silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran.

Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran.

Muchtar M Noor

Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan benda nyata serta jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut. Konsep yang ditanyakan oleh guru tersebut sangat sulit dijawab siswa, bahkan mungkin oleh siswa SMA sekalipun, jika didasarkan pada peragaan tersebut yang memang tidak memberikan ide atau gambaran tentang jarak yang ditanyakan. Dalam video ini, pertanyaan tersebut berusaha dijawab melalui penjelasan langsung dari guru dan kerja kelompok di antara para siswa.

Dalam video ini, para siswa kurang mendapat penjelasan konsep dari guru terkait dengan jarak. Penjelasan guru yang diberikan kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja juga kurang mampu menunjukkan bagaimana hasil pencerminan itu diperoleh dan mengapa seperti itu hasilnya. Guru di akhir kegiatan tidak memberikan konfirmasi atau penekanan konsep yang tepat, khususnya jawaban terhadap pertanyaan di awal pembelajaran. Apakah jarak tersebut sama?

Dilihat dari aspek pembelajaran, tampak bahwa guru mengarahkan agar siswa bekerja secara kelompok, tapi sayang tidak tergambar secara jelas, bagaimana masing-masing siswa dalam kelompoknya sampai pada pemahaman konsep melalui diskusi kelompok yang intensif. Peran guru justru lebih dominan dalam meminta siswa dalam kelompok siswa untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kira-kira bayangan dari esbuah benda jika dicerminkan. Tidak digarisbawahi bagaimana jarak antara titik sudut atau sisi dan cermin serta perbandingannya dengan jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut.

Dalam video ini ada gambaran bahwa guru memberi penjelasan di saat siswa dalam posisi duduk berkelompok, suatu setting kelas yang sebaiknya dihindari, karena bisa mengakibatkan siswa sakit pinggang atau sakit leher. Sebaiknya guru menjelaskan di depan kelas saat siswa semuanya duduk biasa menghadap ke depan dan tidak dalam posisi membelakangi guru. Di saat mereka diskusi kelompok guru sebaiknya ikut terlibat diskusi di dalam kelompok.

Prof. H. Yahya Kusumah (UPI Bandung)

Langkah yang dilakukan guru diawal pembelajaran dengan memperagakan beberapa benda didepan cermin sudah benar. Namun pertanyaan yang diajukan cukup membingungkan sehingga siswa sulit menjawab pertanyaan. Mungkin guru dapat bertanya langsung mengenai jarak benda didepan cermin datar sehingga jawabannya akan sama dengan bayangannya.

Guru juga sudah benar menggunakkan alat peraga mistar sebagai cermin dan benda-benda yang ada dikelas sebagai objek untuk menunjukan jarak dan hasil pencerminan. Namun peragaan tersebut masih membingungkan siswa karena pada akhirnya siswa akan menebak-nebak jarak tersebut. Contoh lain alat peraga yang dapat dilakukan guru untuk memudahkan siswa memahami pencerminan adalah dengan menggunakan kertas yang dilipat. Dengan menggunakan lipatan kertas sebagai cermin akan memudahkan siswa untuk menentukan jarak cermin dan hasil pencerminan dengan benar.

Enih Wihenih (Guru SDN Citimun II Sumedang)


1. Dalam pembukaan guru sudah melaksanakan konsep pencerminan.

2. Media yang digunakan cukup membantu dan mudah.

3. Kesesuaian materi dan kurikulium.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

59 Comments

  1. Nama : RINI MONALISA SIGALINGGING
    NIM : 856035641
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ ; MEDAN
    Setelah saya melihat video tentang ” Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar” Menurut pendapat saya,pada awal pembelajaran sebaiknya guru memberi salam, menanyakan kabar dan menanyakan kesiapan siswa sebelum belajar.Sebelum masuk materi inti sebaiknya guru mengingatkan pembelajaran yang telah lalu dan menjelaskan pembelajaran yang akan dilalui.Sebelumnya guru menjelaskan dahulu tentang konsep pencerminan,baru setelah itu ke praktek dan contoh pencerminan sehingga siswa paham dengan materi pembelajaran.Untuk media pembelajaran sudah bagus, tetapi perlu ditambah lagi dengan video pembelajaran pencerminan.Sehingga siswa tidak bingung, dengan banyak menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih memahami tentang konsep pencerminan.Sebaiknya setiap kelompok menggunakan cermin agar siswa lebih paham dan dapat merasakan langsung apa yang dimaksud dengan sifat-sifat pencerminan.

  2. Nama:Randa nurfrida simbolon
    Nim : 856056939

    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, video pembelajaran tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    terlihat guru menyampaikan materi yang kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswanya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
    Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya mempunyai strategi dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
    Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.

  3. Di dalam video tersebut banyak kekurangan dalam pembelajaran tersebut, seperti hal nya dalam pembukaan sebelum kelas dimulai alangkah baiknya melakukan kegiatan yang memotivasi peserta didik agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran berlangsung.
    Dan dalam video tersebut juga para siswa kurang mendapat penjelasan konsep terkait dengan jarak, dan diakhir pembelajaran pun guru tidak memberikan konfirmasi/mengulas Kembali materi tersebut.
    Sehingga para peserta didik masih terlohat bingung pertanyaan diawal pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut, mereka tidak menerima jawaban yang pasti.

