Sinopsis

Video ini berisi tayangan tentang cara guru membelajarkan matematika dengan menyenangkan. Di dalam tayangan tersebut guru menggunakan rumus-rumus luas bangun datar pada benda-benda yang ada di sekitar kelas. Misalnya: ubin, permukaan meja belajar, permukaan papan tulis, lantai ruang kelas, dan lain-lain. Ternyata menggunakan benda-benda di dalam kelas ini untuk belajar rumus bangun datar sangat efektif dilakukan oleh guru karena membuat siswa lebih senang belajar matematika.

Anda ingin mengetahui lebih lengkap bagaimana proses pembelajarannya? Simaklah tayangan video ini hingga akhir. Selamat menyimak.

Mulyadi, M.Pd

Tayangan Video pembelajaran tentang belajar matematika dengan menyenangkan ini cocok untuk topic “pengukuran” (luas bangun datar), karena siswanya aktif dalam bermatematika. Hanya saja lamanya pembelajaran perlu dipertimbangkan dan tayangan dalam video tersebut cukup menarik.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Tayangan pembelajaran ini berisi tentang bagaimana cara mengajarkan konsep abstrak matematika agar disenangi oleh siswa. Contoh yang dilakukan guru dengan melibatkan siswa secara langsung mengukur benda yang ada di sekitar siswa dapat menyebabkan siswa senang dan tidak bosan. Siswa akan senang belajar matematika apabila mereka dapat merasakan manfaat dari proses pembeajaran tersebut yaitu dengan langsung mempraktekan ilmu yang sedang dipelajari dengan benda yang ada disekitarnya atau dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan akan hilang sedikit demi sedikit.

Cucu Rahayu (SMPN 7 Sumedang)
 

Cara guru membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah sangat bagus. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media dan/atau evaluasi pembelajaran strateginya sudah bagus. Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik dan Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Dr. Hilaliyah (SMP Dharma Karya)

Similar Posts

25 Comments

  1. Aljabar merupakan materi yang cukup sulit bagi ansk-anak kelas 7 karena materi ini tergolong baru bagi mereka ( anak – anak biasanya langsung mengoperasikan angka sedangkan dalam aljabar sering memakai huruf dan simbol )
    Anak-anak sering mengalami kesulitan dalam perkalian aljabar. Cara saya adalah dengan memberikan latihan soal berulang-ulang sehingga mereka memahami konsep perkalian aljabar.

  2. Dari tayangan video tersebut, saya menyimpulkan alangkah bermanfaatnya ketika kita sebagai guru mempersiapkan fisik dan mental anak dengan baik untuk bisa menerima pembelajaran hari itu dengan menanyakan kesulitan-kesulitan apa yang mereka hadapi. Sehingga dari situ, guru bisa menentukan strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaran sesuai dengan yang ingin dicapai. Disini saya melihat bahwa guru sudah memanfaat media pemebelajaran yang real (realistik learning) dan konstektual yang ada di sekitar kita, sehingga siswa tidak meragukan lagi bahwa matematika sangat bermanfaat untuk kehidupan kita.

  3. Perkalian aljabar pada dasarnya sama dengan konsep perkalian bilangan biasa. Menurut saya, bila siswa diberi pemahaman yang kuat tentang konsep/arti perkalian bilangan (bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang), maka siswa akan mudah digiring untuk memahami bagaimana perklian aljabar bekerja.

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Perkenalkan saya :
    Nama : Asep Fikrul Yaqin
    NIM : 042057145
    UPBJJ UT : BOGOR
    PRODI : Pendidikan Matematika

    Kelebihan :
    1. Pembelajaran diawali dengan salam dan mengecek kehadiran siswa;
    2. Guru kemudian menanyakan alasan beberapa siswa yang tidak hadir dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin dari para peserta didiknya;
    3. Guru mengingatkan kembali siswa pada pembelajaran yang telah lalu dan menghubungkannya dengan materi ajar yang akan disampaikan;
    4. Guru memberikan lembar kerja yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok;
    5. Guru juga terlihat memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap kinerja peserta didiknya;
    6. Siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru;
    7. Guru terlihat mengecek setiap tugas kelompok peserta didiknya;
    8. Guru bertanya kepada peserta didiknya tentang proses belajarnya di dalam kelas;
    9. Peserta didik mengutarakan kegembiraannya dengan proses belajarnya dikelas.

