silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

Mery Novianti

Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.

Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)

Similar Posts

52 Comments

  1. Nama:Dhea utari
    Nim:855977265
    “Menurut saya guru menyapaikan materi cukup jelas,guru menyingung pelajarn minggu lalu. Namun akan lebih baik jika guru menggunakan alat peraga seperti gambar agar siswa lebih memahami pelajaran yanv disampaikan oleh guru. Dan untuk guru memberikan latihan kepada siswa agar siswa lebih memahami pelajaran yang diberikan

  2. Assalamualaikum Wr. Wb
    izin menganalisa video diatas tentang mencari akar pangkat tiga,

    NAMA : JERNI HARDANIA
    NIM : 856075186
    UPBJJ : BATAM
    PRODI : S1 PGSD

    Dari video yang telah saya tonton, terlihat suasana kelas sangat tenang dan sangat kondusif. Artinya guru tersebut sudah menguasai kelas dan mengetahui karakter anak didik sehingga suasana belajar tenang dan nyaman.
    Hasil dari suasana kelas yang tenang dan nyaman dari video dapat membangun semangat siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran oleh guru.
    Terlihat dari video bahwa belajar dengan suasana yang kondusif membuat siswa didalam kelas dapat dengan mudah menangkap materi yang disampaikan oleh bapak guru.

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dalam adalah guru telah menjelaskan materi tentang cara cepat akar pangkat tiga suatu bilangan dengan jelas. Materi yang dipaparkan sangat jelas dari mana asal usulnya caranya untuk mengerjakan soal yang lebih dari 1000. Dengan melihat bilangan yang depan dan bilangan yang belakang yaitu apabila dipangkatkan tidak melebihi bilangan depan serta untuk bilangan belakang yang apabila dipangkatkan tiga hasilnya seperti angka belakang.
    Dengan kesimpulan penjelasan yang diberikan oleh guru sudah singkat dan padat sehingga siswa dengan mudah menyerap dan mengerti apa yang disampaikan oleh guru.

    Dalam video , kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru terlalu cepat untuk langsung masuk ke pelajaran walaupun guru sudah baik telah melakukan pengingatan materi yang lalu kepada siswa. Seharusnya dalam membuka pelajaran guru mengajak siswa untuk berdoa, setelah berdoa guru dapat melakukan presensi untuk mengetahui kabar siswa. Dalam memulai pembelajaran guru seharusnya memberitahukan tujuan pembelajaran dan memberikan semangat motivasi kepada seluruh siswa.

    Dalam inti pembelajaran guru kurang banyak melibatkan siswa dan kurang banyak memberikan contoh di papan tulis, dikarenakan diketahui bahwa siswa memiliki kemampuan yang berbeda -beda serta daya tangkap yang berbeda-beda dan juga sebelum mengajarkan cara cepat mencari akar pangkat tiga , guru seharusnya sudah memastikan bahwa seluruh siswa sudah hapal perkalian.

    Dalam proses pembelajaran alangkah lebih baik lagi jika guru dapat menggunakan media atau alat peraga agar anak tidak bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran.

    Guru juga harus memberikan siswa banyak Latihan soal, atau lembar kerja serta memberikan pr agar siswa lebih mengerti lagi akan pelajaran, karena matematika hanya bisa dilakukan dengan banyak Latihan soal. Hasil penilaian dari Latihan soal dapat menyakinkan bahwa seluruh siswa telah paham dalam mencari akar pangkat tiga.

    Hal yang unik adalah dengan mengajarkan siswa cara cepat mencari akar pangkat tiga adalah siswa dengan mudah dalam mencari jawaban , tidak perlu menebak – nebak atau mengalikan satu per satu karena akan memakan banyak waktu dan tidak menutup kemungkin bahwa saat mengalikan siswa akan keliru. Cara tersebut sangat membantu siswa dalam mencari akar pangkat tiga.

    Saran saya dalam video, guru harusnya tetap melakukan pengajaran sesuai prosedur, jangan langsung masuk ke materi , karna kesan di awal dapat membuat suasana hati siswa menjadi menyenangkan dan bersemangat. Guru dapat melakukan games ringan pemanasan atau melakukan ice breaking agar siswa bersemangat. Serta guru juga harus memberikan banyak Latihan soal agar siswa menjadi lebih lancer lagi dalam mencari akar pangkat tiga.

