Sinopsis

Video ini memperlihatkan bagaimana guru menggunakan strategi pembelajaran yang dalam pembuktian rumus matematika kepada siswa SMP secara menyenangkan. Salah satu rumus yang dibuktikan adalah keliling lingkaran adalah phi dikalikan diameter lingkaran atau 2 phi dikalikan jari-jari (r) lingkaran. Guru secara kreatif mempersiapkan alat bantu, yaitu gelas air mineral bekas yang sudah dibersihkan dan selembar kertas kerja berisi format tabel yang akan diisikan oleh siswa. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan mengerjakan analisis berdasarkan besaran-besaran yang diperoleh kedalam tabel. Kelompok siswa kemudian mempresentasikan hasil kerja berupa tabel. Terakhir guru menyimpulkan langkah pembuktian adalah kebalikan dari perkalian, yaitu pembagian antara keliling dan diameter yang menghasilkan pembagian di masing-masing kelompok mendekati besaran tertentu, yaitu 3,14 sebagai nilai phi.

Similar Posts

12 Comments

  1. Nama :Mu’minatul Haq
    NIM : 043532105
    Prodi : Pendidikan Matematika
    1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    – Menuliskan kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran:
    Kelemahannya adalah
    a. guru tersebut tidak mengawali pembelajaran dengan do’a Bersama-sama untuk menanamkan jiwa ketuhanan yang maha esa disetiap murid, lalu
    b. pembelajarannya harusnya berjudul pembuktian rumus keliling lingkaran bukan rumus keliling lingkaran,
    c. lalu untuk diawal pembelajaran guru menanyakan tentang jenis lingkaran yang menurut saya kurang penting untuk ditanyakan kepada murid-muridnya.
    2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    – Menuliskan kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran:
    a. Kelebihannya adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan sangat banyak diingat oleh murid karena terlihat nyata bagi murid.
    b. Pembelajarannya menghasilkan murid yang mudah paham dan lama mengingatnya, dengan penalaran yang beragam.
    c. Sang guru memiliki kemampuan manajemen kelas yang baik.
    d. Penyampaian yang guru lakukan mudah untuk dipahami murid
    3. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    – Menuliskan hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran:
    a. Hal uniknya adalah ternyata banyak hal disekiling kita yang dapat kita gunakan sebagai alat peraga yang terkadang kita suka memusingkan alat peraga yang susah-susah.
    b. Hal unik lainnya bagaimana cara guru mengondisikan murid benar-benar focus kepada gurunya dan tatapan murid benar-benar tatapan yang sedang mikir
    4. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
    – Menuliskan rencana perbaikan pembelajaran Berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran
    a. Untuk memperbaiki pembelajarannya alangkah baiknya guru sebelum memulai pembelajaran sang guru memulai pembellajaran dengan do’a dan diakhiri dengan do’a sesuai kepercayaannya masing-maisng
    b. Alangkah baiknya guru lebih menspesifikkan pembelajarannya dengan lebih spesifik
    c. Menyempilkan kegiatan yang membuat kelas tidak terlihat tegang

  2. Nama Ade Irma Suriani
    Nim : 020647297
    Jurusan : Pedidikan Matematika
    Menurut saya video yang sudah ditampilkan
    1. Sudah memberikan keluasan dan kreatifitas siswa dalam menemukan diameter dan keliling lingkaran.

    2.Siswa terlihat aktif dan senang Melakukannya.

    3. Adanya diskusi dan kerja sama antar siswa

    4. Terlihat siswa diberi kesempatan untuk tampil sehingga dapat membentuk sifat percaya diri siswa.

    Kelemahannya, bapak guru agak tegang dalam menyampaikan materi dan agak kaku.

Leave a Reply