    Kekurangan :
    1. Video disajikan dalam bentuk kurang lengkap;
    2. Tidak ada penjelasan lebih mendalam tentang materi ajar yang akan disampaikan;
    3. Tidak ada simpulan dan penutup pembelajaran;
    4. Tidak ada ice breaking;
    5. Jika video tersebut adalah tentang bagaimana menyajikan proses belajar yang menyenangkan, mungkin dalam prosesnya guru dapat lebih riang dan menebar lebih banyak senyum;
    6. Guru mungkin dapat memberikan apresiasi lebih terhadap tugas dan jawaban dari peserta didiknya;
    7. Pembelajaran mungkin akan lebih menarik perhatian peserta didik jika disajikan dalam bentuk audio dan visual yang mendukung proses pembelajaran;
    8. Hasil dari tugas peserta didik mungkin dapat dipresentasikan ke depan kelas agar susana dalam kelas menjadi lebih hidup;
    9. Peserta didik akan lebih bersemangat jika guru memberikan reward terhadap hasil tugasnya;
    10. Tidak ada simpulan tentang manfaat apa yang akan diperoleh peserta didik dari proses pembelajarannya .
    Terima kasih, kurang lebihnya mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Perkenalkan saya :
    Nama : Asep Fikrul Yaqin
    NIM : 042057145
    UPBJJ UT : BOGOR
    PRODI : Pendidikan Matematika

    Kelebihan :
    1. Pembelajaran diawali dengan salam dan mengecek kehadiran siswa;
    2. Guru kemudian menanyakan alasan beberapa siswa yang tidak hadir dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin dari para peserta didiknya;
    3. Guru mengingatkan kembali siswa pada pembelajaran yang telah lalu dan menghubungkannya dengan materi ajar yang akan disampaikan;
    4. Guru memberikan lembar kerja yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok;
    5. Guru juga terlihat memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap kinerja peserta didiknya;
    6. Siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru;
    7. Guru terlihat mengecek setiap tugas kelompok peserta didiknya;
    8. Guru bertanya kepada peserta didiknya tentang proses belajarnya di dalam kelas;
    9. Peserta didik mengutarakan kegembiraannya dengan proses belajarnya dikelas.

    Kelemahan :
    1. Video disajikan dalam bentuk kurang lengkap;
    2. Tidak ada penjelasan lebih mendalam tentang materi ajar yang akan disampaikan;
    3. Tidak ada simpulan dan penutup pembelajaran;
    4. Tidak ada ice breaking;
    5. Jika video tersebut adalah tentang bagaimana menyajikan proses belajar yang menyenangkan, mungkin dalam prosesnya guru dapat lebih riang dan menebar lebih banyak senyum;
    6. Guru mungkin dapat memberikan apresiasi lebih terhadap tugas dan jawaban dari peserta didiknya;
    7. Pembelajaran mungkin akan lebih menarik perhatian peserta didik jika disajikan dalam bentuk audio dan visual yang mendukung proses pembelajaran;
    8. Hasil dari tugas peserta didik mungkin dapat dipresentasikan ke depan kelas agar susana dalam kelas menjadi lebih hidup;
    9. Peserta didik akan lebih bersemangat jika guru memberikan reward terhadap hasil tugasnya;
    10. Tidak ada simpulan tentang manfaat apa yang akan diperoleh peserta didik dari proses pembelajarannya .
    Terima kasih, kurang lebihnya mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  6. Nama : Sri Wahyuni
    Nim : 858747198
    Program studi : PGSD BI Pokjar Kalijogo Tuban
    Kelebihan :
    1. Pembelajaran diawali salam dan mengecek kehadiran siswa
    2. Guru kemudian menanyakan alasan siswa yang tidak hadir dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin dari para peserta didiknya
    3. Guru mengingatkan kembali siswa pada pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya dan menghubungkannya dengan materi ajar yang akan disampaikan.
    4. Guru memberikan LKPD yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok
    5. Guru juga memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap kinerja peserta didiknya
    6. Guru terlihat mengecek setiap tugas kelompok peserta didiknya
    7. Guru bertanya kepada peserta didiknya tentang proses belajarnya di dalam kelas
    Kekurangan
    Dari tayangan video tersebut, saya menyimpulkan alangkah bermanfaatnya ketika kita sebagai guru mempersiapkan fisik dan mental anak dengan baik untuk bisa menerima pembelajaran hari itu dengan menanyakan kesulitan-kesulitan apa yang mereka hadapi. Sehingga dari situ, guru bisa menentukan strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaran sesuai dengan yang ingin dicapai. Disini saya melihat bahwa guru sudah memanfaat media pemebelajaran yang real (realistik learning) dan konstektual yang ada di sekitar kita, sehingga siswa tidak meragukan lagi bahwa matematika sangat bermanfaat untuk kehidupan kita.

