silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Flora Ine Yanti Munthe
NIM : 859865908
Prodi : PGSD
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : SIMALUNGUN
Matkul :PKP-Semseter 8B
Kelemahan video :
Menurut pendapat saya, dari video pembelajaran yang diberikan, tidak terlihat secara jelas tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Materi yang diberikan terlalu singkat dan terlihat siswa kurang aktif di dalam pembelajaran tersebut. alat dan sumber belajar tidak ada terlihat hanya menggunakan media peta saja.
Kelebihan video : tempat ruang belajar yang digunakan sudah nyaman dan bersih.
Sebagai masukan atas video tersebut sebaiknya guru memberikan penjelasan yang terperinci terhadap materi kenampakan alam Mesir, karena teknologi sudah semakin maju, alangkah baik nya guru memberikan penjelasan lebih rinci misalnya dengan menggunakan media audiovideo seperti dari internet (youtube, film, animasi, gambar, dll) alatnya laptop dan infocus dan menggunakan sumber belajar , sehingga anak-anak tidak bingung..
Nama : Jeslin Zebua
Nim : 855853626
Menurut pengamatan saya berdasarkan video tersebut tidak ada berdoa sebelum dan sesudah belajar. Anak-anak lebih bersemangat ketika belajar diluar kelas. Evaluasi hanya ada saat diluar kelas. Sebelum menjelaskan mengenai materi yang dipelajari guru langsung bertanya kepada siswa, seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu kemudian baru bertanya kepada siswa.
Keunggulan:
1. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi.
2. Guru memberikan umpan balik terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa.
3. Guru juga mengapresiasi siswa yang menjawab dengan benar.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup.
2. Guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu.
Nama : Nora Rahmatia Dewi
NIM : 856822853
PGSD semester 6
Pokjar Ketahun UPBJJ Bengkulu
Dari menonton video di atas, siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dimana siswa memperhatikan dengan baik apa yang guru sampaikan. Namun pada awal pembelajaran ada sedikit kendala. Materi kenampakan alam ini tidak bisa jika harus di bayangkan saja tanpa pernah melihat wujud aslinya. Guru menanyakan mengenai kenampakan alam yang ada di Mesir, sedangkan siswa belum pernah sama sekali datang ke Mesir dan melihat apa saja kenampakan alam yang ada di sana. Sehingga siswa terlihat sedikit kebingungan.
Kemudian pada awal pembelajaran guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari. Guru pun tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang pengertian dan jenis dari kenampakan alam tersebut. Namun di video tersebut terlihat bahwa guru menggunakan media pembelajaran alat peraga yang berupa peta.
Adapun keunikan pada video di atas adalah guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dan menceritakan pengalaman mereka saat berpergian.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru perlu menyampaikan tujuan pembelajaran. Kemudian guru juga dapat mengaitkan pembelajaran dengan peristiwa peristiwa yang ada di sekitar siswa agar siswa lebih mudah memahami.
Nama: Shintiya Mufallihah
NIM: 856993248
Pokjar: Sidomulyo
UPBJJ: Bandar Lampung
“Penampakan Alam”
Kelemahan dalam vidio:
1. Pembelajaran tidak diawali dengan salam dan berdoa;
2. Guru tidak mengulas materi sebelumnya;
3. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada peserta didik terkait materi penampakan alam;
4. Contoh atau gambaran yang di gunakan oleh guru terlampau jauh dari lingkungan tempat tinggal peserta didik;
5. Tidak memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru dan mengungkapkan pendapatnya;
6. Dalam vidio tidak terdapat doa dan salam penutup.
Kelebihan dalam vidio:
1. Kondisi peserta didik di dalam kelas sangat kondusif, tidak ditemukan peserta didik yang bermain saat pembelajaran berlangsung;
2. Saat ada teman yang bercerita, teman yang lain tenang dan menyimaknya;
3. Peserta didik tidak takut untuk mengutarakan pendapat.
Nama : Flora Ine Yanti Munthe
NIM : 859865908
Prodi : PGSD
Pokjar : SIMALUNGUN
UPBJJ : MEDAN
Matkul :PKP-Semseter 8B
Kelemahan video : Menurut pendapat saya, dari video pembelajaran yang diberikan, tidak terlihat secara jelas tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Materi yang diberikan terlalu singkat dan terlihat siswa kurang aktif di dalam pembelajaran tersebut. alat dan sumber belajar tidak ada terlihat hanya menggunakan media peta saja.
