silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

294 Comments

  1. Nama : Siti nurlaelah
    Nim : 857153877
    Prodi : S-1 PGSD

    Berdasarkan video pembelajaran yang ditampilkan, pada dasarnya guru sudah kreatif dengan menggunakan media pembelajaran matematika tentang waktu dengan menggunakan gambar kegiatan sehari-hari dan gambar jam dinding. Hanya saja ada beberapa hal yang kurang digunakan oleh guru tersebut. Seperti, mengucap salam dan menyapa kabar siswa, kemudian guru kurang mengajak siswa untuk berkolaborasi mengenai kegiatan sehari-sehari sebelum masuk ke materi. Kemudian, guru tidak menjelaskan aturan dalam berkelompok dan tidak tugas kelompok, guru hanya memerintahkan membentuk kelompok tanpa menjelaskan apa yang harus dilakukan dan apa peran dari masing2 Anggota kelompok, serta guru tidak merefleksi kembali mengenai materi dan metode yang sudah digunakan saat itu.
    Bagi saya, tahapan salam, sapa dan menanyakan kabar itu termasuk hal yg harus dilakukan oleh guru agar anak terbiasa mampu menceritakan apa yang sedang mereka alami.

  2. Nama: Ina Aulina Gunawan
    Nim: 857161606
    Prodi: PGSD BI

    Menurut pendapat saya setelah saya menyaksikan keseluran dari video, guru sudah memberikan metode pengajaran yang baik dengan tema pembelajaran mengenal waktu/jam yang dipelajari, dengan cara membagi siswa kedalam beberapa kelompok agar siswa mempunyai kerjasama yang baik dalam belajar sehingga siswa dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Dan semua siswa bisa memberikan pendapatnya.

    Tetapi alangkah lebih baiknya sebelum pembelajaran dimulai, guru dapat membuka pembelajaran dengan menarik dan memberikan motivasi kepada siswa agar siswa semakin semangat dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.

  3. Nama: Ruth Teresia Hutabarat
    Nim : 856046232
    Judul video: inovasi pembelajaran di kelas rendah

    1. Reaksi beberapa siswa Tampak antusias dan fokus pada pelajaran dan mengikuti instruksi guru serta mencoba untuk memahami materi yang disampaikan dan beberapa siswa lainnya terlihat sedikit bosan atau kehilangan minat yang menunjukkan reaksi fisik seperti mengantuk, menggeliat atau terdistraksi oleh hal-hal lain di sekitar mereka dan reaksi emosional seperti jenuh, bosan maupun kebingungan dalam memahami dan mendengarkan materi yang diajarkan

    2. Kelemahan guru dalam membuka pembelajaran terlihat saat guru masuk ke dalam kelas, tampak suasana kelas kurang kondusif dan ramah, seharusnya guru terlebih dahulu melakukan pendekatan hubungan dengan siswa seperti memberi salam, menanyakan kabar siswa, memberikan motivasi awal, memeriksa kehadiran siswa, dan kurang mengadakan ice breaking untuk membangun keakraban siswa akan tetapi guru tersebut langsung memulai pembelajaran materi inti tanpa ada menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa. Lalu ketika guru selesai mengajarkan materi guru tidak memberikan umpan balik dan koreksi berupa kegiatan sendiri untuk meninjau pembelajaran bagi sebagian siswa yang tidak berkesempatan maju kedepan papan tulis dan media pembelajaran yang digunakan sebaiknya diberikan masing-masing kepada siswa agar dapat lebih memahami materi dengan jelas serta penggunaan kelompok kecil tersebut tidak begitu bermanfaat karena terlihat tidak ada kegiatan dalam kelompok. Dan terakhir guru tidak menutup kegiatan pembelajaran.

    3. Kelebihan
    a. Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, siswa juga sudah mandiri dalam membentuk kelompok sendiri tanpa bantuan guru. b. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar.
    c. Guru memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi.
    d. Guru memberikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan segi-segi kehidupan yang praktis pada umumnya sehingga mudah dipahami.

    4.hal unik yang saya temui dalam video adalah
    a. Siswa menunjukkan ketertarikan yang tinggi pada materi yang diajarkan dengan mengangkat tangan yang khusus kepada guru
    b. Siswa berbicara dengan teman sekelas dibelakang atau disamping mereka saat merasa bosan dengan materi yang diajarkan
    c. Siswa berani tampil dan maju kedepan menjawab pertanyaan yang diberikan guru
    d. Beberapa siswa sulit berkonsentrasi sehingga terkadang mereka terdistraksi oleh hal-hal sekitar yang menarik perhatian mereka
    e. Siswa tidak dapat duduk tenang dan terus bergerak saat pelajaran berlangsung .

