Sinopsis

Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif. Di awal, program menampilkan guru mengajarkan Ekosistem dengan menggunakan media, namun di akhir pembelajaran dia mendapatkan bahwa siswa belum memahami hal yang disampaikan melalui pembelajaran. Solusi dilakukan dengan menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta memperbaiki pelaksanaan pada tahap eksplorasi. Sebelum menyimak tayangan video, siswa diberi LKS (Lembar Kerja Siswa) dan diberi penjelasan cara pengisiannya. Pengisian LKS dilakukan setelah siswa menyimak program video dan diberi waktu sekitar 10 menit. Untuk mengetahui ketercapaian kompetensi, guru melakukan tanya jawab sesuai kompetensi yang akan dicapai. Di akhir pembelajaran, guru memberikan kesempatan siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan menguatkan pemahaman siswa dengan menyimpulkan isi dan manfaat pembelajaran.

Similar Posts

41 Comments

  1. Nama : YUNI NUR LAILI
    NIM : 837485685
    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Pada video tersebut manfaat dari video interaktif yaitu untuk membuat siswa lebih paham terhadap materi yang disampaikan, namun pada saat awal pembelajaran guru harus menjelaskan terkait menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat. Kemudian siswa diberikan waktu untuk memperhatikan video yang diputarkan serta mengisi lembar kerja. Guru juga mengajak siswa untuk menyimpulkan materi pada akhir pembelajaran untuk menguatkan pemahamannya.

  2. Nama : YUNI NUR LAILI
    NIM : 501333198
    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Pada video tersebut manfaat dari video interaktif yaitu untuk membuat siswa lebih paham terhadap materi yang disampaikan, namun pada saat awal pembelajaran guru harus menjelaskan terkait menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat. Kemudian siswa diberikan waktu untuk memperhatikan video yang diputarkan serta mengisi lembar kerja. Guru juga mengajak siswa untuk menyimpulkan materi pada akhir pembelajaran untuk menguatkan pemahamannya.

  3. Nama : Yustika Adelina
    NIM : 501574266
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Medan

    Pada awal video ditunjukkan guru mengajar dengan menggunakan video interaktif dengan materi ekkosistem. Menggunakan video interaktif akan memberikan pemahaman konsep yang baik kepada peserta didik. Namun, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya sebelum menampilkan video interaktif sehingga masih banyak peserta didik yang kurang paham tentang materi tersebut. Seharusnya sebelum menunjukkan video interaktif guru harus menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran. Lalu, setelah menonton video peserta didik diberikan LKPD untuk mengukur pemahaman peserta didik. Melaksanakan tanya jawab dalam kelas setelah manyaksikan video. Lalu meminta peserta didik untuk menyimpulkan pembelajaran. Dan langkah terakhir memberikan penguatan terhadap pembelajaran hari ini . Ini merupakan salah satu metode yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di kelas.

  4. Nama : Imania Ragasanti
    NIM : 501313268
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Samarinda

    Menggunakan media video saat proses pembelajaran sangat membantu siswa dalam mempelajari konsep dalam materi tersebut, media video dapat menggambarkan peristiwa-peristiwa di alam dengan konsep ekosistem sehingga siswa dapat gambaran secara nyata. Hal-hal yang perlu diperhatikan selama proses pelajaran yaitu:
    1. Merumuskan tujuan dan manfaat dari pembelajaran sebelum materi dimulai
    2. Memberikan kesempatan siswa menyimak tayangan secara utuh dan mengeksplorasi pemahaman dengan menjawab pertanyaan di lembar kerja dan siswa diberi penjelasan cara pengisiian
    3. Tanya jawab sesuai kompetensi yang dicapai.
    4. Di akhir pelajaran siswa diberikesempatan untuk memberi kesimpulan materi pembelajaran.

  5. Nama : Dinny Sela Seftiani
    NIM : 50123231
    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Manfaat yang diambil dari video tersebut ialah penggunaan media belajar interaktif efektif dilakukan di kelas. Karena, pada video interaktif dapat memberikan pemahaman yang baik bagi siswa. Namun sebelum ditayangkannya video interaktif dalam proses pembelajaran, guru harus menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari. Pada video tersebut juga, siswa dapat menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru secara aktif.

