silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

609 Comments

  1. Nama : Rafitri Mulyani
    NIM : 856234998
    UPBJJ : Padang

    Dengan mengamati video di GPO, ini analisis saya tentang “memelihara konsentrasi”
    Kelebihan
    1.Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi yang dilakukan guru saat mengajarkan penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan.
    2.Pembelajaran nampak lebih hidup karena guru melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan berhasil jika guru menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rapi dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
    3.Materi yang diajarkan sudah sesuai dengan kurikulum
    4.Pemakaian media sudah cukup tepat

    Kelemahan
    1.Cara mengajarnya kurang interaktif karena hanya efektif untuk dua baris terdepan.
    2.Pada saat mengajar saya melihat penampilan guru kurang rapi misalnya guru tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sandal yang terkesan kumuh. Disamping itu pakaian kurang rapi nampak ada sebagian baju yang lepas.
    3.Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip persepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh.
    Siswa kurang diajak berinteraksi oleh guru, seharusnya siswa itu disuruh ke depan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan bilangan dengan tepat sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena ada anak yang ingin mencoba maju.

  2. Nama: Sofia Tambun
    Nim: 856053238
    UPBJJ: Medan

    Menurut saya untuk menumbuhkan konsentrasi pada anak, terlebih dahulu kita melakukan pembelajaran yang lebih menarik seperti membuat media Alat peraga memang sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar.
    Siswa yang awalnya saling mengobrol kemudian konsentrasi berpusat pada alat peraga. Berbeda dengan sebelum dengan media pembelajaran tadi ketika guru hanya menjelaskan di depan kelas tanpa media.
    Saran saya sebagai guru harus lebih kreatif lagi lebih sering lagi membawa siswa keluar ruangan agar siswa tidak jenuh berada di dalam kelas.

  3. Nama: CLARA MELITA TUKAU
    Nim :858433226ke
    Dari 2 video diatas dapat kita analisis bahwa dalam pembelajaran perlu dibuka dengan sesuatu yang menarik dan usahkan pembelajaran berpusat pada siswa yakni student center dimana siswa selalu di libatkan dalam setiap proses pembelajaran sehingga akan menerik kosentrasi siswa dan siswa tidak merasa jenuh.

  4. Nama: Clara Melita Tukau
    Nim : 858423226

    Dari video diatas dapat kita analisis bahwa dalam pembelajaran perlu sesuatu yang menarik sehingga bisa memfokuskan konsentrasi siswa pada guru lalu pada pelajarannya, dan melibatkan siswa di setiap proses tahapan pembelajaran selain mampu meningkatkan konsentrasi siswa , juga membuat siswa tidak merasa jenuh dalam belajar.

  5. NAMA: CLARA MELITA TUKAU
    NIM: 858433226
    UBBJ UT: SAMARINDA
    dari 2 video diatas dapat kita analisis bahwa untuk meningkatkan kosentrasi kita perlu membuat pembelajaran yang menarik baik itu dengan media, alat peraga maupun kegiatan kreatif lainnya, selain itu kita terus melibatkan siswa dalam proses KBM nya , selain dapat memfokuskan konsentrasi siswa juga membuat siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran

  6. nama; clara melita tukau
    nim. 858433226

    dari video di atas dapat kita analisis bahwa pembelajaran dibuka dengan suatu yang menarik, untuk meningkatkan konsentrasi siswa

  7. Nama: Clara Melita Tukau
    Nim. 858433226
    UBJJ uT: samarinda
    dari video diatas dapat kita analisis bahwa dalam pembelajaran perlu sesuatu yang menarik, untuk meningkatkan konsentrasi siswa baik itu dengan media , alat peraga ataupun dengan kegiatan belajar kreatif lainnya. dan selalu melibatkan siswa dalam tiap proses kegiatannya.

  8. Nama: Clara Melita Tukau
    Nim : 858420807

    dari video diatas dapat kita analisis bahwa dalam pemebalajran perlu sesuatu yang menarik untuk meningkatkan fokus konsentrasi siswa juga membawa siswa untuk ikut terlibat dalam tiap proses pembelajaran sehingga siswa akan lebih berkonsentrasi dan menyenangkan.

  9. NAMA: JUNIKA VERANI HALOHO
    NIM: 856057489
    UPBJJ: MEDAN
    POKJAR :SALUT PERMATA LABURA
    SEMESTER : 6
    Menurut saya dalam video “memelihara konsentrasi” siswa ini dalam klip video keduannya sangat bagus karna anak murid 1 sistem konsentrasi berpikirnya terbatas jadi kita sebagai guru harus memperlihatkan contohnya kepada anak murid , apa lagi kalau dikasih contoh berbentuk gambar si anak murid tambah semangat belajarnya dalam memulai pelajaran yang di kasih guru kepadanya

Leave a Reply