silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Menurut saya media pembelajaran yang digunakan sudah cukup baik
Nama : ROHILA
NIM : 859779244
Program Studi : PGSD
Pokjar : Palembang
UPBJJ : Palembang
Analisis vidio pembelajaran yang berjudul inovasi pembelajaran dikelas rendah :
1. Ringkasan isi vidio
Dalam vidio pembelajaran ini seorang guru mengajar matematika dikelas II SD dengan materi yang berjudul jam. Setelah menyampaikan judul pelajaran guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok. Kemudian guru mengajarkan peserta didik mengenai kegiatan sehari-hari dipagi hari mulai dari bangun tidur, mandi, makan pagi sampai berangkat kesekolah beserta waktu / jamnya dengan menggunakan media gambar yang berisikan gambar aktivitas sehari-hari dipagi hari beserta jamnya yang dicetak pada kertas.
Setelah itu guru meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan kapan waktu bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah pada gambar jam yang telah dibuat guru dipapan tulis beserta menuliskan keterangan kegiatannya. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk kembali duduk ketempatnya masing-masing.
Kemudian guru memberi penguatan kepada peserta didik dengan menyimpulkan materi. Guru memberikan tugas dirumah untuk mencatat kegiatan bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah.
2. Kelemahan pembelajaran dalam vidio
a. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengecek kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi.
b. Dalam kegiatan inti guru membentuk kelompok peserta didik tetapi tidak ada proses diskusinya karena setelah guru menjelaskan peserta didik langsung diminta maju kedepan untuk menuliskan dipapan tulis mengenai kegiatannya dipagi hari dan jam nya tanpa kegiatan berdiskusi terlebih dahulu hanya membentuk kelompok saja.
c. Dalam kegiatan penutupan guru hanya memberi penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas dirumah saja dan banyak kegiatan penutup lainnya yang tidak muncul seperti : melakukan kegiatan penilaian, menyampaikan informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, dan do’a penutup.
3. Kelebihan pembelajaran dalam vidio
a. Guru menyampaikan judul pelajaran
b. Guru menggunakan media pelajaran
c. Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
d. Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
f. Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
g. Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.
4. Hal unik dalam pembelajaran vidio
Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan media gambar kegiatan sehari-hari dipagi hari dan waktunya yang dicetak pada kertas dan ditampilkan didepan kelas.
Nama : ROHILA
NIM : 859779244
Program Studi : PGSD
Pokjar : Palembang
UPBJJ : Palembang
Analisis vidio pembelajaran yang berjudul inovasi pembelajaran dikelas rendah :
1. Ringkasan isi vidio
Dalam vidio pembelajaran ini seorang guru mengajar matematika dikelas II SD dengan materi yang berjudul jam. Setelah menyampaikan judul pelajaran guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok. Kemudian guru mengajarkan peserta didik mengenai kegiatan sehari-hari dipagi hari mulai dari bangun tidur, mandi, makan pagi sampai berangkat kesekolah beserta waktu / jamnya dengan menggunakan media gambar yang berisikan gambar aktivitas sehari-hari dipagi hari beserta jamnya yang dicetak pada kertas.
Setelah itu guru meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan kapan waktu bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah pada gambar jam yang telah dibuat guru dipapan tulis beserta menuliskan keterangan kegiatannya. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk kembali duduk ketempatnya masing-masing.
Kemudian guru memberi penguatan kepada peserta didik dengan menyimpulkan materi. Guru memberikan tugas dirumah untuk mencatat kegiatan bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah.
2. Kelemahan pembelajaran dalam vidio
a. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengecek kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi.
b. Dalam kegiatan inti guru membentuk kelompok peserta didik tetapi tidak ada proses diskusinya karena setelah guru menjelaskan peserta didik langsung diminta maju kedepan untuk menuliskan dipapan tulis mengenai kegiatannya dipagi hari dan jam nya tanpa kegiatan berdiskusi terlebih dahulu hanya membentuk kelompok saja.
c. Dalam kegiatan penutupan guru hanya memberi penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas dirumah saja dan banyak kegiatan penutup lainnya yang tidak muncul seperti : melakukan kegiatan penilaian, menyampaikan informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, dan do’a penutup.
3. Kelebihan pembelajaran dalam vidio
a. Guru menyampaikan judul pelajaran
b. Guru menggunakan media pelajaran
c. Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
d. Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
f. Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
g. Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.
4. Hal unik dalam pembelajaran vidio
Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan media gambar kegiatan sehari-hari dipagi hari dan waktunya yang dicetak pada kertas dan ditampilkan didepan kelas.
Nama : DEBI SETIAWAN
NIM : 857216226
Program Studi : PGSD
Pokjar : BAYAH
UPBJJ : SERANG
Analisis vidio pembelajaran yang berjudul inovasi pembelajaran dikelas rendah :
1. Ringkasan isi vidio
Dalam vidio pembelajaran ini seorang guru mengajar matematika dikelas II SD dengan materi yang berjudul jam. Setelah menyampaikan judul pelajaran guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok. Kemudian guru mengajarkan peserta didik mengenai kegiatan sehari-hari dipagi hari mulai dari bangun tidur, mandi, makan pagi sampai berangkat kesekolah beserta waktu / jamnya dengan menggunakan media gambar yang berisikan gambar aktivitas sehari-hari dipagi hari beserta jamnya yang dicetak pada kertas.
