silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Willy Lukman
Nim : 857163244
Setelah saya mengamati video diatas saya berpendapat bahwa dengan pembelajaran menggunakan metode among ki hajar dewantara dengan mengintegrasikan PBLJ menjadikan peserta didik lebih bisa aktif untuk berinteraksi antara guru dan peserta didik serta menanamkan jiwa yang agamis serta bisa saling menghargai satu sama lain.
Dengan video diatas memberikan saya motivasi dan pandangan bahwa dengan pembelajaran menggunakan 2 metode ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, khususnya di mata pelajaran matematika biasanya peserta didik sudah merasakan malas atau kebingungan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, namun dengan video diatas peserta didik lebih nyaman dan bisa mengikuti pembelajaran dengan sangat baik peserta didik mengaplikasikan apa yang ada dilingkungan sekitar dan menerapkan di mata pelajaran kaitannya peserta didik tidak hanya belajar matematika saja akan tetapi peserta didik juga belajar seni dimana peserta didik membuat kreasi sesuai yang peserta didik inginkan dan tetap ada materi yang dicantumkan dalam tugas tersebut. Memudahkan peserta didik memahami dengan materi yang terkait, dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran memberikan pelajaran bahwa jika guru benar-benar mempersiapkan media pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan makan pembelajaran akan terlaksana secara baik peserta didik pun dapat menerima bahkan bisa lebih memahami pembelajaran yang dilaksanakan serta akan sangat mudah diingat materi yang diajarkan saat pembelajaran dilaksanakan. Evaluasi sangat perlu dilaksanakan untuk guru mengetahui apakah pembelajaran yang dilaksanakan bisa mudah difahami oleh oeserta didik atau tidak, jika ada kendala maka harus diperbaiki dari cara pembelajaran yang sudah diberikan agar menjadi lebih baik di pembelajaran berikutnya.
Banyak hal yang saya peroleh dari video khususnya Metode Among dan PBLJ saling berkaitan satu sama lain, jadi metode ini sangat baik jika diterapkan oleh guru-guru selain meningkatkan keaktifan peserta didik juga dapat menerapkan peserta didik menjadi kepribadian yang baik dan bisa saling menghargai satu sama lain. Bisa diterapkan dipembelajaran nanti saat dikelas.
Dalam video sudah memberikan penjelasan dan praktek yang sangat mudah difahami oleh diri saya sendiri.
Nama : Mufty Ridha Narendra
NIM : 858936092
Pokjar : 076/Tanggul Kabupaten Jember
1. Video Pembelajaran PJBL ini sangat memberikan wawasan baru kepada saya, terutama metode Among Ki Hajar Dewantoro dalam pembelajaran matematika, dimana dalam hal ini Ada Asih, Asah. pembelajaran yang ditunjukkan dalam video di atas menuntut kesabaran, ketelatenan, kreatifitas guru dalam memandu pembelajaran, menyiapkan bahan ajar dan memberikan tugas membuat karya sederhana dengan menggabungkan beberapa bangun datar yang telah dipelajari pada materi menjadi benda-benda yang ada di sekitar kita.
2. Hal penting yang saya dapatkan dari video pembelajaran di atas antara lain:
– guru harus dapat mengintregasikan nilai-nilai moral dan agama dalam kegiatan pembelajaran sebagai sarana pembiasaan bagi anak didik, dari pembiasaan ini apabila dilaksanakan secara kontinyu maka akan menjadi budaya baik yang mengakar
– menjadi guru harus sabar, telaten, tekun dan mampu menarik minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran, selain itu harus kreatif dan bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan alat bantu (peraga)
– tahapan pembelajaran yang dimulai dengan pembiasaan doa, menanyaan kabar, membiasakan diri rapi dan bersih, membuka pelajaran dengan apersepsi menggunakan contoh sederhana benda disekitar kita membuat anak menjadi tertarik untuk belajar.
