silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut
–
–
–
Keseluruhan bagus dilihat dari cara membuka dan memberitahu tujuan pembelajaran dll.
Arfan Santoso, S.S.
Nama : mona diafutri
Nim : 856589475
Memainkan alat musik ritmis maupum melodi
Reaksi siswa :
Siswa sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Kelebihan :
Guru terserbut telah melakukan pembelajarab secara berkelompok sesuai dengan alat musik yang dimainkan masing masing kelompok dengan mempraktekan langsung secara perkelompok
Hal unik :
Guru nengajak siswa atau meminta yang telah di bagu perkelompo untuk memainkan alat musik dan cara beliua sudah sesuai dengan not
Kekurangan :
Seharusnya pada awal pembelajaran melakukan pembacaan doa terlebih dahulu sebelum melakukan proses belajar mengajar
NAMA : ERIKA OKTAVIA
NIM: 858921347
POKJAR: GIRI
setelah saya menganalisis video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan mengenai video yang berjudul ” Memainkan musik ritmis maupun melodis ”
Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
1. Kelemahan:
– Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
alat musik tersebut.
– Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
– Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
– Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
mereka pelajari.
2. Kelebihan:
– Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
– Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
– Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
kunci dalam pengajaran yang efektif.
– Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.