  7. Bismillah.
    Nama : Novi Nurlawifah
    NIM : 041172466
    Program Studi : S1 Pendidikan Matemtika
    UPBJJ UT BANDUNG

    Dari video pembelajaran di atas dapat saya simpulkan, bahwa Reaksi siswa dan siswi di kelas tersebut ketika pembelajaran sedang berlangsung, respon mereka sudah cukup menarik, sehingga sebagian besar siswa dan siswinya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menyenangkan.

    Kelebihan pada video pembelajarannya yaitu sebagai berikut :

    – Ibu guru menunjukkan sikap perhatian kepada siswa dan siswinya di awal pembelajaran dengan mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa dan siswinya di kelas. Ibu guru juga menanyakan alasan kenapa ada sebagian siswa yang tidak hadir hari ini dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin terjadi kepada siswa-siswa yang hadir.
    – Ibu guru mengingatkan kembali kepada siswa dan siswi di kelas tentang pembelajaran yang telah di pelajari sebelumnya, kemudian langsung menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan di sampaikan hari ini.
    – Materi pada video tersebut mengenai tentang bagaimana cara menghitung luas bangun datar yaitu pada persegi dan persegi panjang. Ibu guru tersebut mengaplikasikan cara menghitungnya itu kepada benda-benda yang ada di dalam ruangan kelas seperti pada papan tulis, pintu dan juga meja.
    – Ketika ibu guru memberikan tugas dan lembar jawaban kepada siswa dan siswinya di kelas, ibu guru tersebut mampu membangun keaktifan dengan memberikan metode pembelajaran yang terkesan tidak membuat siswa dan sisiwinya menjadi bosan.
    – Dengan metode mengaplikasikan materi pembelajaran bangun datar tersebut kepada benda-benda yang ada di sekitarnya, membuat siswa dan siswi yang sudah di bentuk kelompok menjadi lebih aktif dan kompak.

    Adapun kelemahan dalam video pembelajaran tersebut yaitu sebagai berikut :

    – Ketika di awal pembelajaran, terlihat semangat siswa dan siswinya yang kurang tinggi. Mereka terlihat begitu lesu, mungkin karena alasan dari beberapa siswa yang mengutarakan bahwa belajar matematika itu intinya sangat sulit.
    – Seharusnya ibu guru melakukan ice breaking dengan menyenangkan terlebih dahulu untuk membangkitkan semangat siswa dan sisiwinya ketika pembelajaran berlangsung.
    – Ibu guru tidak menjelaskan dengan detail terkait materi yang di sampaikan, juga tidak ada simpulan materi ketika di akhir pembelajaran.

    Sekian ulasan dari saya mengenai video pembelajaran di atas, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangannya.
    Sekian dan terimakasih.

  8. Bismillah.
    Nama : Novi Nurlawifah
    NIM : 041172466
    Program Studi : S1 Pendidikan Matematika
    UPBJJ UT BANDUNG
    Dari video pembelajaran di atas dapat saya simpulkan, bahwa Reaksi siswa dan siswi di kelas tersebut ketika pembelajaran sedang berlangsung, respon mereka sudah cukup menarik, sehingga sebagian besar siswa dan siswinya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menyenangkan.

