Similar Posts
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Setelah menonton video pembelajaran, seringkali seorang guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Keterampilan/pengetahuan yang dapat diperoleh dari video ini antara lain guru membimbing siswa dalam proses pembelajaran tanpa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran (pemeriksaan, penjelasan, dan lain-lain). Hal ini membuat siswa merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran.
Tujuan menonton video pembelajaran adalah untuk membantu siswa memahami isi video tersebut. Seharusnya guru membimbing siswa melalui proses pembelajaran tanpa melibatkan mereka dalam proses pembelajaran, seperti menjelaskan materi, membimbing perilaku siswa, dan memberikan materi yang akan dipelajari.
Sebagai seorang guru, guru harus dapat memahami kondisi siswa dan apakah mereka sedang mempelajari materi tersebut atau tidak. Jika siswa tidak dapat memahami materi, guru hendaknya memberikan bimbingan untuk membantu mereka memahami materi.
Dalam proses pembelajaran, guru mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat mereka lebih fokus dan memahami isinya. Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini membantu siswa memahami isi video pembelajaran.
Nama: Juliya Agustina
Nim: 855857694
UPBJJ: UT MEDAN
Judul: bagaimana cara menyimak efektif?
menurut pendapat saya, kelemahan yang dimiliki dalam vidio tersebut adalah dimana guru tidak membuka kelas terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran, maka anak anak tidak fokus pada pembelajaran tersebut. pada step selanjutnya guru tersebut cukup baik dengan memberikan tips dalam menyimak efektif, yaitu dengan memusatkan konsentrasi penuh dan meminta siswa untuk mencatat hal hal penting dari cerita tersebut, dan memberikan beberapa pertanyaan serta guru memberikan penguatan di akhir vidio, sekian yang dapat saya sampaikan. terima kasihh
Nama: Tri Lenda
Nim: 856825533
UPBJJ: Bengkulu
Pokjar : Kota Bengkulu
Menurut pendapat saya dari video tersebut sebelum memulai pembelajaran guru belum mengkondisikan kelas terlebih dahulu guru langsung menyampaikan materi pembelajaran tanpa memperhatikan kesiapan siswa kemudian guru juga membiarkan siswa tidak fokus dalam menyimak siswa tampak saling mengobrol dengan sesama siswa lainnya sehingga mereka tidak dapat menyerap informasi yang diberikan oleh guru. Sehingga siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.