Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut.

Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara pengucapan. Selain itu, diberikan pula cara lain mengajarkan pengucapan kosa kata seperti dengan rekaman suara native speaker atau penayangan audio visual.

Video ini memberikan pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah terkait kesulitan guru dalam pronunciation beberapa kosa kata.

Permasalahan ditampilkan pada awal video dan dilanjutkan dengan saran tentang bagaimana guru mempersiapkan diri dengan berlatih terlebih dahulu.

Juga ditampilkan bagaimana guru dapat memanfaatkan rekaman audio/audio video penutur Bahasa Inggris mengucapkan kosa kata dengan benar.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

57 Comments

  1. NAMA : DIAN RUSMAILI
    NIM : 501332924
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar

    Pepatah bahwa Guru adalah penggalan dari digugu dan ditiru, mengandung makna bahwa perkataan guru dapat dipertanggungjawabkan sedangkan sikapnya dapat dijadikan tauladan. Namun dalam video pembelajaran bahasa Inggris SMP di atas yang kita ambil kaitannya dengan pepatah adalah pelafalan atau bagaimana cara pengucapan kata-kata tersebut. Penggunaan media audio visual merupakan opsi kedua setelah penggunaan median native speaker yang dalam hal ini guru bahasa Inggris ditekankan untuk menguasai terlebih dahulu dalam pelafalan karena pasti akan diingat dan ditiru oleh siswa. Mendatangkan maupun mendatangi native speaker di masa sekarang mungkin lebih mudah dengan adanya teknologi informasi, namun peran guru juga berpengaruh besar sebagai role model awal. Guru sebagai fasilitator memungkinkan untuk menyediakan media audio visual, native speaker melalui media sosial dapat pula dijadikan alternatif untuk pembelajaran bahasa Inggris, khususnya di pronunciation.

  2. NAMA : NURINA RACHMALIAH
    NIM : 501202159
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT JAKARTA

    Pada video terlihat seorang guru Bahasa Inggris yang salah dalam pengucapan kata yang salah. Setelah disadari guru, kemudian pemecahan masalah yang dilakukannya adalah dengan berlatih sebelum mengajar. Dengan persiapan yang matang, maka pembelajaran akan lebih optimal dan tepat sasaran pada tujuan pembelajaran. Persiapan yang dapat dilakukan guru salah satunya dengan mendengarkan penutur asli (native speaker) atau berlatih pengucapannya didepan kaca cermin atau bersama dengan teman rumpun pelajaran yang sama.

  3. Nama : Nina Nopiana Yuda
    NIM : 501202291
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Jakarta

    Video yang berjudul “Practices Make Perfect” membahas strategi penyelesaian masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Di awal video, tergambar seorang guru menghadapi kesulitan dalam mengucapkan beberapa kata yang berkaitan dengan buah-buahan dan sayuran, yang mengakibatkan kesalahan dalam pengucapan.
    Pada bagian selanjutnya dari video ini, tampak bagaimana guru mempersiapkan diri sebelum mengajar dengan berlatih cara mengucapkan kata-kata tersebut. Selain itu, diperlihatkan pula metode lain untuk mengajarkan pengucapan kosa kata, seperti menggunakan rekaman suara dari penutur asli atau memanfaatkan materi audio visual.

    Manfaat dari tayangan video tersebut terletak pada pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris yang melibatkan pengajaran pengucapan kata-kata melalui rekaman suara penutur asli atau presentasi visual. Pendekatan ini tidak hanya membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga mendukung peningkatan daya ingat dan pemahaman kosakata secara lebih efektif. Metode pembelajaran Bahasa Inggris seperti ini juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan pengucapan, pemahaman budaya asing, penambahan kosakata, dan peningkatan kepercayaan diri siswa.
    Masukan dan saran: sebaiknya, guru perlu menyiapkan materi sebelum memulai kelas, dan disarankan agar guru memeriksa pengucapan dengan seksama sebelum menyampaikannya langsung kepada siswa.

