silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

293 Comments

  1. Nama : Dika Ayu Rahmawati
    NIM : 858736013
    Prodi : PGSD

    Menurut saya pembelajaran ini masih belum sempurna. pada kegiatan pembuka guru hanya mendisipkan dan memberi salam, hal ini saya rasa kurang menarik dan kurang memberi motivasi di awal pembelajaran. Kemudian tujuan pembelajaran juga tidak disebutkan. pada pembelajaran ini masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan berperan pada pembelajaran ini. kemudian dibagian penutup guru juga tidak memberi refleksi ataupun kesimpulan sehingga siswa kurang mendapatkan apa yang seharusnya diperoleh.

  2. Nama : Sabrina Engeline
    NIM : 857106394
    Program studi : PGSD
    UPBJJ UT : Jakarta
    Pokjar : Kalideres

    Hasil analisis bersadarkan video yang saya simak adalah :
    1. Kelebihan
    Guru melibatkan siswa secara aktif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui kelompok kecil, melatih siswa untuk berdiskusi dan bekerja sama dengan teman kelompoknya, penggunaan media gambar pada kertas dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-berani tentang waktu.
    2. Kekurangan
    pembukaan kurang menarik, tidak melakukan ice breaking, tidak menggunakan benda-benda konkret/dua dimensi seperti jam becker/jam dinding, padahal sangat diperlukan dalam pembelajaran di kelas rendah, guru mengabaikan siswa yang asik bercanda dengen teman sebangkunya.

    terima kasih

  3. Nama : Friska Oktapiannauli
    Nim : 856457079

    Menurut Saya dalam video tersebut Guru sudah memulai dengan baik. Dimana diawali dengan kegiatan Pembuka,inti dan penutup. Tetapi dalam kegiatan Pembuka guru tidak memberikan motivasi/apersepsi kepada Peserta didik. Dari pengamatan langsung yang saya perhatikan siswa kelas rendah sangat menyukai suatu apersepsi seperti bernyanyi, tepuk tangan,menari. Dan belajar sambil bermain.

    Kekurangannya tidak ada melakukan

  4. Nama: Ruth Teresia Hutabarat
    Nim : 856046232
    Judul video: Matematika tentang waktu kelas II
    Inovasi pembelajaran di kelas rendah

    1. Reaksi beberapa siswa Tampak antusias dan fokus pada pelajaran dan mengikuti instruksi guru serta mencoba untuk memahami materi yang disampaikan dan beberapa siswa lainnya terlihat sedikit bosan atau kehilangan minat yang menunjukkan reaksi fisik seperti mengantuk, menggeliat atau terdistraksi oleh hal-hal lain di sekitar mereka dan reaksi emosional seperti jenuh, bosan maupun kebingungan dalam memahami dan mendengarkan materi yang diajarkan

    2. Kelemahan guru dalam membuka pembelajaran terlihat saat guru masuk ke dalam kelas, tampak suasana kelas kurang kondusif dan ramah, seharusnya guru terlebih dahulu melakukan pendekatan hubungan dengan siswa seperti memberi salam, menanyakan kabar siswa, memberikan motivasi awal, memeriksa kehadiran siswa, dan kurang mengadakan ice breaking untuk membangun keakraban siswa akan tetapi guru tersebut langsung memulai pembelajaran materi inti tanpa ada menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa. Lalu ketika guru selesai mengajarkan materi guru tidak memberikan umpan balik dan koreksi berupa kegiatan sendiri untuk meninjau pembelajaran bagi sebagian siswa yang tidak berkesempatan maju kedepan papan tulis dan media pembelajaran yang digunakan sebaiknya diberikan masing-masing kepada siswa agar dapat lebih memahami materi dengan jelas serta penggunaan kelompok kecil tersebut tidak begitu bermanfaat karena terlihat tidak ada kegiatan dalam kelompok. Dan terakhir guru tidak menutup kegiatan pembelajaran.

    3. Kelebihan
    a. Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, siswa juga sudah mandiri dalam membentuk kelompok sendiri tanpa bantuan guru
    b. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar.
    c. Guru memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi.
    d. Guru memberikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan segi-segi kehidupan yang praktis pada umumnya sehingga mudah dipahami.

    4.hal unik yang saya temui dalam video adalah
    a. Siswa menunjukkan ketertarikan yang tinggi pada materi yang diajarkan dengan mengangkat tangan yang khusus kepada guru
    b. Siswa berbicara dengan teman sekelas dibelakang atau disamping mereka saat merasa bosan dengan materi yang diajarkan
    c. Siswa berani tampil dan maju kedepan menjawab pertanyaan yang diberikan guru
    d. Beberapa siswa sulit berkonsentrasi sehingga terkadang mereka terdistraksi oleh hal-hal sekitar yang menarik perhatian mereka
    e. Siswa tidak dapat duduk tenang dan terus bergerak saat pelajaran berlangsung .

    5. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya
    a. Membuka pembelajaran alangkah lebih baiknya jika guru melakukan prosedur pembelajaran dengan baik, yaitu dengan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal seperti mengabsen siswa, menyiapkan dan menciptakan suasana belajar dan memberikan apersepsi sehingga dapat mendorong motivasi siswa dalam belajar
    b. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya adalah saat mengakhiri pembelajaran sebaiknya guru memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya terkait pembelajaran yang telah disampaikan dan kesalahan yang perlu diperbaiki yaitu alangkah lebih baiknya pada materi ini guru menjelaskan fungsi dan perbedaan jarum jam dengan menggunakan alat peraga JAM yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembagian kelompok yang dilakukan guru dirasa hanya membuang waktu jika salah satu dari anggota kelompok diminta untuk mengerjakan tugas dipapan tulis. Sebaiknya setelah dilakukan pembagian kelompok, guru hendaknya memberikan lembaran tugas yang dapat dikerjakan siswa secara bersama

  5. Dari vidio yang saya tonton, cara guru menyampaikan pembelajaran sangat jelas. Guru mengaitkan waktu dengan kegiatan sehari-hari, sehingga anak mengetahui waktu kegiatan yg dilakukannya sehari- hari, kemudian guru meminta anak untuk mempresentasikan hasil kelompoknya.

