silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana di suatu kelas di sebuah SMA di kota kecil. Suasana kelas  kondusif. Tata letak tempat duduk berkelompok terdiri atas 4 – 5 siswa. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas XI IPS. Pembelajaran yang berlangsung adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Mengonversi Cerpen Menjadi Sebuah Puisi. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin perempuan dan guru bertindak sebagai fasilitator yang aktif membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL).

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apakah sintaks model PjBL dapat terlihat jelas dari tayangan video tersebut?
  2. Apakah sintaks pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
  3. Menurut Anda penggunaan LKS/LKPD apakah cukup membantu dalam mengonstruksikan kegiatan proyek dalam tayangan video tersebut?
  4. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan?
  5. Kesan apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran yang dirancang seperti itu oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  1.  

Similar Posts

One Comment

  1. Nama : Risky Herlian
    NIM : 031351846
    Prodi : Pendidikan Bahasa Indonesia

    1. Dalam pembelajaran mengubah cerpen menjadi puisi di atas sudah terlihat jelas sintaks model PBL.
    2. Dalam Sintaks pertama yaitu mengajukan pertanyaan (mengajukan permasalahan) guru sudah memberikan pertanyaan yang tepat, namun masih terkesan umum belum terlihat secara detail. Misalkan mengajukan pertanyaan, tentang apakah sudah pernah membuat puisi. atau sudahkan pernah membuat cerpen agar siswa tau perbedaan dari dua jenis karya sastra tersebut.
    3. LKPD dalam proyek konversi teks cerpen menjadi puisi dalam pembelajaran tersebut sudah tepat karena menyajikan komponen-komponen yang perlu diperhatikan dalam proyek konversi seperti pemilihan diksi, tema, rima dan lain-lain sehingga siswa mudah untuk mengerjakan.
    4. Evaluasi hasil proyek juga sudah sesuai dengan melibatkan siswa dalam diskusi dan tanggapan tentang presentasi siswa lain.
    5. Kesan saya, karena video tersebut memang tersetting melalui proses editing yang rapi, jadi pembelajaran yang disajikan memang sudah dipersiapkan dengan matang dan sesuai dengan langkah pembelajaran PBL. Video di atas perlu menjadi contoh guru-guru di seluruh Indonesia untuk mengaplikasikannya dalam kelas masing-masing tidak hanya dalam satu materi saja namun bisa diterapkan pada tema yang lain.

    salam.

Leave a Reply