silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaΒ  anak Β .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,572 Comments

  1. Selamat malam, saya Udur Mauli Rivindi Siagian, NIM 859015884, izin berkomentar ya pak, bu. Mohon maaf apabila ada kesalahan.
    Melalui yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” ada 2 hal yang ada didalamnya yaitu hal positif dan negatif. Hal yang positif adalah letak ruangan kelas yang besar, adanya dampingan asisten guru, posisi duduk yang benar, bentuk duduk anak yang dapat fokus ke guru. Menggunakan lagu agar anak mudah mengingatnya, menggunakan gambar untuk anak menghitung bilangan dan mencari angka yang sesuai dengan jumlah gambar, memberikan reward agar anak terpacu untuk melakukan hal yang benar/ fokus. Kekurangannya adalah, pada konsep bilangan menggunakan bola, dengan jumlah yang banyak (7) tanpa menggunakan wadah yang didekat anak untuk bola yang sudah diambil, akan menyulitkan anak untuk menghafal angka dan mengganggap jumlah bola sudah pas. Ada baiknya menyediakan wadah lain untuk bola yang telah dihitung. Terima kasih.

  2. izin memberi pendapat terkait vidio di atas yang berjudul ” sulit mengenal konsep bilangan ”
    dalam vidio diatas sangat cocok dilakukan dalam membantu perkembangan anak dalam aspek kognitif khususnya supaya anak mampu mengenal konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan,Sesuai karakter anak yang unik dan dlam usia paud dimana bermain lebih banyak dilakukan oleh anak dalam mengisi kesehariannya.dengan ragam main yang dilakukan oleh pendidik yitu mengambil bola,menghitung gambar sebelum mewarnai, dan mengambil spidol warna untuk penguatan sebelum penutup, merupakan kegiatan yang membuat anak merasa antusias karena giat main tersebut sudah di sesuaikan dengan usia anak tersebut. Anak tidak merasa sedang belajar namun lebih ke bermain yang dimana giat main tersebut mampu mencapai perkembangan yang menjadi tujuan pendidik.dengan kegiatan yang beragam akan merangsang anak untuk mengikuti kegiatan secara antusias.ragam main membuat anak tidak gampang merasa bosan dan tetap semangat untuk mengikuti kegiatan sampai akhir.Apalagi dengan pemberian reward yang walaupun sederhana itu akan mendorong anak lebih semangat lagi.

  3. Pada awal video menampilkan seorang guru PAUD mengajak anak didiknya untuk bermain bola di dalam kelas dengan menghitung. Lalu, guru meminta anak untuk mengambil sejumlah bola dan anak akan mengambil bola tersebut sesuai jumlah yang diinstruksikan guru. Namun, ternyata ada anak yang salah mengambil jumlah bola. Dalam kasus seperti ini, guru harus mempunyai trik tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Berikut adalah beberapa teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
    1. Sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk.
    2. Guru dapat juga memberikan tugas berupa lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    3. Guru memberikan penguatan berupa apresiasi kepada anak yang telah berhasil melakukan tugas sesuai instruksi.

    Dari penjelasan singkat mengenai isi video di atas, dapat disimpulkan bahwa fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan seperti di atas memang sering terjadi pada anak-anak PAUD. Berikut adalah analisis saya terhadap kasus di atas.
    1. Kesulitan dalam Mengenal Konsep Bilangan
    Kasus yang muncul dari video di atas adalah beberapa anak sulit mengenali konsep bilangan dengan benar. Hal ini dapat terlihat dari kesalahan mereka dalam mengambil jumlah bola yang diminta oleh guru. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa anak-anak masih memerlukan bimbingan dan latihan lebih lanjut dalam memahami konsep bilangan.
    2. Variasi Teknik Pembelajaran
    Guru PAUD mengimplementasikan berbagai teknik pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak. Salah satunya adalah menggunakan permainan lagu dan tepuk sebagai cara yang interaktif dan menarik untuk membantu anak-anak memahami urutan bilangan. Selain itu, memberikan tugas melalui lembar kerja juga membantu anak-anak dalam memvisualisasikan hubungan antara lambang bilangan dan jumlah benda secara konkret.
    3. Penguatan Positif
    Guru memberikan penguatan positif berupa apresiasi kepada anak-anak yang berhasil melakukan tugas sesuai instruksi. Hal ini merupakan strategi yang baik untuk memotivasi anak-anak dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi tugas-tugas berikutnya.
    4. Keselarasan dengan Perkembangan Anak
    Penting bagi guru untuk memahami tahapan perkembangan anak-anak didiknya dalam memahami konsep bilangan. Dengan menggunakan teknik-teknik pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka, guru dapat membantu anak-anak memahami konsep bilangan dengan lebih efektif.
    5. Kolaborasi dengan Orang Tua
    Selain teknik pembelajaran di sekolah, kolaborasi dengan orang tua juga penting dalam membantu anak-anak memahami konsep bilangan di rumah. Guru dapat memberikan saran kepada orang tua tentang aktivitas yang dapat dilakukan di rumah untuk mendukung pembelajaran anak-anak tentang konsep bilangan.