    Terima Kasih

  3. Assalamualaikum Wr. Wb
    izin menganalisa video diatas tentang mencari akar pangkat tiga,

    NAMA : JERNI HARDANIA
    NIM : 856075186
    UPBJJ : BATAM
    PRODI : S1 PGSD

    Dari video yang telah saya tonton, terlihat suasana kelas sangat tenang dan sangat kondusif. Artinya guru tersebut sudah menguasai kelas dan mengetahui karakter anak didik sehingga suasana belajar tenang dan nyaman. Hasil dari suasana kelas yang tenang dan nyaman dari video dapat membangun semangat siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran oleh guru. Terlihat dari video bahwa belajar dengan suasana yang kondusif membuat siswa didalam kelas dapat dengan mudah menangkap materi yang disampaikan oleh bapak guru.

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dalam adalah guru telah menjelaskan materi tentang cara cepat akar pangkat tiga suatu bilangan dengan jelas. Materi yang dipaparkan sangat jelas dari mana asal usulnya caranya untuk mengerjakan soal yang lebih dari 1000. Dengan melihat bilangan yang depan dan bilangan yang belakang yaitu apabila dipangkatkan tidak melebihi bilangan depan serta untuk bilangan belakang yang apabila dipangkatkan tiga hasilnya seperti angka belakang.
    Dengan kesimpulan penjelasan yang diberikan oleh guru sudah singkat dan padat sehingga siswa dengan mudah menyerap dan mengerti apa yang disampaikan oleh guru.

    Dalam video , kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru terlalu cepat untuk langsung masuk ke pelajaran walaupun guru sudah baik telah melakukan pengingatan materi yang lalu kepada siswa. Seharusnya dalam membuka pelajaran guru mengajak siswa untuk berdoa, setelah berdoa guru dapat melakukan presensi untuk mengetahui kabar siswa. Dalam memulai pembelajaran guru seharusnya memberitahukan tujuan pembelajaran dan memberikan semangat motivasi kepada seluruh siswa. Dalam inti pembelajaran guru kurang banyak melibatkan siswa dan kurang banyak memberikan contoh di papan tulis, dikarenakan diketahui bahwa siswa memiliki kemampuan yang berbeda -beda serta daya tangkap yang berbeda-beda dan juga sebelum mengajarkan cara cepat mencari akar pangkat tiga , guru seharusnya sudah memastikan bahwa seluruh siswa sudah hapal perkalian. Dalam proses pembelajaran alangkah lebih baik lagi jika guru dapat menggunakan media atau alat peraga agar anak tidak bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga harus memberikan siswa banyak Latihan soal, atau lembar kerja serta memberikan pr agar siswa lebih mengerti lagi akan pelajaran, karena matematika hanya bisa dilakukan dengan banyak Latihan soal. Hasil penilaian dari Latihan soal dapat menyakinkan bahwa seluruh siswa telah paham dalam mencari akar pangkat tiga.

    Hal yang unik adalah dengan mengajarkan siswa cara cepat mencari akar pangkat tiga adalah siswa dengan mudah dalam mencari jawaban , tidak perlu menebak – nebak atau mengalikan satu per satu karena akan memakan banyak waktu dan tidak menutup kemungkin bahwa saat mengalikan siswa akan keliru. Cara tersebut sangat membantu siswa dalam mencari akar pangkat tiga.

    Saran saya dalam video, guru harusnya tetap melakukan pengajaran sesuai prosedur, jangan langsung masuk ke materi , karna kesan di awal dapat membuat suasana hati siswa menjadi menyenangkan dan bersemangat. Guru dapat melakukan games ringan pemanasan atau melakukan ice breaking agar siswa bersemangat. Serta guru juga harus memberikan banyak Latihan soal agar siswa menjadi lebih lancer lagi dalam mencari akar pangkat tiga.

    Terima Kasih

  4. Menurut pendapat saya …. Tayangan dalam vidio pebelajaran mengenai akar pangkat tiga cukup jelas. Sebelum memasuki materi mengenai akar pangkat tiga guru juga mengajak siswa untuk mengingat bilangan pangkat tiga. Materi akar pangkat tiga memang materi yang sulit bagi siswa, karena angka yang disajikan ribuan. Dengan memberikan trik penyelesaian akar pangkat 3 siswa akan lebih mudah dan tertarik mngerjakan. Tetapi dalam vidio tadi kurang detail dalam mengingatkan siswa tentang bilangan pangkat 3. Sebelum memberikan trik penyelesaian akar pangkat tiga sebaiknya guru memberikan penguatan terlebih dahulu mengenai bilangan pangkat 3, agar siswa dengan mudah dapat memahami dan mengerti cara mudah penyelesaian akar pangkat 3 ketika diberikan latihan soal.

  5. Nama: Rio maulana abda’u

    Nim : 857924332

    Cara guru menjelaskan sangat mudah dipahami oleh siswa. Siswa dilibatkan untuk menyelesaikan soal untuk mencari akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000. Kelemahan lainnya tidak adanya kegiatan penutup dan penugasan kepada siswa untuk menilai seberapa pahamnya siwa mengenai materi akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000.

