silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

159 Comments

  1. Nama: Erlita S Sinirian
    NIM: 859517767

    Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban (respon) dari peserta didik.
    Setelah menonton video tersebut, menurut saya guru sudah menunjukkan keterampipan bertanya dalam pembelajaran yang dibuktikan dengan keaktifan dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, dengan baik yang didukung dengan penggunan barang yg nyata dan pengpaian konsep materi berat benda yang sangat baik sehingga peserta didik mudah memahami materi tersebut. Terima kasih atas video ini yang membuat saya terinspirasi aga lebih kreatif lagi dalam menggunakan ketrampilan bertanya di kelas.
    Dan pastikan di semua metode dan strategi yang kita terapkan di kelas pastilah tidak bisa sesempurna teori yang ada, tetapi semua guru bisa menerapkan yang ada dengan tepat.

  2. NAMA : FITRI LESTARI
    NIM : 859517591
    SEMESTER : 6
    POKJAR : KALIDERES
    UPBJJ : JAKARTA

    Dari video pembelajaran di atas, guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan botol,buku,penggaris serta alat-alat yang dibawa siswa untuk dipraktekkan.
    Dalam pembelajaran juga ibu guru sudah berinteraksi dengan siswa dangan baik.
    Guru juga melakukan keterampilan bertanya dengan baik. Proses pembelajaran di video sudah baik.
    Antara guru dan siswa saling berinteraksi.
    Siswa juga semangat belajar serta sangat antusias dalam pembelajaran di video tersebut dengan mempraktikkan media yang ada pada siswa.
    Dari video pembelajaran tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa penerapan keterampilan bertanya di dalam kelas sangat penting agar siswa aktif.

  3. NAMA : FITRI LESTARI
    NIM : 859517591
    SEMESTER : 6
    POKJAR : KALIDERES
    UPBJJ : JAKARTA

    Setelah kita menonton video pembelajaran diatas,
    guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan botol,buku,penggaris serta alat-alat yang dibawa siswa untuk dipraktekkan.
    Dalam pembelajaran juga ibu guru sudah berinteraksi dengan siswa dangan baik.
    Guru juga melakukan keterampilan bertanya dengan baik. Proses pembelajaran di video sudah baik.
    Antara guru dan siswa saling berinteraksi.
    Siswa juga semangat belajar serta sangat antusias dalam pembelajaran di video tersebut dengan mempraktikkan media yang ada pada siswa.
    Dalam video tersebut kita bisa lihat bahwa penerapan keterampilan bertanya oleh guru didalam kelas sangat penting agar siswa aktif dalam belajar.

  4. NAMA : FAJRI FADILLAH
    NIM : 856982245
    UPBJJ/POKJAR : BANDAR LAMPUNG/Bumiratu Nuban

    Setelah saya melihat dan kemudian saya amati video dalam pembelajaran tersebut, disini saya berpendapat bahwa dalam video tersebut untuk penyampaian dalam kegiatan materi sudah baik dan sudah dapat menguasai kelas sehingga para siswa menjadi lebih aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dalam pembelajaran tersebut seorang guru juga sudah dapat memanfaatkan suatu alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya sehingga akan lebih menaikan minat belajar para siswanya.
    Untuk pertanyaan-pertanyaan dalam video ini sudah sangat bias untuk membantu kita sebagai seorang guru untuk lebih memahami cara terbaik yang mendukung mendukung siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, baik melalui pengajaran yang berbeda atau melalui lingkungan belajar yang disesuaikan, para siswa di video diatas tersebut juga sudah lebih berani untuk mengungkapkan pendapatnya, ketertarikan dan ketidakpahaman mereka melalui pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan oleh guru.
    Dalam video diatas tersebut sudah terlihat dimana guru tersebut juga sudah memberikan pertanyaan yang mudah dipahami oleh para siswa serta sudah memberikan penjelasan-penjelasan yang sederhana yang mana akan lebih mudah dipahami atau ditangkap oleh siswa.
    Untuk Kelemahan guru dalam video diatas tersebut untuk pembelajaran ini yaitu tidak adanya kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik tersebut, yang mana seharusnya baiknya suatu pembelajaran diawali dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu.
    Untuk kelebihan guru tersebut dalam menyampaikan pembelajaran yaitu dalam penyampaian materinya sudah sangat jelas dan sudah disertai alat peraga yang mendukung penyampaian pembelajaran yang sangat bias menjadi acuan meningkatnya keaktivan minat belajar siswanya.

