silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan yang asri dan sejuk karena berada di dalam komplek perumahan. Di mana pada halaman sekolah tersebut terlihat siswa-siswi  ada yang sedang berdiri di sekitar pintu kelas, ada juga yang sedang duduk di bawah pohon, terlihat diskusi antar siswa dengan gurunya di taman sekolah dan sebagainya. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas X SMA dengan jumlah siswa sekitar 20 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin perempuan berperan sebagai fasilitator yang aktif membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran berbasis masalah. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah ini cukup lengkap seperti media dan alat peraga yang kondisinya sangat baik. Tak lupa bingkai foto presiden dan wakil presiden terpasang rapi di dinding kelas yang di antara kedua bingkai foto tersebut terdapat bingkai foto burung garuda Pancasila.  Penerangan di sekolah cukup baik. Siswa duduk di tempatnya masing-masing dengan rapi. Buku dan alat tulis lainnya sudah ada di meja dan tasnya berada di kursi belakang punggung siswa. Letak tempat duduknya heterogen. Terdapat taman sekolah yang sejuk dan cukup luas dipakai untuk belajar outdoor.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Kesan apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran dalam tayangan video tersebut.
  2. Apakah sintaks model PBL dapat terlihat jelas dari tayangan video tersebut?
  3. Apakah materi pelajaran sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
  4. Apakah analisis kasus dan evaluasi yang dilakukan sudah sesuai?
  1.  

Similar Posts

3 Comments

  1. Dari video ini dapat saya simpulkan bahwa pembelajaran dari seorang guru yg kreatif akan membuat siswa nya senang sehingga materi dapat tersampaikan. Guru menampilkan video, suasana belajar yg asik dan tempet belajar pun tidak hanya di dlm kelas saja. Ini membuat siswa menikmati proses pembelajaran.

  2. 1. Seorang guru yang kreatif menyampaikan
    materinya
    2.Ya.Krn membuat siswa aktif, dari
    merespon siswa dengan pertanyaan2
    sampai diakhir mereka mempresentasikan
    hasil kerjanya
    3. Sudah cukup
    4. Analisis kasus dan evaluasi sudah sesuai

  3. Nama : Muhammad Agus Robet Sadewo
    NIM : 042706914

    1. Kesan apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran dalam tayangan video tersebut.
    Jawab : Guru terlihat mempersiapkan fisik dan psikis siswa dengan apersepsi untuk mengingatkan kembali materi yang telah diajarkan.

    2. Apakah sintaks model PBL dapat terlihat jelas dari tayangan video tersebut?
    Jawab : Sintaks model PBL terlihat jelas dalam tayangan video tersebut. Guru melatih fokus para siswa dengan cara menunjukkan gambar sambil menjelaskan, kemudian melontarkan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui ukuran pengetahuan siswa sejauh ini.

    3. Apakah materi pelajaran sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
    Jawab : Materi pelajaran sudah diaplikasikan dengan tepat. Menunjukkan sebuah video dan kemudian guru memberi tugas kepada siswa untuk mengetahui pemahaman para siswa tentang materi pada video tersebut.

    4. Apakah analisis kasus dan evaluasi yang dilakukan sudah sesuai?
    Jawab : Sudah selesai, para siswa memberi pertanyaan pada siswa yang lain, dan kemudian dijawab. Para siswa saling mengungkapkan apersepsi nya masing-masing.

Leave a Reply