  6. Nama:’ Maria Regina Dhema Nena Doy
    NIM : 857155895

    Dalam video ini guru telah mampu menjelaskan cara mencari hasil dari akar pangkat 3 bilangan diatas 1000 dengan menggunakan cara cepat.
    Suasana kelas terlihat sangat tenang sehingga dapat disimpulkan bahwa Guru telat menguasai kelas,

    Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi dari video ini yaitu guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu dan mengecek kehadiran siswsa. Guru tidak menyempaikan tujuan pembelajarannya. Guru juga kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran.

  7. NAMA : LENI HARIYANTI
    NIM : 8586813822

    Dari video yang berdurasi kurang lebih 6 menit tersebut. Cara guru dalam menyampaikan materi sangat jelas dan detail. Di awal pelajaran guru juga sudah menyinggung materi yang lalu dengan cara guru sudah memastikan bahwa siswanya sudah mengetahui bagaimana akar pangkat 3 dari bilangan yang kurang dari 1.000, dan guru sudah menjelaskan tujuan diawal pembelajaran bahwa mereka akan membahas tentang materi akar pangkat 3 lebih dari 1.000. Siswa juga sudah diminta untuk mengamati contoh soal yang dituliskan guru dipapan tulis (Literasi,Creativity and Innovation) kemudian guru menjelaskan materi tersebut kepada siswanya (Communication).
    Namun, guru dalam video tersebut kurang melibatkan siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran, seperti meminta siswa memberikan contoh lain bagaimana mencari materi akar pangkat 3 dan juga guru sebaiknya memberi kesempatan siswa untuk mengerjakan soal secara mandiri (Critical Thinking and Problem Solving). Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.

  8. Nama: Dina Bahari
    NIM : 856617488
    UPBJJ : KOTA JAMBI
    PRODI : PGSD

    Dalam video pembelajaran ini, guru sudah melakukan dengan baik dalam penyampaian materi. akan tetapi bisa lebih baik lagi jika diberikan cara lain seperti membuat pohon faktor, misal akar pangkat 3 dari 2.744 adalah…
    2.744 : 2= 1372
    1372: 2 = 686
    686 : 2 = 343
    343 : 7 = 49
    49 : 7 =
    7
    maka akar pangkat 3 dari 2744 adalah 2 pangkat 3 dikali 7 pangkat 3. pangkat 3 dicoret untuk menghilangkan akar pangkat 3nya, jadi tinggal 2 x 7 = 14. jadi akar pangkat 3 dari 2.744 adalah 14. bisa diuji ulang dengan menghitung 14 x 14 x 14 = …..
    hal ini akan memberikan siswa opsi atau pilihan bagi siswa dalam menyelesaikan soal serupa sesuai kemampuan dan cara yang dianggap lebih mudahkarena tingkat pemahaman dan metode belajar anak sangat beragam. dengan adanya pilihan cara penyelesaian, diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai pemahaman dengan optimal.
    terima kasih

  9. Nama : Amina
    Nim : 859280503

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, dapat dikatakan bahwa sebenarnya untuk menjelaskan kepada siswa jika dalam mencari akar pangkat 3 dari bilangan diatas 1000 tidaklah sulit, yang terpenting guru mampu menyampaikan materi tersebut dengan baik dan sederhana kepada siswa sehingga siswa mampu menerima dan memahami penjelasan mengenai materi tersebut dan dapat mengerjakan soal yang berkaitan dengan akar pangkat 3 dengan baik dan benar. Serta jika dalam penyampaian materi tersebut dengan menggunakan cara yang menarik makan siswa pun juga akan lebih antusias dalam memperhatikan penyampaian materi tersebut. Terima kasih.

  10. Nama : karnia eka puja windarti
    NIM : 858685519
    UPBJJ : Surabaya
    Pokjar :Jombang

    Menurut pendapat saya cara bapak guru mengajar sudah sangat baik dan detail sehingga anak-anak mudah memahaminya,selain itu kegiatan pembelajaran juga sudah diawali pendahuluan,dan kelas yang terkondisikan menandakan beliau mampu dalam penguasaan kelas
    Namun hal yang menurut saya kurang adalah keikutsertaan siswa dalam pembelajaran yang kurang terlihat aktif.Sehingga saran yang bisa saya berikan adalah siswa lebih diikutsertakan dalam partisipasi tanya jawab dan diskusi sehingga guru sebagai fasililator bukan hanya sebagai tutor.
    Terimakasih

Leave a Reply