silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

232 Comments

  1. Bismillah.
    Nama : Ainun Rahima
    Nim : 859410221
    Prodi : PGPAUD

    Seri pengembangan kemampuan motorik anak usia dini “pesan berbisik”
    Strategi yang dilakukan guru sangat baik dalam mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa pada anak. Vidio tersebut memperlihatkan guru menstimulasi dengan memberikan kegiatan pesan berbisik, dalam kegiatan permainan ini guru memberikan alat pendukung seperti gambar, kartu huruf da benda benda lainnya.
    Agar anak lebih mudah dalam melakukannya. kegiatan ini dapat menstimulasi aspek perkembangan pada anak
    Terima kasih

  2. Nama : Dewi Puasari
    NIM : 857040882
    Prodi : PGPAUD

    Kegiatan yang ditampilkan dalam video sangat bervariasi. Anak-anak juga terlihat sangat senang dan menikmati pembelajaran. Dalam video ini tidak hanya kegiatan motorik yang dikembangkan, juga bahasa anak dan sosial emosional. Secara keseluruhan videonya sudah bagus. Hanya saja tidak ada kegiatan pembuka dan penutup, kegiatan dilakukan dengan langsung ke kegiatan inti.

  3. Nama : Reni Nanda Sari
    NIM : 859547397
    Pada video diatas dapat saya simpulkan sebagai berikut
    1 . Pada kegiatan awal guru sangat aktif dalam mengkondisikan anak
    2. Pada saat kegiatan berbisik sangat bagus untuk anak dalam mengingat apa yg disampaikan oleh guru selain itu alat peraga yg d bawa guru sangat membantu anak dalam mengingat apa yg ada di gambar tersebut.
    3.pada kegiatan berbisik anak sangat senang dan kegiatan ini mengajarkan anak untuk bekerjasama.

  4. Dalam video pesan berbisik tersebut guru melakukan kegiatan pembukaan pembelajaran cukup singkat tidak ada tegur sapa antar teman dan biasanya diiringi dengan lagu atau bernyanyi. Guru tidak mengajak anak untuk berdoa terlebih dulu sebelum kegiatan pembelajara di mulai , anak duduk rapi di bangku dan guru berdiri sehingga terlihat kurang efektif karena posisi duduk yang tidak sejajar antara anak dan guru, guru pun tidak menerangkan terlebih dahulu bagaimana sikap berdoa yang baik yang bisa diajarkan melalui lagu atau tepuk.
    Dalam kegiatan inti seperti bercakap-cakap guru tidak menyampaikan terlebih dahulu tema apa yang akan disampaikan, guru kurang menyampaikan pertanyaan pemantik untuk merangsang anak berfikir, guru banyak mendominasi situasi di kelas sehingga ketika kegiatan pesan berbisik berlangsung anak seperti kurang antusias dan semangat. Media yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pun kurang terlihat oleh anak dan tidak adanya penataaan lingkungan main yang baik sehingga secara visual anak dapat melihat media dan kegiatan main yang disediakan guru. Model pembelajaran yang digunakan guru masih klasikal anak melaksanakan satu kegiatan main yang sama dan tidak beragam sehingga minat, kreativitas serta kebutuhan bermain dan belajar anak kurang terpenuhi, hal ini tidak sesuai dengan konsep pendidikan anak usia dini yang harus berpusat pada anak.
    Dalam menyampaikan materi, guru cukup menguasai materi dan intonasi suara guru sangat jelas. Pada permainan ini, guru mengajak anak –anak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiata fisik yang melibatkan gerakan beragam sesuai dengan intukksi yang di berikan oleh guru. Melalui permainan pesan berbisik, guru mengfasilitasi mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar anak-anak secara serentak, anak- anak di ajak untuk berlari zig-zag yang membantu mengembangkan keterampilan motorik halus seperti koordinasi antara mata dan tangan dan kordinasi anggota tubuh bagian atas dan bagian bawah, sehingga anak-anak di ajak untuk melompat yang membantu mengambangkan keterampilan motorik kasar seperti keseimbangan, kekuatan, dan kecepatan.
    Guru di dalam video juga menggunakan kartu dengan gambar – gambar seperti binatang, buah – buahan, dan sayur – sayuran sehingga kegitan tersebut dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak , dengan demikian pesan berbisik dapat mengambangkan keterampilan motorik yang dapat melibatkan aspek kognitif dan social anak dalam proses belajar .

  5. Nama : Uun Runtasih
    Nim : 857505735
    Prodi : PGPAUD
    Dalam kegiatan yang ditampilkan video diatas dapat merupakan kegiatan yang mengembangkan motorik anak dengan berbagai variasi diantaranya dengan permainan berbisik serta dapat juga untuk mengembangkan keterampilan bahasa anak dengan menyimak apa yang dibisikan oleh temannya dan dapat menyebutkan kembali.