  4. Nama : Zaitun Erniwati, S.Pd
    NIM : 501312875
    PRODI : Magister Pendidikan Guru Dasar
    UPBJJ : UT-SAMARINDA

    Manfaat yang saya dapat dari video pembelajaran ini adalah Guru harus mempersiapkan diri dengan sungguh- sungguh sebelum materi pembelajaran yang akan di ajarkan dimulai serta bagaimana mengucapkan bahasa Inggis dengan baik dan benar, sebab sebagai model yang akan ditiru oleh siswa. Penggunaan media audio seperti Rekaman suara dari Nature Speaker sangat membantu dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Dengan mendengarkan langsung pengucapan kata-kata yang di pelajari akan mempermudah siswa dalam pengucapan dan pemahaman arti kata dari materi yang di pelajari tersebut.

    Saran untuk video pembelajaran ini, guru dalam melatih pengucapan bahasa inggris tidak harus berlatih di depan cermin. Guru dapat berinteraksi dengan teman sejawat melalui dialog agar lebih lancar pengucapan bahasa inggris dengan baik dan benar.

  5. Nama : Zaitun Erniwati, S.Pd
    NIM : 501312875
    PRODI : Magister Pendidikan Guru Dasar
    UPBJJ : UT-SAMARINDA.

    -Manfaat yang saya dapat dari video pembelajaran ini adalah
    Guru harus mempersiapkan diri dengan sungguh- sungguh sebelum materi pembelajaran yang akan di ajarkan dimulai serta bagaimana mengucapkan bahasa Inggis dengan baik dan benar, sebab sebagai model yang akan ditiru oleh siswa. Penggunaan media audio seperti Rekaman suara dari Nature Speaker sangat membantu dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Dengan mendengarkan langsung pengucapan kata-kata yang di pelajari akan mempermudah siswa dalam pengucapan dan pemahaman arti kata dari materi yang di pelajari tersebut.

    -Saran untuk video pembelajaran ini, guru dalam melatih pengucapan bahasa inggris tidak harus berlatih di depan cermin. Guru dapat berinteraksi dengan teman sejawat melalui dialog agar lebih lancar pengucapan bahasa inggris dengan baik dan benar.

  6. NAMA : IQBAL TAWAKKAL, S.Pd
    NIM : 501333023
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Setelah menyaksikan video diatas, dapat disimpulkan bahwa guru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar perlu mempersiapkan diri secara matang. Bagi guru bahasa inggris jika salah dalam pengucapan maka akan berdampak langsung pada siswa. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan guru sebelum memulai pembelajaran yakni:
    1. Guru perlu merencanakan dengan cermat aktivitas pembelajaran, materi yang akan diajarkan dan strategi yang efektif
    2. Guru perlu menyesuaikan materi dan pendekatan pengajaran dengan tingkat pemahaman siswa
    3. Guru perlu membuat tujuan pembelajaran yang jelas dan terarah sehingga siswa memiliki pemahaman yang jelas setelah pembelajaran selesai

    Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengamati video pembelajaran “Practices Make Perfect”:
    1. Memahami pentingnya persiapan yang matang sebelum memulai pembelajaran, termasuk strategi yang akan digunakan, media pembelajaran yang akan dipakai, dan penguasaan materi yang akan disampaikan
    2. Mengetahui cara guru dapat memanfaatkan rekaman audio atau video penutur asli Bahasa Inggris untuk membantu dalam pengucapan kata-kata dengan benar
    3. Memahami pentingnya keterlibatan aktif guru dalam memastikan apakah siswa mengerti cara membaca atau mengucapkan kata-kata dengan benar
    4. Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kebanggaan siswa ketika mereka mengungkapkan pendapat mereka
    5. Memahami bahwa guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan siswa, yang merupakan salah satu tugas penting seorang guru.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh nyata dari pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, serta memberikan wawasan yang berguna bagi para pendidik dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih efektif

  7. NAMA : IQBAL TAWAKKAL, S.Pd
    NIM : 501333023
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Setelah menyaksikan video diatas, dapat disimpulkan bahwa guru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar perlu mempersiapkan diri secara matang. Bagi guru bahasa inggris jika salah dalam pengucapan maka akan berdampak langsung pada siswa. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan guru sebelum memulai pembelajaran yakni:
    1. Guru perlu merencanakan dengan cermat aktivitas pembelajaran, materi yang akan diajarkan dan strategi yang efektif
    2. Guru perlu menyesuaikan materi dan pendekatan pengajaran dengan tingkat pemahaman siswa
    3. Guru perlu membuat tujuan pembelajaran yang jelas dan terarah sehingga siswa memiliki pemahaman yang jelas setelah pembelajaran selesai.

    Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengamati video pembelajaran “Practices Make Perfect”:
    1. Memahami pentingnya persiapan yang matang sebelum memulai pembelajaran, termasuk strategi yang akan digunakan, media pembelajaran yang akan dipakai, dan penguasaan materi yang akan disampaikan
    2. Mengetahui cara guru dapat memanfaatkan rekaman audio atau video penutur asli Bahasa Inggris untuk membantu dalam pengucapan kata-kata dengan benar
    3. Memahami pentingnya keterlibatan aktif guru dalam memastikan apakah siswa mengerti cara membaca atau mengucapkan kata-kata dengan benar
    4. Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kebanggaan siswa ketika mereka mengungkapkan pendapat mereka
    5. Memahami bahwa guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan siswa, yang merupakan salah satu tugas penting seorang guru.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh nyata dari pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, serta memberikan wawasan yang berguna bagi para pendidik dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih efektif

  8. Nama: Eko Wahyudin
    NIM : 501172902
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar – UT Palembang

    Setelah mengamati video tersebut, manfaat yang didapat adalah:
    1. guru harus mengusai materi pembelajaran mempersiapkannya seungguh-sungguh, terkait bahasa inggris pengucapan kalimat harus sesuai dengan ketentuan.
    2. guru harus senantiasa selalu belajar dan memperbaiki diri meningkatkan kualitas dan kecakapan
    3. guru harus mampu mencari cara yang beraneka ragam agar pesrta didik mampu memahami materi yang diajarkan, dalam video tersebut guru menggunakan audio dan video untuk melatih pengucapan yang benar.
    4. Setiap permaslahan dalam proses belajar mengajar akan selalu ada alternatif penyelesaian permaslahan tersebut.

    dalam video tersebut, peserta didik hanya sebatas mendengarkan belum mencoba untuk ikut mengucapkan atau berbicara.

  9. Nama: Salmiyani
    Nim: 501172887
    UPBJJ: UT Palembang
    Manfaat yang saya dapat dari video pembelajaran ini adalah Guru harus mempersiapkan diri dengan sungguh- sungguh sebelum materi pembelajaran yang akan di ajarkan dimulai serta bagaimana mengucapkan bahasa Inggis dengan baik dan benar, sebab sebagai model yang akan ditiru oleh siswa. Penggunaan media audio seperti Rekaman suara dari Nature Speaker sangat membantu dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Dengan mendengarkan langsung pengucapan kata-kata yang di pelajari akan mempermudah siswa dalam pengucapan dan pemahaman arti kata dari materi yang di pelajari tersebut.

  10. Nama: Ika Widyyatun Ni’ amah
    NIM : 501263203
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Setelah menyimak tayangan dalam video ini, dapat kami petik manfaatnya bahwa sebagai guru, harus mempersiapkan materi dan cara penyampaian materi kepada siswa dengan baik. Apa yang disampaikan guru sedikit banyak akan membekas dibenak siswa, apabila yang disampaikan guru keliru, maka yang dipahami siswa juga akan keliru. Jadi guru harus berhati-hati dalam menyampaikan informasi kepada siswa. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, guru dapat mempelajari materi terlebih dahulu, mencari referensi yang mendukung, atau menyiapkan media untuk membantu menyampaikan materi dengan lebih bermakna. Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan alat bantu audio ataupun video dari native speaker dapat melatih keterampilan listening dan speaking siswa. Selain itu, siswa dapat mengulang untuk menyimak audio atau video tersebut untuk berlatih, sehingga practice makes perfect bukan hanya untuk guru, tapi juga untuk siswa.

Leave a Reply