    Dengan menggunakan teknik pembelajaran yang beragam, memberikan penguatan positif, dan kolaborasi dengan orang tua, guru dapat membantu anak-anak mengatasi kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dan memperkuat fondasi matematika mereka sejak dini.

  4. Pada awal video menampilkan seorang guru PAUD mengajak anak didiknya untuk bermain bola di dalam kelas dengan menghitung. Lalu, guru meminta anak untuk mengambil sejumlah bola dan anak akan mengambil bola tersebut sesuai jumlah yang diinstruksikan guru. Namun, ternyata ada anak yang salah mengambil jumlah bola. Dalam kasus seperti ini, guru harus mempunyai trik tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Berikut adalah beberapa teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
    1. Sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk.
    2. Guru dapat juga memberikan tugas berupa lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    3. Guru memberikan penguatan berupa apresiasi kepada anak yang telah berhasil melakukan tugas sesuai instruksi.

    Dari penjelasan singkat mengenai isi video di atas, dapat disimpulkan bahwa fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan seperti di atas memang sering terjadi pada anak-anak PAUD. Berikut adalah analisis saya terhadap kasus di atas.
    1. Kesulitan dalam Mengenal Konsep Bilangan
    Kasus yang muncul dari video di atas adalah beberapa anak sulit mengenali konsep bilangan dengan benar. Hal ini dapat terlihat dari kesalahan mereka dalam mengambil jumlah bola yang diminta oleh guru. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa anak-anak masih memerlukan bimbingan dan latihan lebih lanjut dalam memahami konsep bilangan.
    2. Variasi Teknik Pembelajaran
    Guru PAUD mengimplementasikan berbagai teknik pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak. Salah satunya adalah menggunakan permainan lagu dan tepuk sebagai cara yang interaktif dan menarik untuk membantu anak-anak memahami urutan bilangan. Selain itu, memberikan tugas melalui lembar kerja juga membantu anak-anak dalam memvisualisasikan hubungan antara lambang bilangan dan jumlah benda secara konkret.
    3. Penguatan Positif
    Guru memberikan penguatan positif berupa apresiasi kepada anak-anak yang berhasil melakukan tugas sesuai instruksi. Hal ini merupakan strategi yang baik untuk memotivasi anak-anak dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi tugas-tugas berikutnya.
    4. Keselarasan dengan Perkembangan Anak
    Penting bagi guru untuk memahami tahapan perkembangan anak-anak didiknya dalam memahami konsep bilangan. Dengan menggunakan teknik-teknik pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka, guru dapat membantu anak-anak memahami konsep bilangan dengan lebih efektif.
    5. Kolaborasi dengan Orang Tua
    Selain teknik pembelajaran di sekolah, kolaborasi dengan orang tua juga penting dalam membantu anak-anak memahami konsep bilangan di rumah. Guru dapat memberikan saran kepada orang tua tentang aktivitas yang dapat dilakukan di rumah untuk mendukung pembelajaran anak-anak tentang konsep bilangan.

    Dari analisis saya di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang beragam, memberikan penguatan positif, dan kolaborasi dengan orang tua, guru dapat membantu anak-anak mengatasi kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dan memperkuat fondasi matematika mereka sejak dini.

  5. Guru menciptakan suasana kelas dengan konsep pembelajaran tidak membosankan sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik .Guru memiliki ide dalam pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak melalui permainan menghitung bola,bernyanyi,bertepuk tangan,dan menghitung spidol warna.
    Pada video terlihat guru selalu bersemangat dan memberi kata pujian terhadap siswa yang berhasil.Namun,alangkah lebih baik lagi jika sebelum memulai kegiatan sebaiknya guru memperkenalkan kembali angka 1-10,anak juga di ajak berhitung bersama secara lisan 1-10 secara berurutan supaya mempermudah anak menghitung bola dan mengelompokkan gambar sesuai dengan angka.Akan lebih menarik dan menantang lagi jika semua anak ikut serta.
    Video ini dapat menginspirasi guru dalam mengajarkan konsep bilangan dengan berbagai macam cara.

  6. Nama : Ni Gede Yuni Hernawati
    NIM : 859008792
    Matkul : PKM

    Dari video kegiatan pembelajaran tersebut apa yang di lakukan oleh guru sudah tapat,posisi duduk yang melingkar sehingga guru dan anak-anak bisa saling memandang,mengajak anak menyanyi menjadikan suasana kelas menjadi riang,menggunakan bola warna warni yang aman dalam kegiatan serta memberikan semangat dan pujian walaupun anak belum tepat dalam mengambil bola,namun menurut saya mungkin sebaiknya sebelum melakukan kegiatan mengambil bola anak-anak terlebih dahulu di ajak untuk belajar berhitung 1-10 misalnya menghitung jari-jari tangan ataupun menghitung jumlah bola yang akan di pakai kegiatan.