    Kelebihan pada video pembelajarannya yaitu sebagai berikut :
    – Ibu guru menunjukkan sikap perhatian kepada siswa dan siswinya di awal pembelajaran dengan mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa dan siswinya di kelas. Ibu guru juga menanyakan alasan kenapa ada sebagian siswa yang tidak hadir hari ini dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin terjadi kepada siswa-siswa yang hadir. – Ibu guru mengingatkan kembali kepada siswa dan siswi di kelas tentang pembelajaran yang telah di pelajari sebelumnya, kemudian langsung menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan di sampaikan hari ini.
    – Materi pada video tersebut mengenai tentang bagaimana cara menghitung luas bangun datar yaitu pada persegi dan persegi panjang. Ibu guru tersebut mengaplikasikan cara menghitungnya itu kepada benda-benda yang ada di dalam ruangan kelas seperti pada papan tulis, pintu dan juga meja.
    – Ketika ibu guru memberikan tugas dan lembar jawaban kepada siswa dan siswinya di kelas, ibu guru tersebut mampu membangun keaktifan dengan memberikan metode pembelajaran yang terkesan tidak membuat siswa dan sisiwinya menjadi bosan.
    – Dengan metode mengaplikasikan materi pembelajaran bangun datar tersebut kepada benda-benda yang ada di sekitarnya, membuat siswa dan siswi yang sudah di bentuk kelompok menjadi lebih aktif dan kompak.

    Adapun kelemahan dalam video pembelajaran tersebut yaitu sebagai berikut :
    – Ketika di awal pembelajaran, terlihat semangat siswa dan siswinya yang kurang tinggi. Mereka terlihat begitu lesu, mungkin karena alasan dari beberapa siswa yang mengutarakan bahwa belajar matematika itu intinya sangat sulit.
    – Seharusnya ibu guru melakukan ice breaking dengan menyenangkan terlebih dahulu untuk membangkitkan semangat siswa dan sisiwinya ketika pembelajaran berlangsung.
    – Ibu guru tidak menjelaskan dengan detail terkait materi yang di sampaikan, juga tidak ada simpulan materi ketika di akhir pembelajaran.
    Sekian ulasan dari saya mengenai video pembelajaran di atas, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangannya.
    Sekian dan terimakasih.

  9. Nama : Muhayar Rasyd
    Nim : 856027565
    UPBJJ UT : Binjai
    Prodi : PGSD

    Yang saya dapat simpulkan Kelebihan dari video tersebut :
    1. Pembelajaran diawali dengan salam dan mengecek kehadiran siswa;
    2. Guru kemudian menanyakan alasan beberapa siswa yang tidak hadir dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin dari para peserta didiknya;
    3. Guru mengingatkan kembali siswa pada pembelajaran yang telah lalu dan menghubungkannya dengan materi ajar yang akan disampaikan;
    4. Guru memberikan lembar kerja yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok;
    5. Guru juga terlihat memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap kinerja peserta didiknya;
    6. Siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru;
    7. Guru terlihat mengecek setiap tugas kelompok peserta didiknya;
    8. Guru bertanya kepada peserta didiknya tentang proses belajarnya di dalam kelas;
    9. Peserta didik mengutarakan kegembiraannya dengan proses belajarnya dikelas.

    Kekurangan dari video tersebut :
    1. Haruslah kita sebagai guru memahami betul materi yang akan kita ajarkan
    2. Menentukan metode” apasaja yang akan kita bawakan kepada peserta didik
    3. Tidak ada nya ice breaking di sesi pembelajaran
    4. Alangkah baiknya kita membuat kesimpulan dn refleksi agar peserta didik dapat memahami kesalahan mereka

  10. Nama : Muhayar Rasyd
    Nim : 856027565
    UPBJJ UT : Binjai
    Prodi : PGSD

    Yang saya dapat simpulkan Kelebihan dari video tersebut :
    1. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan mengecek kehadiran siswa
    2. kemudian guru menanyakan alasan beberapa siswa yang tidak hadir dan menanyakan beberapa alasan yang mungkin dari para peserta didiknya
    3. Mengingatkan kembali siswa pada pembelajaran yang telah lalu dan menghubungkannya dengan materi ajar yang akan disampaikan
    4. Guru memberikan lembar kerja yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok
    5. Siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
    6. Guru terlihat mengecek setiap tugas kelompok peserta didiknya

    Kekurangan dari video tersebut :
    1. Haruslah kita sebagai guru memahami betul materi yang akan kita ajarkan
    2. Menentukan metode” apasaja yang akan kita bawakan kepada peserta didik
    3. Tidak ada nya ice breaking di sesi pembelajaran
    4. Alangkah baiknya kita membuat kesimpulan dn refleksi agar peserta didik dapat memahami kesalahan mereka

Leave a Reply