silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

533 Comments

  1. Nama : Maya Santi Lestari
    NIM : 857973611
    Prodi : PGPAUD
    Sebagai pendidik anak usia dini kita harus selalu siap menghadapi anak-anak yang masih suka bermain dan ribut di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM” sangat membantu para pendidik PAUD untuk mengatasi anak yang ribut di dalam kelas. Penanganan yang dilakukan oleh pendidik di dalam video sudah baik, yaitu dengan:
    1. mengajak anak untuk tenang
    2. menenangkan anak dengan berbagai tepuk apabila anak yang ribut banyak
    3. mengajak anak untuk fokus kembali apabila anak yang ribut sedikit
    4. apabila anak yang ribut telah menyelesaikan tugasnya, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain.

  2. NAMA : MEKI ULANDARI
    NIM : 856813514
    POKJAR : KAUR BENGKULU
    PRODI : S1 PGPAUD

    Setelah saya melihat video tersebut Guru pasti merasa terganggu saat siswa gaduh saat proses belajar. Hal penting yang harus Guru ingat adalah jangan sekali-sekali mengingatkan siswa dengan menaikkan suara. Volume suara guru yang tinggi akan membuat siswa cenderung menaikkan volume suaranya juga. Selain itu, berteriak akan sangat menguras energi dan juga emosi.

    Jadi apa yang harus Guru Pintar lakukan? Berilah peringatan dengan menggunakan body sign. Misalnya meletakkan telunjuk di depan bibir, dengan diam dan menatap semua siswa, atau bisa berhitung dengan suara normal. Untuk siswa-siswa di level sekolah dasar, Guru dapat mengalihkan kegaduhan dengan menyanyi. Saat siswa gaduh, nyanyikan lagu yang mereka sukai dan mereka akan mengikuti gurunya menyanyi. Setelah itu Guru Pintar dapat mengajak siswa untuk kembali fokus pada pelajaran.

    terimakasih
    wassalamualaikum

  3. Nama:leni marlina
    Nim:856816376
    Dalam video tersebut, guru sudah memiliki kemampuan mengajar yang baik karena guru sudah dapat mengatasi masalah anak yang ribut di kelas saat pembelajaran. Tehnik yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas yaitu :
    1. Mengajak anak untuk tenang
    2. Menenangkan anak dengan berbagai tepuk
    3. Mengajak anak untuk fokus kembali apabila anak tidak ribut lagi
    4. Apabila anak yang ribut telah menyelesaikan tugasnya, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas
    Saran yang dapat saya berikan adalah membuat kesepakatan awal untuk anak dapat mengikuti aturan belajar. Agar mampu menertipkan dan menjaga suasana tetap tenang. Anak yang tidak dapat duduk tenang mungkin mereka perlu lebih banyak waktu untuk mengerti cara mengerjakan tugas.

  4. Assalamualaikum.wr.wb
    Nma : NOVIA ERNIMA
    Nim : 856269137
    UPBJJ : Padang
    Setelah mengamati video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM Sebagai pendidik anak usia dini sering kita menghadapi hal ini menjadi tantangna bagi kita. beberapa solusinya yang di guru menghadapi anak pada video ini bisa di gunakan di gunakan di tk di antaranya yaitu:
    1. Ajak anak-anak untuk tenang.
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
    3. Bila anak yang berebut atau berbuat keributan hanya sedikit, dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan.
    4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain. Mengajak mereka untuk melakukan aktivitas lain yang lebih menarik atau menyenangkan dapat membantu menjaga suasana kelas tetap positif dan produktif.
    Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten, guru dapat membantu mengelola perilaku anak-anak di kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa.
    saran saya untu vidio ini alang kag baiknya guru mengunakan media yang lebih besar letak kan gam lebih tinggi sehingga semua anak bisa melihat. Membiarkan anak untuk bekerja aatau mewarnai gambar sesuai dengan imajinasi anak karena warna rambaut tidak tidak harus hitam ,ada anak yang mau mau warna rambut warna lain contoh nya warna kuning dana lainnya.

    Sekian trima kasih
    Wassalamualaikum.wr.wb.

  5. Diskusi 1
    Rut Setianti
    857733197
    UPBJJ Semarang

    Minggu,28 April 2024

    Salam sejahtera,
    Setelah melihat video tentang Anak Ngobrol Saat PBM ,maka sebagai guru PAUD kita harus sigap mengambil langkah untuk mengkondisikan kelas dengan baik.
    Sering terjadi ketika anak-anak sedang mengerjakan tugas ada anak yang suka membuat keributan.
    Untuk mengatasi hal itu selain yang sudah terlihat di video tersebut kita bisa membuat kegiatan yang berbeda agar anak tidak bosan dan berlarian. Kita bisa membuat kelompok kelompok bermain dengan bermacam macam main. Jika masih ada yang ribut berikan tepuk ular sssst atau guru mengatakan lomba jadi patung.
    Maka anak-anak yang ribut segera menempatkan diri menjadi patung dengan kembali duduk.
    Demikian diskusi saya.
    Terima kasih .

