silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.

Idha Novianti

Cerita serta penjelasannya cukup menarik agar siswa memahami konsep pembagian, tapi sebaiknya ada video lanjutan bahwa pembagian bilangan dengan dua angka oleh bilangan satu angka sabaiknya “dihafalkan” Misal 48:6=8)

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Awal yang baik dilakukan guru ketika bertanya kepada siswa mengenai konsep pembagian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut memberikan penekanan kepada siswa bahwa pembagian sudah sangat sering dilakukan dalam kehidupan sehai hari. Guru juga sudah benar menjelaskan pembagian 6:2=3 dengan memindahkan 6 kelereng kedalam tiga gelas kecil. Kemudian menjelaskan bahwa yang telah dilakukan siswa dengan mengambil jumlah yang sama dengan berulang-ulang sampai tidak bersisa lagi dinamakan dengan pembagian. Hal tersebut sangat tepat dilakukan karena guru mengajarkan anak bagaimana cara menyimpulkan atau menghasilkan suatu konsep dari kegiatan kegiatan yang telah dilakukan siswa.

Enih Wihenih (Guru SDN Citimun II Sumedang)


Pada saat guru membuka pembelajaran sudah terlihat motivasi untuk belajar, apersepsi kurang, Kemudian saat mengisi pembelajaran guru sudah interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah,

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, metode dalam belajar juga sudah bagus, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah,

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai,

Saran dan rekomendasi sebaiknya ditekankan lagi mengenai proses ketidakfahaman pada siswa dan dapat diselesaikan dengan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Fitria Handayani (SD Dharma Karya UT)

Similar Posts

70 Comments

  1. NAMA: DIELA ARIYANTO
    NIM: 858926385
    POKJAR: PURWOHARJO
    UPBJJ-UT: JEMBER
    Menurut pendapat saya dalam video ini berisi tentang bagaimana cara seorang guru untuk menjelaskan kepada siswa tentang konsep pembagian. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut ialah pada awal pembelajaran, guru tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu sehingga suasana kelas masih gaduh saat pembelajaran mau dimulai. Selain itu, guru juga tidak menerapkan doa terlebih dahulu saat memulai pembelajaran. Kelebihan pembelajarn dalam video ini ialah guru dapat menguasi materi dengan baik sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang sedang diajarkan. Hal unik dalam pembelajaran video ini guru menggunakan sebuah kelereng sebagai media pembelajaran, sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif dengan adanya penerapan yang konkret. Dan hal itu dapat mempermudah siswa untuk memahami tentang materi yang diajarkan oleh gurunya. Menurut saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran ialah, guru seharusnya dapat mengondisikan kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Agar nantinya semua siswa dapat fokus dengan materi yang sedang diajarkan.

  2. Nama : Sri Rezeki Utami
    Nim : 878250312
    UPBJJ-UT : Medan
    Pokjar : Asahan
    Saya ingin menanggapi video pembelajaran diatas.
    Melalui video pembelajaran diatas bahwa seorang guru telah melaksanakan proses pembelajaran mengenai topik pembagian. Strategi pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai. Pada saat pembelajaran guru menggunakan strategi pembelajaran CTL atau Contextual Teaching and Learning. CTL adalah suatu strategi pembelajaran yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti halnya bahwa pembagian sebenarnya sudah dilakukan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
    Dalam penggunaan media juga sudah tepat, peserta didik mudah memahami dari penjelasan tersebut. Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Saran dari saya, pada saat kegiatan penutup sebaiknya meningkatkan kegiatan refleksi atau umpan balik peserta didik.
    Terimakasih

  3. NAMA : NUR FITRI HARDIANTI
    NIM : 857385226
    POKJAR : BOGOR SELATAN
    UPBJJ : BOGOR
    Assalamualaikum wr wb.
    Izin menanggapi video di atas. Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru, persepsi dan tujuan pembelajaran tidak tersampaikan. Namun, kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari penyampaian materi yang sistematis yaitu ibu guru menjelaskan bahwa pembagian tersebut adalah pengurangan berulang. Kemudian juga ibu guru menggunakan bahan ajar yang konkret sehingga siswa dapat melakukannya secara langsung meskipun hanya perwakilannya saja. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah memahami konsep pembagian karena dapat merasakan langsung membagi bilangan dengan benda benda nyata yang ada di sekitarnya.
    Ibu guru juga memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani menjawab. Hal ini dapat memberikan motivasi pada siswa agar lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran.

  4. Nama: Ria Pujiastuti
    Nim:858686771
    Prodi: S1 PGSD AKPMM
    UPBJJ: Surabaya

    Menurut pendapat saya Menurut saya video pembelajaran diatas menarik karena guru memulai pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa tentang konsep pembagian yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini menunjukkan pada siswa bahwa pembagian juga sangat sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga menggunakan media yang berupa benda konkrit, dengan membawa gelas satu gelas besar dan tiga gelas kecil dan enam kelereng untuk menjelaskan pembagian 6:2=3 dengan benar dengan memindahkan enam kelereng digelas besar ke dalam tiga gelas kecil. Kemudian menjelaskan bahwa apa yang dilakukan siswa, mengambil jumlah yang sama berulang kali sehingga tidak ada yang tersisa, disebut pembagian. Guru juga menjelaskan bahwa konsep pengurangan yang beulang yang hasilnya nol itu juga sama dengan konsep pembagian. Hal ini sangat penting karena guru mengajari anak cara menyimpulkan atau membuat konsep dari tindakan siswa.

  5. Menurut pendapat saya dalam video ini berisi tentang bagaimana cara seorang guru untuk menjelaskan kepada siswa tentang konsep pembagian. Strategi pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai.
    metode dalam belajar juga sudah bagus, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah.

