silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

293 Comments

  1. Menurut saya video pembelajaran diatas sudah baik tapi alangkah baiknya guru menggunakan alat bantu dalam pembelajaran supaya anak lebih tertarik dan akan lebih memahami materi yang disampaikan

  2. Nama : Cantika Huda Maysyifa
    Nim : 857694128
    Pokjar : Semarang
    Dari video di atas, dapat di analisis bahwa :
    1. Kelebihan video
    * Pembelajaran diskusi yang aktif dan menyenangkan
    * Penggunaan media pembelajaran Yanga menarik dengan menggunakan gamabar-gambar yang akan menarik minat siswa
    * Terjadinya feedback antara guru dan siswa
    2. Kekurangan video
    – Pada kegiatan awal guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, dan berdoa.
    – Tujuan pembelajaran yang kurang jelas
    3. Saran
    Sebaiknya dalam pembelajaran guru memberikan apresia si kepada siswa, agar siswa lebih bersemangat.

  3. Nama : Nike Dwi Agustin
    NIM : 857702375
    Smt : 6
    Jurusan : PGSD-S1

    Setelah saya mengamati tayangan video di atas, menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah cukup baik.
    Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran tersebut yaitu tidak melakukan kegiatan awal, seperti membaca doa, mengabsen siswa dan menciptakan suasana belajar. Guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari itu. Akan tetapi guru langsung masuk ke materi inti.
    Dalam pembelajaran yang dilakukan, guru menjelaskan pembelajaran di depan kelas hanya menggunakan selembar kertas yang di dalamnya terdapat gambar. Penjelasan yang dilakukan guru dengan menggunakan selembar kertas didepan kelas dirasa kurang efektif, karena gambar yang ditampilkan kurang jelas bagi siswa yang duduk dibelakang. Sebaiknya guru menggunakan media berupa tayangan di proyektor maupun benda berupa jam dalam menjelaskan materi pembelajaran.
    Sebaiknya setelah pembagian kelompok, guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat dikerjakan bersama untuk dapat melatih kemampuan siswa dalam berdiskusi mencari jawaban. Setelah itu, tugas tersebut dibahas bersama dengan meminta perwakilan kelompok untuk mengerjakan jawaban di depan kelas.
    Pada bagian penutup pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan yang dapat menguji pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.
    Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam menanggapi tayangan video diatas, mohon maaf apabila terdapat kekeliruan

  4. Assalamualaikum,
    Setelah mengamati video diatas, pembelajaran dikelas 2 dengan materi jam dengan menggunakan media papan tulis dan gambar kegiatan sehari-hari.
    Menurut saya penggunaan gambar media sudah tepat namun agar memudahkan anak dalam mengamati gambar, seharusnya gambar lebih besar.
    Menggambar jam di papan tulis sangatlah tepat untuk memvisualisasikan media. Namun akan lebih menarik jika guru membuat media jam dari kertas.
    Pembelajaran dengan kelompok sangatlah tepat untuk mempermudah siswa memahami materi.
    Sekian dan terima kasih.

  5. Assalamualaikum,
    Menurut saya alangkah baiknya membuka pembelajaran dengan menyenangkan agar siswa lebih semangat Setelah mengamati video diatas, pembelajaran dikelas 2 dengan materi jam dengan menggunakan media papan tulis dan gambar kegiatan sehari-hari.
    Menurut saya penggunaan gambar media sudah tepat namun agar memudahkan anak dalam mengamati gambar, seharusnya gamabr diperbesar agar siswa lebih kelihatan pada gambar sebuah jam
    Menggambar jam di papan tulis sangatlah tepat untuk memvisualisasikan media. Namun akan lebih menarik andai guru membuat media jam dari kertas agar siswa mudah memahami
    Pembelajaran dengan kelompok sangatlah tepat untuk mempermudah siswa memahami materi.
    Sekian dan terima kasih.

  6. Assalamualaikum wr.wb 🙏
    Izin menanggapi pak/bu
    Nama : Amraida Rangkuti
    Nim : 859875425
    Pokjar: Medan

    Menurut pendapat saya dalam pembelajaran ini ada beberapa kelebihan guru tsb yaitu :

    1. Guru sudah menggunakan metode diskusi kelompok dengan melibatkan membagi siswa menjadi sub bagian kelompok – kelompok kecil agar berdiskusi
    2. Guru sudah berusaha menggunakan media sederhana berupa media gambar agar lebih menarik para siswa
    3. Guru sudah memberikan tugas individu dari hasil pembahasan saat pembelajaran yg dilakukan secara kelompok tersebut

    Walaupun didalam proses pembelajaran masih ada beberapa kekurangan yaitu :
    1. Guru belum melakukan kegiatan pendahuluan apersepsi memberi salam, doa bersama, mengabsen siswa terlebih dahulu .
    2. Guru belum menjelaskan materi terlebih dahulu tujuan dari pembelajran tetapi langsung saja membagi siswa menjadi beberapa kelompok bagian.

    Terimakasih 🙏

  7. Nama : Nurul Hidayah
    Nim : 858307723
    UPBJJ : Banjarmasin
    Pokjar : Amuntai

    Asslmu’alaikum wr wb ..
    Izin berkomentar …..

