silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Yeyen Safitri
5101232477
Dalam vidio berikut, guru sudah betul mengaitkan pembbelajaran dengan kejadian atau kisah yang di alami siswa. Namun sebelum itu seharusnya guru memberikan contoh yang fakta yang terdekat dengan lingkungan sekolah setidaknya anak-anak dapat mengetahui terlebih dahulu.
Nama: Wulan Karmila
Program Studi: Magister Pendidikan Dasar
NIM: 501312306
Mata Kuliah: MPDR5101 FILSAFAT PENDIDIKAN DASAR
Video ini sangat menarik. Menyampaikan tujuan pembelajaran di awal pembelejaran akan membantu siswa mempersiapkan diri menerima materi. Sebaiknya pembelajaran diawali dari hal terdekat dengan siswa untuk membantu siswa memahami apa yang akan dipelajari. Dengan keterbatasan bahan ajar sebaiknya memanfaatkan media gambar yang beragam agar lebih menstimulus siswa lebih beragam.
Nama : Selvister Jenny Rosmiati Tobe
NIM : 501372136
UPBJJ : KUPANG
Judul Video : Kenampakkan Alam, Mata Pelajaran IPS
Menurut hemat saya terkait pemaparan cuplikan video dengan pembelajaran kenampakan alam, materi yang disajikan sangat abstrak sehingga pembelajaran kurang menyenangkan. Siswa sebagian besar terlihat masih bingung dengan pertanyaan yang disampaikan guru. Pada saat cuplikan kedua, pertanyaan yang disampaikan guru sudah baik namun belum menunjukkan pemahaman siswa yang mendalam terkait kenampakkan alam di sekitar mereka. Pembelajaran juga belum nampak aktivitas yang lengkap seperti masuk pada kegiatan inti dan penutup, bagian video pembelajaran tersebut masih pada tahap pendahuluan. Seharusnya guru menyiapkan LKPD dan melibatkan siswa bekerja dalam kelompok, mendiskusikan berbagai kenampakkan alam yang mereka temukan dalam LKPD, kemudian menggunakan peta kenampakkan alam di wilayah Indonesia atau wilayah setempat dan membandingkan kenampakkan alam yang ada diberbagai tempat dalam peta tersebut.
Mohon ijin berkomentar. Dari video Seri Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD “Kenampakan Alam” yang disajikan, ada hal menarik yang saya amati yaitu cara guru dalam mengajarkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara Mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Guru perlu merefleksi diri terkait strategi/metode yang dilakukan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
4. Guru bisa menggunakan video sebagai alternatif media pembelajaran untuk menyampaikan materi yang abstrak atau tempat yang jauh dari kehidupan siswa, misalnya keadaan negara Mesir. Dengan menayangkan video maka siswa dapat melihat dan membayangkan keadaan negara tersebut walaupun tidak secara langsung. Terima kasih.
Menurut analisis saya pada video pembelajaran tersebut yaitu yang pertama adalah pada awal kegiatan pembelajaran seharusnya guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada saat itu. Supaya siswa dapat memahami apa yang diharapkan guru pada materi pembelajaran tersebut. Kedua, dalam proses pembelajaran, materi yang disampaikan sudah sesuai dengan apa yang dilakukan oleh guru, tetapi sebaiknya untuk menjelaskan materi pembelajaran guru menggunakan media yang menarik atau contoh riil sehingga mudah dimengerti atau digunakan oleh siswa dalam belajar. Ketiga, guru sudah memberikan pertanyaan pemantik dengan menanyakan pengalaman pribadi siswa, yang kemudian dikaitkan dengan pembelajaran. Sehingga ada kesempatan siswa untuk berpikir dalam menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang dilihat dan dialaminya.
assalamualaikum
Nama : Sartinah
NIM: 501152989
MPDR/UT Pekanbaru
izinkan saya memberi komentar tentang video pembelajaran Penampakan Alam.
