Sinopsis

Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk menarik minat belajar siswa. Metode ini akan jauh lebih menarik dan meningkatkan semangat siswa untuk belajar bahasa Inggris jika cerita tersebut disajikan dalam sebuah film. Program video yang pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Learning A Narrative Story From A Film “ ini memperlihatkan bagaimana kreativitas guru dalam pengunaan film sebagai media pembelajaran. Guru menayangkan sebuah film dimana siswa diminta untuk menonton film tersebut. Namun tentu saja guru memberikan kegiatan pembelajaran lain yang membuat siswa berlatih bahasa Inggris melalui media film tersebut. Metode pembelajaran dengan menggunakan film ini akan lebih memancing daya imajinasi dan konsentrasi siswa sehingga mereka menikmati suasana belajar dan pastinya membuat mereka termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran. Nah, bagaimana cara menggunakan media film untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris? Anda dapat menyimak tayangan video berikut. Selamat menyimak!

Tujuan tayangan video proses pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum. Alangkah baiknya jika diberikan apersepsi agar peserta didik lebih siap menerima materi pembelajaran kata – kata sapa dari guru cukup baik untuk membangkitkan semangat belajar.

Jika pertanyaan – pertanyaan tertulis tentang cerita dalam tayangan video dibagikan setelah penayangan, akan lebih baik karena para siswa akan menyerap lebih banyak hal –hal yang perlu diketahuai dari tayangan video tersebut mereka terima sebelum penayangan, maka para siswa hanya akan terfokus atau terkonsentrasi pada hal –hal yang dipertanyakan saja.

Penggunaan tayangan video sebagai media pembelajaran sangat baik, karena dapat mengurangi kejenuhan peserta didik. Apalagi tayangan video disesuaikan dengan perkembangan usia mereka, sehingga dalam menutup pembelajaranpun menyenangkan yang membuat siswa semangat untuk mengikuti proses pembelajaran pada topik – topik berikutnya.

Secara umum proses pembelajaran cukup baik. Sangat disayangkan peserta didik sudah dikondisikan terlebih dahulu, sehingga suasana proses pembelajaran menjadi kaku.

Ratih Kusumastuti.

Similar Posts

37 Comments

  1. Nama Mira Sasmita
    Nim 501133133
    Dari cara belajar 1 guru hanya membaca buku text dimana siswa tidak paham apa yang diceritakan oleh gurunya. Bagaimana Alurnya siswa juga tidak mengerti tapi dari media film yang ditonton kan Siwa lebih tau alur dan apa saja yang terjadi dalam film tersebut . Nanti siswa bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru nya . Jika belum film bisa diputarkan ulang . Agar siswa tidak meraba raba tentang kebenaran jawaban yang dituliskan nya.

  2. Nama : Veradina Novianty
    Nim : 501202671
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Berdasarkan video yang telah saya simak, siswa belajar berbahasa inggris tentang narrative story. Adegan pertama siswa belajar melalui membaca teks lalu di ulangi bersama dengan guru dengan membaca nyaring. Menurut saya itu bagus untuk meningkatkan pelafalan, berhubung antara teks dan pelafalan terkadang berbeda. Akan tetapi agar siswa lebih paham tentang teks narrative, membaca saja belum cukup, maka guru sebaiknya menggunakan media lain berupa video, sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

  3. Nama : ROMI
    Nim : 501133015
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    awal pelajaran siswa membaca teks yang diulang setelah guru membacakannya terlebih dahulu. ini akan membantu siswa tentang pelafalan dalam bahasa inggris, namun pembelajaran seperti ini sifatnya menoton dan menarik bagi siswa. namun setelah menonton film, siswa dapat memahami materi yang dipelajari. ini terlihat pada hasil tugas. terlihat siswa membetulkan atas lembar pertanyaan yang dikerjakan oleh siswa. dengan menonton tentunya secara tidak lansung telah melatih anak tentang pengamatan. dengan pengamatan lansung tentunya materi lebih mudah untuk dipahami.

  4. Nama: DEVY RUSELVI
    NIM: 501132851
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPJB : Padang

    Dari mengamati video pembelajaran tentang penggunaan film sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil, antara lain:
    1. Mengetahui bahwa bercerita atau storytelling dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa.
    2. Memahami bahwa film dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, terutama dalam hal keterampilan kosakata, pemahaman budaya, dan keterampilan bahasa Inggris secara keseluruhan.
    3. Mengetahui bahwa penggunaan film sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas, daya imajinasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
    4. Memahami pentingnya memilih film yang tepat dan relevan dengan konteks pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
    5. Mengetahui bahwa penggunaan film sebagai media pembelajaran harus dilengkapi dengan kegiatan pembelajaran yang relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.

