silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

370 Comments

  1. Nama : Amalia Dewi Adilasari
    NIM : 857764263
    UPBJJ : UT Semarang

    1. Menurut saya pembelajaran yang ada di video tersebut sudah baik. Guru dalam menerapkan metode among menggunakan benda kongkrit sebagai media pembelajaran sehingga materi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami oleh siswa. kemudian dalam video tersebut juga pembelajaran tidak berpusat pada guru tetapi berpusat pada siswa dimana siswa terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga anak terlihat lebih aktif saat belajar.
    2. hal penting yang saya peroleh dalam video pembelajaran PJBL adalah video tersebut memberikan manfaat dalam merencanakan strategi pembelajaran dimana dengan menerapkan metode among dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran.
    3. tayangan video tersebut sudah sesuai untuk kebutuhan mengajar
    4. hal yang sudah sangat baik dalam video pembelajaran ini adalah dalam penerapan model pembelajaran PJBL dan metode among guru menyampaikan materi dengan santun dan menyenangkan sehingga menarik minat belajar siswa dan menjadikan siswa lebih aktif pada saat proses pembelajaran. selain itu juga siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran.

  2. Nama : Sofa sofiyah
    Nim : 857761727
    Prodi : S1 BI PGSD
    UPBJJ : UT Semarang

    1. Menurut saya pembelajaran berbasis proyek (PbJL) Sangat penting diterapkan bagi setiap guru, karena hal ini merupakan metode dan bahan pembelajaran yang akan di sampaikan kepada murid-murid sesuai pelajaran yang akan di sampaikan. Pembelajaran berbasis proyek (PbJL) sangat bermanfaat dan memudahkan murid memahami pelajaran yang disampaikan oleh gurunya, sehingga murid faham dengan pelajaran yang disampaikan oleh gurunya
    2. Hal penting dari video pembelajaran video ini adalah seorang guru hendaknya menyiapkan bahan pembelajaran sebelum memasuki ruang belajar, ibarat akan perang harus membawa senjata saat akan berperang.
    3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan dalam mengajar dan merancang pembelajaran. dalam video ini terdapat banyak ilmu cara mengajar. Tayangan video ini sangatlah bermanfaat dan mengedukasi bagi guru-guru yang menontonnya
    4. Hal yang sangat baik dari video ini memberikan edukasi yang bagus, contohnya adalah menyiapkan segala kebutuhan sebelum masuk kelas, menyiapkan peralatan saat akan pembelajaran, menggunakan metode diskusi sehingga anak didik aktif dan kritis dalam bertanya. Terimakasih…

  3. Nama : Alma Ridha Maulida Tsani
    NIM : 857300703
    UPBJJ : UT Bogor
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Jawab : Menurut pendapat saya Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) ini sudah sangat baik, jelas, dan mudah dipahami bagi kami semua selaku seorang guru, dan menambah wawasan kami mengenai apa itu metode among.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Jawab : hal penting yang saya peroleh dari video tersebut adalah;
    1. mengetahui lebih jelas mengenai metode among
    2. bagaimana mengarahkan siswa agar aktif dan kreatif saat belajar
    3. tahapan-tahapan yang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran dikelas
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    jawab : sudah sangat sesuai dengan kebutuhan saya, karena didalamnya terjadi tahapan-tahapan cara mengajar yang mudah dipahami dan ditiru oleh guru, terutama guru sekolah dasar.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    jawab : pesan atau tujuan yang disampaikan dalam video ini sudah sangat baik, sehingga guru yang menonton dengan mudah memahami semua yang ada didalam video. Dalam video ini pun memperlihatkan bagaimana seorang guru dengan metode yang langkah-langkah yang tepat, dapat membawa suasana kelas dan semua siswa ikut aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran.

  4. Nama : Devrizal A.Ubaidillah
    NIM : 836358285
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Warungkondang-Cianjur
    UPBJJ : UT Bogor

    1. Video Metode Among pembelajaran PJBL ini sangat bagus, membuat siswa aktif dan kreatif juga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran serta dapat menarik perhatian peserta didik dan membuat peserta didik lebih mudah memahami pelajaran sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh pada mata pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video tersebut adalah penerapan sistem among dengan tujuan membangun peserta didik menjadi manusia beriman dan bertakwa. Dimana dalam sistem among menanamkan sifat spiritual dan melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan (asih), memahirkan (asah), dan bimbingan (asuh). Guru harus mampu atau bisa menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar peserta didik bersemangat dan antusias dalam melakukan pembelajaran, sehingga peserta didik dapat menangkap pelajaran dan memahami dengan mudah. Menyampaikan materi secara jelas yang disertai dengan media pembelajaran.