  6. NAMA : AYU ASIH ROYANI
    NIM : 857159022

    Menurut Saya di dalam video tersebut Guru sudah memulai dengan baik. Dimana kegiatan pembelajaran diawali dengan kegiatan Pembuka,inti dan penutup. Namun dalam kegiatan Pembuka guru tidak memberikan motivasi/apersepsi kepada Peserta didik.

  7. Nama : Meili Pusparini
    NIM : 835676248
    Judul video: Matematika tentang waktu kelas II
    Inovasi pembelajaran di kelas rendah

    Metode yang di gunakan guru kurang tepat, Guru membuka dengan membentuk kelompok yang di buat entah dengan dasar apa karena tau tau langsung saja berkelompok dan tidak terlihat kelompok itu gunanya untuk apa.
    kemudia pada awal pembelajaran tidak ada apersepsi untuk membangkitkan motivasi anak dalam belajar serta tidak ada penjelasan tujuan pembelajaran serta penjelasan bagian bagian jam yang akan di ajarkan.
    pada akhir pembelajran juga tidak ada umpan balik dan koreksi serta memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.

  8. Nama : DINA
    NIM : 837053171
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : PALANGKARAYA
    1.Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran pada video yaitu anak-anak tampak antusias dalam belajar
    2.Kelemahan guru pada video yaitu :
    a.Tidak melakukan apersepsepsi
    b.Objek gambar yang digunakan terlalu kecil sehingga anak yang dibelakang tidak jelas melihat gambar
    3.Kelebihan guru pada video yaitu :
    c.Mampu mengajak anak-anak untuk aktif
    d.Mampu menggunakan gambar dan waktu kegiatan sehingga anak-anak mudah memahami
    4.Hal-hal unik pada video yaitu saat guru menggambar jam, anak-anak sudah mampu menjawab apa yang digambar guru
    5.Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu membuka kegiatan dengan mengajak anak-anak untuk tepuk semangat agar suasana dalam kelas menjadi menyenangkan

  9. NAMA : DESI RATNA SARI
    NIM : 856502199
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : PEKANBARU

    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    jawab = ada beberapa siswa berantuasias dalam mengikuti pembelajaran akan tetapi ada pula beberapa siswa yang terlihat kurang tertarik, seperti yang terlihat didalam video tersebut ada anak yang posisi kepala nya tiduran di mejanya.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    jawab = sebaiknya guru lebih kreatif dan inovatif lagi dalam memberikan pemahaman kepada anak murid seperti mempersiapkan bahan jam (real object) sehingga murid lebih tertantang dalam mengikuti pembelajaran. Selanjutnya guru seharusnya dalam mendeskripsikan gambar harus lebih jelas dan detail lagi dan gambar yang ingin dideskripsikan itu harus lebih jelas, mudah dilihat, ukurannya lebih besar sehingga anak-anak mudah mendapatkan informasi dari deskripsi yang akan dijelaskan guru.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    jawab = kelebihan guru tersebut adalah guru tersebut telah berusaha memafaatkan media yang telah disediakan oleh sekolah, bisa memanejemen kelas dengan baik, dan dapat membuat siswa merespon perintah yang diberikan.

    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    jawab = guru hanya sedikit memberikan penjelasan atau pemahaman tentang materi jam tapi siswa langsung dapat merespon/memahami, siswa juga dapat bekerja kelompok dengan baik.

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    jawab = upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pembelajaran sesuai langkah-langkah yang ada didalam rpp atau modul ajar yaitu melakukan pembuka dulu seperti siswa dituntun untuk berdoa kemudian menyampaikan materi secara jelas sehingga siswa dapat memahami materi secara baik dan di bagian penutup siswa diberikan pertanyaan refleksi seperti bagaimana belajar materi ini hari ini serta memberikan kata-kata motivasi penyemangat belajar.

  10. Nurhaliza Zein
    858181808

    Berdasarkan video yang saya lihat menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru pada tayangan video tersebut sudah cukup baik namun alangkah baiknya ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk kedepannya. Yang pertama yakni dalam memulai pembelajaran seharusnya guru tidak langsung masuk ke materi inti namun lebih baik jika guru melakukan prosedur pembelajaran yang tepat yaitu memulai pembelajaran dengan kegiatan awal seperti mengabsen siswa, menyiapkan dan menciptakan suasana belajar dan memberikan apersepsi sehingga dapat mendorong motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan dalam video ini di kegiatan inti sudah bagus penggunaan strategi, pendekatan, metode dan evaluasi pembelajaran cukup baik sangat menarik, dengan guru memberikan arahan langsung membuat kelompok sehingga siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran. Guru juga sudah menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti menggunakan gambar jam, tetapi alangkah baiknya media pembelajaran real terutama untuk anak kelas rendah sangat suka memegang langsung bentuk jam dan memutar jarum jam sehingga anak bisa lebih aktif dan ingin mengetahui pelajaran yg sedang di praktikan di depan. Setelah itu barulah tugas tersebut dapat dibahas secara bersama dengan meminta perwakilan kelompok untuk mengerjakannya kedepan. Pada bagian penutup pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
    Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam menanggapi tayangan video diatas. Terimakasih

Leave a Reply