  6. Nama : Kartini
    NIM : 857721866
    Jurusan : PGPAUD

    Pada video di atas yang berjudul “Anak Ribut di Kelas saat PBM” mengilustrasikan kejadian yang sering terjadi pada saat pembelajaran di dalam kelas. Anak-anak pada usia dini memiliki fokus dan daya konsentrasi yang relatif pendek/sebentar sehingga seringkali anak akan membuat gerakan-gerakan/kegiatan yang kadang membuat kelas menjadi ramai saat pembelajaran. Sebagai seorang guru PAUD tentunya kita harus mampu memahami kebutuhan dan minat anak. Saya sangat setuju dengan hal yang dilakukan oleh guru pada video diatas yaitu dengan tetap bersikap tenang dan sabar. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru jika anak ribut saat pembelajaran berdasarkan video diatas aadalah dengan mengajak anak untuk tenang. Jika anak yang ribut cukup banyak, maka guru bisa menenangkan dengan menggunakan tepuk atau alat tertentu seperti peluit untuk menenangkan anak, akan tetapi jika hanya sedikit anak yang ribut, guru dapat mendekati anak tersebut dan memahamkannya untuk bersikap tenang. Beberapa anak mungkin karena sudah selesei mengerjakan tugas yang diberikan akan mencari aktivitas lain, guru dapat memfasilitasi dengan kegiatan lain yang dapat membuat anak menjadi tenang.

  7. Nama : Desmi Hayati
    Nim : 856717077
    Prodi : PG-PAUD

    Sebagai seorang guru dari anak usia dini, saya selalu memberikan yang terbaik saat menghadapi anak-anak yang suka tidak tertip atau ribut saat proses belajar mengajar. Dalam video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM” sangat bermanfaat bagi seorang pendidik, terutama bagi saya, dimana dalam video ini saya dapat belajar untuk mengatasi anak yang ribut saat Proses pembelajaran di dalam kelas, adapun penanganan yang di contohkan dalam video adalah sebagai berikut :
    1. Ajak anak untuk melakukan tenang
    2. Dekati anak dan ajak fokus kembali
    3. Apabila anak yang ribut telah menyelesaikan tugasnya, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain
    4. Menenangkan anak dengan tepukan apa bila anak yang ribut cukup banyak.
    Saran saya alangkah lebih baiknya jika guru menggunakan alat peraga, agar anak lebih menarik untuk belajar, tanpa kejenuhan. Terima kasih

  8. Nama : Rosmayanti
    Nim : 857253002
    Prodi : PGPAUD

    Setelah saya menonton video yang berjudul ” Anak Ribut di Kelas saat PBM” Kegiatan anak yang ada di video di atas itu juga sering terjadi di sekolah tempat saya mengajar dimana pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung ada salah satu anak yang mengajak anak yang lain mengobrol akibatnya anak- anak yang lain pun ikut terpengaruh oleh si anak yang mengajak ngobrol itu, jika situasi sudah seperti itu yang di lakukan guru adalah
    1. Mengajak tepuk diam
    2. Menenangkan anak
    3. Membujuk kembali anak-anak agar fokus kembali pada tugas masing- masing
    4.Mengalihkan dengan kegiatan nyanyi atau tepuk- tepuk yang lain

  9. Nama : Desmi Hayati
    Nim : 856817077
    Prodi : PG-PAUD

    Sebagai seorang guru dari anak usia dini, saya selalu memberikan yang terbaik saat menghadapi anak-anak yang suka tidak tertip atau ribut saat proses belajar mengajar. Dalam video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM” sangat bermanfaat bagi seorang pendidik, terutama bagi saya, dimana dalam video ini saya dapat belajar untuk mengatasi anak yang ribut saat Proses pembelajaran di dalam kelas, adapun penanganan yang di contohkan dalam video adalah sebagai berikut :
    1. Ajak anak untuk melakukan tenang
    2. Dekati anak dan ajak fokus kembali
    3. Apabila anak yang ribut telah menyelesaikan tugasnya, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain
    4. Menenangkan anak dengan tepukan apa bila anak yang ribut cukup banyak.
    Saran saya alangkah lebih baiknya jika guru menggunakan alat peraga, agar anak lebih menarik untuk belajar, tanpa kejenuhan. Terima kasih

  10. Nama : Annisa Resti Fauzy
    NIM :857860096
    UPBJJ : Surakarta

    Dari video “Anak ribut di kelas saat PBM” tersebut, saya bisa menyimpulkan bahwa,
    Solusi yang bisa guru lakukan saat ada anak ribut dalam KBM:
    1. mengajak anak untuk tenang
    2. menggunakan peluit untuk kembalikan fokus anak
    3. jika anak yang ribu sedikit, maka guru bisa mendekatinya dan mengajaknya untuk fokus pada pembelajaran
    4. jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, maka anak bisa diberikan aktivitas yang lain

Leave a Reply