Sinopsis

Menganalisa Rumus Satistika : Mencari Modus dari Data Kelompok

a. Tujuan tayangan video sebagai sarana informasi guru untuk menghadirkan proses pembelajaran yang mengedepankan kreatifitas sehingga pembelajaran tidak membosankan.
b. Kekuatan dan Kelemahan Dalam Proses Pembelajaran.

# Membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran

1). Guru membuka dengan salam
2). Guru memberikan tujuan serta manfaat mempelajari materi
3). Guru memberikan apersepsi yang berhubungan dengan materi yang dipelajari
4). Guru mengisi pembelajaran dengan mengarahkan peserta didik membuat proyek yang berkaitan dengan pembelajaran
5). Guru menutup dengan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dan melakukan evaluasi

# Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran Menggunakan metode pembelajaran kooperatif sehingga setiap peserta didik dapat mengemukakan pendapatnya serta mengeksplor idenya dalam proses berdiskusi.
# Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku Sesuai dengan kurikulum 2013 yang menekankan peserta didik untuk berpikir kreatif serta guru dapat memberikan proses pembelajaran yang lebih menarik.

Aigit

Similar Posts

8 Comments

  1. Nama : Citra Indrawati
    NIM : 042690188
    Prodi : S1 Pendidikan Matematika

    Menangapi vidio diatas bahwasannya matematika merupakan salah satu pelajaran yang dapat dijadikan untuk mengasah berpikir kritis siswa. Pada vidio tersebut guru memberikan arahan kepada siswa untuk mencari sendiri rumus modus data kelompok yang tertera pada lembar kerja siswa. Dalam hal ini guru menggunakan metode balajar kelompok atau berdiskusi yang dimana setiap kelompok berisi siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar mereka dapat bertukar pikiran dan menyampaikan pendapat mereka dalam berdiskusi.

  2. Nama : Arini Gustiani
    NIM : 042054512
    Prodi : S1 – Pendidikan Matematika

    Izin menanggapi video pembelajaran di atas, yang dimana dalam video tersebut terdapat keadaan kelas yang sangat tertib dan dengan pelaksaan diskusi yang baik. Guru juga menumbuhkan partisipasi yang baik antara siswa-siswi dengan guru yang mengajar.

  3. nama setiawan dian satria
    prodi s1 pendidikan matematika
    nim 048948356
    menanggapi video pembelajaran diatas. pada video diatas guru memberikan metode yang sangat kreatif dengan membuat metode kelompok dalam pelajaran matematika. sehingga matematika tidak terkesan sebagai pelajaran yang hanya bisa berjalan satu arah

  4. NAMA: Faza Sakinah
    PRODI: S1 Pendidikan Matematika
    NIM: 043899392

    Proses pembelajarannya sudah bagus, sudah sesuai untuk urutan proses pembelajarannya, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti (berkelompok, LKPD, presentasi, dibahas hasil presentasi), sampai penutup (postest, pr, kesimpulan pembelajaran hari ini) hanya saja Bapak guru agak kaku dalam penyampaiannya dan tanya jawab ke peserta didik.

  5. Nama : rofika Ratri
    Nim : 041896202
    Prodi : pendidikan matematika S1

    Pada video ini, guru mengajak anak2 untuk berpikir kritis. Dengan cara melempar pertanyaan dan beberapa murid menjawab dengan benar. Suasana dalam kelas terlihat aktif karena murid2 menjawab pertanyaan guru dengan antusias. Kemudian di bentuk diskusi kelompok. Saat diskusi , terlihat di video murid2 semangat mengerjakan soal yang di berikan oleh guru. Kemudian hasil diskusi di presentasi kan.
    Dengan cara seperti ini, kelas terlihat aktif dan murid2 dapat berfikir kritis. Sehingga pelajaran matematika terasa menyenangkan dan tidak membuat jenuh.

  6. Judul tayangan video tersebut adalah Mencari Modus Data. Dalam tayangan pengajaran video tentang mencari modus data terdapat kelemahan dan kelebihan. Kelemahan pembelajaran dalam video adalah :
    1. Guru yang tiba-tiba membagikan lembaran tugas LKPD tanpa penjelasan materi modus data terlebih dahulu.
    2. Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu.
    3. Guru tidak menjelaskan tujuan apa yang akan dicapai pada kegiatan pembelajaran.
    4. Siswa melakukan pemilihan anggota dengan keinginannya. Sehingga, tidak mendapatkan proses diskusi secara aktif dan sebagian ada yang berdiskusi secara aktif dan sebagian ada yang berdiskusi ada yang tidak.
    Kelebihan pembelajaran dalam video adalah :
    1. Secara keseluruhan proses pembelajaran dalam video sudah baik.
    2. Proses pembelajaran dilaksanakan secara runtut.
    3. Guru memberikan jawaban ke peserta didik yang bertanya.
    4. Guru bertanggung jawab untuk mengarahkan agar mencapai tujuan yang diharapkan serta mengawasi jalannya diskusi.
    5. Melatih kerja sama antar siswa.
    6. Mengajarkan kepada siswa bertoleransi dan bertukar pendapat saat anggota kelompok melakukan presentasi kelompok.
    7. Kualitas video dan suara jelas.

  7. Nama : Alisandre Hia
    Nim : 855855787
    Prodi : S1 PGSD
    POKJAR DISDIK NIAS BARAT.
    Tanggapan sy terhadap video GPO AL.
    1.Guru tidak menggunakan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
    2.guru tdk melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
    3.guru tdk menggunakan media pembelajaran agar siswa tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga murid merasa bosan dalam pembelajaran.
    Yang seharusnya yang dilakukan seorang guru dalam pemecahan masalah ini adalah
    1.menimbulkan motivasi dan minat belajar siswa dalam kbm
    2.memperbaiki langkah2 pembelajaran
    3.mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran .

  8. 1.Guru yang tiba-tiba membagikan lembaran tugas LKPD tanpa penjelasan materi modus data terlebih dahulu.
    2. Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu.
    3. Guru tidak menjelaskan tujuan apa yang akan dicapai pada kegiatan pembelajaran.
    4. Siswa melakukan pemilihan anggota dengan keinginannya. Sehingga tidak didapatkan proses diskusi secara aktif dan sebagian ada yang berdiskusi secara aktif dan sebagian ada yang berdiskusi ada yang tidak.
    Kelebihan pembelajaran dalam video adalah :
    1. Secara keseluruhan proses pembelajaran dalam video sudah baik.
    2. Proses pembelajaran dilaksanakan secara runtut.
    3. Guru memberikan jawaban kepada peserta didik yang bertanya.
    4. Guru bertanggung jawab untuk mengarahkan agar mencapai tujuan yang diharapkan serta mengawasi jalannya diskusi.
    5. Melatih kerja sama antar siswa.
    6. Mengajarkan kepada siswa bertoleransi dan bertukar pendapat saat anggota kelompok melakukan presentasi kelompok.
    7. Kualitas video dan suara jelas.

Leave a Reply