Similar Posts
Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau
Sinopsis Naskah diawali dengan munculnya presenter yang mengantarkan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidak efektif, kemudian diteruskan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kegiatan ini tidak efektif. Pada tayangan berikutnya memberikan solusi bagaimana kegiatan praktikum dapat berjalan dengan efektif. Pada laboratorium suatu SMP, tampak adanya kegiatan belajar mengajar. Terlihat 3 orang guru sedang bekerja, sorang…
Elaborasi Dan Konfirmasi Dengan Media Video Interaktif
Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif untuk pembelajaran Ekosistem. Pembelajaran mengacu pada Rancangan Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang pada kegiatan intinya berisi tahapan pembelajaran eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Di awal, program menampilkan guru yang telah menggunakan media untuk mengajarkan Ekosistem, namun ia…
Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping
Sinopsis Pelajaran IPS mengenai ekonomi kadang masih kurang menarik bagi siswa, sehingga guru mengalami kesulitan untuk mengaktifkan siswa. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru untuk menarik perhatian, dan agar siswa menjadi senang belajar mengenai sistem perekonomian Indonesia. Salah satu alternatif pembelajaran pada tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siwa untuk…
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Acuan Mengajar
Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran biologi kelas IX mengenai pemanfaatan mikroorganisme dalam mengelola lingkungan. Guru menjelaskan topik pembelajaran dan dilanjutkan dengan penjelasan langkah-langkah membuat kompos. Guru mengajak siswa memperagakan proses pembuatan kompos dihalaman belakang sekolah secara berkelompok dengan menyiapkan alat dan bahan nya. Setiap kelompok dibiarkan sebongkah sampah daun ketapang kering, kunting kecil, plastik…
Membuat Slogan Lebih Bermakna
https://www.youtube.com/watch?=XHOmBV4js_E Sinopsis Video ini membahas permasalahan strategi pembelajaran bahas Indonesia dengan topik membuat slogan di kelas VIII. Pada video ini akan ditampilkan proses pembelajaran membuat slogan yang kurang berhasil. Strategi apa yang seharusnya digunakan guru agar tujuan pembelajaran dapat berhasil? Dalam video ini akan ditampilkan juga alternative pembelajarannya. Anda ingin tahu bagaimana alternatif pembelajarannya? Simaklah…
Konsep Fotosintesis
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing…
Nama Ide Irma Suriaini
NIM 020647297
Dari video yg ditayangkan sangat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita rekan guru dalam menyampaikan materi, terutama bagi siswa karena mereka bisa menemukan rumus layang-layang itu sendiri.
Nama: Ainul Laili Fauzia
Nim:042729628
UPBJJ: Malang
Kekurangan:
Ketika guru memberikan siswa menjawab pertanyaan kemudian siswa menjawab dengan jawaban yang belum tepat, guru tidak boleh langsung Menyalahkan jawaban siswa tersebut.
Kelebihan:
Dengan adanya media pembelajaran dan pelibatan siswa dalam pembelajaran menjadikan semua anak aktif dalam pembelajaran.
Hal Unik:
Media yang sederhana namun menarik sehingga dapat memudahkan pemahaman siswa dan pembelajaran matematika yang menyenangkan.
Hal untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran:
Ketika ada siswa yang menjawab dengan jawaban yang belum benar guru mengalihkan pertanyaan kepada siswa lain kemudian setelah guru mendapat siswa yang menjawab dengan jawaban yang tepat kemudian guru bertanya kembali kepada siswa yang jawabannya belum tepat apakah tetap jawaban awal atau mengikuti jawaban teman temannya sehingga siswa yang menjawab dengan jawaban belum tepat bisa mengetahui kesalahan dengan sendirinya dan juga mengetahui jawaban yang benar. Sehinnga siswa tersebut tidak merasa berkecil hati.