Kelebihan video : tempat ruang belajar yang digunakan sudah nyaman dan bersih, kondisi belajar berjalan dengan kondusif.
Sebagai masukan atas video tersebut sebaiknya guru memberikan penjelasan yang terperinci terhadap materi kenampakan alam Mesir, karena teknologi sudah semakin maju, alangkah baik nya guru memberikan penjelasan lebih rinci misalnya dengan menggunakan media audiovideo seperti dari internet (youtube, film, animasi, gambar, dll) alatnya laptop dan infocus dan menggunakan sumber belajar.
Menurut pendapat saya dari vidio tersebut
Kelemahan nya yaitu :
1.Tidak apresiasi terlebih dahulu dan tidak diawali dengan salam dan berdoa
2. Guru tidak mengulas materi sebelumnya;
3. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada peserta didik terkait materi penampakan alam;
4. Contoh atau gambaran yang di gunakan oleh guru terlampau jauh dari lingkungan tempat tinggal peserta didik;
5. Tidak memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru dan mengungkapkan pendapatnya;
6. Tidak ada salam penutup dan Berdo’a
Kelebihan dalam vidio:
1. Kondisi peserta didik di dalam kelas sangat kondusif, tidak ditemukan peserta didik yang bermain saat pembelajaran berlangsung;
2. Saat ada teman yang bercerita, teman yang lain tenang dan menyimaknya;
3. Peserta didik tidak takut untuk mengutarakan pendapat.
Nama : Dea Marita Sari
Nim : 85 80 49036
Kelas : A
Pokjar : Mempawah
Kelemahan dalam vidio:
1. Tidak diawali dengan apresepsi dan berdo’a;
2. Guru tidak mengulas materi sebelumnya;
3. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada peserta didik terkait materi penampakan alam;
4. Contoh atau gambaran yang di gunakan oleh guru terlampau jauh dari lingkungan tempat tinggal peserta didik;
5. Tidak memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru dan mengungkapkan pendapatnya;
6. Tidak ada salam penutup
Kelebihan dalam vidio:
1. Kondisi peserta didik di dalam kelas sangat kondusif, tidak ditemukan peserta didik yang bermain saat pembelajaran berlangsung;
2. Saat ada teman yang bercerita, teman yang lain tenang dan menyimaknya;
3. Peserta didik tidak takut untuk mengutarakan pendapat.
Kelemahan dalam vidio:
1. Pembelajaran tidak diawali dengan salam dan berdoa;
2. Guru tidak mengulas materi sebelumnya;
3. Guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada peserta didik terkait materi penampakan alam;
4. Contoh atau gambaran yang di gunakan oleh guru terlampau jauh dari lingkungan tempat tinggal peserta didik;
5. Tidak memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berani menjawab pertanyaan guru dan mengungkapkan pendapatnya;
6. Dalam vidio tidak terdapat doa dan salam penutup.
Kelebihan dalam vidio:
1. Kondisi peserta didik di dalam kelas sangat kondusif, tidak ditemukan peserta didik yang bermain saat pembelajaran berlangsung;
2. Saat ada teman yang bercerita, teman yang lain tenang dan menyimaknya;
3. Peserta didik tidak takut untuk mengutarakan pendapat.
Nama : Nabila Muthi Karimah
NIM: 857378467
Berdasarkan video diatas dapat diketahui guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa dan mengisi absensi peserta didik. Selain itu guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Pada video pertama guru bertanya kepada peserta didik mengenai kenampakan alam pada negara yang sangat jauh l, belum diketahui dan belum pernah didatangi sehingga peserta didik bingung. Pada video ke 2 guru menanyakan berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan peserta didik Sehingga peserta didik aktif untuk bercerita dan menjawab pertanyaan. Guru sudah sangat baik membawa media ajar untuk mempermudah peserta didik.
Nama : Nabila Muthi Karimah
NIM: 857378467
Berdasarkan video diatas dapat diketahui guru tidak melakukan kegiatan mengucapkan salam, berdoa dan mengisi absensi peserta didik. Selain itu guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Pada video pertama guru bertanya kepada peserta didik mengenai kenampakan alam pada negara yang sangat jauh l, belum diketahui dan belum pernah didatangi sehingga peserta didik bingung. Pada video ke 2 guru menanyakan berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan peserta didik Sehingga peserta didik aktif untuk bercerita dan menjawab pertanyaan. Guru sudah sangat baik membawa media ajar untuk mempermudah peserta didik.