silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Febrina Natalia
Nim: 857161082
Video ini sangat menginsprirasi saya untuk memperaktekkan memberikan pembelajaran matematika kepada anak-anak murid dengan menggunakan sistem among, sehingga anak-anak menjadi tertarik dan bersemangat belajar matematika, matematika tidak menakutkan lagi.
Muhammad idris (856973318).
POKJAR PASIR SAKTI
1.Pendapat saya tentang Vidio diatas adalah sangat baik dan jelas dalam penyampaiannya sehingga memberikan gambaran tentang pembelajaran yg bisa dijadikan contoh bagi para guru
2.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
Nama : SITI KHOIRUN NISA
NIM : 858733129
Prodi : S1 PGSD BI
1. PJBL adalah model pembeljaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media yang membebaskan peserta didik untuk merencanakan aktivitas belajar dan akhirnya menghasilkan produk kerja untuk dipresentasikan.
2. Hal yang dapat sya peroleh dari video ini yakni manfaat metode Among yang lebih memfokuskan pada membangun peserta didik menjadi manusia beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terapil, sehat jasmani dan rohani.
3. video tersebut dapat menjadi referensi untuk saya dalam pembelajaran projek namun penyusunan jadwal kurang lengkap.
4. Video tersebut sudah menenrapkan sintaks pembeljaran PJBL dengan sistematis.
1. Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
2.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL
1.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
2. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
Nama : Syahda Septiana Rizqi Ananda
NIM : 858783829
menurut pendapat saya terkait video pembelajaran ini pentingnya seorang guru mempersiapan media pembelajaran yang ada di jelaskan nantinya. Pada tahap persiapan ini guru harus melakukannya dengan matang diibarkan seperti menyiapakan strategi perang. Agar contoh yang akan di berikan jelas dan mudan dimengerti siswa.
hal unik dari video tersebut yaitu terdapat pada pemanfaatan metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL.
kelebihan siswa dapat berfikris keritis dan mampu membuat pertanyaan dengan stimulus yang telah di berikan ibu guru, dala hal ini guru akan memberikan materi geometri bangn datar guru dapat diimplentasikan dengan membuat gambar dari kumppulan bangun datar
Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL, dan penerapan sistem among sehingga anak tidak hanya belajar materi saja tp disesuaikan dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari
Nama : atna Dwi Anggraeni
NIM : 858894827
Prodi/Semester : PGSD /8B
1. Menurut saya vidio ini sangat bagus, sistem among Ki Hadjar Dewantara sistem yang cocok untuk murid-murid sehingga mereka tidak meninggalkan keagamannya dan dapat belajar dengan baik dengan sistem kekeluargaan.
2. hal penting dari vidio adalah kita dapat lebih mengerti apa yang dimaksud dari sistem among Ki Hadjar Dewantara, memangun anak lebih beriman kreatif, dan berbudi luhur.
3. menurut saya sistem ini sangat cocok untuk mengajar karena awal pembelajaran anak sudah dibiasakan untuk berdoa atau menganut spiritual, asah, asih dan asuh.
4. Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran
tanyangan vidieo yang sudah saya lihat sangat menginspirasi saya sebagai pendidik ,yang mana kolaborasi metode among dan model PJBL sangat menarik di sini saya melihat kegiatan tersebut bisa mengalihkan bila siswa merasa lelah atau bosan dalam belajar , ada projeck di sini yang mana kegiatan tersebut sangat di minati peserta didik.
Nama : Nur fadila
Nim : 858906899
Program studi : 119/PGSD-S1
1. Menurut saya, PJBL dalam video tersebut sangat menarik dan hati kecil saya bergerak ingin menerapkan PJBL di kelas saya. Bukan hanya guru yang senang dalam menyampaikan materi , siswapun senang dan tidak pernah bosan ketika KBM. Dan juga dalam video tersebut guru sangat peduli terhadap pakaian yang dikenakan siswa, bukan hanya pakaian tetapi juga lingkungan sekitar
2. Hal penting yabg saya petik dalam video tersebut Saya jadi tau banyak hal tentang pembelajaran dengan metode among Ki Hajar Dewantara, bagaimana proses penyampaian materi ketika dikelas dan juga bagaimana menerapkan suasana di kelas agar tidak berisik
3. Ya dibeberapa materi pembemlajarab kelas 2 sangat dibutuhkan agar anak2 mudah memahami materi yang saya ajarkan dan senang dalam pembelajaran di kelas
4. A. Guru sangat perpartisipasi dalam mengajar,jadi tidak hanya diam di tempat duduk
B. Interaksi guru dan siswa juga sangat baik tidak monoton
C. Guru juga sangat peduli terhadap siswanya terkait pakaian dan juga lingkungan sekitarnya
D. Siswa aktif dalam KBM
E. Siswa tertib dan sangat antusias dalam menyimak penjelasan dari guru
Nama : Listiani
NIM : 857450054
Prodi : 118/PGSD SI
1. Menurut pendapat Saya tentang video tersebut sudah sangat baik karena guru membimbing siswa agar interaktif dalam pembelajaran.
2. Hal penting yang terdapat dalam video adalah setelah menonton video tersebut Saya mengerti bahwa sistem among dalam pembelajaran disekolah itu sangatlah penting karena kita dapat membimbing anak sesuai dengan perkembangannya.
3. Sudah sesuai, apalagi pada pembelajaran yang menarik yaitu berimajinasi dengan kreasi siswa terutama kerjasama yang dilakukan siswa.
4. Hal yang sudah baik pada video tersebut yaitu guru sudah dapat membimbing siswa dengan metode among, tutur kata guru kepada siswa memicu semangat siswa dengan pemberian apresiasi (bagus, hebat dsb), pembelajaran memicu keaktifan siswa dengan unjuk kerja.