    Menurut pengamatan saya terhadap video pembelajaran “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah diatas :

    * Kegiatan awal
    Pada video pembelajaran di atas Guru tidak melakukan pendahuluan pembelajaran seperti mengucapkan salam, menginstruksi siswa berdoa, serta mengecek kehadiran siswa. Guru belum melakukan apersepsi/memotivasi untuk siswa agar membangkitkan semangat belajar anak ,serta materi sekarang tidak dikaitkan ke pelajaran sebelumnya .

    * Kegiatan Inti
    Pada kegiatan inti pembelajaran sudah sangat menarik, dengan guru memberikan arahan langsung membuat kelompok sehingga siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran. Guru juga sudah menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti menggunakan gambar jam serta media gambarnya. Keadaan tersebut membuat anak aktif karena anak diberikan kebebasan untuk mengeksplorasikan pendapatnya.

    * Kegiatan Penutup
    Pada kegiatan penutup pada video di atas guru tidak memberikan apresiasi terhadap hasil anak. Alangkah baiknya memberikan reward atau kata-kata pujian yang dapat memberikan rasa penghargaan kepada anak. Guru menyimpulkan hasil belajar serta menutup pembelajaran dengan memberikan anak pekerjaan rumah .

  8. Nama : Nurul Hidayah
    Nim : 858307723
    UPBJJ : Banjarmasin
    Pokjar : Amuntai
    Asslmu’alaikum wr wb ..
    Izin berkomentar …..
    Menurut pengamatan saya terhadap video pembelajaran “Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah diatas :
    * Kegiatan awal
    Pada video pembelajaran di atas Guru tidak melakukan pendahuluan pembelajaran seperti mengucapkan salam, menginstruksi siswa berdoa, serta mengecek kehadiran siswa. Guru belum melakukan apersepsi/memotivasi untuk siswa agar membangkitkan semangat belajar anak ,serta materi sekarang tidak dikaitkan ke pelajaran sebelumnya .
    * Kegiatan Inti
    Pada kegiatan inti pembelajaran sudah sangat menarik, dengan guru memberikan arahan langsung membuat kelompok sehingga siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran. Guru juga sudah menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti menggunakan gambar jam serta media gambarnya. Keadaan tersebut membuat anak aktif karena anak diberikan kebebasan untuk mengeksplorasikan pendapatnya.
    * Kegiatan Penutup
    Pada kegiatan penutup pada video di atas guru tidak memberikan apresiasi terhadap hasil anak. Alangkah baiknya memberikan reward atau kata-kata pujian yang dapat memberikan rasa penghargaan kepada anak. Guru menyimpulkan hasil belajar serta menutup pembelajaran dengan memberikan anak pekerjaan rumah

  9. Nama : SUSIANA KRISTIN
    Nim : 858184677
    Prodi : PGSD S1
    Pokjar : Sampit

    1 Kelebihan dalam video tersebut
    – Kegiatan awal : guru melakukan tanya jawab
    – Kegiatan inti : guru menggunakan media dan menggunakan metode diskusi kelompok
    – Kegiatan penutup : guru tidak mengapresiasi hasil kerja siswa
    2 Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut adalah :
    – Kegiatan awal : guru tidak mengucapkan salam pembuka, berdo’a, tidak menyampaikan tujuan serta
    tidak melakukan apersepsi
    – Kegiatan inti : meski menggunakan media, namun media yang digunakan kurang menarik dan
    pembagian kelompok kurang efisien, yang mana hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama
    dalam proses pembelajarannya
    – Kegiatan penutup : tidak adanya apresiasi setelah siswa melakukan kerja dengan baik, baik secara
    individu maupun kelompok, padahal hal tersebut akan sangat membuat siswa lebih bersemangat

  10. NAMA SAYA : NAFISAH AYU RODIYAH
    NIM : 858907188
    PROGRAM STUDY : S1 – PGSD
    UPBJJ : JEMBER
    Refleksi vidio pembelajaran 2 yang berjudul “Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah”

    1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Jawab: Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, anak/ siswa sudah cukup antusias menjawab pertanyaan guru, dan bisa membentuk kelompok sendiri serta maju kedepan untuk menjawab soal yang guru berikan, tetapi masih ada sebagian anak yang merasa bosan dan kurang bersemangat, hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran hanya berupa 1 lembar kertas yang berisi gambar, anak kurang jelas melihat gambar tersebut, sehingga kurang menarik motivasi belajar siswa.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab: Pada pembelajaran tersebut, guru tidak membagikan lembaran yang dijadikan media sumber belajar tersebut kepada siswa, tentunya mereka yang paling belakang kurang bisa melihat dengan jelas, seharusnya jika menggunakan metode diskusi, peserta didik juga disediakan lembaran suatu permasalah tersebut untuk di diskusikan secara berkelompok

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Guru dapat mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman keseharian siswa, seperti waktu tidur, waktu berangkat sekolah, hal itu dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran. Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, siswa juga bisa membentuk kelompoknya sendiri, anak aktif dalam mengikuti prose pembelajaran, guru juga memreview pembelajaran yang telah dilakukan dan memberikan PR kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa dalam memahami pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab: Hal yang unik yaitu siswa tersebut yaitu mereka sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang guru berikan, mereka juga dapat mengkondisikan diri mereka sendiri kedalam sebuah kelompok

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab: Pada awal pembelajaran guru seharusnya mengabsen siswa, memberikan motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Guru harus mampu memperhatikan media pembelajaran apa yang cocok untuk digunakan siswa dalam pembelajaran, untuk menghindari adanya kebosanan dalam proses belajar, bisa menggunakan media audio visual agar siswa lebih bersemangat.

Leave a Reply