silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. 1. pada kegiatan pendahuluan pembelajaran sebaiknya guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik sehingga terjalin hubungan timbal balik antar siswa, dan guru mesti mengecek kehadiran siswa dan mengaitkan pembelajaran dengan pembelajaran yang kemarin.
    2. dalam pembelajaran kenampakan alam sebaiknya guru menggunakan media gambar yang ada disekitar siswa, seperti daerah yang terdekat dengan siswa dan daerah yang kemungkinan diketahui oleh siswa sehingga pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa. kemudian guru harus memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa bisan berperan aktif pada saat pembelajaran berlangsung. dan juga guru harus memberi penghargaan kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan salah satunya dengan memberi tepuk tangan.
    3. kemudian perlunya kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru, dimana guru membahas kembali pembelajaran yang telah dilakukan dengan memberi penguatan kepada siswa terhadap apa yang belum mereka ketahui dan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dan memotivasi siswa untuk selalu bersemangat dalam belajar serta guru bisa memberikan pekerjaan rumah kepada siswa. meutup pembelajaran dengan salam

  2. Nama : Qurrota Ayunin
    Nim : 856025207

    1. pada kegiatan pendahuluan pembelajaran sebaiknya guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik sehingga terjalin hubungan timbal balik antar siswa, dan guru mesti mengecek kehadiran siswa dan mengaitkan pembelajaran dengan pembelajaran yang kemarin.

    2. dalam pembelajaran kenampakan alam sebaiknya guru menggunakan media gambar yang ada disekitar siswa, seperti daerah yang terdekat dengan siswa dan daerah yang kemungkinan diketahui oleh siswa sehingga pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa. kemudian guru harus memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa bisan berperan aktif pada saat pembelajaran berlangsung. dan juga guru harus memberi penghargaan kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan salah satunya dengan memberi tepuk tangan.

    3. kemudian perlunya kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru, dimana guru membahas kembali pembelajaran yang telah dilakukan dengan memberi penguatan kepada siswa terhadap apa yang belum mereka ketahui dan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dan memotivasi siswa untuk selalu bersemangat dalam belajar serta guru bisa memberikan pekerjaan rumah kepada siswa. menutup pembelajaran dengan salam.

  3. Nama : Januari Haro
    NIM : 857165287

    Dalam Pembelajaran IPS materi kenampakan alam sebenarnya merupakan salah satu materi pelajaran yang menarik di kelas khususnya kelas 5 SD. menarik karena akan memacu imajinasi anak dalam menggambarkan kenampakan alam yang disebutkan. apabalagi saat ini media internet dapat digunakan guru untuk menjelaskan kepada siswa tentang berbagai kenampakan alam yang ada di sekitar lingkungan anak tinggal. dengan menggunakan media gambar, maka siswa akan dapat mengerti secara visual mengenai gambaran berbagai keadaan alam.
    pembelajaran yang telah mereka terima secara teori akan sangat lengkap jika siswa diajak untuk melihat berbagai ketampakan alam secara langsung dengan melakukan kegiatan fieldtrip atau karya wisata.
    tidak perlu memaksakan siswa untuk memahami secara lengkap mengenai kenampakan anam, apalagi jika alam yang dimaksud jauh dari siswa. akan lebih baik jika dimulai dari yang terdekat terlebih dahulu.
    sistem belajar seperti yang ditayangkan di Video penjelasan bukan hanya berlaku untuk materi ketampakan alam, tetapi juga untuk materi lain seperti kegiatan ekonomi atau komponen mahkluk hidup.
    guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang mendasar dan menarik kepada siswa agar siswa lebih mudah memahami.

  4. Nama : cintia patrianti
    Nim : 856229362
    Prodi : PGSD-S1

    Kelemahan guru yang bisa kita lihat dari video diatas adalah guru terlalu jauh mengambil daerah untuk dijadikan sebuah contoh di dalam pembelajaran. Hendaknya guru memulai dari lingkungan sekitar daerah tempat tinggal siswa atau sekitar lingkungan sekolah.

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru memulai pembelajaran dengan sebuah pertanyaan. Yang akan membuat siswa merasa terlibat. Contohnya seperti: pernahkah anak-anak pergi ke tempat yang jauh dari rumah?, apa saja yang bisa dilihat diperjalanan?.

    Penggabungan antara pengalaman siswa dengan materi pembelajaran akan membuat siswa semangat belajar dan termotivasi untuk aktif dalam proses pembelajaran.

  5. Setelah saya mengamati video tentang ‘kenampakan alam’
    Saya dapati, reaksi siswa yang bingung tentang apa yang dilihat, disampaikan guru dan kebingungan dengan penugasan yang diberikan oleh guru.
    Adapun kelemahan guru tidak melakukan pemanasan tentang materi yang akan disampaikan. Semisal guru memberi video singkat tentang kenampakan alam di mesir. Namun jika tidak memiliki media yang memadai guru bisa memberikan contoh daerah sekitar yang peserta didik sudah familiar dengan daerah tersebut atau bisa di ajak belajar diluar kelas. Untuk kelebihan guru dapat membuat siswa berpartisipasi aktif (dengan cara menjawab pertanyaan) walaupun hasilnya tidak semuanya tepat.
    Hal unik yang terjadi adalah peserta didik menjawab dengan kemampuan seadanya berdasarkan apa yang mereka lihat.
    Upaya yang dapat dilakukan supaya pembelajaran lebih efektif, ada baiknya setelah melakukan kegiatan pembukaan guru memberi contoh tentang kenampakan alam yang akan diamati misal mengajak keluar kelas, melihat video singkat supaya siswa memiliki gambaran untuk meneruskan kegiatan pembeljaran sampai akhir. Dan di akhir guru mengintruksikan peserta didik untuk membuat sebuah kesimpulan dari pembelajaran kenampakan alam tersebut.

