silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama: Nurjanatin Naim
    Nim: 858717772
    Pokjar: Jatirogo
    UPBJJ: UT SURABAYA
    Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut tidak ada apersepsi terlebih dahulu dalam pembelajaran, disamping itu dalam pembelajaran guru belum menjelaskan jarum panjang dan jarum pendek terhadap siswanya terlebih dahulu atau belum meperkenalkan materinya terlebih dahulu.

  2. Nama : Fierlin Sariani Hutagaol
    NIM : 855857243

    Video tersebut sangat menginspirasi, inovasi dalam pembelajaran kelas rendah sangat penting untuk membantu anak-anak mengembangkan kreativitas dan minat belajar mereka. Saya senang melihat bagaimana metode-metode baru diterapkan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif bagi para siswa. Semoga semakin banyak guru yang terinspirasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan inklusif bagi semua siswa.

  3. Nama : Dini Arum Sari
    NIM : 857706784

    Setelah menonton video, saya menemukan bahwa minat siswa dalam belajar rendah. Beberapa kelebihan dari proses pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan alat bantu untuk membantu kami memahami pelajaran dan melibatkan kami dalam pembelajaran. Namun, ada juga kekurangan, misalnya guru tidak membuat suasana kelas yang nyaman, dan tidak memperhatikan apakah kami benar-benar terlibat dalam pelajaran. Guru juga tidak memulai pelajaran dengan cara yang menarik. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru harus lebih baik dalam mengendalikan kelas dan membuat suasana belajar yang menyenangkan. Selain itu harus memperhatikan peserta didik di kelas dan lebih responsif terhadap situasi di kelas.

  4. Nama : Eli Rifanti
    Nim : 857103801
    Kelebihan pada video:
    Penggunaan media pembelajaran mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran.
    Kelemahan pada video :
    Kondisi kelas belum kondusif

  5. Nama : NOFIK ARDIYANTI
    NIM : 857731376
    Pokjar : Bangsri
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, guru harusnya melakukan kegiatan awal seperti berdoa, absensi dan menjelaskan singkat materi pada permulaan pembelajaran tersebut. Untuk media yang digunakan sudah cukup menarik dan jelas. Harusnya setelah bebrapa siswa seharusnya guru menjelaskan materi yang ingin dicapai dan menyimpulkan bersama siswa, setelah itu mengevaluasi dan memberikan tugas.

  6. Nama : Nanik Rahayu Ningsih
    NIM : 858717812
    Pokjar : Jatirogo
    Kelas : PGSD – Semester 6
    UPBJJ : UT – Surabaya
    Menurut pendapat saya, Guru tersebut sudah baik dalam menjelaskan pembelajaran nya, namun setelah menonton semua video tersebut ternyata masih ada yang kurang yaitu guru belum menyampaikan materi atau menjelaskan materi tentang jarum jam diawal pembelajaran. Akan lebih baik jika guru menyampaikan nya diawal pembelajaran. Terimakasih

  7. Nama : Meishy Gersbby
    Nim : 859786762
    UPBJJ UT Medan
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setelah saya lihat dan amati pembelajaran yang yang di lakukan guru. Guru langsung masuk ke bagian pemberitaan tugas, seharusnya guru membuka pembelajaran di lanjutkan ke inti pembelajaran di mana guru menjelaskan terlebih dahulu apa yg di pelajari hari ini. Agar siswa tidak bingung selama proses belajar mengajar. Dan guru baik dan bagus menggunakan media pembelajaran hari ini. Sehingga paham apa yang di berikan guru.

    Terimakasih

  8. Menurut tanggapan saya setelah menyimak video, perlu ada pembuka, berdoa, mengecek kehadiran dan memberi motivasi.

    Guru juga harus memperhatikan kefokusan siswa sampai menciptakan pembelajaran yang menyenangkan

    Metode yang di gunakan sudah cukup bagus namun tidak memberikan arahan dan bimbingan, tidak memberikan kesempatan untuk siswa berdiskusi.

    Media yang digunakan cukup bagus dimana dapat menarik perhatian siswa.

  9. Nama ; Sri irmayanti Rahayu
    Nim : 821569951
    UPBJJ : 83/ Kendari
    Pojar : UT KENDARI
    Menurut Saya setelah melihat dan mengamati video pembelajaran tersebut dapat Saya simpulkan ada beberapa kelemahan dan kelibihan .Diantaranya :
    Kelemahan :
    – Guru tidak melakukan kegiatan awal pada saat memulai pembelajaran .tidak dimulai membaca doa.
    – Guru tidak memberikan kesempatan pada peserta didk untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran yang sedang berlangsung.
    – Guru melakukan metode pembelajaran kurang efektif.
    Kelebihan :
    – Guru melibat peserta didk dalam proses pembelajaran
    – Guru mampu menggukan media pembelajaran untuk mempermudah peserta didik paham akan materi disampaikan.
    Saran :
    – Menurut Saya, sebaiknya Guru harus mampu menciptakan suasan yang kondusif di dalam kelas.
    – Guru sebaiknya melakukan kegiatan awal pembelajaran disetiap pertemuan.

  10. Nama : Dolvyanti
    Nim : 859764513
    Pokjar : Kendari

    Mengajar di kelas rendah memang membutuhkan kesabaran dan kreatifitas guru. Guru sebaiknya menggunakan media nyata selagi media itu bisa di dapatkan agar menambah pemahaman pada siswa.

Leave a Reply