silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,255 Comments

  1. NAMA : NADILLA NUR SABRINA
    NIM : 859788544
    Video yang berjudul ” Anak Sulit Mengemukakan Pendapat ”
    Di dalam video tersebut ada guru yang memberikan pertanyaan kepada anak dan anak tidak bisa menjawab.
    Menurut saya anak sulit
    mengungkapkan pendapatnya karena kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak. Guru seharusnya memberikan stimulasi anak dengan cara-cara yang menarik yang disukai anak dan pada waktu yang tepat. Di dalam vidio dijelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang sulit mengemukakan pendapat.
    Cara mengatasi anak yang susah mengeluarkan pendapatnya yaitu
    1. Mengajak diskusi anak tersebut
    2. Membantu siswa menemukan pendapatnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
    3. Libatkan siswa tersebut dengan kegiatan apapun.
    4.Memberi reward untuk anak yang sudah berani mengeluarkan pendapatnya.

  2. Dengan menonton vidio diatas memberikan pengetahuan baru kepada saya dalam menghadapi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya,dari vidio tersebut terlihat bahwa seorang guru mengajak anak anak bermain diluar ruangan dengan penuh kegembiraan.dimana anak anak merasa nyaman dan bergembira saat bermain besama guru dan teman temanya,dimana raut wajah mereka sangat senang dan tanpa beban.dimana seorang guru dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi anak anak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas agar anak anak bisa sedikit demi sedikit mengemukan pendapatnya.

  3. Video ini telah memberi pengetahuan baru karena telah menyajikan beberapa tips yang bermanfaat dalam pengembangan bahasa anak,yaitu menstimulasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat dangan cara mengajukan pertanyaan sederhana dengan hal-hal yang dekat dengan anak atau hal-hal yang di sukai anak dan juga bisa melalui menceritakan gambar anak,sehingga anak mampu dan terbiasa untuk berbicara dan bercerita dan perkembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal.

  4. Nama: Puput Wulan Dari
    Nim :859909059
    Dari video dengan judul “anak sulit mengemukakan pendapat” telah banyak memberikan manfaat bagi saya sebagai seorang guru PAUD. Cara mengatasi anak yang sulit mengemukakan pendapat yaitu:
    1. Dengan mengajaknya bercerita tentang kesehariannya dan
    2. Minta anak untuk menggambar bebas lalu minta anak untuk menceritakan gambar tersebut.
    3. Memberikan pertanyaan seputar apa yang mereka sukai.

  5. Nama: Puput Wulan Dari
    Nim :859909059
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar: Way Tenong

    Dari video dengan judul “anak sulit mengungkapkan pendapat” terdapat banyak sekali manfaat bagi saya sebagai seorang guru PAUD. Cara mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat yaitu:
    1. Memberikan pertanyaan kepada anak seputar apa yang mereka sukai.
    2. Minta anak menggambar bebas lalu minta anak untuk menceritakan tentang gambar tersebut.
    3. Minta anak untuk menceritakan mainan yang mereka bawa didepan kelas.

  6. menurut saya video dari guru pintar online ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik PAUD untuk menambah wawasan dalam mengatasi masalah anak didik yang beragam.
    cara lain yang bisa juga diterapkan untuk mengatasi “anak sulit mengemukakan pendapat” adalah dengan cara menanyakan pada anak apa saja yang mereka lakukan sebelum berangkat sekolah lalu bertemu siapa sajakah mereka ketika berangkat dari rumah ke sekolah, dari sana mereka akan berusaha untuk mengingat dan bercerita.

  7. Judul Video “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat”
    Yang dapat kita ambil dari video di atas :
    – Pentingnya komunikasi pendidik kepada peserta didik
    – berikan kesempatan kepada anak untuk berpendapat
    – berikan kesempatan anak untuk berkreasi dan menceritakannya di depan teman-temannya
    – berikan kesempatan kepada anak untuk bercerita apa yang ia sukai

    Video yang saya lihat sangat-sangat bermanfaat bagi guru agar dapat mengembangkan wawasan tentang perkembangan anak didik.

  8. Nama : Shofia Nur Azizah
    NIN : 857436014

    Pada vidio tersebut terlihat guru sedang bermain dengan anak-anak di tempat bermain, guru tersebut beberapa kali bertanya kepada anak-anak tetapi jawabannya hanya “tidak tahu”. anak-anak terlihat banyak diam dan kesulitan mengemukakan pendapatnya. untuk mengatasi permasalahan tersebut terlihat guru melakukan beberapa cara agar anak dapat mengemukakan pendapatnya.
    1) guru melemparkan beberapa pertanyaan yang disukai oleh anak
    2) guru memperlihatkan gambar kepada anak kemudian meminta anak untuk memberikan pendapat tentang gambar tersebut
    3) guru meminta anak untuk menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar tersebut
    4) guru meminta anak untuk menceritakan mainan kesukaannya yang dibawa dari rumah
    melalui cara-cara tersebut akan melatih anak untuk dapat mengungkapkan pendapatnya, terlihat dalam vidio bagaimana guru tersebut dengan baik mengajak anak-anak agar mau berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya. guru dengan langsung mempraktekan kepada anak cara-cara agar anak dapat mengemukakan pendapatnya.

  9. Nama : Feni
    NIM 857571078
    Judul Video Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat
    Saya setuju sekali dengan strategi guru tersebut untuk masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya, dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Kalau saya bisanya tidak lupa untuk memberikan penguatan kepada anak yang berhasil dan masih memberikan bimbingan untuk anak yang belum berhasil.terima kasih.

  10. Nama: Wina Luz’tantya Nadzifa
    NIM : 858190649

    Video Kedua yang saya perhatikan yaitu berjudul “PAUD7 Anak Sulit Mengemukakan Pendapatnya”, dari video ini, saya mendapatkan tips untuk menangani permasalahan di kelas saat Anak sulit untuk mengemukakan pendapatnya, anak-anak seperti ini memerlukan perhatian dan stimulus khusus agar nantinya dapat berkembang dengan baik, sebagai pendidik ini adalah tugas kita untuk memberikan perhatian dan agar anak mendapatkan stimulus yang tepat dan sesuai dengan yang ia butuhkan. Beberapa tips dari video tersebut yang dapat kita lakukan apabila terjadi atau mendapati hal seperti video di dalam kelas, antara lain:
    1) Melontarkan beberapa pertanyaan hal yang disukai anak
    2) Memperlihatkan gambar kepada anak lalu bertanya tentang gambar tersebut
    3) Meminta anak untuk menggambar bebas dan menceritakan gambarnya kepada teman-teman
    4) Meminta anak untuk menceritakan mainan yang dibawa ke sekolah kepada teman temannya

    Video dari guru pintar online UT tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD, terlebih saya masih baru dan belum banyak memiliki pengalaman, melalui guru pintar online UT saya lantas memiliki gambaran seperti apa seharusnya saya bersikap dan menangani permasalahan yang sering terjadi di kelas PAUD.

Leave a Reply