  7. Nama : Sri Nurhayati
    NIM : 857240307

    Setelah menonton Video pembelajaran di atas, mengenai bagaimana upaya guru dalam mengatasi anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan ini sangat inspiratif bagi guru PAUD terutama bagi yang mengalami permasalahan yang sama di kelas/lembaganya. Melalui kegiatan sederhana, metode membilang dengan lagu dan tepuk,penggunaan bola kecil dan memberikan Tugas dalam bentuk LKA yang sederhana dan mudah dipahami anak usia dini (3-5 tahun) yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sudah sesuai untukengembangkan kemampuan anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan. Meskipun, akan lebih baik apabila dalam permainan menghitung bola dibuat variasi agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan dan dalam video,porsi guru terlihat masih cukup dominan pada semua kegiatan.
    Melihat cuplikan video pembelajaran diatas begitu singkat, saran saya setelah pembelajaran selesai, guru dan anak didik kembali melakukan review terkait pembelajaran yang telah dilakukan. Demikian pendapat saya .terimakasih.

  8. Assalamualaikum Wr Wb Perkenalkan
    Nama Saya : SIPAIYAH
    NIM : 859170671
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Pokjar : Mataram
    Saya Ijin menanggapi video πŸ™
    Menurut saya video pembelajaran yang berjudul Anak Sulit Mengenal Lambang Bilangan tersebut merupakan video yang bagus. Dimana dalam video tersebut nampak guru berusaha memperkenalkan lambang bilangan kepada anak-anak dengan berbagai macam metode diantaranya metode bermain, bernyanyi dan melakukan tepuk-tepuk. Selain menggunakan metode yang beragam guru juga menggunakan media atau APE yang sesuai, yang sederhana dan mudah didapat. Dalam video nampak guru memperkenalkan lambang bilangan yang pertama dengan cara bermain mengambil bola warna warni didalam keranjang sejumlah yang disebutkan oleh guru secara bergiliran. Tentu hal tersebut akan sangat menyenangkan bagi anak dan akan membuat anak lebih semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena anak bisa belajar sambil bermain. Selain itu hal tersebut juga akan membuat anak lebih mudah memahami dan mengingat apa yang diajarkan oleh guru tanpa harus guru lelah menjelaskan karena anak ikut terjun dan berpartisipasi langsung dalam melakukan kegiatan karena pada masa ini anak lebih mudah mengingat apa yg pernah dilakukannya karena masa ini masa golden age bagi anak. Selain bermain mengambil bola guru juga melakukan kegiatan pembelajaran mengenalkan lambang bilangan dengan cara bernyanyi dan melakukan tepuk – tepuk. Hal tersebut juga merupakan hal yang menarik dan mengasyikkan bagi anak sehingga anak akan lebih mudah mengingatnya. Dan untuk memperkuat pemahaman anak dalam mengenal lambang bilangan guru meminta anak untuk mengerjakan lembar kerja yang sudah disediakan oleh guru yang isinya memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan setelah guru menjelaskan terlebih dahulu cara mengerjakannya. Selain itu yang dilakukan oleh guru untuk memperkuat pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan guru meminta anak menghitung sepidol yang ada tanpa salah.Dan untuk membuat anak senang dan meningkatkan semangat serta antusiasnya untuk belajar guru memberikan anak reward berupa setempel bintang. Video pembelajaran ini bisa kami jadikan refrensi untuk kami terapkan dilembaga kami πŸ™.
    Terimakasih πŸ™

  9. Nama : Dina Ulya
    NIM : 858856311
    MK : Analisis Keg. Pengembangan Anak Usia Dini

    Dalam video guru menyajikan kegiatan belajar mengenal konsep bilangan dengan cukup menarik yaitu melalui permainan. Salah satunya yaitu permaianan mengambil bola sesuai dengan angka yang disebutkan oleh guru. Dalam permainan tersebut secara tidak langsung berlatih untuk mengenal urutan bilangan dan konsep bilangan dengan benda. anak mengucapkan urutan angka sembari mengambil bola dalam keranjang. Pada video tersebut guru juga memberikan ilmu baru yaitu menyebutkan angka dalam bahasa asing yaitu bahasa inggris. sehingga anak mendapatkan kosakata baru pada kegiatan tesebut. selain mengenal konsep angka dan urutan bilangan, anak juga mengenal menyebutkan angka dalam bahasa inggris.
    Selain itu guru juga mengajarkan konsep bilangan dengan memanfaatkan berbagai teknik dan media yang bervariasi, yaitu melalui kegiatan bernyanyi, bertepuk tangan, dan belajar menuliskan bilangan pada lembar kerja. Guru menyajikan beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan melalui berbagai macam permainan dan kegiatan.
    Di akhir kegiatan guru memberikan apresiasi dan penguatan kepada anak dengan reward bintang. Hal tersebut sangat penting karena anak akan merasa dihargai usaha belajarnya dan akan menstimulasi anak untuk meningkatkan kemampuannya.

Leave a Reply