Dalam pembelajaran kenampakan alam guru bisa menambahkan materi dengan menampilkan audio visual berupa tayangan video alam sekitar atau power point tentang kenampakan alam potret alam wilayah dimana siswa berada, juga dapat menggunakan media gambar alam sekitar untuk membantu siswa dalam pembelajaran.
Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan. dan masing-masing peserta didik diberi pertanyaan pemantik dengan pengalamannya tentang kenampakan alam yang pernah lihat. kemudian penting Guru harus memberi penguatan atas dalam pembelajaran.
Kemudian pengelolaan kelas tentang budaya positif kurang konsisten, karna masih terlihat banyak peserta didik yang suka bersorak apabila ada teman sekelasnya menjawab salah, hal ini bisa berdampak buruk pada mental peserta didik, peserta didik akan hilang kepercayaan dirinya dalam berpendapat apabila hal ini dibiarkan, saran saya,guru harus berdiskusi membuat kesepakatan kelas dan komitmen bersama peserta didik dan di pajang di kelas, agar hal-hal yang bersifat mengejek dan sebagainya tidak terjadi lagi.
Nama : Halimah
NIM : 501153088
Untuk mengajarkaan materi kenampakan alam menurut saya pertanyaan pemantik pertama yang sesuai adalah menanyakan kenampakan alam yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal, seperti guru bisa menanyakan apa saja yang mereka temui saat pergi kesekolah, guru tidak perlu menggunakan media yang terlalu luas seperti peta negara mesir yang siswa sendiri tidak tahu dimana letak negara mesir, apalagi keadaan alam negara mesir. Berikan saja contoh yang mudah siswa temui dalam kehidupan mereka sehari-hari. maka membuat siswa lebiih memahami materi yang disampaikan.
NAMA : AMALIA LISYALAMA
NIM : 501312313
UPBJJ : SAMARINDA
Dari video pembelajaran diatas dapat saya simpilkan
1.pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan karakteristik atau gaya belajar peserta didik
2.di awal pembelajaran seharusnya guru memberikan apersepsi berupa asesmen yang berkaitan dengan materi
3.guru seharusnya banyak memberikan motivasi kepada peserta didik,agar lebih antusias dalam belajar
4.Guru seharusnya menegur peserta didik yang menremehkan teman yang salah saat menjawab pertanyaan
5.media pembelajaran yang kurang berrvariataif atau kurang kreatif
NAMA : AMALIA LISYALAMA
NIM : 501312313
UPBJJ : SAMARINDA
Dari video pembelajaran diatas dapat saya tarik kesimpulannya
1.pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan karakteristik atau gaya belajar peserta didik
2.di awal pembelajaran seharusnya guru memberikan apersepsi berupa asesmen yang berkaitan dengan materi
3.guru seharusnya banyak memberikan motivasi kepada peserta didik,agar lebih antusias dalam belajar
4.Guru seharusnya menegur peserta didik yang menremehkan teman yang salah saat menjawab pertanyaan
5.media pembelajaran yang kurang berrvariataif atau kurang kreatif
Nama : Mahadi Kesuma Rambe
NIP : 501113242
Dalam tanyangan video tersebut saya melihat materi yang disampaikan oleh guru telah sesuai untuk peserta didik kelas V. namun ada hal dalam memberikan memberikan materi guru tidak santai, siswa merasa bingung, disamping guru terburu-buru dalam memberikan materi, contoh yang diberikan guru juga hal yang tidak dapat di bayangkan siswa. Dan bahkan di akhir pembelajaran guru tidak ada kesimpulan dari guru. Masukan saya dari video tersebut sebaiknya memberikan contoh gejala penampakan alam yang terdekat dengan siswa yang dapat dibayangkannya atau membawa anak keluar lingkungan sekolah. Atau guru dapat menggunakan alat peraga gambar atau video agar siswa langsung melihat kenampakan alam.