silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

409 Comments

  1. Nama : Nur Alima Sari Dongoran
    NIM : 856046192
    Pokjar : UT MEDAN

    Setelah saya amati vidio pembelajarn di atas, menurut saya kegiatan pembelajaran yang di laksanakan guru tersebut kurang efektif, karena seharusnya pembelajaran dimulai dengan pembuka dan di akhiri dengan penutup. Selain tidak ada pembuka dan penutup, kegiataan inti yang di lakukan dengan cara menjelaskan pembelajarn tersebut terkesan sangat monoton, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru pada materinya,

  2. Nama : MUHAMMAD RUSLI
    Nim : 856975991
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Pokjar : Kota Agung
    Setelah melihat Vidio ” kerjasama siswa dalam kelompok” Menurut saya model pembelajaran nya sudah sangat tepat yaitu dengan model pembelajaran kooperatif learning,Dalam vidio diatas juga dijelaskan setiap tahapanya.Pentingnya meningkatkan kerjasama antar kelompok yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, serta guru harus bisa menghidupkan suasana kelas sehingga siswa dapat tertarik dengan materi yang disampaikan.

  3. Nama : Wulan Safitria
    Nim. : 856980528
    Ubjj. : Bandar Lampung
    Pokjar : Baradatu
    Setelah melihat Vidio di atas kita sebagai seorang guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran yang akan di di terapkan kepada murid berupa RPP agar dapat mengetahui apa yang kurang saat pembelajaran jika mendapat banyak kekurangan dalam pembelajaran guru dapat memperbaiki pembelajaran tersebut dengan RPP seperti yang ada di vidio tadi terdapat banyak siswa yang kurang efektif dan banyak yang mengabaikan pembelajaran kelompok tersebut dalam hal ini guru bisa
    Menerapkan m odel pembelajaran nya sudah sangat tepat yaitu dengan model pembelajaran kooperatif learning,Dalam vidio diatas juga dijelaskan setiap tahapanya.Pentingnya meningkatkan kerjasama antar kelompok yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, serta guru harus bisa menghidupkan suasana kelas sehingga siswa dapat tertarik dengan materi yang disampaikan.e

  4. Nama: Putri Sari Simbolon
    Nim:856051259
    Upbjj:Medan
    Setelah melihat video pembelajaran diatas bahwa untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kerja kelompok, dengan metode kooperatif sangat efektif dalam pencapaian pembelajaran berkelompok untuk objek diskusi dan dapat mengetahui kemampuan masing-masing teman dengan cara melaporkan kerja masing-masing siswa .

  5. NAMA: MERI FORTI MUNTE
    NIM:856053854
    UPBJJ: MEDAN
    Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok merupakan metode yang berguna untuk meningkatkan kerjasama diantara peserta didik. Dalam hal ini peserta didik memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran atau jawaban terhadap anggota kelompoknya. Peserta didik juga dituntut untuk mampu berfikir kritis terhadap permasalahan yang diberikan. Namun sebagai guru menggunakan metode diskusi kelompok seringkali menemukan adanya aggota kelompok diantar peserta didik yang tidak berperan aktif dalam kelompoknya, bahkan cenderung pasif. Sehingga bentuk kerjasama tidak sesuai dengan harapan. Sengan melihat pemaparan dari video dapat menambah pengetahuan bagaimana seharusnya cara untuk meningkatkan kerjasama dalam diskusi kelompok peserta didik yaitu dengan menggunakan teknik jigsaw. Sebagai seorang guru hal ini kedepannya dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran.

  6. Nama : ROHMIATI
    NIM : 858071439
    UPBJJ : 47/Pontianak

    1) Dari vidio yang sudah saya lihat, pada awal pembelajaran siswa kurang merespon apa yang guru sampaikan tetapi saat menggunakan metode jigsaw siswa mulai merespon apa yang guru sampaikan.
    2) Kelemahan guru setelah melakukan pembelajaran adalah guru tidak membuka pelajaran dengan baik dan guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran tersebut.selain itu pada awal pembelajaran guru kurang menguasai kelas.
    3) kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat karena siswa lebih aktif dalam diskusi kelompok
    4) hal unik yang saya temukan dari vidio tersebut adalah sangat terlihat perbedaan siswa sebelum guru menggunakan teknik jigsaw dan sesudah guru menggunakan teknik jigsaw.siswa jadi lebih aktif karena adanya sanksi yang akan diperoleh jika tidak ikut berpartisipasi dalam diskusi.selain itu hal unik lainnya adalah dengan mmbuat kelompok pertama yg mempunyai hewan peliharaan berbeda dan kelompok kedua dengan mengumpulkan siswa yang mempunyai hewan peliharaan yang sama, setelah itu mreka akan kembali ke kelompok pertama dan menjelaskan hasil diskusi di kelompok kedua.
    5) upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah untuk pembukaan sebaiknya disiapkan dengan sebaik baiknya agar siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik dan bisa menerima pembelajaran yang guru sampaikan.

  7. Nama : Lailatul kusnita
    Nim : 856992135
    UPBJJ : UT Bandar Lampung
    Pokjar: Salut HMPTI
    Setelah melihat Vidio ” kerjasama siswa dalam kelompok” Menurut saya model pembelajaran nya sudah sangat tepat yaitu dengan model pembelajaran kooperatif dan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kerja kelompok yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

  8. Nama : Unggul Prima Sakti
    NIM : 856052956
    Pokajar Pakpak Bharat

    Dari video tersebut saya melihat bagaimana upaya guru dalam memberikan tugas kepada guru dengan metode diskusi / kerjasama dalam kelompok..
    diawal siswa seperti kurang respon, tetapi tujuan dilakukan kerja sama agar siswa dapat berpatisipasi dalam pembelajaran.
    Peserta didik juga dituntut untuk mampu berfikir kritis terhadap permasalahan yang diberikan, satu hal dalam video ini sangat baik untuk diterapkan bagi kita seorang guru sehingga pembelajaran dalam setiap masalah yg mau dipecahkan dapat berbagi pendapat dan berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran..

  9. Nama : Unggul Prima Sakti
    NIM : 856052956
    Pokajar Pakpak Bharat

    Dari video tersebut saya melihat bagaimana upaya guru dalam memberikan tugas kepada siswa dengan metode diskusi / kerjasama dalam kelompok..
    diawal siswa seperti kurang respon, tetapi tujuan dilakukan kerja sama agar siswa dapat berpatisipasi dalam pembelajaran.
    Peserta didik juga dituntut untuk mampu berfikir kritis terhadap permasalahan yang diberikan, satu hal dalam video ini sangat baik untuk diterapkan bagi kita seorang guru sehingga pembelajaran dalam setiap masalah yg mau dipecahkan dapat berbagi pendapat dan berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran..

Leave a Reply