silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

272 Comments

  1. Nama : Putu Mairista Oshi Damadi
    NIM: 859028676

    Menurut saya apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah menggambarkan kegiatan pada anak usia dini dengan menerapkan permainan pesan berbisik dalam mengembangkan keterampilan motorik anak. Saat guru mengajak anak melakukan permainan pesan berbisik ini, guru mengembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, melompat, menirukan berbagai gerakan sesuai dengan kartu yang diperlihatkan oleh guru. Selain itu, permainan ini dapat melatih daya ingat anak serta kemampuan pendengaran yang baik pula. Permainan ini dapat dikembangkan dengan kegiatan bervariasi lainnya agar menarik minat anak, namun tetap mengembangkan kemampuan dasar anak.

    Terima kasih

  2. Nama : Fajar Maulina
    NIM : 855882817
    Program studi : S1 PGPAUD
    Menurut saya vidio pembelajaran menggembangkan kemampuan motorik anak melalui pesan berbisik sangat bagus dan menginsprirasi guru Paud terkhususnya saya sendiri, kegiatan pesan berbisik ini sangat menyenagkan bagi anak. melalui pesan berbisik dapat melatih kemampuan Bahasa, kognitif, sosial emosioal serta melatih kemampuan motorik anak dengan melakukan kegiatan melompat dan berlari zigzag. Kegiatan ini juga melatih pendengar anak, konsentrasi dan juga kesabaran anak dalam melakukan kegiatan pesan berbisik.

  3. izin menanggapi diskusi ini.
    Nama : Bonifasia Buaq tanting
    Nim : 858409571

    melalui video ini saya memperoleh salah satu permainan yang dapat diterapkan pada saat proses pembelajaran guna dapat mengembangkan motorik anak dan juga dalam proses pembelajaran ini dapat mengembangkan pemahaman kosa kata anak.

  4. Nama : Sri Nur Hikmah Syam
    Nim : 859408264

    Seri mengembangkan kemampuan motorik Paud
    → Video kedua : Pesan Berbisik
    menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya sangat setuju dengan cara menstimulus fisik motorik anak dalam kegiatan bermain yaitu pesan berbisik. dimana kegiatan tersebut anak- anak berlari zig-zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru, selain itu ada beberapa aspek perkembangan yang mendapatkan stimulus dari bermain pesan berbisik yaitu kemampuan motorik dan bahasa anak, dimana anak melatih pendengaran anak pada saat anak mendengar kata yang disebutkan teman. kognitif, dalam anak berimajinasi sesuai dengan pesan yang didengar.
    serta melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seseorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.

  5. Menurut saya vidio pembelajaran menggembangkan kemampuan motorik anak melalui pesan berbisik sangat bagus dan menginsprirasi guru Paud terkhususnya saya sendiri, kegiatan pesan berbisik ini sangat menyenagkan bagi anak.Saat guru mengajak anak melakukan permainan pesan berbisik ini, guru mengembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, melompat, menirukan berbagai gerakan sesuai dengan kartu yang diperlihatkan oleh guru.

  6. Saat guru mengajak anak melakukan permainan pesan berbisik ini, guru mengembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, melompat, menirukan berbagai gerakan sesuai dengan kartu yang diperlihatkan oleh guru.

  7. F I T R I
    859409908

    Assalamu’alaikum wr wb …
    Permainan pesan berbisik dapat memiliki dampak positif motorik anak TK. melalui permainan ini , anak-anak belajar mendengarkan dengan teliti dan mengikuti instruksi, yang membantu meningkatkan pendengaran dan respons motorik kasar. Mereka juga dapat mengasah keterampilan motorik halus saat mencoba menyampaikan pesan secara diam-diam. Secara keseluruhan, permainan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan koordinasi dan keterampilan motoriknya sambil bersenang-senang dalm aktivitas interaktif.

    Sekian …
    Terima kasih …

  8. Dari judul video “Pesan Bebisik”
    Upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini anak-anak selain dikembangkan kemampuan motoriknya melalui berlari zig zag, juga melompat dan menirukan gerakan sesuai gambar pada kartu yang disediakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar menjadi perkembangan yang menarik dan bervariasi

  9. NAMA : NUR VAIZAH
    NIM: 858737846

    permainan pesan berbisik
    Menurut pendapat saya mengenai kegiatan permainan pesan berbisik yang diberikan guru untuk menstimulasi perkembangan aspek motorik dan aspek bahasa anak, selain anak-anak dilatih kemampuan fisik motoriknya dengan melompat, berlari zigzag, anak juga dilatih kemampuan berbahasa ,berlatih fokus serta kerja sama antar tim / kelompok dan melatih pendengaran anak dengan melakukan penyampaian pesan melaui kegiatan berbisik. Guru juga menggunakan APE yang bervariasi dengan beragam kosakata dan gambar agar anak lebih bersemangat dalam belajar.
    Adapun beberapa manfaat yang dapat kita peroleh melalui permainan ini diantaranya dalah :
    1.Melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.
    2. Melatih komunikasi , dalam permainan ini anak melibatkan orang lain yaitu temannya, sehingga pada waktu bermain seorang anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya.
    3. Melatih kerjasama, permainan pesan berantai merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan kerjasama untuk mencapai keberhasilan dalam permainan.
    4. Melatih konsentrasi, untuk dapat menerima dan mampu menyampaikan kembali kata-kata yang telah didengar, maka seorang anak harus mampu berkonsentrasi dalam kurun waktu yang sangat sebentar

  10. Bismillahirrahmanirrahim, ijin berkomentar.
    Nama : Nazma Aliyah Putri
    NIM : 857497921
    Video Seri Pembelajaran PAUD
    Video Pesan Berbisik

    Dalam Video tersebut pendidik meningkatkan kemampuan motorik kasar peserta didik dengan menirukan gerakan binatang juga menyediakan boneka tangan sebagai media bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik. Penggunaan media kartu juga digunakan dalam kegiatan bermain pesan berbisik, sehingga anak-anak dapat meningkatkan kemampuan dalam mengingat sesuatu dan menyampaikan pesan yang diterima dengan baik. Dalam hal ini pendidik sudah memenuhi tujuan pembelajaran dengan baik dan pengalaman yang menyenangkan bagi peserta didik. Sekian komentar dari saya, terimakasih.

Leave a Reply