    5. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya
    a. Membuka pembelajaran alangkah lebih baiknya jika guru melakukan prosedur pembelajaran dengan baik, yaitu dengan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal seperti mengabsen siswa, menyiapkan dan menciptakan suasana belajar dan memberikan apersepsi sehingga dapat mendorong motivasi siswa dalam belajar
    b. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya adalah saat mengakhiri pembelajaran sebaiknya guru memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya terkait pembelajaran yang telah disampaikan dan kesalahan yang perlu diperbaiki yaitu alangkah lebih baiknya pada materi ini guru menjelaskan fungsi dan perbedaan jarum jam dengan menggunakan alat peraga jam yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembagian kelompok yang dilakukan guru dirasa hanya membuang waktu jika salah satu dari anggota kelompok diminta untuk mengerjakan tugas dipapan tulis. Sebaiknya setelah dilakukan pembagian kelompok, guru hendaknya memberikan lembaran tugas yang dapat dikerjakan siswa secara bersama.

  4. Nama: Ruth Teresia Hutabarat
    Nim : 856046232
    Judul video: inovasi pembelajaran di kelas rendah

    1. Reaksi beberapa siswa Tampak antusias dan fokus pada pelajaran dan mengikuti instruksi guru serta mencoba untuk memahami materi yang disampaikan dan beberapa siswa lainnya terlihat sedikit bosan atau kehilangan minat yang menunjukkan reaksi fisik seperti mengantuk, menggeliat atau terdistraksi oleh hal-hal lain di sekitar mereka dan reaksi emosional seperti jenuh, bosan maupun kebingungan dalam memahami dan mendengarkan materi yang diajarkan

    2. Kelemahan guru dalam membuka pembelajaran terlihat saat guru masuk ke dalam kelas, tampak suasana kelas kurang kondusif dan ramah, seharusnya guru terlebih dahulu melakukan pendekatan hubungan dengan siswa seperti memberi salam, menanyakan kabar siswa, memberikan motivasi awal, memeriksa kehadiran siswa, dan kurang mengadakan ice breaking untuk membangun keakraban siswa akan tetapi guru tersebut langsung memulai pembelajaran materi inti tanpa ada menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa. Lalu ketika guru selesai mengajarkan materi guru tidak memberikan umpan balik dan koreksi berupa kegiatan sendiri untuk meninjau pembelajaran bagi sebagian siswa yang tidak berkesempatan maju kedepan papan tulis dan media pembelajaran yang digunakan sebaiknya diberikan masing-masing kepada siswa agar dapat lebih memahami materi dengan jelas serta penggunaan kelompok kecil tersebut tidak begitu bermanfaat karena terlihat tidak ada kegiatan dalam kelompok. Dan terakhir guru tidak menutup kegiatan pembelajaran.

    3. Kelebihan
    a. Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, siswa juga sudah mandiri dalam membentuk kelompok sendiri tanpa bantuan guru
    b. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar.
    c. Guru memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang terjadi.
    d. Guru memberikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan segi-segi kehidupan yang praktis pada umumnya sehingga mudah dipahami.

    4.hal unik yang saya temui dalam video adalah
    a. Siswa menunjukkan ketertarikan yang tinggi pada materi yang diajarkan dengan mengangkat tangan yang khusus kepada guru
    b. Siswa berbicara dengan teman sekelas dibelakang atau disamping mereka saat merasa bosan dengan materi yang diajarkan
    c. Siswa berani tampil dan maju kedepan menjawab pertanyaan yang diberikan guru
    d. Beberapa siswa sulit berkonsentrasi sehingga terkadang mereka terdistraksi oleh hal-hal sekitar yang menarik perhatian mereka
    e. Siswa tidak dapat duduk tenang dan terus bergerak saat pelajaran berlangsung .