  6. Nama : Wahyu Widyawati
    NIM : 501333206
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Pembelajaran dari video tersebut adalah penggunaan media video interaktif sangat efektif jika sebelum ditayangkan, guru memfasilitasi siswa dengan menyampaikan tujuan dan maanfaat pembelajaran. Guru juga memberikan LKS yang mengarahkan siswa pada proses belajar pengamatan serta untuk mencapai tujuan pembelajaran.

    Manfaat dari penayangan video tersebut adalah lebih memahami cara penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran.

    Saran : penggunaan video interaktif sebagai media variatif dalam pembelajaran, akan lebih baik jika diajak langsung ke alam dahulu untuk mempelajari ekosistem di lingkungan sekitar, setlah siswa memhami barulah penggunaan video interaktif dapat digunakan untuk penegambangan materi ekosistem.

    terima kasih

  7. Nama : Sufina Siti Zulfa
    NIM : 501223113
    Prodi : Magistre Pendidikan Dasar
    Dari video yang sudah ditampilkan mengenai belajar efektif dengan video interaktif dapat disimpulkan sangat membantu siswa dalam memahami konsep dari materi yang diajarkan. Dengan video ekosistem dapat menyajikan informasi dan gambaran lengkap. Melalui video ekosistem, siswa dapat melihat contoh-contoh nyata tentang bagaimana ekosistem berfungsi di dunia nyata. Ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kompleksitas dan keragaman ekosistem.

  8. Nama : Agus Hermanto
    NIM: 501343214
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Dari hasil pengamatan video di atas, dapat disimpulkan bahwa media belajar interaktif sangat membantu proses pembelajaran terkait pemahaman siswa tentang materi ekosistem. Anak-anak semakin antusias dalam belajar serta semangat dalam memahami materi. Namun, jangan lupa menyampaikan tujuan pembelajaran di awal agar siswa tahu apa yang akan dilakukan dalam proses belajar mengajar.

  9. NAMA : Himayari Nufus Maryana
    NIM : 501353247
    UPBJJ : Denpasar

    Manfaat dari video tersebut adalah dengan metode menampilkan video membuat siswa menjadi aktif, namun pada video penjelasan pertama belum menampakan adanya urutan dalam pembelajaran namun seiring berjalannya video di video kedua menampilkan bagaimana cara mengajar dengan baik, dimana terdapat langkah-langkah dalam mengajar.

    Mengajar dengan pembelajaran yang interaktif sangat menyenangkan bagi siswa terutama untuk menyalurkan salah satu gaya belajar siswa. Saran pada video di atas mungkin bisa meningkatkan kualitas video agar siswa maupun guru tertarik untuk memperhatikannya

  10. Nama : MOHAMAD GAGAN NAZMUDINDIREJA

    NIM : 501233185

    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    UPBJJ : Bandung

    Ketika kegiatan proses belajar mengajar memakai video maka dampaknya sangat efektif dan manfaat buat guru dan siswa. Dan bermanfaat juga buat saya karena saya bisa mengetahui tentang Langkah-langkah pembelajaran dengan penggunaan media audio visual atau video, Langkah-langkahnya seperti merumuskan tujuan, dan manfaat dalam pembelajaran, lalu bisa menyampaikannya, dan siswa di berikan kesempatan dalam menyimak video tersebut dan siswa bisa mengeksplorasi untuk pemahamannya karena siswa bisa menjawab soal-soal pertanyaan di lembar kerja. Guru bisa memberikan suatu pertanyaan sesuai capaian kompetensi, siswa bisa menyimpulkan materinya, selanjutnya guru bisa memberikan penguatan kepada siswa.
    Dengan belajar melalui audio visual atau video maka itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keefektifan siswa yang tujuannya mendapatkan suatu pemahaman yang baik tentang materi yang di pelajari. Saran untuk guru dalam pembelajaran efektik menggunakan video yang di tayangkan oleh guru adalah video harus berkualitas, audio dan visual harus jelas karena video yang jelek kualitasnya akan berdampak efektivitas belajar menurun, ulangi penyangan video tersebut sebagai bentuk penguatan supaya siswa lebih memahami pembahasan dalam video tersebut.

Leave a Reply