  4. Nama : NISA ADDINI
    Nim : 856023582
    Prodi : S1-PGSD
    Judul : SISWA KURANG MENGUASAI KONSEP PENCERMINAN BANGUN DATAR.

    Yang dapat saya tanggapi dari video pembelajaran ini, yang dimana ibu guru mengajar dengan baik serta intonasi yang cukup jelas. Dan disini ibu guru membawakan materi tentang Pencerminan bangun ruang.
    Ibu guru juga sudah menjelaskan materi tersebut dengan baik dengan menggunakan alat peraga sehingga siswa/i dapat memahami materi yang dibawakan oleh ibu guru.
    Dan ibu guru juga membuat metode diskusi dengan murid yang lain, apabila siswa yang satu tidak mengerti pelajaran tersebut, maka ada temanya yang bisa mengajari teman yang kurang faham dengan materi tersebut. maka dari itu kita perlu metode Diskusi dan Tanya jawab ini untuk di terapkan di dalam kelas.
    Dan kan tetapi ibu guru tidak melakukan Apersepsi, seperti membahas pelajaran yang lalu dan tidak ada meriksa kehadiran kelas.
    Hanya ini dari saya, Terimah kasih:)🤗

  5. Nama : Okeh Kristina Noviyanti
    Nim : 856472365
    Prodi : S1 – PGSD
    Pokjar : Dumai
    Menurut saya, video pembelajaran diatas belum terlalu lengkap karna tidak ada kegiatan pembuka, misalnya di awali dengan doa. Guru tersebut langsung masuk ke kegiatan inti, serta penutup. Guru tersebut memberikan evaluasi atau tes, kemudian guru tersebut membentuk suatu kelompok belajar agar siswa siswi mempraktekkan kembali apa yg sudah dilihat dan dipelajari.
    Dengan adanya metode diskusi berkelompok memudahkan siswa belajar. Jika ada siswa yang belum paham, teman nya akan membantu.

  6. Nama : Nur Ayu
    Nim : 855864571
    Prodi :S1-PGSD

    Menurut saya tentang video ini blum lengkap dengan adanya pembukaan salam. Lalu menanya murid apa kabar, apakah anak anak semuanya sehat.
    Menurut saya tentang video itu sudah sangat jelas dengan adanya alat alat peraga yang di siapkan oleh gurunya. Dan disini guru membawakan materi pencerminan bagun ruang.
    Bagi say ini sudah sangat jelas karena ibu guru pakai salat untuk menunjukkan kepada anak-anak didiknya

  7. Nama: Shinta Ningrum Handayani
    Nim: 856995109
    Prodi: tulang bawang udik

    Saya akan menanggapi video pembelajaran “SISWA KURANG MENGUASAI KONSEP PENCERMINAN BANGUN DATAR” di dalam video di atas guru belum melakukan kegiatan awal dengan memberikan salam, menanyakan kabar dan menanyakan kesiapan siswa dalam belajar. Dan pada saat pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan guru di depan .tetapi Ibu guru sudah menjelaskan materi tersebut dengan menggunakan alat peraga sehingga siswa dapat memahami pembelajaran cermin bangun datar
    Dan guru tidak memberikan apresiasi, seperti membahas pelajaran yang lalu dan tidak membahas pelajaran yang akan datang..
    Terimakasih

  8. Nama : Repaldo Asriandi
    Nim : 856589783
    Pokjar : kerinci Jambi
    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, video pembelajaran tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    terlihat guru menyampaikan materi yang kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswanya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
    Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya mempunyai strategi dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
    Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.

    Setelah saya melihat video tentang ” Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar”
    solusi dari saya :
    Menurut pendapat saya,pada awal pembelajaran sebaiknya guru memberi salam, menanyakan kabar dan menanyakan kesiapan siswa sebelum belajar.Sebelum masuk materi inti sebaiknya guru mengingatkan pembelajaran yang telah lalu dan menjelaskan pembelajaran yang akan dilalui.Sebelumnya guru menjelaskan dahulu tentang konsep pencerminan,baru setelah itu ke praktek dan contoh pencerminan sehingga siswa paham dengan materi pembelajaran.Untuk media pembelajaran sudah bagus, tetapi perlu ditambah lagi dengan video pembelajaran pencerminan.Sehingga siswa tidak bingung, dengan banyak menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih memahami tentang konsep pencerminan.Sebaiknya setiap kelompok menggunakan cermin agar siswa lebih paham dan dapat merasakan langsung apa yang dimaksud dengan sifat-sifat pencerminan.

  9. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Dalam vidio tentang guru yang mengajarkan tentang pencerminan,guru belum melakukannya dengan baik,seperti penjelasan yang terlalu singkat dan guru juga tidak memberikan respon/apresiasi kepada siswa.Solusi agar siswa paham dengan apa yang guru sampaikan guru tersebut membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan temannya agar pekerjaan menjadi lebih ringan.

Leave a Reply