    => Kelemahan
    dalam pembelajaran tersebut ialah pada awal pembelajaran, guru tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu sehingga suasana kelas masih gaduh saat pembelajaran mau dimulai. Selain itu, guru juga tidak menerapkan doa terlebih dahulu saat memulai pembelajaran.
    =>Kelebihan
    pembelajarn dalam video ini ialah guru dapat menguasi materi dengan baik sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang sedang diajarkan. Hal unik dalam pembelajaran video ini guru menggunakan sebuah kelereng sebagai media pembelajaran, sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif dengan adanya penerapan yang konkret. Dan hal itu dapat mempermudah siswa untuk memahami tentang materi yang diajarkan oleh gurunya.

    Menurut saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran ialah, guru seharusnya dapat mengondisikan kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Agar nantinya semua siswa dapat fokus dengan materi yang sedang diajarkan.

  6. Menurut pendapat saya dalam video ini berisi tentang bagaimana cara seorang guru untuk menjelaskan kepada siswa tentang konsep pembagian. Strategi pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai.metode dalam belajar juga sudah bagus, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah.

    => Kelemahan
    dalam pembelajaran tersebut ialah pada awal pembelajaran, guru tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu sehingga suasana kelas masih gaduh saat pembelajaran mau dimulai. Selain itu, guru juga tidak menerapkan doa terlebih dahulu saat memulai pembelajaran.

    =>Kelebihan
    pembelajarn dalam video ini ialah guru dapat menguasi materi dengan baik sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang sedang diajarkan. Hal unik dalam pembelajaran video ini guru menggunakan sebuah kelereng sebagai media pembelajaran, sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif dengan adanya penerapan yang konkret. Dan hal itu dapat mempermudah siswa untuk memahami tentang materi yang diajarkan oleh gurunya.

    Menurut saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran ialah, guru seharusnya dapat mengondisikan kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Agar nantinya semua siswa dapat fokus dengan materi yang sedang diajarkan.

  7. HARYATI NIM 856853668 Izin menanggapi
    Menurut pandangan saya, video tersebut menggambarkan bagaimana seorang guru dapat menjelaskan konsep pembagian kepada siswa dengan pendekatan yang menarik. Salah satu kekurangan yang saya temukan adalah kurangnya persiapan kelas sebelum pembelajaran dimulai, yang menyebabkan kegaduhan di awal sesi. Tidak adanya doa sebagai pembukaan juga menjadi sebuah kekurangan yang bisa diperbaiki untuk menciptakan suasana yang lebih kondusif.
    Namun demikian, ada beberapa kelebihan yang patut disoroti dalam video pembelajaran ini. Guru tersebut memiliki pemahaman yang kuat terhadap materi, memudahkan siswa untuk memahami konsep yang diajarkan. Penggunaan kelereng sebagai media pembelajaran memberikan pendekatan konkret yang efektif, memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
    Dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran, saya mengusulkan agar guru lebih mempersiapkan kondisi kelas sebelum memulai pembelajaran. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif sehingga semua siswa dapat fokus pada materi yang akan diajarkan.
    Selain itu, saya setuju dengan saran untuk meningkatkan kegiatan refleksi atau umpan balik pada akhir pembelajaran. Ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk merefleksikan pemahaman mereka dan memberikan masukan kepada guru untuk perbaikan di masa mendatang.

  8. Nama : Putri Noviarani
    NIM : 856815303
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : POKJAR SELUMA

    Izin menanggapi Video pembelajaran diatas.
    Menurut saya dalam video pembelajaran diatas guru sudah berusaha melakukan proses kegiatan pembelajaran dengan baik. Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video diatas sudah sesuai, guru sudah menggunakan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran, yaitu media benda konkret berupa gelas dan kelereng untuk menjelaskan konsep pembagian kepada siswa, sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.
    Namun ada sedikit kelemahan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut, yaitu pada kegiatan pendahuluan/awal pembelajaran. Pada kegiatan pendahuluan guru tidak mengkondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak memperhatikan kesiapan belajar siswa, dan pada proses pembelajaran masih ada beberapa siswa yang masih tidak memperhatikan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
    Menurut saran saya sebaiknya guru harus memperhatikan dan menyiapkan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dengan sebaik mungkin. Guru sebaiknya mengkondisikan siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, kegiatan pendahuluan harus benar-benar dipersiapkan dengan baik agar nantinya pembelajaran dapat berjalan kondusif.

  9. Nama : Fiil Izzati Aisyah
    Nim :858685415
    Prodi : PGSD
    POKJAR Jombang
    Assalamu’alaikum.
    mohon izin untuk menanggapi video diatas.
    menurut saya, dalam penyampaian materi sudah bagus seperti guru tersebut menjelaskan materi dengan media yang memudahkan siswa untu memahami, akan tetapi, di awal pembukaan yang kurang, karena sebelum menyampaikan materi alangkah baiknya untuk mengkondisikan terlebih dahulu. kemudian menyampaikan materi.

  10. Nama : Faris Naufal Abdan
    NIM : 857626472
    UT UPBJJ Purwokerto
    Pokjar Slawi
    Dalam video tersebut, guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran dengan aktivitas kehidupan sehari-hari, Kemudian Guru tersebut melibatkan siswa dalam menemukan konsep pembagian sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep pembagian yang sedang dibahas.
    Guru juga menyiapkan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, mungkin akan lebih menarik jika guru mempersilahkan para murid untuk menyiapkan media sendiri yang ada dirumah, sehingga anak juga memiliki motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran.

Leave a Reply