silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

373 Comments

  1. Nama: Zakiah Marpaung
    Nim : 855857924
    Pokjar : Asahan

    Menurut saya, yang saya lihat dari video diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihan dari video tersebut.
    kelemahan nya ialah :
    (-) Tidak adanya apersepsi, doa, salam, absensi, dan tujuan pembelajaran
    (-) Guru masih meggunakan pembelajaran konvensional. Jadi siswa kurang aktif bertanya
    (-) Tidak adanya refleksi dan kesimpulan pembelajaran oleh guru

    kelebihannya ialah :
    1. Guru tetap melibatkan siswa dalam pembelajaran.
    2. Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa alat berupa gambar yaitu Atlas.

  2. Nama : Nella Monica Gultom
    NIM : 856057052
    Pokjar/UPBJJ : Tapteng
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan metode tanya jawab dilakukan sehingga siswa dapat memberikan pendapatnya. Sayangnya video pembelajaran tersebut tidak menyeluruh dari kegiatan pembuka sampai kegiatan penutup sehingga terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut seperti tidak adanya kegiatan pembuka, pengecekan kehadiran siswa, teknik mengajar menggunakan metode ceramah saat awal penjelasan pada materi tersebut kurang efektif karena menggunakan contoh kenampakan alam dari luar negeri. Seharusnya guru dapat memberikan contoh kenampakan alam sekitar yang pernah dilihat atau dilewati oleh siswa dimana hal tersebut lebih bermakna.

  3. NAMA : DWI SEPTIYA NINGRUM
    NIM. : 858566964

    a.Analisis reaksi siswa terhadap pembelajaran di video

    Dalam video tersebut sebenarnya suasana pembelajaran sudah kondusif dan siswa juga antusias dalam menjawab pertanyaan dari guru. Namun dalam menjawab pertanyan agar ditambah waktunya karena terdapat beberapa siswa yang belum selesai menulis kemudian guru sudah bertanya jawaban pada siswa.

    b. Analisis kelemahan guru saat pembelajaran berlangsung

    Dalam video tersebut saat awal kegiatan pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak mengajak do’a siswa, kemudian tidak menanyakan kabar siswa, serta tidak melakukan absensi. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menjelaskan terlebih dahulu terkait materi yang disampaikan, melainkan langsung menunjukkan gambar kemudian langsung memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa disuruh untuk berpikir sendiri. Sehingga ada beberapa siswa yang belum paham.

    c. Analisis hal menarik selama pembelajaran

    Dalam video tersebut guru sudah baik karena dalam pembelajaran tersebut terdapat tanya jawab dan membuat siswa aktif dalam belajar. Misalnya dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dengan menyuruh untuk bercerita.

    d. Saran dan tindak lanjut

    Untuk saran dari video tersebut, sebaiknya jika guru tersebut saat menunjukkan contoh materi untuk tema kenampakan alam seharusnya terlebih dahulu yang ada disekitar siswa. Karena jika misalnya siswa disuruh mengamati kenampakan alam di negara Mesir, maka siswa masing asing mendengarkan. Sehingga dapat diganti dengan kenampakan disekitar siswa

Leave a Reply