Setelah itu guru meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan kapan waktu bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah pada gambar jam yang telah dibuat guru dipapan tulis beserta menuliskan keterangan kegiatannya. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk kembali duduk ketempatnya masing-masing.
Kemudian guru memberi penguatan kepada peserta didik dengan menyimpulkan materi. Guru memberikan tugas dirumah untuk mencatat kegiatan bangun tidur, mandi, makan pagi dan berangkat kesekolah.
2. Kelemahan pembelajaran dalam vidio
a. Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengecek kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi.
b. Dalam kegiatan inti guru membentuk kelompok peserta didik tetapi tidak ada proses diskusinya karena setelah guru menjelaskan peserta didik langsung diminta maju kedepan untuk menuliskan dipapan tulis mengenai kegiatannya dipagi hari dan jam nya tanpa kegiatan berdiskusi terlebih dahulu hanya membentuk kelompok saja.
c. Dalam kegiatan penutupan guru hanya memberi penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas dirumah saja dan banyak kegiatan penutup lainnya yang tidak muncul seperti : melakukan kegiatan penilaian, menyampaikan informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, dan do’a penutup.
3. Kelebihan pembelajaran dalam vidio
a. Guru menyampaikan judul pelajaran
b. Guru menggunakan media pelajaran
c. Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
d. Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
f. Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
g. Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.
4. Hal unik dalam pembelajaran vidio
Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan media gambar kegiatan sehari-hari dipagi hari dan waktunya yang dicetak pada kertas dan ditampilkan didepan kelas.
NAMA : NURMADINA RAJAB
NIM : 859501615
PRODI : PGSD
Berdasarkan video di atas hal yang dapat saya tangkap pada video ini yaitu mengajarkan anak tentang jam atau waktu dapat membuat anak menjadi disiplin dalam mengatur waktunya. Tetapi terlihat dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut masih kurang dalam menarik perhatian siswa apalagi untuk siswa kelas rendah. Dan media yang digunakan jiga masih kurang, seharusnya menggunakan benda yang lebih konkrit lagi seperti menyediakan jam dinding atau alat peraga jam yang jarusnya dapat digerakkan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi tersebut.
terima kasih
NAMA : NURMADINA RAJAB
NIM : 859501615
PRODI : PGSD
Berdasarkan video di atas hal yang dapat saya tangkap pada video ini yaitu mengajarkan anak tentang jam atau waktu dapat membuat anak menjadi disiplin dalam mengatur waktunya. Tetapi terlihat dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut masih kurang dalam menarik perhatian siswa apalagi untuk siswa kelas rendah. Dan media yang digunakan jiga masih kurang, seharusnya menggunakan benda yang lebih konkrit lagi seperti menyediakan jam dinding atau alat peraga jam yang jarumnya dapat digerakkan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi tersebut.
terima kasih
NAMA : NURMADINA RAJAB
NIM : 859501615
PRODI : PGSD
Berdasarkan video di atas hal yang dapat saya tangkap pada video ini yaitu mengajarkan anak tentang jam atau waktu dapat membuat anak menjadi disiplin dalam mengatur waktunya. Tetapi terlihat dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut masih kurang dalam menarik perhatian siswa apalagi untuk siswa kelas rendah. Dan media yang digunakan jiga masih kurang, seharusnya menggunakan benda yang lebih konkrit lagi seperti menyediakan jam dinding atau alat peraga jam yang jarumnya dapat digerakkan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi tersebut.
terima kasih
Nama : IVA AULIA
NIM : 858876621
Prodi : PGSD
UPBJJ : Malang
Dalam video inovasi pembelajaran di kelas rendah terlihat adanya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru terlihat menarik dan interaktif bagi siswa di tingkat kelas rendah. Salah satu media yang terlihat digunakan guru adalah penggunaan gambar visual berupa gambar yang telah di print dan gambar jam dinding pada papan tulis. Dalam pembelajaran ini jika memungkinkan lebih baik guru menggunakan jam dinding secara langsung sehingga memanfaatkan pembelajaran matematika realistik dan guru dapat menggunakan LCD dan proyektor untuk menampilkan gambar-gambar yang dapat menarik perhatian siswa yang berkaitan dengan pembelajaran materi yang disampaikan di kelas. Meskipun dalam pembelajaran ini guru belum menggunakan multimedia, seperti proyektor dan layar sentuh, tetapi guru tetap dapat menyajikan materi pelajaran secara visual dan menarik. Hal ini dapat terlihat ketika siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena mereka dapat melihat gambar-gambar yang menarik yang diperlihatkan guru dan guru juga melibatkan siswa dalam proses pembelajaran seperti siswa diminta untuk maju ke depan kelas untuk menyampaikan ide nya dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Dalam pembelajaran ini juga terlihat guru menggunakan pendekatan pembelajaran aktif. Guru mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok dan kegiatan kreatif lainnya. Hari ini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang disampaikan guru melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan teman-teman sekelas. Pembelajaran guru yang melibatkan siswa secara langsung, hal ini harus terus dikembangkan agar siswa memiliki rasa percaya diri dan mandiri dalam mengembangkan keterampilan mandiri dan pemecahan masalah.