  6. pada video tersebut “pesan berbisik ” perkembangan motorik yang di terapkam oleh guru sangan bervariasi di mana guru sudah mengunakan beberapa media seperti boneka tangan, kartu bergambar, dengan membangun kerja sama sesama teman dengan metode berbisik . guru juga menerapkan kegiatan motorik kasar dengan melompat kodok, berlari cepat dalam hal ini guru tersebut sudah menstimulasi beberapa kegiatan pengembangan anak didik dengan baik

  7. Nama ; Mery kamali
    Nim 859413986
    Prodi: PGPAUD
    Dalam kegiatan ini guru sangat kreatif dalam memadukan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan motorik kasar dan kegiatan dalam mestimulus bahasa anak,,gurunya aktif,dan anak anaknya dapat melakukan mengikuti kegiatan dengan antusias. Penerappembelajaran bagus dan semua anak aktif dan guru sangat inovatif dalam menyajikan pembelajaran

  8. Bismillah
    Nama : Dwi Lusiana Maya Sari
    NIM : 858868617
    Pokjar : Joyoboyo

    Dari video diatas yang berjudul “Pesan Berbisik”. Kegiatan yang di pilih guru sangat menarik. Karena didalam satu kegiatan mencakup beberapa aspek, yaitu motorik, bahasa dan sosial emosional. Dalam menjelaskan materi guru sangat interaktif dan penggunaan alat dan bahan juga baik dan menarik. Sehingga anak tertarik untuk menyimak serta mengikuti kegiatan tersebut. Guru juga memberikan penguatan serta motivasi kepada siswa yang belum mau bergerak atau tidak mau bergerak agar mau bergerak. Dalam pengembangan motorik kasar, guru menerapkan kegiatan melompat seperti katak, berlari cepat dan memutar badan. Dalam pengembangan bahasa, guru menggunakan media kartu bergambar yang menarik serta boneka tangan.

  9. Nama : SULISTIANA
    NIM : 858869253
    PG PAUD BI
    Dalam video “Pesan berbisik” terlihat banyak kegiatan yang mampu mengembangkan aspek motorik serta bahasa anak. Dari mulai anak berlari zigzag, kemudian menirukan gerakan sesuai gambar hingga mereka harus membisikkan kata sesuai gambar pada temannya. Guru juga terlihat aktif dan semangat sehingga anak-anak pun merasa senang, guru juga menggunakan berbagai media sehingga kegiatan tersebut tidak monoton dan membuat anak bosan. Tetapi disini kartu huruf maupun kartu bergambar yang digunakan guru terlihat kurang besar ,kartu gambar maupun kartu huruf yang agak besar akan lebih mempermudah anak-anak dalam mengamati.

  10. Nama : Purnami Arimurti
    NIM : 858871869
    Pokjar : Joyoboyo
    Dari video mengenai permainan “pesan berbisik”, guru dapat mengembangkan kemampuan motoric, bahasa dan sosial emosional. Hal ini penting dilakukan karena masa usia dini adalah masa yang paling efektif untuk mengembangkan aspek perkembangan. Kegiatan yang dipilih guru untuk mengembangkan ketiga aspek tersebut menarik untuk dilakukan. Anak-anak dapat belajar sambil bermain. Permainan dengan pesan berbisik ini dapat dilakukan didalam kelas karena tidak membutuhkan alat dan ruangan yang cukup besar. Guru hanya perlu menyiapkan kartu bergambar (hewan, buah, mainan) dengan tulisan, kartu huruf dan alat tulis. Dalam permainan ini anak-anak dapat dibagi menjadi beberapa kelompok bisa dengan dicampur anak laki-laki dan perempuan sehingg secara tidak langsung dapat mengembangkan aspek sosial emosional untuk bekerjasama ketika bermain. Guru mengajak anak-anak dan memotivasi anak-anak untuk bergerak. Permainan pesan berbisik ini dapat mengembangkan motoric anak dengan stimulasi seperti melompat seperti katak, berlari dengan zigzag dan menyampaikan pesan atau memperagakan isi pesan sesuai dengan imajinasinya. Selain itu permainan ini juga dapat mengembangkan bahasa anak denenga stimulasi melatih pendengaran anak ketika menerima pesan, pengenalan beragam kosakata secara lisan ketika anak melihat kartu, pengenalan beragam kosakata melalui tulisan ketika anak mencari kartu kata/gambar, menyebutkan pesan yang diterima dengan suara keras dan bermain dengan boneka tangan.

Leave a Reply