silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Menurut saya
Kenapa langsung melangkah ke antar negara dalam pembahasan kenampakan alam ditambah lagi hanya mengandalkan peta
Karna cukup sulit bagi anak anak untuk mengartikan simbol simbol yang ada didalam peta…
Ada baik nya kita kelingkungan sekitar secara langsung, sehingga anak anak dapat melihat nya secara nyata
Nama : Anjas Tambunan
Nim : 878257576
Menurut saya metode pengajaran ini kurang baik
Mengapa anak anak di ajak untuk mengamati peta manca negara untuk melihat penampakan alam.
Karna pada dasarnya anak anak di usia 6 -12 tahun masih cukup sulit untuk mengartikan simbol simbol yang ada dalam peta, terlebih jika di ajak untuk membayangkan
Ada baik nya anak anak langsung kita ajak dilingkungan sekitar
Yang langsung dapat di rasakan, di sentuh oleh perserta didik itu sendiri
Dalam kata lain anak anak akan lebih cepat tangkap jika dihadapkan dengan media yang nyata
Terlihat pada video pertama, guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran. Pembelajarannya sudah menggunakan media belajar yaitu peta yang bisa membantu siswa dalam mengetahui letak wilayah. Namun, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan dan ketika guru bertanya kepada siswa mengenai kenampakan alam pada negara mesir ternyata siswa belum mengetahui karena belum pernah mendengar apalagi mengunjungi negara tersebut. sehingga siswa mengalami kesulitan dan kebingungan membedakan kenampakan alam yang ada di mesir. Pada video ke 2 guru menanyakan kepada siswa bedasarkan pengalaman yang pernah dilakukan sehingga siswa aktif untuk bercerita dan bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
Guru sudah sangat baik menggunakan metode tanya jawab untuk mebuat peserta didik lebih paham dalam pembelajaran membedakan penampakan alam buatan dan bukan buatan.
Nama: Wulan Karmila
NIM: 501312306
1. Pembelajaran diawali dengan menyampaian tujuan pembelajaran
2. Contoh yang diberikan untuk membuka kelas sangat jauh dari kehidupan siswa sehingga siswa merasa tidak paham apa yang akan dibahas
3. Baiknya memulai kegiatan dengan hal yang dekat lingkungan siswa
4. Video ini memberikan contoh pembukaan pembelajaran menggunakan hal yang asing tidak efesien untuk memicu siswa aktif, menggunakan hal yang dekat dengan siswa membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran
Nama : Safira Ramadhanti
Nim : 857456499
Menurut pendapat saya diperlukan adanya strategi pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa sehingga timbul antusias yang tinggi selama proses pembelajaran berlangsung
Nama : Safira Rmadhanti
Nim : 857456499
menurut pendapat saya diperlukan adanya strategi pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa sehinnga timbul antusias yang tinggi selama pembelajaran berlangsung
Nama : Julia Shinta Ayu
Nim : 856821117
menurut saya dari vidio yang saya amati tentang penampakan alam dapat saya simpulkan;
kelemahan
1.tidak adanya salam pembuka dan doa.
2.kurang adanya interaksi guru dan siswa.
kelebihan
1.guru bisa mengondisikan kelas dengan baik.
2.siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru.
masalah:
-Siswa kesulitan mengidentifikasi kenampakan alam yang asing, seperti di Mesir dan Kurangnya pengalaman langsung
-Siswa belum pernah mengunjungi atau melihat langsung kenampakan alam tersebut.
-Konsep kenampakan alam, terutama yang jauh secara geografis, mungkin sulit divisualisasikan oleh siswa.
-Kurangnya keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa kesulitan mengaitkan konsep kenampakan alam di Mesir dengan pengalaman mereka.
Berdasarkan analisis di atas, berikut beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan untuk mengatasi masalah tersebut:
Memulai dari Lingkungan Sekitar:
Observasi langsung: Ajak siswa untuk mengamati berbagai kenampakan alam di sekitar sekolah atau lingkungan tempat tinggal mereka.
Perbandingan: Bandingkan kenampakan alam di sekitar mereka dengan gambar atau video kenampakan alam di Mesir.
Diskusi: Ajak siswa berdiskusi tentang kesamaan dan perbedaan antara kedua tempat tersebut.
Nama : RIYAN PRAYOGA
NIM : 855755441
UPBJJ : PALEMBANG
Baik, menurut Pendapat pribadi saya bahwa langkah-langkah dalam menyampaikan materi tersebut harus lah Lebih objek dan Relevan dengan keadaan kehidupan sehari-hari ditengah pembelajaran, yang semakin maju dan berkembang saran saya Guru dapat memulai dengan contoh-contoh yang relevan dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa-siswi dapat lebih mudah memahami materi yang akan diajarkan. Guru juga dapat menggunakan contoh-contoh yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan siswa, namun tidak berhubungan dengan materi dengan kehidupan di pertengahan pembelajaran. Contoh yang mudah dipahami dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias dalam pembelajaran
Nama : Dea rizky ananda
NIM : 857130515
Berikut hasil pengammatan dari video pembelajaran tersebut:
Kelebihan
1.
Kekurangan
1. Guru tidak mengarahkan siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran
2.Guru tidak menjelaskan diawal terkait materi yang akan dipelajari
3.Tidak adanya refleksi dan kesimpulan pembelajaran di akhir
Rencna perbaikan dari kelebihan dan kekurangan
1.Sebaiknya guru mengarahkan siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran dan mengabsen kehadiran siswa
2.Saat pendahuluan seharusnya guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai dari pembelajaran sehinga siswa mempunya arah dan tujuan yang akan di capai
3.Saat penutpan seharusnya guru menyampaikan kesimpulan dari pelajaran yang di pelajari karena ini bisa memperkuat pemahaman siswa dan bisa menggali kelemahan dari pembelajaran yang harus di perbaiki dan bisa meningkatkan kepartisipasian siswa dalam pembelajaran
NAMA : AYU FITRIANI
NIM : 855846684
UPBJJ : UT MEDAN
POKJAR : SEI BALAI
Setelah saya menonton dan mangamati video pembelajaran yang berjudul “KENAMPAKAN ALAM” , Saya menemukan ada kelemahan dan juga kelebihan dari video tersebut.
Adapun kelemahannya yaitu :
– Tidak adanya kegiatan pembukaan yang membuat siswa termotivasi diawal kegiatan pembelajaran
– Guru mengkaji kenampakan alam dari luar negeri sehingga menyebabkan murid kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut.
– Kurangnya penguasaan dan penyampaian penjelasan sebuah materi pembelajaran.
Saran saya :
– Lebih baik guru melakukan pembelajaran memanfaatkan alam sekitar di luar sekolah lebih efektif karena siswa lebih mudah memahami pembelajaran.
Sekian dan Terima kasih.