silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. Nama :RIZAL ALDIN BATUBARA
    Nim : 856028109
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar: Tebing Tinggi
    Sesuai Pengamatan saya,Guru tersebut sudah dapat memahami materi dengan jelas dan baik dalam menyampaikan materi . Guru juga sudah menyampaikan pembelajaran dengan langsung menggunakan alat peraga yang ada di sekitarnya dan tujuannya nanti akan mudah difahami oleh peserta didik untuk melihat atau mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh murid dengan murid dan pensil dengan buku. sebagian siswa pun sangat memahami penjealasan tentang tema yang di sampaikan oleh guru akan tetapi sebagian lagi ada yag masih tidak fokus pada penjelasan guru karena asik bermain dengan teman.

    KELEBIHANNYA adalah tidak memulai pengajaran dengan berdoa , tidak mengabsen kehadiran siswa, cara penyampaian materi yang sangat jelas dengan menggunakan media nyata yang ada di sekitar. guru juga mampu memberikan umpan balik sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

    KELEMAHANNYA adalah guru masih kurang memeperhatikan siswa yang tidak fokus dalam belajar dan guru tidak melakukan kegiatan penutup.

    RENCANA PERBAIKAN ,Menurut saya agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat dalam belajar.

  2. Nama : Mahadi Pratama
    NIM : 856758719
    Prodi : S1-PGSD
    Tujuan : Pemenuhan Tugas PKM

    Reaksi siswa pada saat pembelajaran ialah siswa sangat aktif,serta cepat tanggap pada saat proses pembelajaran.
    Respon aktif siswa pada saat guru menjelaskan saat berjalan nya pembelajaran dimulai,sangat ceria menanggapi pada saat guru memberikan penjelasan pembelajaran tsb.
    Siswa selalu cepat tanggap didalam penyebutan benda berat dan ringan.
    Siswa sangat gembira sekali pada saat guru beberapa kali menunjuk mereka untuk maju kedepan mempraktekkan pembelajaran berat benda.

    Kelebihan pada saat Pembelajaran yaitu :

    1.Guru memakai alat peraga
    2.Guru menjelaskan dengan menyenangkan
    3.Guru memberikan suatu tantangan kepada siswanya
    4.Guru menggunakan metode yang tepat
    5.Guru mengapresiasi siswanya pada saat Praktek selesai
    6.Guru menggunakan teknik PAKEM
    7.Guru sangat bagus dalam kegiatan inti

    Kelemahan pada saat pembelajaran ialah

    1.Guru tidak menggunakan media pembelajaran teknologi
    2.Minimnya Fasilitas dan alat media
    3.Guru tidak menggunakan pendahuluan seperti salam,dan tujuan pembelajaran.

    Hal yang unik pada proses pembelajaran yaitu :

    1.Guru menggunakan media anak cepat tanggap serta aktif mengikuti nya
    2.Guru memberikan tantangan ke siswanya untuk membedakan berat benda
    3.Guru memberikan pertanyaan ke siswanya.

    Upaya yang perlu dilakukan ialah

    a.Mengevaluasi pada saat pendahuluan sebaiknya ada selama proses pembelajaran berlangsung karena mengecek kesiapan siswa dalam belajar serta siswa mengetahui apa tujuan pembelajaran tsb dimulai
    b.sebaiknya guru harus lebih bervariasi memberikan solusi agar kelasnya tidak jenuh dalam proses KBM
    c.sebaiknya guru memberikan dampak positif dalam kegiatan KBM berlangsung seperti bernyanyi,bermain peran agar diselang belajar adanya sesi yang menyenangkan.

Leave a Reply