– cara guru dalam menanggapi respons/jawaban siswa yang kurang tepat sangat bijaksana sehingga tidak menyakiti/menyinggung perasaan siswa
-pembelajaran yang bermakna akan menimbulkan long term memory (melekat dalam ingatan dalam waktu yang lama)
– guru membiasakan kepada siswa untuk berani mengungkapkan pendapat di depan kelas
3. sangat sesuai, dan ingin saya implementasikan juga di kelas yang saya ampu
4. yang sangat sesuai :
– kesabaran, keramahan, keuletan dan kreatifitas diperlukan oleh guru dalam memenuhi kebutuhan dan pelayanan belajar peserta didik yang berbeda-beda
– penataan kelas dan bangku di kelas saya masih menggunakan susunan konvensional belum berbentuk kelompok, mungkin bisa diujicobakan
– pembiasaan siswa dalam berdoa, menjaga kebersihan dan menghormati guru sangat sesuai dengan budaya kita dan perlu dolestarikan. terutama dengan semakin merosotnya penggunaan dan kepatuhan terhadap norma-norma yang ada terutama kesopanan
Nama : Maria Renita Limbong
NIM : 856039688
Program Studi : 118 / PGSD -S1
1. Pendapat saya mengenai video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) ini adalah video tersebut menarik dan sangat bagus. Pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut dengan PjBL sangat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran.
2. Hal penting yang saya dapatkan dari video pembelajaran ini adalah saya mengetahui metode sistem among dalam pembelajaran terhadap siswa dan mengetahui penerapan model pembelajaran PjBL.
3. Tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya sebagai calon pendidik dalam merancang pembelajaran dan mengajar. Saya menjadi tahu bagaimana sistem among dalam pembelajaran di kelas dengan mengaitkan pengajaran asih, asuh, dan kekeluargaan. Hal tersebut sangat membantu siswa dalam belajar dan guru mampu memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
4. Hal yang sudah sangat baik dari video tersebut adalah guru memberikan pembukaan pembelajaran yang baik di kegiatan awal, guru menyapa dan memberi salam menerapkan kebersihan pada siswa sebelum memulai pembelajaran, pada kegiatan inti guru membimbing siswa dengan menggunakan sistem among, dan begitu juga dengan kegiatan penutup. Secara keseluruhan video tersebut sudah baik.
Nama : Sifa Khoirul Nisa
NIM : 857317825
Progdi : PGSD S1
Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
1. Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang dikolaborasikan dengan metode Among dari Ki Hajar Dewantara ini menghasilkan pembelajaran yang sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan dan juga dapat membangun siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, berbudi luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan metode pembelajaran Among tersebut.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
4. Dari video tersebut sudah sangat baik adalah metode ini menerapkan pla asah. asih dan asuh kepada siswa dan juga menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik. seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar, dan percaya diri. Dengan interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
Nama : Sifa Khoirul Nisa
NIM : 857317825
Progdi : PGSD S1
Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
1. Video Pembelajaran ini sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan dan juga dapat membangun siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, berbudi luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan metode pembelajaran Among tersebut.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
4. Dari video tersebut sudah sangat baik adalah metode ini menerapkan pola asah. asih dan asuh kepada siswa dan juga menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik. seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar, dan percaya diri. Dengan interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
Nama : Sifa Khoirul Nisa
NIM : 857317825
Progdi : PGSD S1
Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
1. Video Pembelajaran ini sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan dan juga dapat membangun siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, berbudi luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
4. Dari video tersebut sudah sangat baik adalah metode ini menerapkan pola asah. asih dan asuh kepada siswa dan juga menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik. seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar, dan percaya diri. Dengan interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
Nama : Sifa Khoirul Nisa
NIM : 857317825
Progdi : PGSD S1
Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
1. Video Pembelajaran ini sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
4. Dari video tersebut sudah sangat baik adalah metode ini menerapkan pola asah. asih dan asuh kepada siswa dan juga menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik. seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar, dan percaya diri. Dengan interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
Nama : Sifa Khoirul Nisa
NIM : 857317825
Progdi : PGSD S1
Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
1. Video Pembelajaran ini sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
4. Dari video tersebut sudah sangat baik adalah menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik. seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar, dan percaya diri. Dengan interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
Nama : Sifa Khoirul Nisa
NIM : 857317825
Program Studi : PGSD S1
Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut adalah :
1. Video pembelajaran ini sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan media-media yang digunakan sangat memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan.
2. Hal penting yang diperoleh dari video pembelajaran ini adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
4. Dari video ink yang sudah baik adalah menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik, seperti sikap spiritual, hidup sehat, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar dan percaya diri. Dengan interaksi siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
1. Video pembelajaran tersebut sudah sangat baik karena menggunakan media yang konkret sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru
2. Sebagai pendidik, guru harus mampu menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai
3. Sesuai.
4. Guru menggunakan metode yang sesuai, menggunakan media dan berinteraksi dengan baik kepada semua siswa