silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
pada video tersebut pada awalnya guru memberikan pertanyaan yang mana ketampakan alam daerah yang belum pernah mereka ketahui. sebaiknya guru memberikan penjelasan terlebih dahulu dengan ketampakan alam yang ada disekitar siswa, yang mana siswa sudah mengetahui tempat atau daerah tersebut. maka akan memudahkan bagi siswa untuk memahami tentang ketampakan alam tersebut.
Nama : MEDIANA MARLENI FAOT
NIM : 501372358
UPBJJ : KUPANG
Dari video tersebut guru tidak menggunakan contoh yang ada dilingkungan sekitar atau lingkungan yang jauh dari pandangan siswa sehingga membuat siswa menjadi bingung dan tidak memahami apa yang di sampaikan oleh gurunya. Dan solusi yang digunakan oleh guru tersebut sudah bagus dimana penjelasan materi dikaitkan dengan aktivitas siswa setiap hari sehingga siswa aktif dalam belajar dan mudah memahami materi yang disampaikan oleh gurunya. Terima Kasih
Baiknya jika guru memberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum memberikan pertanyaan kepada siswa
Nama: Arindiya
NIM: 501200653
Setelah saya menyimak video tersebut, saya berpendapat bahwa dalam pembelajaran kenampakan alam sudah baik dengan cara sharing pengalaman perjalanan, akan tetapi jika memungkinkan guru dapat memberikan contoh gambar kenampakan-kenapan alam yang sudah disebutkan peserta didik agar lebih tergambar jelas oleh peserta didik.
Melaui video yang saya amati sebaaiknya guru memberikan contoh kenampakan alam dari lingkungan terdekat anak, seperti memperhatikan keadaan sekitar sekolah, rumah sehingga pembelajaran bersifat kontekstual.
Ketika guru meminta siswa bercerita merupakan salah satu Langkah tepat karena cerita tersebut berkaitan dengan materi kenampakan alam dan siswa memilah mana yang kenampakan alami dan buatan.
Nama : Enda Roviana, S.Pd
NIM : 501192871
Pada video tersebut terlihat guru meminta peserta didik mengamati gambar yang asing dan letaknya sangat jauh dari peserta didik, sehingga peserta didik kesulitan melihat dan memhami apa yang dijelaskan oleh guru. Solusi yang diberikan sudah tepat, dimana guru mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun pemahaman peserta didik. Selain itu mungkin guru bisa membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dan memberika tugas untuk mengaamti gambar tersebut.
Nama: Eka Hendrayadi
NIM:501142956
Dari video yang saya cermati,ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru:
1. Media pembelajaran yang digunakan harus diperbesar, untuk menjangkau penglihatan peserta didik yang duduk di barisan belakang
2. Saran saya, guru mengajukan pertanyaan lanjutan yang lebih detail terakait jawaban peserta didik mengenai kenampakan alam yang dilihat
3. Kondusifitas kelas harus dijaga, sebab dalam video terjadi 2x aksi bullying yang dilakukan oleh sesame peserta didik.
Nama : Chatarina Intan Kusuma Wardani
NIM : 501272882
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dalam vidio tersebut guru bermaksud untuk menjelaskan mengenai kenampakan alam. Tanpa menjelaskan anak-anak langsung ditanya “Tahukah kalian negara Mesir” spontan anak menjawab tidak tahu. Berikut beberapa alternatif yang bisa dijadikan referensi mengajar Kenampakan Alam di kelas :
• Pembelajaran bisa dimulai dengan menampilkan vidio-vidio mengenai kenampakan alam disekitar kita, yang menjelaskan apa itu gunung, Sungai, sawah, danau dll. Baru kemudian disajikan vidio-vidio kenampakan alam yang ada di luar negeri.
• Anak-anak juga bisa diajak belajar di luar kelas untuk mengeksporasi kenampakan alam di sekitar sekolah. Misal diajak ke taman, sungai atau bukit yang ada di sekitar lingkungan sekolah.
• Anak-anak juga bisa diajak untuk membuat proyek membuat gunung, danau, atau Lembah mini menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita seperti : tanah liat, pasir, kertas dan air.
• Anak-anak juga bisa diajak membuat diorama sederhana mengenai kenampakan alam secara berkelompok.
Mungkin penjelasan diatas bisa dijadikan alternatif dalam mengajarkan Kenampakan Alam pada anak agar anak mudah memahaminya. Karena model pembelajaran ceramah saat ini sudah kurang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran masa kini yang anak-anaknya cenderung senang bermain gadget. Jadi guru harus pintar mencari Solusi untuk mengatasi anak-anak yang kesulitan dalam menerima Pelajaran dengan metode-metode terbaru.
Nama : RIKI RENALDO
NIM: 501162775
menurut pendapat saya kelemahan video tersebut adalah..
guru kurang menberikan contoh -contoh materi yang akan di pelajarai sehingga siswa banyak tidak tahu kenamapakan alam yang ada di sekitarnya..
guru langsung memberikan materi tentang mesir yang mana siswa belum pernah ke sana sehingga siswa tidak tau keadaan yang ada di tempat tersebut.
saran: sebaiknya guru mencontohkan kenampakan alam yang ada di sekitar sekolahnya agar lebih realistis dan mudah di pahamai oleh siswa.
dan mengajak langsung siswa untuk mengeklorisasi tempat-tempat yang menunjang proses pembelajaran. karena kenampakan alam tidak semuanya dpat di lihat, sebaiknya guru membuat video tentang kenampakan alam supaya siswa lebih bersemangat untuk terus belajar.
Nama : Asiah
NIM : 501153167
Salut : UT Pekanbaru
Izin menanggapi video di atas dengan judul ” Kenampakan Alam ”
Dari video di atas, saya melihat guru menggunakan media gambar peta negara Mesir. Memberikan tugas kepada siswa untuk mencari kenampakan alam buatan dan alami. Menurut saya sebaiknya guru memberikan contoh peta yang ada di Indonesia terlebih dahulu atau daerah terdekat agar siswa mampu lebih mudah memahami dan mencari daerah yang dituju.
Saran saya, berikanlah penguatan kepada siswa yang menjawab pertanyaan karena telah respon atau menanggapi agar siswa merasa senang walaupun jawabannya kurang tepat. Kemudian berikanlah senyuman kepada siswa agar terlihat lebih menyenangkan.
Terimakasih.