Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

182 Comments

  1. Nama: lutfiatuzzahroh
    NIM: 501222981
    Program Studi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ bogor

    Dari video tersebut, terlihat bahwa siswa sedang belajar mengenai hobi dan menghadapi kesulitan dalam menulis karangan. Untuk mengatasi hal ini, guru menggunakan video sebagai alat bantu pembelajaran untuk membantu siswa dalam menyusun karangan mengenai hobi. Dengan bantuan video, siswa dapat lebih mudah membuat karangan tentang hobi mereka.

    Manfaat yang saya dapatkan dari pembelajaran ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa memahami cara menulis kalimat tentang hobi. Selain itu, proses pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dan melatih rasa percaya diri mereka.

  2. Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”.
    Manfaat yang saya dapat :
    Saya memahami tentang bagaimana mengajarkan kepada siswa bagaimana mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP, yaitu dengan menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek. karena pada cara pertama guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. sebab teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu
    masukan dan saran anda tentang video pembelajaran :
    video yang luar biasa, yang memberikan pemahaman kepada orang yang melihatnya tentang bagaimana seharusnya kita membuat siswa memahami materi,.

  3. Nama : Annisa Alfiatun Nurrohmah
    NIM : 501263195
    Prodi : MPDR
    UPBJJ : UT Surakarta

    Video tersebut tentang strategi guru dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa terkait hobi dengan menayangkan video, artikel dan guided writing untuk mempermudah dalam membuat essay pendek.
    Manfaat yang diperoleh setelah melihat video tersebut adalah guru dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa dengan berbagai metode dan strategi agar siswa dapat dengan mudah membuat tulisan.

  4. Suprianto 501283126 Magister Pendidikan Dasar UPBJJ-UT Pontianak

    Video sangat baik, karena dapat memecahkan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Dari video tersebut, terlihat bahwa siswa sedang belajar tentang hobi dan kesulitan dalam menulis karangan dalam kata dan tata Bahasa yang baik dan benar . Cara mengatasi hal ini, guru menggunakan video, outline, poster dan suara cerita sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa membuat karangan tentang hobi. Dengan bantuan video siswa dapat membuat karangan tentang hobi mereka.
    Manfaat yang bisa kita dapat yaitu :
    a. menarik perhatian siswa, meningkatkan pengetahuan
    b. daya imajinasi,
    c. daya pikir kritis
    d. memicu siswa untuk lebih berpartisipasi serta antusias sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran.

  5. Nama : Khairul Fauzi
    NIM : 501343142
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Jember
    Pada video tersebut terlihat siswa masih kesulitan dalam menulis tentang hobi menggunakan bahasa Inggris karena tidak diberikan contoh dan petunjuk yang jelas sebelumnya. Pada adegan kedua guru terlebih dahulu memberikan contoh video berisi materi yang dibahas dan diberi panduan artikel mengenai hobi sehingga siswa lebih memahami materi yang dibahas dan lebih mampu mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini berarti diperlukan penyampaian materi yang jelas dengan menggunakan media yang menarik serta adanya petunjuk yang detail mengenai tugas yang diberikan

  6. Nama: Nanda Fitri Nur Rohmah
    NIM: 501332917
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: UT Malang

    Dalam video mendeskribsikan hobi tersebut dapat diketahui bahwa teknik pembelajaran yang digunakan guru sangat baik, yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa, membacakan tugas tersebut di depan kelas yang kemudian menuliskan jawabannya ke papan tulis. Dari mempraktikkan hal tersebut banyak manfaat yang didapat yakni dengan membaca hasil pekerjaan di depan kelas dapat melatih kepercayaan diri siswa selain itu juga melatih speaking siswa. Pelafalan berbahasa asing dengan baik perlu adanya latihan yang sering, sehingga dengan maju membacakan hasil kerja siswa dapat melatih untuk lebih fasih berbahasa Inggris. Dengan menuliskan pekerjaan di papan tulis, maka guru dapat mengkoreksi penulisan yang kurang tepat, selain itu siswa juga mengetahui bagaimana susunan penulisan bahasa Inggris yang baik dan benar. Selanjutnya adalah dengan memberikan outline lembar tugas, maka siswa dapat belajar menuliskan hobi mereka dengan baik dan benar. Dengan mengamati video tersebut manfaat yang saya dapatkan adalah mendapatkan pengetahuan baru mengenai teknik pembelajaran yang menarik fokus siswa.

  7. Nama : Anik Sundari
    NIM : 501263228
    UPBJJ : UT Surakarta
    Dari video tersebut dapat kita pelajari bahwa sebelum memberi tugas kepada siswa untuk menulis suatu karangan alangkah baiknya guru memberikan outline atau memberi contoh karangan yang baik. Hal itu dapat memudahkan siswa dalam membuat karangan. Karena tanpa diberi outline atau contoh, siswa akan kesulitan dalam membuat karangan, sehingga mereka hanya membuat karangan sebisanya saja tanpa memperhatikan keterpaduan antar kalimat dalam karangan mereka. Selain itu guru juga perlu mengoreksi hasil kerja siswa supaya siswa mengetahui letak kesalahannya dan bisa membenahinya.

  8. Nama : Buniks Rehulina Sitepu
    NIm : 501573827
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    manfaat dari teknik Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”:

    Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP” merupakan topik yang relevan dengan kehidupan siswa. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.
    Membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan menulis bahasa Inggris. Topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP” dapat memberikan siswa banyak kesempatan untuk berlatih menulis bahasa Inggris. Siswa dapat belajar bagaimana menyusun ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam bahasa Inggris.
    Membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia. Topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP” dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif tentang berbagai topik yang relevan dengan dunia. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia.

  9. Nama : Upik Erdawati S Sianu
    NIM : 501413224
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Kendari

    Dalam mengembangkan kompetensi menulis karangan peserta didik dalam bahasa inggris dapat dilakukan guru dengan menampilkan video dan outline kepada peserta didik. Tetapi jika guru belum memiliki sarana video maka bisa menggunakan poster dan suara cerita dari guru itu sendiri sehingga dapat memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik dalam membuat essay pendek.

  10. Untuk mengatasi kesulitan guru dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik dalam menulis atau membuat essay pendek, guru dapat menyajikan contoh video dan artikel mengenai topik yang akan ditulis, seperti hobby, serta memberikan sesi guided writing sebelum meminta peserta didik untuk membuat essay pendek. Dengan memberikan contoh konkret dan panduan langkah demi langkah, peserta didik akan lebih mudah memahami cara membuat essay pendek. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan lagu sebagai media pembelajaran, karena lagu dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan pendekatan yang menarik dan beragam, guru dapat membantu peserta didik dalam memahami dan menguasai keterampilan menulis essay pendek dengan lebih efektif.

Leave a Reply