    5. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya
    a. Membuka pembelajaran alangkah lebih baiknya jika guru melakukan prosedur pembelajaran dengan baik, yaitu dengan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal seperti mengabsen siswa, menyiapkan dan menciptakan suasana belajar dan memberikan apersepsi sehingga dapat mendorong motivasi siswa dalam belajar
    b. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya adalah saat mengakhiri pembelajaran sebaiknya guru memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya terkait pembelajaran yang telah disampaikan dan kesalahan yang perlu diperbaiki yaitu alangkah lebih baiknya pada materi ini guru menjelaskan fungsi dan perbedaan jarum jam dengan menggunakan alat peraga jam yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembagian kelompok yang dilakukan guru dirasa hanya membuang waktu jika salah satu dari anggota kelompok diminta untuk mengerjakan tugas dipapan tulis. Sebaiknya setelah dilakukan pembagian kelompok, guru hendaknya memberikan lembaran tugas yang dapat dikerjakan siswa secara bersama.

  5. Nama : Maulidia Nurrahmah
    NIM : 858034502
    Semester : 8 (Delapan)
    Prodi : PGSD S-1

    Saya setuju dengan pendapat teman-teman dalam forum diskusi ini. Menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan oleh guru ini belum memenuhi standar proses dalam pembelajaran yaitu terdapat kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada pendahuluan tidak tampak adanya apersepsi di mana apersepsi sangat diperlukan untuk mengaitkan materi sebelumnya pada siswa sehingga siswa merasa siap untuk melanjutkan pelajarannya, serta tidak adanya memberi salam, berdoa, dan mengabsen siswa. Dalam kegiatan inti guru tidaak menjelasakan materi terlebih dahulu tetapi langsung membuat kelompok dan mengerjakan tugas dan juga dalam kegiatan inti ini guru menggunakan media kertas bergambar itu sangat bagus namun alangkah bagusnya jika kertas bergambar turut dibagikan pada semua kelompok siswa sebagai lembar kerja siswa sehingga semua siswa memiliki kegiatan dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung di sini nampak siswa hanya melihat tanpa ada kegiatan sehingga pembelajaran dinilai kurang efektif bagi siswa kelas rendah. Guru nampak mengajar dengan sangat kaku tanpa adanya umpan balik antara guru dengan siswa, mengingat siswa yang diajar adalah kelas 2 yang merupakan kelas rendah cara mengajar guru saya nilai tidak cocok dengan anak-anak kelas rendah. Dikelas rendah sebaiknya guru lebih melakukan inovasi dan improvisasi dalam kegiatan pembelajarannya.

  6. Nama. : Dewi Mayang Sari
    Nim. : 856075147
    Prodi. :. PGSD
    UPBJJ : BATAM

    Menurut saya dalam pembelajaran video diatas Proses penjelasan konsep waktu pada vidio diatas dengan media gambar kegiatan sehari-hari sudah tepat karena siswa akan lebih mudah memahami konsep waktu dengan media gambar tersbut. Namun akan lebih baik jika siswa di berikan cetakan gambar sesuai dengan yang dijelaskan di depan agar siswa lebih jelas dalam melihat gambarnya.
    Kelebihan
    Dalam video diatas apa yang disampaikan guru dalam pembelajaran mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna, karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitasnya yang dilakukan sehari -hati untuk timbal balik siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugasnya

    Kekurangan
    1. Dalam video diatas masih kurang untuk pembukaan untuk kelas rendah untuk pembuka itu sangat penting karena semangat anak dalam belajar itu tergantung pembuka guru kalau guru kreatif dalam membuka dengan semangat siswa akan respon untuk belajar itu tinggi sebagai contoh pengalaman saya pertama doa belajar absen kita buat dengan nyanyian jadi tak semua kita panggil 1 per anak contoh nya sebagai berikut
    Hey kawan kita jumpa lagi tengok kanan tengok kiri kedipkan mata Ting Ting

    Hey kawan kita jumpa lagi colek kanan colek kiri kedipkan mata ti Ting

    Oto matis dalam pengabsenan anak sudah tau siapa kawan yg tak masuk kita sebagai guru tanya kesiswa siapa teman disamping ananda yg tak hadir pasti siswa jawab itu contoh penyemangat pembuka pembelajaran
    2. Dalam video diatas guru belum ada penjelasan kesiswa
    3. Dalam cara diskusi dalam video diatas kalau untuk kelas bawah pasti siswa banyak yg main dan mungkin yg fokus hanya 1 ,2,3 orang
    4. Seharusnya guru kalau dalam diskusi membagikan gambar tugas diskusi dan dikerjakan siswa dahulu kita beri waktu untuk mengerjakan nya baru dari diskusi tadi siswa maju kedepan mengerjakan dipapan tulis