  6. NIM: 859665043
    Your comment is awaiting moderation.
    Setelah saya mengamati video tentang ‘kenampakan alam’
    Saya dapati, reaksi siswa yang bingung tentang apa yang dilihat, disampaikan guru dan kebingungan dengan penugasan yang diberikan oleh guru.
    Adapun kelemahan guru tidak melakukan pemanasan tentang materi yang akan disampaikan. Semisal guru memberi video singkat tentang kenampakan alam di mesir. Namun jika tidak memiliki media yang memadai guru bisa memberikan contoh daerah sekitar yang peserta didik sudah familiar dengan daerah tersebut atau bisa di ajak belajar diluar kelas. Untuk kelebihan guru dapat membuat siswa berpartisipasi aktif (dengan cara menjawab pertanyaan) walaupun hasilnya tidak semuanya tepat.
    Hal unik yang terjadi adalah peserta didik menjawab dengan kemampuan seadanya berdasarkan apa yang mereka lihat.
    Upaya yang dapat dilakukan supaya pembelajaran lebih efektif, ada baiknya setelah melakukan kegiatan pembukaan guru memberi contoh tentang kenampakan alam yang akan diamati misal mengajak keluar kelas, melihat video singkat supaya siswa memiliki gambaran untuk meneruskan kegiatan pembeljaran sampai akhir. Dan di akhir guru mengintruksikan peserta didik untuk membuat sebuah kesimpulan dari pembelajaran kenampakan alam tersebut.

  7. Nama : Olvika Doge
    Upbjj :ut Manado

    Setelah mengamati video ini,saya bisa menyimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru tersebut mata pelajaran dengan tema kenampakan alam memperlihatkan kelebihan dan kekurangan serta dampaknya bagi siswa maupun guru.adapun kelebihan yang dimiliki pada video tersebut adalah :
    1.guru menggunakan media pembelajaran /gambar peta
    2.guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertantanyaan yang diajukan.

    Adapun kekurangannya :
    1.pada sesi pembukan pembelajaran, guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran (salam,menanyakan kabar, berdoa)
    2.siswa tidak paham dengan penjelasan guru meskipun sudah menggunakan media pembelajaran
    3.siswa menjadi bosan dengan penjelasan guru tentang penampakan alam
    4.guru menjelaskan tidak menggunakan contoh yang ada disekitar kita sehingga sehingga siswa sulit memahami.
    Dan lainnya

  8. Nama : Anis Sentia
    NIM : 837057351
    Ditinjau dari interaksi guru dan murid, proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik, setiap stimulus yang diberikan oleh guru selalu direspon siswa dengan rasa percaya diri.
    Penggunaan media peta dalam penyampaian materi penampakan alam merupakan ide yang bagus. Namun akan lebih baik lagi jika media peta yang berisi penampakan alam dinegara mesir tersebut diganti dengan beberapa dokumentasi lingkungan sekitar sekolah yang pernah mereka lihat, atau beberapa dokumentasi pemandangan persawahan yang tidak jauh dari lingkungan mereka. Dengan demikian anak-anak tersebut akan mudah memahami materi yang disampaikan karena contoh yang diberikan adalah tempat-tempat yang berisi penampakan alam yang pernah mereka lihat dan rasakan. Dalam proses pembelajaran tersebut juga terlihat seorang murid yang disoraki teman-temannya ketika menyebutkan bahwa laut dan danau adalah ciptaan tuhan. Seharusnya disana guru tidak hanya mengatakan tenang-tenang kepada murid-murid, tetapi memberikan penjelasan untuk murid-murid bahwa penampakan alam tidak semuanya buatan manusia tapi penampakan alam seperti gunung, laut, danau, bukit dan pohon-pohon adalah memang benar adanya diciptakan oleh sang pencipta (ALLAH SWT) sehingga murid diberikan kesadaran untuk mensyukuri ciptaanya dan menjaganya agar tetap indah.

  9. Nama : Widuri Yasinta
    Nim : 877600442
    Upbjj : Palembang

    setelah mengamati video singkat diatas, hal yang saya perhatikan adalah interaksi antara murid dan guru sudah sangat baik. guru juga sudah memberikan media ajar dengan gambar penampakan alam peta negara Mesir. hanya saja, sang guru alangkah lebih baiknya memberikan contoh penampakan alam yang pernah siswa lihat dan saksikan. seperti conton penampakan alam disekitar sekolah atau disekitar perjalanan di rumah. sehingga siswa akan lebih mudah lagi dalam memahami apa itu penampakan alam.

  10. Nama : Purnomo
    Nim : 858182476
    UPBJJ : Surabaya

    Dalam penyampaian materi oleh guru kepada siswa tentu ada kekurangan dan ada kelebihannya. Dari video diatas dapat disimpulkan bahawa interaksi antara guru dengan murid sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan umpan balik pertanyaan kepada siswa yang direspon pula oleh para siswa. Sudah menggunakan media dalam pembelajaran tapi menurut saya kurang tepat jika yng digunakan adalah media tersebut, seharusnya guru harus menjelaskan kenampakan alam baik alami maupun buatan tersebut dengan contoh yang ada disekitar siswa. Setelah siswa benar benar paham barulah guru boleh meminta anak menunjukan kenampakan alam di media tersebut.

Leave a Reply