silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : Tati Lestari
    Nim : 856980352
    UPBJJ UT BANDAR LAMPUNG/ UT BARADATU
    setelah saya mengamati video di atas, ada bebrapa kelebihan termasuk ada juga kekurangan dalam video tersebut. Kelebihan yg terdapat pada video tersebut adalah, guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, siswa secara aktif mengikuti pelajaran, siswa mampu memberikan pendapat hingga pengetahuan nya tentang materi tersebut, namun untuk kekurangan pembelajaran pada video tersebut adalah, guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dgn cara berdoa bersama, tidak melakukan absensi daftar ke hadiran, tidak memberikan motivasi pembelajaran seblum kelas dimulai. Dan tidak adanya ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa utk mulai proses pembelajaran.

  2. Nama : Sri Irmayanti Rahayu
    Nim : 821569951
    UPBJJ : 83/ KENDARI
    pokjar : UT KENDARI
    Berdasarkan video yang Saya tonton dan amati, Saya mengambil kesimpulan ada nya kelemahan dan kelebihan nya,yaitu ;
    kelemahan :
    – Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti ; berdoa bersama
    – Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu terkait materi yang disampaikan .
    – Guru tidak melakukan refleksi dan menyampaikan kesimpulan pada pembelajaran.
    Kelebihan :
    – Guru mampu melakukan sesi tanya jawab dengan baik dalam pembelajaran.
    – Guru mampu menggunakan media pemelajaran dengan membawa peta atau atlas
    – Guru mampu membuat suasa peserta didik antusias dan aktif dalam pembelajaran
    Saran :
    – Sebaiknya guru dapat memberi contoh materi untuk kenampakan alam terlebih dahulu.
    – Guru sebaiknya menggunakan media peta atau atlas.

  3. Nama: Andi Putri Maharani
    Nim: 859764506
    Pokjar: Kendari

    Menurut saya, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan mengucap salam, dan menyakan kabar siswa serta melakukan absensi siswa, untuk mengecek kehadiran siswa-siswi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Guru juga bisa melakukan kegiatan ice breaking untuk menjaga kekondusifan siswa sehingga suasana kelas terasa menyenangkan. Selain itu guru juga memberikan contoh yang terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa.
    Kelebihan dari video tersebut yaitu guru dapat memanfaatkan media gambar untuk menunjang kemampuan belajar siswa.

  4. Nama: Siti Aisah
    Nim. :859764591
    Porjak: Kendari

    Menurut saya terkait dengan video tersebut guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik, siswa secara aktif mengikuti pelajaran, siswa mampu memberikan pendapat hingga pengetahuan nya tentang materi tersebut, namun untuk kekurangan pembelajaran pada video tersebut.

  5. Nama : Listiani
    Nim : 859762448

    Dapat kita lihat video diatas berjalan dengan baik siswa juga ikut aktif dan memberikan tanggapan sesuai dengan pengalaman yang ia alami sehingga siswa dapat memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Tapi saran saya akan lebih baik sebelum memberikan contoh yang terlalu jauh akan lebih baik berilah contoh yang ada di depan mata terlebih dahulu sehingga siswa dapat memahami materi yang diberikan.

  6. Assalamualaikum
    NAMA : M. SEPTIAN DWI CAHYONO
    NIM : 858691995
    Bedasarkan vidio yg saya tonton dan amati, didalam vidio ada kekurangan dan ada kelebihannya
    •Kelemahan
    – didalam vidio tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal seperti; membaca doa’
    – guru pertama kali tidak mejelaskan materi yg akan di sampaikan
    -guru tidak melakukan refleksi dan tidak menyampaikan kesimpulan
    • kelebihan
    – guru melakukan sesi tanya jawab dalam pembelajaran
    -guru sudah mampu membuat peserta didik antusias dalam pembelajaran

  7. Nama: dela santika
    Nim : 857001257
    Pokjar: salut waytuba
    Berdasarkan video yang Saya tonton dan amati, Saya mengambil kesimpulan ada kelemahan dan kelebihan nya,yaitu:
    -Kelemahan pembelajaran dalam video
    Pada saat memulai pembelajaran guru tersebut tidak melakukan kegiatan
    pendahuluan dengan baik, seperti melakukan berdoa terlebih dahulu,
    mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    Selain itu juga guru tidak memberikan penjelasan terhadap materi
    pembelajaran, guru langsung meminta siswa memperhatikan media
    pembelajaran tanpa memberikan penjelasan sedikit pun. Diakhir
    pembelajaran seharusnya guru juga menutup kegiatan pembelajaran dengan
    cara memberikan penguatan dan menutup dengan berdoa.
    -Kelebihan pembelajaran dalam video
    Pada pembelajaran tersebut guru mampu membuat siswa aktif dan
    melibatkan siswa seperti meminta salah satu siswa untuk menceritakan
    pengalamannya dalam perjalanan untuk menambah pengetahuan
    kenampakan alam.
    – Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video
    Di dalam video tersebut terlihat bahwa peserta didik sangat kebingungan
    dengan gambar yang disiapkan guru. Namun, guru masih meminta siswa
    untuk mencari kenampakan alam yang ada pada gambar. Saat salah satu
    peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya, namun hasilnya salah
    sehingga dicemooh oleh teman-temannya.

  8. NAMA = IRA SEFTIANTI
    NIM = 857002116
    POKJAR= SALUT WAYTUBA, BANDAR LAMPUNG

    Dari video pembelajaran tersebut dapat kita lihat kekurangan yakni tidak adanya salam, tidak ada nya memeriksa kehadiran
    menurut saya tidak ada yang salah guru dalam menyampaikan penjelasan dengan menggunakan media berbicara menceritakan pengalaman yang siswa alami agar siswa yang belum mengetahui sesuatu dapat belajar, dan ada rasa ingin tahu lebih atas pengalaman yang didapat kan teman sekelas nya tersebut. karena sejatin nya pengalaman itu ialah guru terbaik dalam hidup.

  9. nama: deby irma devina
    nim: 857003315

    Menurut saya, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan mengucap salam, dan menyakan kabar siswa serta melakukan absensi siswa, untuk mengecek kehadiran siswa-siswi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Guru juga bisa melakukan kegiatan ice breaking untuk menjaga kekondusifan siswa sehingga suasana kelas terasa menyenangkan. Selain itu guru juga memberikan contoh yang terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa.

  10. Nama: deby irma devina
    nim 857003315

    Menurut saya, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan mengucap salam, dan menyakan kabar siswa serta melakukan absensi siswa, untuk mengecek kehadiran siswa-siswi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Guru juga bisa melakukan kegiatan ice breaking untuk menjaga kekondusifan siswa sehingga suasana kelas terasa menyenangkan. Selain itu guru juga memberikan contoh yang terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa.

Leave a Reply