapi isi video yang ada, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperdalam Bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan menggunakan lagu Bahasa Inggris. Mendengarkan lagu Bahasa Inggris dapat membantu melatih pendengaran serta pelafalan kalimat dalam Bahasa Inggris. Selain itu, menggunakan lagu Bahasa Inggris sebagai bahan untuk belajar juga bisa membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

  8. Nama : Rosni Erlinda
    NIM : 501133101
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar
    UPJJ : Padang

    Occording to me, listening music is one of the way to learn english, the student can learn pronunciation clearly, the student can practice speak English by listening music, it also can add student’s vacabularies, it will motivate students to learn English and teh will study enjoyly

  9. Nama : Mohamad Gagan Nazmudindireja
    NIM : 501233185
    Program : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut say jika suasana proses pembelajaran Bahasa inggris lebih menyenangkan maka harus menggunakan media lagu. Siswa menjadi santai dan siswa tidak merasa tegang ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dikarenakan lagunya yang dibawakan penyanyi telah di iringi musik. Sehingga dengan seperti maka akan mendorong siswa dalam kemudahan dalam berfikir dan siswa bisa memahami materi-materi untuk berfikir dan siswa bisa memahaminya terhadap materi pembelajaran. Sehingga suasana proses belajar Bahasa inggris menjadikan siswa aktif , siswa merasa senang, dan siswa lebih dalam memahami materi.

  10. Nama : Mohamad Gagan Nazmudindireja
    NIM : 501233185
    Program : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya jika suasana proses pembelajaran Bahasa inggris lebih menyenangkan maka harus menggunakan media lagu. Siswa menjadi santai dan siswa tidak merasa tegang ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dikarenakan lagunya yang dibawakan penyanyi telah di iringi musik. Sehingga dengan seperti maka akan mendorong siswa dalam kemudahan dalam berfikir dan siswa bisa memahami materi-materi untuk berfikir dan siswa bisa memahaminya terhadap materi pembelajaran. Sehingga suasana proses belajar Bahasa inggris menjadikan siswa aktif , siswa merasa senang, dan siswa lebih dalam memahami materi.

Leave a Reply