    Penggunaan film sebagai media pembelajaran bahasa Inggris juga dapat membantu siswa untuk memahami konteks dan struktur naratif dalam film, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam pemahaman bahasa Inggris dalam konteks yang nyata. Selain itu, penggunaan film juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, serta membantu meningkatkan kreativitas, daya imajinasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

  5. Nama : Himayari Nufus Maryana
    NIM : 501353247
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Dari hasil video tersebut dapat dilihat pada pengajaran guru yang menggunakan video, dimana di usia mereka yang remaja sangat menyukai film sangat sesuai dengan tumbuh kembang anak berdsarkan psikologis anak. manfaat dari video tersebut adalah gunakanlah media yang disukai anak agar lebih bermanfaat dan diterima oleh anak. Namun alangkah baiknya setiap anak memiliki film atau cerita yang berbeda agar lebih menarik. ini sesuai dengan prinsip belajar berdrifensial.

  6. Nama : Reni Angraini
    NIM : 501133205
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Pada tayangan video, nampak dua metode yang digunakan guru. Metode yang pertama terlihat teacher centered, karena guru lebih banyak berperan dan siswa hanya sebagai objek, yang mengerjakan perintah guru, metode ini membuat siswa merasa jenuh dan tidak aktif.
    Sedangkan di video sesi dua, terlihat pembelajaran yang menggunakan media film. Siswa terlihat antusias dalam belajar, karena melibatkan panca indra mereka dan juga membuat mereka senang dengan pembelajaran tersebut.

  7. Nama: Meyliya
    Nim: 501333134
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Dari pengamatan video tersebut mengajarkan bahwa kreativitas guru dalam penggunaan film sebagai media pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan suasana belajar yang menyenangkan maka siswa dapat termotivasi dalam kegiatan pembelajaran dengan adanya kreativitas dari guru dalam media pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu dengan menayangkan sebuah film di mana siswa dapat menonton film tersebut maka imajinasi anak-anak dapat terasah dan bahasa inggris siswa pun dapat dipahami dengan baik

  8. Nama : Ana Maharani Keban
    NIM : 501202704
    Prodi : MPDr
    UPBJJ : Jakarta
    Video pembelajaan ini memberikan pemahaman kepada saya tentang pentingnya menggunakan metode pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa seperti cara guru di video tersebut yaitu dengan menggunakan film. Melalui film, dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, siswa dapat memperkaya kosakata dan ekspresi bahasa, serta meningkatkan kemampuan mendengar (listening). Cara guru tersebut sudah tepat dengan memberikan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa tentang isi dari film tersebut, namun guru dapat mencoba cara lainnya untuk mendorong siswa untuk lebih aktif melalui aktivitas interaktif seperti diskusi kelompok menganalisis cerita dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, meminta siswa untuk membuat ringkasan cerita untuk meningkatkan kemampuan menulisnya terutama mengenai narrative text yang merupakan topik pembelajaran, dan berlatih peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

  9. Nama : Triyuni Fitriyanti
    NIM : 042258908
    Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris

    Dari tanyangan video di atas dpat dilihat bahwa siswa lebih berantusias saat guru menggunakan media film dalam menyampaikan materi tentang narrative story. Siswa juga bisa lebih fokus saat menonton film daripada saat guru membacakan cerita.Melalui media film dapat membantu siswa untuk lebih memahami alur ceritanya, berbeda ketika siswa hanya mendengarkan guru membacakan cerita mereka akan merasa jenuh dan mungkin akan kebingungan tentang alur ceritanya.

  10. Nama : Harumi Eka Putri
    Nim: 501574241
    Prodi: Megister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Medan

    menurut saya penggunaan media film dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran bahasa inggris di SMP ini sangat efektif karena belajar dengan melihat tayangan film dapat menumbuhkan semangat serta menghilangkan rasa bosan siswa ketika belajar. melalui gambar tayangan film memungkinkan siswa memahami dan mengaitkan informasi pengalaman nyata dan pemahaman yang lebih mendalam. film juga dapat melibatkan rasa empati serta emosional siswa sehingga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial pada siswa.

    Sebagai saran dalam vidio pembelajaran ini tampaknya masih ada beberapa pengucapan bahasa inggris yang kurang tepat yang diucapkan oleh guru sehingga ada baiknya sebagai guru bahasa inggris haruslah mampu memberikan contoh pengucapan yang tepat kepada siswa

Leave a Reply