  5. Nama : Ayu Pebrianti
    Nim. : 858071611
    Makul : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar. : Mempawah

    Dalam video pembelajaran yang saya amati yaitu pelajaran IPA dengan topik ” Penerapan Keterampilan Bertanya dikelas”
    1. Mengenai reaksi siswa dalam video pembelajaran yang dilakukan guru , terlihat anak -anak lebih antusias sekali dalam belajar , dan mereka terlihat ceria dalam menyambut pelajaran.
    2. Adapun kekurangan yang dimiliki guru dalam video pembelajaran tersebut adalah , yang saya amati terdengar suara guru saat berbicara di awal-awal pembelajaran sedikit terbata -bata. Dan seperti kelihatan guru sedikit terburu-buru.
    3. Adapun kelebihan pembelajaran dalam video , jika dilihat dari semangat guru tersebut sangat antusias sekali , suara dalam berbicara cukup lantang dan bersemangat. Sehingga dapat membawa suasana kelas lebih hidup, dan siswa pun ikut bersemangat mengikuti pembelajaran, karena terlihat dalam video anak-anak antusias sekali dalam belajar.
    4. Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut adalah , guru banyak menggunakan media pembelajaran yang cukup menarik.
    5. Dari keseluruhan terkait kelemahan dan kelebihan yang dimiliki, perlu untuk lebih merancang pembelajaran lebih rapi , dengan dibantu RPP yang ada, agar proses pembelajaran lebih tertata lagi .

  6. NAMA : NURLAELAH
    NIM :859175269
    Setelah saya melihat video kemudian saya amati, guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, dalam pembelajaran juga ibu guru sudah berinteraksi dengan baik dengan siswa, materi sudah baik dan sudah dapat menguasai kelas dengan baik sehingga para siswa menjadi lebih aktif dalam ketrampilan bertanya maupun menjawab. ibu guru juga sudah dapat memanfaatkan suatu alat peraga berupa benda benda sederhana yang ada di sekitarnya. dalam video juga sudah terlihat guru tersebut sudah memberikan pertanyaan yang mudah dipahami oleh para siswa.
    Kelemahannya tidak adanya kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, sebaiknya suatu pembelajaran diawali dengan kegiatan pendahuluan pembelajaran.
    Dari video pembelajaran dapat di simpulkan antara guru dan siswa sudah saling berinteraksi, penerapan ketrampilan bertanya di dalam kelas sangat penting untuk meningkatkan keaktivan minat belajar siswa.

  7. Nama : Rifqiyah Ayu M
    Nim : 857697535
    Semester : 8
    Mata kuliah : pkp
    UPBJJ : Semarang
    Pokjar : Kedungwuni

    Assalamualaikum
    Ijin menyampaikn pendapat

    Menurut saya video diatas telah memenuhi syarat pembelajaran sudh bagus guru dalam menguasai kelas dan menyampaikan pembelajaran.

    Pembelajaran dimulai dengan salam pembuka, penyampaian materi yang akan dipeljari
    Guru tersebut juga menggunakan media benda-benda konkret yang ada di sekitar.
    Guru memotivasi siswa dan mengajak siswa berperan aktiv dalam pembelajaran.
    Semua siswa nampak mengikuti pembeljaran dengan seksama.

  8. Nama : Chika Wulandari
    NIM : 857571315
    UPBJJ : Purwokerto
    Pokjar : Kedungreja

    Dalam video pembelajaran mapel IPA dengan topik ” Penerapan Keterampilan Bertanya dikelas”, saya menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan dari pembelajaran tersebut.
    1. Kelemahan
    – Pembelajaran tidak di awali dengan kegiatan pembuka terlebih dahulu seperti salam, mengecek kehadiran siswa, dan apersepsi
    – Tidak ada ice breaking sama sekali yang mengakibatkan siswa jenuh di awal video
    – Penjelasan di awal terlalu bertele-tele dan dijelaskan dengan terbata-bata sehingga ada anak yang merasa bosan

    2. Kelebihan
    – Guru sudah menggunakan media, dan metode yang tepat dan sesuai dengan umur siswa
    – Penjelasan guru ketika sudah menggunakan media pembelajaran lebih tertata dan mudah dipahami anak
    – Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran

  9. nama : jaeani syaid arya gunawan
    nim : 857325245
    smt : 8
    mt : pemantapan kemampuan profesional (PKP)

    setelah saya mengamati video pembelajaran yang ditampilkan pada layar guru pintar online. disini saya berpendapat bahawa dalam video tersebut sangat baik. penyampainya terstruktur, rapih, intonasinya dan materinya sangat menyenangkan untuk anak. ketika materi apapun yang dikemas dengan baik dan penuh perencaan di lengkapi dengan model pembelajaran yang kreatif akan membuat siswa fokus, aktif,inovatif dan interaktif. kelas pun menjadi materi yang disampaikan menjadi mudah di pahami oleh siswa. Namun setiap model pembelajaran memiliki kekurangan yang harus kita sadari, guru akan lebih ekstra mempersiapkan pembelajaran dan media yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Butuh kesungguhan dan motivasi utuk guru tersebut agar perencaannya berjalan dengan baik.

Leave a Reply