    3. Menurut saya video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena sangat bermanfaat bagi seoarang guru serta dapat membantu dalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Sehingga dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Sehingga dengan mudah mengaplikasikan isi dari video tersebut dalam pembelajaran saya di sekolah.

    4. Terjadinya interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, guru membimbing siswa dengan sabar dan menuntun siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang baik, seperti sikap spiritual, hidup sehat, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar dan percaya diri.

  5. Nama : SUCI PUSMAWATI
    NIM : 858861621
    PRODI : PGSD BI
    UPBJJ : MALANG
    1.menurut sy dalam video pelajaran ini sangat mengedukasi dan dapat di implementasikan dalam proses pembelajaran di kelas. Dan dapat memotifasikan anak- anak dalam memahami materi dan minat pada pelajaran matematika.
    2.hal yg dapat di ambil dri video ini adalah anak anak bersungguh sungguh dalam belajar. Minat dan bakat siswa dapat berkembang seluas mungkin. Dgan penerapan metode guru bisa dgan mudah mempresentasikan materi dgan menggunakan media pembelajaran
    3.ya, sudah sesuai
    4.hal yang sudah sangat baik dalam video adalah menanyakan kesiapan seorang guru dalam proses pembelajaran dalam memberikan materi sehingga dapat membangkitkan minat dan motivasi anak dalam memahami materi yang di berikan

  6. Nama : Yulia Fitri Dwi Anggraeni
    NIM : 858686843
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : UT Surabaya
    1. Menurut saya video ini sangat bagus, sistem Ki Hadjar Dewantara yang cocok untuk siswa agar tidak meninggalkan agamanya dan belajar dengan baik dalam sistem keluarga.

    2. Yang terpenting dari video tersebut adalah kita dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan sistem Ki Hadjar Dewantara yang membangun anak-anak dengan iman dan kebajikan yang lebih kreatif.

    3. Menurut saya sistem ini sangat cocok untuk pengajaran, karena anak-anak terbiasa berdoa atau berpegang teguh pada spiritualitas, penajaman, kasih sayang dan kepedulian sejak dini dalam pembelajaran.

    4. Hal yang baik tentang video adalah kami tidak hanya mengajar dan menjadi guru, kami adalah keluarga siswa, sehingga mereka merasa lebih dekat dan berpartisipasi dalam pembelajaran dengan lebih bersemangat dan bersemangat. 

  7. Nama : Ujang supiandi
    NIM : 857347312
    Prodi/Semester : PGSD

    Dari analisis video yang sudah saya amati, Maka say bisa menyimpulkan :

    1. vidio ini sangat bagus, sistem among Ki Hadjar Dewantara sistem yang cocok untuk murid-murid sehingga mereka tidak meninggalkan keagamannya dan dapat belajar dengan baik dengan sistem kekeluargaan.

    2. hal penting dari vidio adalah kita dapat lebih mengerti apa yang dimaksud dari sistem among Ki Hadjar Dewantara, memangun anak lebih beriman kreatif, dan berbudi luhur.

    3. menurut saya sistem ini sangat cocok untuk mengajar karena awal pembelajaran anak sudah dibiasakan untuk berdoa atau menganut spiritual, asah, asih dan asuh.

    4. Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran

  8. Menurut saya
    Vidio tersebut sangat menarik perhatian siswa,dengan PBJL siswa tidak mudah bosan ,karena pembelajaran matematika itu kan sangat tidak di sukai siswa.
    Vidio ini juga sangat membantu saya dalam memberikan pelajaran untuk anak-anak di kelas

  9. Nama : NURDIANA
    Nim : 857115125
    Semester : 6
    Pokjar : Ciputat
    Mata Kuliah : PDGK4209/PKM
    Prodi : PGSD-S1
    1.Video yang sangat menarik dan jelas cara penyampaian nya ke pada siswa
    2.Hal penting yang saya dapat dlm menyaksikan video ini adalah cara mengajar/penyampaian guru memberi materi kepada siswa sehingga siswa mudah memahami materi yg diberikan
    3.Video sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi mengajar
    4.Hal baik dalam vidio tersebut guru memberikan nilai-nilai spiritual, cintalingkungan, dan guru memberikan contoh bagaimana berperilaku yang baik.

  10. Nama : Nona Sicilia
    Nim : 857159538
    Program studi : 119/PGSD S1
    1. Menyiapkan bahan ajar memang salah satu yang harus di persiapkan guna murid memahami dan mendapatkan hasil yang di inginkan guru
    2. Pembelajaran berbasis proyek (PbJL) sangat penting dan menarik menurut saya, sangatlah membantu dan bermanfaat bagi guru serta anak didik di kelas dan para guru yang menonton video ini

Leave a Reply