  7. Nama : Rica Sevtia Kusyaroh
    NIM : 858906717
    UPBJJ: Jember
    Kelas: 6B

    Baik, disini menurut analisis saya terhadap video diatas adalah:
    1. Sebaiknya pada awal dimulainya kegiatan pembelajaran guru membuka kelas dengan lebih menyenangkan lagi, karena ketika mood siswa diawal bagus maka kedepan nya pun akan tetap bagus. Pada vudeo diatas, guru kurang menguasai dalam kegiatan pendahuluan tapi sudah baik dikegiatan akhir, yaitu dengan penguatan materi dan penarikan kesimpulan oleh suswa dan guru sehingga guru dapat menilai seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
    2. Media yang digunakan pada video diatas kurang menarik perhatian siswa karena tidak nyata dan kurang menyenangkan. Sehingga, dibutuhkan media nyata agar siswa mampu memahami konsep dan mampu mengimplementasikan pada kegiatan sehari-hari.

  8. Nama : Masruroh
    Nim : 857750921
    Prodi : PGSD-BI
    UPBJJ : Semarang Pokjar Kaliwungu Jawa Tengah
    Izin menanggapi. menurut saya pembelajaran yang berlangsung dalam vidio tadi pada awal akan memulai pembelajaran kurang menarik, sebaiknya guru menyampaikan terlebih dahulu pembelajaran yang akan dilakaksanakan dengan manyampaikan sedikit tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    Dengan model pembelajaran melalui kelompok dalam kelas menurut saya sangat tepat, karna melalui pembelajaran kelompok siswa dapat berkerjasama dengan teman lain dalam memecahkan masalah, serta dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi.
    Dalam proses pembelajaran Matematika yang disampaikan guru tersebut media yang digunakan adalah media gambar yang berisi berbagai aktivitas anak dalam kehidupan sehari-hari dari bangun tidur dan seterusnya dan disertai keterangan waktu/jam sudah cukup baik. Tugas anak-anak dalam pembelajaran tersebut adalah menentukan waktu yang tepat dengan aktivitas anak. Namun alangkah baiknya agar tiap kelompok diberikan gambar yang disajikan yang menarik. Karena gambar di video tersebut terlalu sederhana Cuma menggunakan kertas biasa sehinga kurang meraik
    Kelebihan dari apa yang disampaikan guru adalah mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna, karna memberikan kesempatan pada anak untuk maju kedepan menentukan arah jarum jam sesuai aktivitas yang mereka alami.
    Perbaikan pembelajaran yang perlu dilakukan adalah untuk mengakhiri pembelajaran sebaiknya guru memberikan kesempaan pada anak untuk bertanya terkait pembelajaran yang telah disampaikan.

  9. Nama: Sofia Ariani
    Nim: 857763666
    Prodi: PGSD
    Pokjar: kota Semarang

    Assalamualaikum,
    Setelah mengamati video diatas, pembelajaran dikelas 2 dengan materi jam dengan menggunakan media papan tulis dan gambar kegiatan sehari-hari.
    Menurut saya penggunaan gambar media sudah tepat namun agar memudahkan anak dalam mengamati gambar, seharusnya gambar lebih besar.
    Menggambar jam di papan tulis sangatlah tepat untuk memvisualisasikan media. Namun akan lebih menarik jika guru membuat media jam dari kertas.
    Pembelajaran dengan kelompok sangatlah tepat untuk mempermudah siswa memahami materi.
    Sekian dan terima kasih.

  10. NAMA : MUHAMMAD NAKIB DWI PUTRA
    POKJAR : LUMAJANG
    NIM : 868911228
    KELAS : 6B

    Menurut saya dalam video tersebut.
    – Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pembelajaran sudah baik dan jelas sehingga siswa bersemangat untuk belajar.
    – Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Sudah tidak ada kelemahan, karena guru menggunakan media benda kongkret
    – Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru telah memperhatikan siswanya dengan menanyakan kesulitan yang dialami oleh siswanya. Guru mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman siswa.
    – Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Siswa terlihat bersemangat dalam mendengarkan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan guru.
    – Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video , upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Guru harus lebih memperhatikan media yang akan digunakan untuk mengajar sehingga siswa tidak merasa jenuh

Leave a Reply