Sepenuhnya, inovasi pembelajaran di kelas rendah yang terlihat dalam video ini menunjukkan upaya yang kuat dari guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Jangan terus mengembangkan dan meningkatkan inovasi pembelajaran diharapkan pembelajaran di kelas rendah tingkat Sekolah dasar dapat menjadi lebih efektif dan menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
Matematika
NAMA : IVA AULIA
NIM : 858876621
Prodi : PGSD
UPBJJ : Malang
Dalam pengamatan video di atas mengenai Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah, terlihat guru menggunakan papan tulis kayu sebagai media utama dalam menyampaikan materi pelajaran meskipun penggunaan papan tulis kayu memberikan nuansa tradisional, namun hal ini dapat menciptakan zona pembelajaran yang monoton dan kurang menarik bagi siswa. Terlihat guru hanya menggunakan papan tulis kayu sebagai media utama tanpa variasi atau interaksi yang kurang menarik minat siswa. Selain itu, pembelajaran dalam bentuk kelompok terlihat cukup menonjol dalam video tersebut. Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran titik meskipun pembelajaran dalam bentuk kelompok dapat meningkatkan interaksi antar siswa dan kolaborasi antar siswa, namun hal ini juga dapat menimbulkan tantangan, terutama dalam memastikan bahwa semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan mendapatkan manfaat yang sama. Dari gambaran tersebut terlihat bahwa ada suara burung untuk meningkatkan inovasi dalam pembelajaran di kelas rendah titik guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan berbagai media pembelajaran yang lebih menarik dan beragam, seperti multimedia atau alat-alat interaktif lainnya untuk menghidupkan suasana kelas dan meningkatkan minat dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Guru juga dapat mempertimbangkan strategi pembelajaran yang lebih beragam seperti diskusi kelompok, penggunaan pembelajaran menggunakan LCD dan proyektor, atau proyek proyek kolaboratif untuk memastikan bahwa pembelajaran di kelas rendah tidak hanya informatif tetapi juga menarik dan menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Selain hal itu, dalam video pembelajaran tersebut suasana kelas juga terlihat positif dan ada beberapa siswa yang terlihat aktif karena guru juga melibatkan ide siswa dalam mengerjakan soal di papan tulis. Jika dapat memungkinkan guru dapat memanfaatkan multimedia seperti LCD dan proyektor sehingga guru dapat menampilkan video pembelajaran yang lebih menarik siswa.
Nama : SITI JAMILAH
NIM : 858876961
Program Studi : PGSD
Pokjar : Kepanjen
UPBJJ : Malang
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Reaksi siswa saat kegiatan pembelajaran tersebut kurang begitu antusias. Ini terlihat dari respon beberapa siswa yang tidak melakukan apapun
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti: salam dan do’a, mengecek kehadiran siswa, kegiatan untuk memusatkan perhatian (ice breaking), menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik dan teknik penilaian yang akan dilakukan, apersepsi.
– Dalam kegiatan inti guru membentuk kelompok peserta didik tetapi tidak ada proses diskusinya karena setelah guru menjelaskan peserta didik langsung diminta maju kedepan untuk menuliskan dipapan tulis mengenai kegiatannya dipagi hari dan jam nya tanpa kegiatan berdiskusi terlebih dahulu hanya membentuk kelompok saja.
– Kurangnya media pembelajaran pada kegiatan tersebut yang menjadikan siswa kurang mengerti dalam kegiatan pembelajaran
– Dalam kegiatan penutupan guru hanya memberi penguatan dengan menyimpulkan materi dan memberikan tugas dirumah saja dan banyak kegiatan penutup lainnya yang tidak muncul seperti : melakukan kegiatan penilaian, menyampaikan informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, dan do’a penutup.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru menyampaikan judul pelajaran
– Guru menggunakan media pelajaran
– Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
– Guru memiliki keterampilan dalam bertanya
– Peserta didik menyimak penjelasan guru dengan baik
– Peserta didik aktif maju kedepan untuk mengisi pertanyaan
– Peserta didik dapat memahami intruksi dari guru dengan baik.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Hal yang unik menurut saya yaitu disaat siswa/siswi setelah selesai melakukan pembelajaran hari itu, guru mengevaluasi materi tentang jam yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa/siswa mudah memahami materi tersebut dengan mengajak para siswa tanya jawab tentang jam sebelum jam pulang atau sebelum jam pelajaran hari itu berakhir.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut masih kurang dalam menarik perhatian siswa apalagi untuk siswa kelas rendah. Sebaiknya dalam awal pembelajaran guru sudah membawa media pembelajaran tentang cara membaca jam dengan benda konkrit seperti membawa jam dinding ataupun bisa jam dari bahan kardus yang jarumnya mudah digerakkan agar para siswa bisa benar benar paham dalam materi tersebut