silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

816 Comments

  1. Nama : Dwi Sulasih
    Nim : 858526907
    Pokjar : Kebonagung

    Berdasarkan vidio tersebut , masih banyak siswa yang kurang memperhatikan dan main sendiri , Guru harus mencari cara untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada siang hari untuk itu membutuhkan strategi pembelajaran yaitu dengan memberi motivasi pada anak,Ciptakan suasana yang tenang ,beri penjelasan yang mudah dimengerti , dan kreatif saat menjelaskan pelajaran matematika.
    Pada saat guru memberikan contoh gambar , siswa sudah mulai tertarik dan mulai antusias menjawab perrtanyaan dari Bapak Guru.
    menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan. Seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan cerita cerita matematika yang menarik, menantang dan tidak kaku.

  2. Nama : Robitotul Qudsiyyah
    Nim : 858911052
    Pokjar : Genteng A

    Pembelajaran matematika di siang hari merupakan tantangan tersendiri, mengingat murid yang sudah lelah dan suasana panas setelah istirahat.
    Pada vidio tersebut guru sudah melakukan pembukaan pembelajaran, namun masih kurang tepat karena belum membuat fokus anak tertuju pada guru.
    Selanjutnya guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran matematika dan pentingnya pendidikan matematika bagi masadepan, hanya saja akan lebih lengkap jika guru juga memberi motivasi belajar terhadap siswa.
    Berikutnya guru juga sudah menyiapkan alat bantu pembelajaran berupa poster, namun akan lebih baik jika alat bantu tersebut lebih komplit.
    Kritik terahir dari saya, guru sebaiknya menyimpulkan pembelajaran sebelum menutup pembelajaran.

  3. Nama : Seri Rahayu Hastuti Ningsih
    NIM : 858416172

    tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut adalah siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari, karena biasanya siswa sudah mulai lelah dan bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. selain itu suasana kelas yang tidak kondusif, gaduh, membuat kegiatan belajar yang akan dilakukan menjadi tidak maksimal. Untuk itu sebagai guru harus sebisa mungkin menghidupkan suasana kelas agar siswa menjadi kembali bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar.

  4. Menurut saya untuk vidio yang saya lihat kekurangan nya itu yang diawal gurunya terlalu terburu buru untuk memulai pelajaran ketika siswa disuruh cepat mengeluarkan buku pelajaran sehingga siswa menjadi kurang minat pada pelajaran tersebut dan guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah maka banyak sekali siswa yang tidak fokus pada pelajaran tersebut.

    Namun, Kelebihannya ketika guru mampu membuat pembukaan pembelajaran dengan bertanya kepada siswa dan disertai dengan gambar itu membuat siswa antusias dan penasaran sehingga siswa fokus untuk mengamati pelajaran tersebut .
    Dan ketika memberi contoh soal, guru pun mengajak siswa untuk maju kedepan menggunakan media gambar itu sangat memudahkan siswa

  5. Nama : Ipi Pebriyandri
    Nim : 857475094
    Prodi : S1 PGSD

    untuk vidio pembelajaran ” Siswa tidak konsentrasi Belajar Matematika pada Siang hari ”
    untuk kegiatan awal menurut saya kurang, karena guru tidak memeperhatikan bahwa masih ada siswa yang bermain, berbicara, dsb. seharusnya guru menyiapkan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran, apabila telihat siswa sudah semuanya siap, baru lah guru mulai kegiatan pembeajaran.
    selanjutnya guru tidak memberi tahukan kepada siswa tentang materi dan tujuan pembelajran yang akan disampaikan.
    untuk kelebihannya : guru sudah baik mengpersepsi siswa dengan baik, serta untuk media pembelajaran/alat peraganya sudah cukup baik untuk materi satuan panjang.

  6. Nama : Jojor Romaito Simanjuntak
    Nim : 877528959
    UPBJJ : Medan
    POKJAR : Humbang Hasundutan

    ijin menanggapi video diatas,

    Dari Video diatas terlihat anak-anak pada jam pelajaran tidak konsentrasi untuk belajar matematika dijam siang, anak-anak ada ngantuk, berdiskusi dengan teman-temannya, ada yang berjalan-jalan dan lain sebagainya, dan tidak fokus untuk belajar dan adapun yang mau belajar menjadi tidak fokus belajar karena adanya pengaruh dari teman sebangkunya atau teman yang dibelakang ataupun yang didepan mejanya.

    Kelemahan guru terlihat dalam video diatas yaitu
    memilih jam pelajaran haruslah diperhatikan, dari video diatas guru memilih jam pelajaran siang terlihat para anak didik tidak fokus dan konsentrasi dalam menerima pelajaran yang disampaikan, berbagai kegiatan mereka lakukan untuk menuangkan kejenuhan dan kebosanan mereka, dan pada akhirnya anak didik tidak mendapatkan pengetahuan apapun dari pelajaran matematika.

    Kelebihan guru terlihat juga dalam video diatas yaitu
    Guru tersebut sangat Kreatif membuat media pembelajarannya, karena hal itu membuat para anak didik semangat untuk belajar dan berinteraksi dengan gurunya. Membuat guru dan murid jadi ada kedekatan dalam proses belajar mengajar dan murid pun kreatif untuk meresponi pelajaran matematika.

    hal ini unik dalam video diatas yaitu
    adanya interaksi dan kerjasama yang baik antara guru dan anak didik sehingga membuat murid mampu menyampaikan saran dan pendapatnya.

    upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan yaitu :
    1. diawal kegiatan guru hendaknya melakukan ice breaking untuk anak-anak didik agar terlihat semangat dan niat untuk memulai pelajaran matematika.
    2. untuk pelajaran matematika hendak memperhatikan jam yang tepat karena kita tahu kalau pelajaran matematika membutuhkan konsentrasi yang cukup.

    demikian. terimakasih.

Leave a Reply